tokopedia-logo
Travel
City
Labuan Bajo
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 26 Sep 2021
Check-out
Sen, 27 Sep 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Labuan Bajo

Hygiene Verified
Inaya Bay Komodo

Inaya Bay Komodo

Resor
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Labuan Bajo
Labuan Bajo
7
Memuaskan
Rp1.679.125
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Labuan Bajo
Tentang Labuan Bajo
Tempat Wisata Sejarah di Labuan Bajo
Tempat Wisata Alam di Labuan Bajo
Wisata Kuliner di Labuan Bajo
Akses Menuju Labuan Bajo

Tentang Labuan Bajo

Labuan Bajo adalah salah satu destinasi wisata bahari terpopuler di Indonesia. Labuan Bajo adalah sebuah kota kecil di Flores, Indonesia yang begitu tenang dan asri. Kota ini merupakan “gerbang” dari pesona Flores yang sesungguhnya. Terletak di ujung barat Flores, Labuan Bajo adalah kota yang sangat direkomendasi untuk menjelajahi keindahan alam dan satwa langka, seperti komodo (Varanus Komodoensis).

Mulai dari Taman Nasional Komodo, keindahan kehidupan bawah laut Flores, hingga tradisi berburu paus di Lembata dapat kamu temukan di Labuan Bajo. Jadi, selain melihat komodo, daya tarik utama di Labuan Bajo adalah biota laut yang luar biasa. Kepulauan Flores ini memang surga bagi para penyelam, karena keindahan bawah lautnya sangat menawan. Penasaran? Yuk, liburan ke Labuan Bajo, dan langsung booking hotel terbaik dan termurah di Labuan Bajo melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah Labuan Bajo dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Liang Bua

Liang Bua adalah sebuah goa di sebuah bukit kapur di Kabupaten Manggarai, Flores. Masyarakat sekitar mengenal goa ini karena ukurannya yang sangat besar (panjang 50 meter, lebar 40 meter, dan tinggi 25 meter). Karena ukurannya, dulunya goa ini digunakan sebagai tempat ibadah dan sekolah. Liang Bua terkenal di seluruh dunia setelah ditemukannya tengkorak kuno. Tengkorak itu adalah tengkorak manusia pendek bernama Homo Floresiensis, yang ditemukan di kedalaman 6 meter. Karena penemuan tersebut, Liang Bua juga sering disebut sebagai Hobbit Cave. Liang Bua adalah objek wisata di sekitar Labuan Bajo yang wajib dikunjungi jika kamu gemar akan sejarah. Selain bisa melihat langsung situs manusia purba di Labuan Bajo, kamu juga bisa menikmati keindahan alamnya.

Jam Operasional: Setiap hari

Harga Tiket: Rp20.000

Kampung Bena

Kampung Bena adalah sebuah desa megalitik yang terletak di Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Flores, NTT. Dari Labuan Bajo, perjalanan ke sini dapat ditempuh sekitar 7 - 8 jam melalui perjalanan darat. Kampung Bena adalah desa yang paling terkenal dan juga paling banyak dikunjungi di Kabupaten Ngada. Dengan formasi batu yang mengesankan dan tempat pemujaan leluhur, serta rumah-rumah tradisional, Kampung Bena telah berubah menjadi penunjuk arah budaya Ngada. Lokasi Kampung Bena yang berada di atas bukit dengan latar belakang Gunung Inerie sungguh membuat suasana desa ini asri dan eksotis.

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 - 17.00 WITA

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Alam di Labuan Bajo

Jika kamu seorang pecinta alam, kamu tidak boleh melewatkan objek wisata yang ada di Labuan Bajo. Alam di kota ini sangat indah, khususnya wisata bahari yang memiliki banyak kekayaan alam di bawahnya. Jadi, jangan lewatkan surga bawah laut dan pantai-pantai di Labuan Bajo!

Pulau Rinca

Pulau Rinca adalah salah satu dari tiga pulau terbesar yang termasuk dalam Taman Nasional Komodo yang diakui UNESCO di Indonesia. Sebagian besar wisatawan akan mengunjungi Pulau Rinca daripada Pulau Komodo, karena dua alasan. Pertama, pulau ini lebih dekat ke Labuan Bajo, tempat sebagian besar wisatawan menginap, dan ini membuat perjalanan dalam waktu satu hari lebih mudah diatur. Alasan kedua adalah kamu akan lebih cenderung melihat komodo di Rinca, karena populasinya lebih padat. Walaupun komodo di Pulau Komodo dikatakan lebih besar, tapi kamu akan lebih mudah menemukannya di Rinca. Bila kamu ingin melihat kehidupan komodo, maka Pulau Rinca adalah destinasi wisata di Labuan Bajo yang harus dikunjungi.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WITA

Harga Tiket: Rp25.000

Pulau Padar

Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Rinca. Padar juga telah diterima sebagai Situs Warisan Budaya oleh UNESCO karena berada di lokasi yang sama dengan Taman Nasional Komodo. Pulau Padar adalah wisata yang sangat terkenal di Labuan Bajo. Pemandangannya sungguh luar biasa indah, dan tidak bisa ditemukan di daerah lain. Bagi kamu yang ingin mencari spot foto instagramable, puncak Pulau Padar adalah tempat yang tepat untuk kamu. Perjalanan menuju puncak Padar membutuhkan hiking, di mana kamu akan mendaki ratusan anak tangga. Setelah mendaki selama 30 menit hingga 1 jam, kamu akan melihat panorama menakjubkan yang menghadap ke Taman Nasional Komodo. Dari atas puncak Padar, kamu akan melihat pemandangan tiga teluk berwarna biru kehijauan, dengan warna pasir pantai yang berbeda-beda. Kombinasi ini sangat langka, dan menjadi ciri khas dari Pulau Padar yang unik ini. Waktu sunrise dan sunset adalah waktu terbaik untuk mencapai puncak Padar, karena kamu dapat menyaksikan perubahan warna langit yang sangat indah.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp5.000

