tokopedia-logo
Travel
City
Karimunjawa
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 26 Sep 2021
Check-out
Sen, 27 Sep 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Karimunjawa

Hygiene Verified
Arriani Homestay

Arriani Homestay

Homestay
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Karimunjawa
Karimunjawa
9,3
Luar Biasa
Rp120.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Karimunjawa
Tentang Karimunjawa
Tempat Wisata Alam di Karimunjawa
Aktivitas Liburan di Karimunjawa
Tempat Wisata Kuliner di Karimunjawa
Akses Menuju Karimunjawa

Tentang Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa jelas merupakan salah satu pulau terindah yang bisa kamu lihat di Indonesia. Pulau-pulau kecil yang menawan ini memiliki pantai berpasir putih dengan air biru kehijauan yang akan memanjakan mata kamu. Permata tersembunyi di Indonesia yang menakjubkan ini jelas merupakan tujuan wajib untuk dikunjungi. Kepulauan Karimunjawa terletak sekitar 90 km barat laut di lepas pantai utara Kabupaten Jepara di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Akses transportasi di Karimunjawa sangat mudah, terlebih lagi karena pulaunya kecil, kamu bisa berjalan kaki atau menyewa sepeda motor untuk berkeliling dan menikmati pemandangan.

Secara keseluruhan, Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, dimana hanya 5 yang berpenghuni. Ini termasuk Pulau Karimunjawa (pusat fasilitas dan kegiatan ekonomi masyarakat terbesar), Pulau Kemujan, Pulau Nyamuk, Pulau Parang, dan Pulau Genting. Sebagai taman nasional laut, Karimunjawa memiliki perpaduan 5 ekosistem yang berbeda, yang menawarkan serangkaian petualangan alam bagi setiap pengunjungnya. Keanekaragaman hayati yang ditemukan di Karimunjawa sangat menakjubkan, di antara yang paling signifikan adalah 44 jenis mangrove yang berbeda, 11 jenis rumput laut, dan 444 jenis ikan. Terumbu karangnya sendiri memiliki 17 spesies berbeda yang mungkin dapat kamu lihat saat snorkeling. Jadi, yuk cek dan pesan hotel pilihanmu di Karimunjawa dengan mudah dan harga termurah hanya di Tokopedia! Dijamin kamu akan menikmati liburan di Karimunjawa!

Tempat Wisata Alam di Karimunjawa

Berada di daerah pantai dengan iklim tropisnya, tujuan wisata alam di Karimunjawa kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pantai Tanjung Gelam

Destinasi wisata di Karimunjawa memang sangat banyak dan indah bukan main. Pantai Tanjung Gelam adalah salah satunya yang bisa kamu kunjungi jika datang ke Karimunjawa. Pantai ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunset di Karimunjawa. Dengan pasir putihnya dan beberapa terumbu karang di sekitar pantai, tempat ini menjadi favorit pengunjung ketika sore hari menjelang. Biasanya, pengunjung senang untuk bersantai sore, bermain pasir, dan berenang di pinggir pantai. Matahari tenggelam akan terlihat sangat indah dari Pantai Tanjung Gelam.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp20.000

Pulau Menjangan Besar

Selain memiliki pemandangan yang menawan, Pulau Menjangan Besar juga memiliki penangkaran hiu yang sangat menarik. Jika biasanya kamu jarang bisa menemui hiu di laut lepas, di penangkaran Pulau Menjangan Besar ini kamu dapat dengan mudah lho, berenang bersama hiu. Di sini ada dua kolam penangkaran hiu, yang terbagi menjadi kolam berisi hiu usia muda, dan hiu usia dewasa. Hiu yang ada di sini adalah jenis hiu sirip hitam dan hiu sirip putih. Kalau kamu ingin mencoba pengalaman yang seru dan menantang, maka cobalah untuk berenang bersama hiu. Namun, jika kamu masih ragu, maka kamu bisa berfoto saja dengan hiu di dalam kolam. Tenang saja, karena akan ada pemandu yang membantu dan tetap mengawasi agar pengunjung selalu aman. Di Pulau Menjangan Besar juga ada penangkaran penyu dan penangkaran elang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp5.000 - Rp225.000

Pulau Cemara Besar

Wisata bahari di Karimunjawa memang tidak ada habisnya. Dengan luas sekitar 110.000 hektar, ada banyak pulau yang bisa kamu sambangi di sini. Pulau Cemara Besar adalah salah satu yang wajib untuk dikunjungi. Pulau ini selalu menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke Karimunjawa. Pesonanya yang luar biasa indah membuat siapa saja yang datang akan terkagum-kagum. Pulau ini memiliki pasir putih yang cantik, air laut biru kehijauan yang jernih, serta jajaran pohon cemara yang rindang. Bila air laut sedang surut, maka pasir putih akan timbul lebih banyak dan membuat pemandangan semakin indah. Kamu dapat menikmati liburan dengan berfoto, snorkeling, diving, atau sekadar jalan-jalan di pasir putih Pulau Cemara Besar.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Aktivitas Liburan di Karimunjawa

Pariwisata di Karimunjawa juga terkenal dengan adanya bermacam-macam aktivitas liburan yang menarik untuk kamu dan keluarga. Berikut adalah beberapa pilihan kegiatan seru yang bisa dilakukan di Karimunjawa.

