tokopedia-logo
Travel
City
Klaten
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sel, 3 Agu 2021
Check-out
Rab, 4 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Klaten

Tjokro Hotel Klaten

Tjokro Hotel Klaten

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Klaten
Klaten
7,4
Memuaskan
Diskon Spesial
Rp415.000
Rp373.500
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kenali Klaten
Tentang Klaten
Tempat Wisata Alam di Klaten
Tempat Wisata Rekreasi di Klaten
Tempat Wisata Kuliner di Klaten
Akses Menuju Klaten

Tentang Klaten

Klaten adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki 3 kecamatan yaitu Klaten Selatan, Klaten Tengah, dan Klaten Utara. Dengan populasi orang setidaknya 1.174.986 jiwa pada tahun 2019, kebanyakan atau mayoritas penduduk di Klaten adalah Suku Jawa. Meskipun demikian, Klaten merupakan salah satu kota yang memiliki sejuta pariwisata yang menawarkan keindahan. Berada di dataran lereng Gunung Merapi, Klaten menjadi area yang memiliki sumber mata air yang berpotensi besar.

Menjadi salah satu kota yang kerap dikunjungi oleh para wisatawan, Klaten memiliki segudang tempat pariwisata baik bertemakan alam ataupun wisata sejarah yang kaya akan budaya seperti candi. Selain itu, budaya yang cukup kental di Klaten juga menjadikan kota ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Beberapa budaya yang masih dilaksanakan hingga saat ini tiap tahunnya adalah Tradisi Sebaran Apem Yaqowiyu yakni untuk menghormati Ki Ageng Gribig yang mengadakan syiar Islam di wilayah Klaten. Tak hanya itu, Anda juga dapat menyaksikan tradisi kebudayaan lainnya yang kerap dilaksanakan setiap tahun oleh warga setempat.

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Klaten dan mengunjungi setiap lokasi pariwisatanya, menginap adalah pilihan yang terbaik. Saat ini, Tokopedia menawarkan berbagai macam pilihan akomodasi yang dapat disambangi saat Anda sedang mengunjungi Klaten. Beberapa jenis akomodasi seperti hotel atau villa dapat ditemukan di aplikasi Tokopedia dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Tempat Wisata Alam di Klaten

Beberapa lokasi wisata alam di Klaten memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Klaten yang patut Anda sambangi.

Umbul Ponggok

Klaten dikenal dengan lokasi yang berada di dataran rendah dan memiliki banyak sumber mata air. Maka dari itu tak heran bahwa wisata alam di Klaten banyak yang bersinggungan dengan wisata air seperti Umbul Ponggok. Berlokasi di Jl. Delanggu- Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Umbul Ponggok kerap dijadikan destinasi untuk menyelam air dan berfoto di dalamnya. Menyerupai danau, air yang berada di Umbul Ponggok sangatlah jernih dan memiliki dasar berupa pasir, kerang-kerangan, dan juga ikan. Pengunjung dapat menikmati sensasi diving atau snorkeling dan bertemu dengan beragam ikan dibawah sana.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 15.00 WIB

Harga tiket: Rp 15.000,-/orang

Curug Tegalrejo

Wisata air lainnya yang juga selalu dibanjiri oleh pengunjung karena keindahannya adalah Curug Tegalrejo. Curug yang berlokasi di Cremo, Tegalrejo, Gedangsari ini sering disebut sebagai surga tersembunyi karena lokasinya yang sulit dijangkau tetapi memiliki suasana yang nyaman untuk dikunjungi. Wisatawan harus berjalan setidaknya 15-20 menit dari lokasi parkir sampai ke curug. Selain itu, Curug Tegalrejo ini memiliki tingkatan yang membuatnya jadi lebih menarik. Pengunjung dapat bersantai menikmati suasana sekitar ataupun berenang dan berloncat dari curug untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang lebih memacu adrenalin.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 2.000,-/orang

Wisata Kali Talang

Tak kalah dari yang lainnya, wisata yang juga terkenal di Klaten adalah Wisata Kali Talang yang berlokasi di Area Gn., Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Pengunjung akan disajikan dengan keindahan Gunung Merapi dari ketinggian 1.120 meter diatas permukaan laut. Saat malam minggu, pengunjung bahkan dapat berkemah disini dan menikmati keindahan Gunung Merapi saat malam hari dengan ditemani secangkir kopi hangat. Jika ingin hanya sekadar bersantai di siang hari, pemandangan juga tak kalah cantik dan menggoda untuk dijadikan spot berfoto bersama teman maupun keluarga.

Jam operasional: Senin – Jumat pukul 07.00 – 17.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 00.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 2.000,-/orang

Tempat Wisata Rekreasi di Klaten

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Klaten yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia dan ditetapkan sebagai salah satu candi terindah yang ada di Asia Tenggara. Dengan begitu, banyak sekali wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mengunjungi Candi Prambanan dikarenakan sejarah budayanya yang sangat menarik untuk dipelajari. Candi Prambanan merupakan sebuah gerbang atau kompleks besar yang berisikan candi-candi didalamnya dengan nama yang berbeda-beda pula. Beberapa kompleks dalam Candi Prambanan bernama Candi Trimurti, Candi Wahana, Candi Apit, Candi Kelir, Candi Patok, dan juga Candi Perwara. Secara total, setidaknya ada 240 candi yang berada di kompleks Prambanan. Pengunjung dapat mengetahui dan mempelajari relief yang ada seperti Ramayana, Krishnayana, sampai Brahmana. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati Sendratari Ramayana yang kerap dilakukan di panggung terbuka Trimurti Prambanan.

Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 25.000,-

River-boarding Kali Pusur

Lokasi wisata rekreasi yang tak kalah seru juga adalah Riverboarding Kali Pusur yang berada di Jl. Cokro – Delanggu, Wangen III, Wangen, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Baik pemula maupun profesional, melakukan river-boarding di Kali Pusur adalah pilihan terbaik karena sungai disini tidak terlalu dalam. Pengunjung dapat memilih 2 rute berbeda yaitu rute panjang maupun pendek. Alat-alat untuk melakukan riverboarding juga sudah disiapkan oleh para pengelola wisata seperti helm, pelindung kali, pelampung, serta board itu sendiri. Pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan yang memacu adrenalin dan juga bertarif terjangkau.

Jam operasional: Sabtu – Senin pukul 08.00 – 14.00 WIB dan Jumat pukul 12.30 – 14.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000,-

Waterpark Galuh Tirtonirmolo

Selain dikenal dengan wisata candi dan alamnya yang luas serta bebas, Klaten juga memiliki wisata air berupa waterpark yang bernama Galuh Tirtonirmolo. Tidak jauh dari Candi Prambanan, Anda dapat menemukan waterpark ini dengan mudah karena berlokasi di Jl. Manisrenggo No.KM 1, Pemuktibaru, Tlogo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk para penyuka berenang, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi karena memiliki 11 kolam berbeda untuk para pengunjungnya. Kolam berbeda itu terbagi menjadi beberapa fungsi yaitu kolam anak, kolam dewasa, kolam keluarga, serta seluncuran air yang memiliki ketinggian berbeda pula.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000,-/orang

Tempat Wisata Kuliner di Klaten

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Klaten. Berikut beberapa wisata kuliner Klaten yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Sop Ayam Pak Min Klaten

Berdiri sejak 50 tahun yang lalu, Sop Ayam Pak Min Klaten sudah menjadi kuliner yang wajib disambangi saat berada di Klaten. Hingga saat ini, lokasi sop ayam Pak Min memiliki banyak sekali cabang di sekitarnya bahkan di luar Jawa Tengah. Salah satunya berlokasi di Jl. Cawas-Weru, Dusun I, Cawas, Kec. Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Di dalam semangkuk sup, pengunjung akan merasakan potongan daging ayam yang disiram dengan kuah kaldu yang nikmat. Saat suapan pertama, pengunjung akan merasakan harumnya kaldu yang nikmat dengan campuran aroma bawang putih serta lada di hidung. Tak hanya itu, sambal yang disajikan disini juga menjadi salah satu andalan karena pedasnya yang cocok untuk dicampurkan ke dalam sop ayam tersebut.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.30 – 14.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 8.000,-

Bebek Goreng Pak Tohir

Kuliner kedua yang memiliki cita rasa kental dan juga selalu dikunjungi pembeli adalah Bebek Goreng Pak Tohir. Berlokasi di Jl. Ceper - Besole, RT.01/RW.07, Area Sawah Dan Kebun, Kuncen, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, warung bebek goreng ini menjadi salah satu yang terbaik masalah cita rasa yang dimilikinya. Anda dapat merasakan bebek goreng yang kenyal serta renyah saat dimakan. Tak hanya itu, sambal bawang yang disajikan juga tak kalah pedas dan membuat para pengunjung merasa ingin mencicipi lagi dan lagi.

Jam operasional: Setiap hari pukul 11.00 – 20.00 WIB

Harga: Rp 30.000

Sate Kambing Pak Suli

Bagi pecinta sate kambing, mengunjungi dan mencicipi Sate Kambing Pak Suli merupakan sebuah kewajiban. Anda dapat menemukannya dengan mudah karena berlokasi di tempat yang strategis yaitu Jl. Veteran No.90, Barenglor, Bareng Lor, Kec. Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Daging sate yang ditawarkan cukup lembut dan empuk saat dikunyah serta bumbunya pun meresap karena sang penjual baru membumbui dan membakar satenya ketika pesanan masuk. Jadi sate kambing disini dikenal dengan sate yang memiliki rasa segar. Selain pilihan sate kambing, pengunjung juga dapat mencicipi olahan lainnya seperti tengkleng.

Jam operasional: Senin – Sabtu pukul 16.00 – 23.00 WIB

Harga: Rp 20.000

Akses Menuju Klaten

Untuk mengunjungi Klaten, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Pesawat

Pilihan pertama yang terbilang praktis dan mudah adalah dengan menggunakan pesawat. Pengunjung dapat berhenti di Bandara Adi Sumarmo. Sesampainya di bandara, dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan KA Bandara sampai ke Klaten karena saat ini rute KA Bandara sudah diperpanjang sampai Klaten.

Bus

Pilihan yang juga terbilang mudah untuk ditemukan adalah dengan menggunakan bus karena banyak terminal bus yang terdapat di Klaten. Jika pengunjung menggunakan bus, Anda dapat berhenti di Terminal Buntalan Klaten, Delanggu Klaten, Penggung Klaten, Cawas Klaten, Teloyo Klaten, Tulung Klaten, dan juga Bendogantungan Klaten. Pengunjung dapat memilih pemberhentian diantara terminal tersebut yang memiliki lokasi paling dekat dengan tujuan.

Kereta Api

Wisatawan juga dapat mengunjungi Klaten menggunakan kereta api karena terdapat beberapa stasiun yang bisa disambangi. Stasiun kereta api yang terdapat di Klaten adalah Stasiun Klaten, Stasiun Delangga, Stasiun Prambanan, Stasiun Ceper, serta Stasiun Srowot. Sesampainya di stasiun, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum setempat.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store