Pantai Pink

Pink Beach adalah salah satu dari tujuh pantai pink terindah di dunia ini. Terletak di Pulau Komodo, Indonesia, Pink Beach memiliki warna pasir yang mencolok dari hewan mikroskopis yang disebut Foraminifera, yang menghasilkan pigmen merah pada terumbu karang. Karena itulah, Pink Beach juga sering disebut sebagai Pantai Merah oleh masyarakat setempat. Ketika pecahan kecil karang merah berpadu dengan pasir putih, itu menghasilkan warna pink yang terlihat di sepanjang garis pantai.

Luangkan waktu kamu sejenak untuk mengagumi panorama laut berwarna biru turquoise, perbukitan hijau, langit biru, dan pasir pink yang mempesona. Terumbu karang bawah laut di Pink Beach juga berada dalam kondisi yang sangat baik, dengan ratusan spesies karang dan ribuan spesies ikan. Pink Beach adalah destinasi wisata di Labuan Bajo yang bagus untuk kamu yang ingin snorkeling, diving, ataupun sekadar berjemur dan berjalan-jalan di sepanjang pantai.

Jam Operasional: 24 jam

Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000

Wisata Kuliner di Labuan Bajo

Berikut adalah beberapa kuliner populer di Labuan Bajo yang dapat kamu coba untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Wisata Kuliner Kampung Ujung

Labuan Bajo yang berada di pesisir pantai, sudah tentu memiliki pasokan seafood yang segar. Jika kamu ingin berwisata kuliner di Labuan Bajo, maka tak ada salahnya untuk datang ke Wisata Kuliner Kampung Ujung. Destinasi kuliner ini merupakan surga seafood di Labuan Bajo yang tidak boleh kamu lewatkan. Di sini, ada berbagai macam makanan yang bisa kamu pilih, mulai dari ikan laut, cumi-cumi, udang, kepiting, kerang, sampai kepiting. Harga makanan di Kampung Ujung pun beragam, namun cenderung lebih terjangkau. Kamu bisa mengunjungi Kampung Ujung Labuan Bajo pada saat jam makan malam. Selain bisa menikmati sajian seafood khas Labuan Bajo yang lezat, kamu pun dapat berjalan-jalan di sekitar sini.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 18.00 - 22.00 WITA

Harga: Rp40.000 - Rp120.000

La Cucina

Salah satu restoran terbaik di Labuan Bajo yang bisa kamu kunjungi adalah La Cucina. La Cucina menyajikan makanan Italia otentik di tempat yang bersih dan nyaman, yang menghadap ke Laut Flores. Restoran ini memiliki tempat duduk di balkon, yang memungkinkan kamu untuk makan sambil melihat pemandangan ketika matahari terbit ataupun matahari tenggelam. La Cucina memiliki variasi makanan Italia yang banyak, mulai dari pizza hingga pasta. Salad mereka pun banyak digemari oleh pengunjung. Selain itu, kamu juga bisa mencuci mulut dengan sederet pilihan gelato yang lezat. Pelayanan di La Cucina termasuk ramah dan cepat. Jika kamu mencari cafe atau restoran yang enak di Labuan Bajo, maka datanglah ke sini!

Jam Buka: Setiap hari, pukul 06.30 - 22.30 WITA

Harga: Rp200.000 - Rp500.000

Happy Banana Komodo

Restoran favorit wisatawan di Labuan Bajo lainnya adalah Happy Banana. Restoran ini sangat direkomendasikan oleh banyak orang dan dikenal karena sushi nya yang lezat. Menu udon dan berbagai macam smoothie bowl mereka juga sangat disukai oleh wisatawan. Happy Banana adalah restoran fusion Jepang, yang mana mereka menyajikan menu makanan perpaduan Jepang dan makanan barat atau Indonesia. Tempatnya sangat nyaman dan sederhana, sehingga cocok bagi kamu yang ingin menikmati kuliner di Labuan Bajo. Kualitas makanan, kesegaran produk organik yang digunakan, serta bahan baku ikan yang tersedia di sana dikelola dengan sangat baik.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 11.45 - 21.30 WITA

Harga: Rp30.000 - Rp105.000

Akses Menuju Labuan Bajo

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Tawangmangu, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Labuan Bajo, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Kamu bisa mencapai Labuan Bajo dengan transit terlebih dahulu di Bali, lalu melanjutkan perjalanan menuju Bandar Udara Internasional Komodo. Lama perjalanan tergantung dari daerah asal kamu pergi. Untuk harga tiket pesawat pun beragam, menyesuaikan waktu-waktu tertentu. Transportasi dalam kota yang bisa kamu gunakan dari bandara adalah taksi atau mobil sewaan.

Bus & Kapal

Selain jalur darat dan udara, bagi kamu yang berasal dari Pulau Jawa, kamu juga dapat memiliki jalur laut untuk sampai ke Labuan Bajo. Kamu bisa naik mobil ataupun bus dari daerah asal kamu. Lalu, kamu perlu menyeberangi laut menggunakan kapal dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Setelah itu, kamu bisa kembali menyeberang dari Lombok ke Flores dengan kapal laut. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan baik menggunakan mobil, motor, atau bus kecil. Tarif keseluruhannya pun beragam, tergantung pada tipe dan fasilitas kendaraan yang kamu pilih.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store