tokopedia-logo
Travel
City
Kebumen
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 31 Jul 2021
Check-out
Min, 1 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Kebumen

Hygiene Verified
RedDoorz near Goa Jatijajar 2

RedDoorz near Goa Jatijajar 2

Guest house
star-iconstar-icon
Kebumen
Kebumen
7,8
Memuaskan
Diskon Spesial
Rp135.000
Rp120.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Kebumen
Tentang Kebumen
Tempat Wisata Sejarah di Kebumen
Tempat Wisata Alam di Kebumen
Tempat Wisata Kuliner di Kebumen
Akses Menuju Kebumen

Tentang Kebumen

Kebumen adalah sebuah kota di Pulau Jawa, Indonesia, dan ibu kota Kabupaten Kebumen di Provinsi Jawa Tengah. Kebumen memiliki julukan lain, yaitu Kota Walet dan Kota Budaya. Kebumen terletak di dekat Samudera Hindia. Kota ini dibelah oleh Sungai Lukulo. Beberapa daerah di wilayah ini adalah pegunungan dan pantai, namun sebagian besarnya merupakan dataran rendah. Di salah satu daerah kota ini terdapat pula kawasan karst, atau rangkaian pegunungan kapur yang membujur hingga pantai selatan. Dengan begitu, suhu udara di kota ini tidak terlalu dingin maupun panas.

Kata Kebumen diambil dari nama Kyai Pangeran Bumidirja. Ia adalah seorang ulama dan bangsawan Islam dari Kesultanan Mataram. Dahulu, dia diasingkan di Panjer (sekarang Kebumen) dan berganti nama menjadi Kyai Bumi. Ia menetap di Panjer dan mendirikan sekolah Islam. Orang-orang pun mulai menyebut tempat itu Ki-Bumi-An, yang mengacu pada sekolah Islam. Lalu, berkembang hingga menjadi hanya Kebumen.

Kota Kebumen menawarkan pantai yang indah, tempat bersejarah, bukit, dan goa-goa. Kebumen memiliki situs geopark nasional kuno yang terbentang dari Karangsambung hingga Karangbolong. Daerah ini memiliki lebih dari seratus goa berstalaktit dan stalagmit. Kebumen adalah kota yang juga terkenal dengan wisata kuliner, pendidikan, serta warisan budaya yang kaya. Walaupun terbilang hanya kota kecil, namun Kebumen memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi. Ada beragam destinasi wisata, seperti wisata goa, wisata pantai, wisata sejarah, atau wisata pegunungan. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pesan hotel pilihanmu di Kota Kebumen dengan mudah dan harga termurah hanya di Tokopedia! Dijamin kamu akan menikmati liburan di Kebumen!

Tempat Wisata Sejarah di Kebumen

Kebumen merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Kebumen dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck merupakan benteng peninggalan dari Belanda ketika masa penjajahan. Didirikan pada tahun 1818 oleh Jenderal Van den Bosch, dulunya bangunan ini digunakan sebagai kantor VOC. Lalu, fungsinya berubah menjadi benteng pertahanan ketika Belanda mulai berperang melawan pejuang Yogyakarta. Benteng Van Der Wijck nampak kokoh hingga saat ini, dengan temboknya yang terbuat dari bata merah. Yang membuat unik, benteng ini berbentuk segi delapan, yang mana hanya ada dua benteng berbentuk tersebut di seluruh dunia. Kini, selain dapat belajar sejarah Indonesia pada zaman dahulu, pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lain di area ini. Kolam renang, tempat bermain anak, dan kereta api yang terdapat di atas benteng telah tersedia di kawasan Benteng Van Der Wijck.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp25.000 per orang

Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar diperkirakan berdiri sejak tahun 1920-an. Rumah tersebut merupakan rumah keluarga Liem, yang dikenal sebagai keluarga Tionghoa yang kaya saat itu. Pada masa revolusi Indonesia, rumah keluarga Liem digunakan sebagai dapur umum dan tempat perawatan bagi tentara Indonesia yang terluka dalam pertempuran dengan NICA. Dan di rumah inilah ibu Martha Tilaar lahir sebagai cucu dari Liem Siaw. Rumah ini telah menjadi saksi dari proses kreatifitas dan kewirausahaannya sejak beliau kecil. Saat ini, Roemah Martha Tilaar telah dijadikan museum dan wadah kegiatan sosial serta mengangkat budaya lokal yang ada. Wisatawan pun dapat mengunjungi museum rumah budaya ini dengan mudah.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp15.000 per orang

Cagar Budaya Batu Kalbut

Situs budaya ini terletak di Desa Ayah, Kabupaten Kebumen. Batu Kalbut dikenal juga sebagai batu Lingga Muka atau batu pujaan. Di dalam kompleks situs ini terdapat tiga benda, yaitu Lingga-Yoni dan dua buah peti kubur batu. Keseluruhan benda sejarah tersebut terbuat dari batuan andesit. Salah satu dari ketiga benda yang ada di area tersebut memiliki ukiran kepala ular naga Jawa. Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang asal-usul terbuatnya batu tersebut, maka kunjungilah Cagar Budaya Batu Kalbut.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Alam di Kebumen

Berada dekat dengan pesisir pantai sekaligus dengan pegunungan, tujuan wisata alam di Kebumen kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pantai Surumanis