Island Hopping di Sekitar Karimunjawa

Island hopping di sekitar Kepulauan Karimunjawa benar-benar pengalaman yang menakjubkan. Dengan total 27 pulau di sekelilingnya, maka tak ada ruginya jika kamu mencoba untuk berkunjung dari satu pulau ke pulau lainnya. Dengan pesona yang berbeda di tiap pulau, kamu bisa memanjakan mata dengan panorama alam laut dan pantai. Beberapa pulau yang perlu masuk ke daftar liburan di Karimunjawa antara lain Pulau Gosong, Pulau Nyamuk, Pulau Gleyang, Pulau Genting, sampai Pulau Cemara Kecil. Tidak ada satupun pulau yang tidak menarik, maka itu jangan sampai melewatkan keindahan alam di Karimunjawa ya!

Explore Shipwreck di Pulau Kemujan

Snorkeling dan diving adalah aktivitas menyenangkan lainnya di Karimunjawa yang harus kamu lakukan. Keindahan alam bawah laut dan kekayaan biota laut Karimunjawa termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Banyak wisatawan datang ke Karimunjawa untuk melihat dan menikmati keindahan laut yang luar biasa. Selain bisa melihat berbagai spesies ikan dan terumbu karang yang berwarna-warni, kamu bahkan bisa melihat shipwreck atau bangkai kapal. Di dekat Pulau Kemujan, ada bangkai kapal yang dapat kamu telusuri langsung dengan cara snorkeling ataupun diving bagi yang sudah berpengalaman. Bangkai kapal tersebut adalah kapal pengangkut batubara pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Jadi, selain bisa menyaksikan keindahan lautnya, kamu juga bisa mengetahui nilai sejarah dari kapal karam tersebut.

Menikmati Sunrise, Sunset, dan Pemandangan Bintang

Karimunjawa merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit, matahari tenggelam, dan juga indahnya bintang di langit malam. Dengan 27 pulau indah yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi, kamu dapat menikmati sepotong kecil surga untuk diri kamu sendiri. Tidak banyaknya penghuni di Karimunjawa membuat kualitas udaranya semakin baik. Jarangnya polusi udara yang memenuhi langit, membuat pemandangan sunrise, sunset, maupun bintang terlihat lebih jelas. Yang membuat lebih menarik adalah, kamu bisa menikmati keindahan sunrise, sunset, dan stargazing dengan bersantai di atas pasir putih pantai, diiringi dengan suara deburan ombak yang menenangkan.

Tempat Wisata Kuliner di Karimunjawa

Berikut beberapa restoran populer di Karimunjawa yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Pindang Serani

Berlokasi di daerah pesisir pantai, tentunya olahan makanan dari seafood akan sangat melimpah. Begitu pula pada masakan Pindang Serani, yang menjadi salah satu kuliner andalan khas Karimunjawa. Pindang Serani merupakan sup ikan dengan kuah kuning yang terasa gurih dan segar. Dalam semangkuk sup, terdapat irisan tomat, belimbing wuluh, serta daun kemangi yang menambah harum sajian ini. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan bandeng, ikan kerapu, atau ikan laut lainnya. Ikan yang segar serta bumbu sup yang terdiri dari rempah pilihan, membuat Pindang Serani sangat lezat.

Bakso Ikan Ekor Kuning

Walaupun bakso dapat ditemukan di mana-mana, tapi bakso khas Karimunjawa ini berbeda, lho! Ya, bakso ikan ekor kuning ini terbuat dari ikan ekor kuning yang sering ditemui di laut Karimunjawa. Dengan begitu, bakso yang populer di Karimunjawa ini pun menggunakan ikan ekor kuning sebagai bahan baku pembuatannya. Bakso ikan ekor kuning ini berwarna putih dengan tekstur yang kenyal, sehingga mudah dikunyah. Dalam semangkuk bakso, ada isian sayur sawi juga sebagai pelengkap. Kuah kaldunya membuat cita rasa bakso ikan ekor kuning ini semakin sedap. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp10.000 saja per mangkuknya.

Tongseng Cumi Kuah Kari

Hasil laut di Karimunjawa memang sangat segar, dan cocok untuk diolah menjadi masakan yang lezat. Tongseng cumi kuah kari adalah salah satu kuliner Karimunjawa yang telah populer di berbagai kalangan. Segarnya cumi dengan dagingnya yang kenyal sangat sedap jika dipadukan dengan kuah kari yang gurih dan kaya rasa. Sajian ini terbilang cukup unik, karena biasanya kuah kari dimasak dengan olahan daging sapi, ayam, atau kambing. Namun, di Karimunjawa kamu bisa mencoba olahan cumi kuah kari!

Akses Menuju Karimunjawa

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Karimunjawa, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Karimunjawa menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Karimunjawa. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Semarang dari mana saja. Nantinya, kamu akan berhenti di Semarang, dan melanjutkan perjalanan ke Jepara menggunakan bus lokal. Dari sana, kamu bisa menuju Karimunjawa dengan menyeberang lewat Pelabuhan Kartini.

Kereta

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa naik kereta dengan tujuan Semarang, dan berhenti di Stasiun Tawang atau Stasiun Poncol. Lalu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju Jepara menggunakan bus lokal yang tersedia. Setelahnya, kamu perlu melanjutkan perjalanan ke Karimunjawa dengan menaiki kapal dari Pelabuhan Kartini di Jepara.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang sangat cepat dan praktis untuk berkunjung ke Karimunjawa, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Untuk mencapai Karimunjawa, kamu perlu naik pesawat dengan tujuan Bandara Ahmad Yani, Semarang. Lama perjalanan tergantung dari daerah asal kamu pergi. Untuk harga tiket pesawat pun beragam, menyesuaikan waktu-waktu tertentu. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Jepara menggunakan bus lokal. Lalu, kamu perlu menaiki kapal untuk menuju pulau-pulau di Karimunjawa.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store