Pantai Surumanis memiliki pesona pada batu karang yang indah mengelilinginya. Pantai ini terletak agak tersembunyi dari objek wisata yang telah terkenal lainnya, sehingga pantainya cenderung tidak ramai turis. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam kecoklatan serta air laut yang kehijauan. Dengan udara yang segar, kamu dapat menikmati liburan bersama keluarga atau teman di Pantai Surumanis. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini adalah berfoto di sekitar pantai, bermain air di pinggir pantai, serta bersantai. Ada banyak spot foto juga yang telah disediakan oleh pengelola pantai, sehingga kamu tidak perlu bingung.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Tiket masuk Rp5.000 per orang

Bukit Pentulu Indah

Untuk kamu si pecinta sunrise, jangan ragu untuk mengunjungi Bukit Pentulu Indah. Wisata alam di Kebumen memang sangat beragam dan sangat memanjakan mata. Salah satunya adalah Bukit Pentulu Indah, yang menawarkan pemandangan matahari terbit dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Destinasi ini cocok dikunjungi oleh keluarga maupun teman-teman, karena ketinggiannya hanya sekitar 300 meter. Hamparan pemandangan hijau siap menyambut kamu sesampainya di lokasi. Pepohonan di sini didominasi oleh pohon pinus yang rindang dan teduh. Selain menikmati sunrise, kamu juga dapat melakukan camping di area sekitar hutan pinus.

Jam Operasional: Setiap hari buka pukul 06.00 - 21.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp5.000 per orang

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar terletak di kawasan pegunungan kapur di Kebumen. Goa ini telah dikenal oleh banyak wisatawan karena keindahan stalaktit dan stalagmit yang terdapat di dalam goa. Dikatakan bahwa usia batuan Goa Jatijajar ini sangatlah tua. Goa ini pertama kali ditemukan pada tahun 1802 oleh orang bernama Jayamenawi. Daya tarik yang ada di dalam goa ini selain dari stalaktit dan stalagmit adalah beberapa sendang atau kolam yang menjadi aliran sungai. Panjang goa ini mencapai 250 meter, dan dapat kamu jelajahi dengan mudah. Saat ini, Goa Jatijajar telah dilengkapi dengan pencahayaan yang baik di dalamnya, sehingga wisatawan dapat lebih mudah untuk berwisata. Di dalam goa ini terdapat 8 diorama dengan 32 patung yang mengisahkan tentang legenda Lutung Kasarung.

Jam Operasional: Setiap hari buka pukul 09.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk dewasa Rp7.500 per orang, anak-anak Rp4.500

Tempat Wisata Kuliner di Kebumen

Berikut beberapa restoran populer di Kebumen yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Sate Ayam Ambal

Sate Ambal dari Kebumen memiliki keunikan tersendiri yang membuat banyak orang menggemari kuliner ini. Terbuat dari daging ayam kampung, sate ini dilengkapi dengan bumbu kental yang terbuat dari tempe rebus yang telah dihaluskan. Setelah itu, bumbunya dicampur juga dengan bawang merah, bawang putih, serta cabai. Bila biasanya sate identik dengan bumbu kecap, maka itu tidak berlaku pada Sate Ambal. Terlihat unik, namun rasanya ternyata sangat gurih dan menggiurkan. Selain terasa lezat, Sate Ambal pun lebih sehat dari bahan yang digunakannya.

Nasi Penggel

Sarapan di Kebumen akan sangat menarik bila kamu menyantap Nasi Penggel. Hidangan khas Kebumen yang biasanya hanya ada di pagi hari ini biasanya tersedia di pinggir Jalan Raya Sokka, setelah Jembatan Luk Ulo. Nasi Penggel merupakan nasi yang berbentuk bulat seukuran bola pingpong, dan diletakkan di pincuk daun pisang, serta disantap dengan sayur lodeh santan, serta lauk-pauk seperti jeroan sapi. Kamu juga bisa memilih jeroannya, mulai dari babat, iso, kikil, ginjal, paru, dan lain-lain. Tak hanya itu, tersedia juga menu pelengkap tempe mendoan. Rasa dari Nasi Penggel ini sangat gurih dan lezat, apalagi jika semua menu dimakan secara bersamaan.

Yutuk Goreng

Tidak familiar dengan nama Yutuk? Yutuk merupakan hewan bercangkang yang mirip dengan undur-undur laut. Biasanya yutuk ditemukan di pantai berpasir hitam atau pantai yang mengandung pasir besi, termasuk di daerah Kebumen. Yutuk sering diolah menjadi rempeyek, oseng-oseng yutuk, sampai nugget yutuk. Bagi yang penasaran dengan rasanya, jika telah diolah dan dibumbui, yutuk akan terasa gurih. Selain itu, makanan ini memiliki kandungan gizi tinggi yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh. Makanan unik ini tidak dapat kamu temukan dengan mudah di daerah lain. Maka itu, jangan lupa untuk mencicipinya jika berkunjung ke Kebumen.

Akses Menuju Kebumen

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kebumen, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana utama yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Kebumen menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Kebumen. Kamu bisa naik bus apa saja dengan tipe kelas apapun dan pilih tujuan Kebumen. Sesampainya di terminal, kamu dapat langsung menuju tempat tujuan menggunakan taksi atau transportasi umum lainnya.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Kamu dapat naik kereta api kelas apa saja, dan pilih tujuan Stasiun Kebumen. Tanpa perlu melanjutkan perjalanan lagi, kamu langsung sampai di Kota Kebumen. Namun, kamu tetap perlu naik taksi untuk mencapai hotel atau tempat tujuan yang lebih spesifik.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Kebumen, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Rute terdekat yang bisa dipilih adalah turun di Bandara Adisutjipto Yogyakarta atau Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Sesampainya di sana, perjalanan dilanjutkan dengan bus menuju Kebumen, yang jaraknya sekitar 115 kilometer.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store