tokopedia-logo
Travel
City
Lumajang
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 29 Jul 2021
Check-out
Jum, 30 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Lumajang

Hygiene Verified
Backpacker Walet Homestay

Backpacker Walet Homestay

Homestay
Lumajang
Lumajang
Rp230.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kenali Lumajang
Tentang Lumajang
Tempat Wisata Alam di Lumajang
Tempat Wisata Rekreasi di Lumajang
Tempat Wisata Kuliner di Lumajang
Akses Menuju Lumajang

Tentang Lumajang

Lumajang adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur dengan populasi setidaknya mencapai 1.3 juta jiwa pada tahun 2018. Kabupaten Lumajang ini terletak di dataran yang subur karena posisinya yang diapit 3 gunung berapi yaitu Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan juga Gunung Lemongan. Berada di Jawa Timur, mayoritas penduduk disana sebagian besar adalah Suku Madura dan Suku Jawa.

Jika Anda sedang mencari sebuah lokasi yang tepat untuk dijadikan wisata berlibur, Lumajang bisa menjadi salah satu pilihan karena pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai macam tempat rekreasi yang beragam. Meskipun jarang diketahui orang, Lumajang menjadi salah satu lokasi destinasi wisata pilihan yang menawarkan berbagai keindahan yang jarang diketahui orang. Salah satunya juga dikarenakan akses yang mudah sebab Lumajang memiliki berbagai pilihan stasiun atau terminal yang dapat dijadikan sebagai sarana transportasi untuk dikunjungi. Tak hanya itu, banyak juga surga tersembunyi di Lumajang yang mungkin para wisatawan baru mengetahuinya saat mengunjungi lokasi tersebut.

Menjadi salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan, Lumajang menawarkan berbagai pilihan akomodasi untuk pengunjung. Anda dapat memilih untuk tinggal di villa, hotel, maupun jenis akomodasi lainnya. Saat ini, Tokopedia menawarkan berbagai pilihan jenis akomodasi di Lumajang yang dapat dipilih berdasarkan jenisnya dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Tempat Wisata Alam di Lumajang

Salah satu wisata favorit para wisatawan yang mendatangi Lumajang adalah beberapa tempat wisata alamnya yang memiliki keindahan tak kalah dengan kota besar lainnya seperti yang ditawarkan dibawah ini.

Gunung Bromo

Bagi wisatawan yang menyukai akan destinasi alam di setiap kota yang dikunjungi, destinasi wajib pertama adalah Gunung Bromo di Lumajang. Gunung ini menjadi salah satu ikon atau simbol di Kabupaten Lumajang tersendiri. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.329 meter diatas permukaan laut ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Lumajang. Pengunjung dapat mendaki dengan mudah karena adanya 250 anak tangga yang disediakan untuk para wisatawan. Saat mendaki nya, pengunjung akan ditemani dengan pemandangan yang sangat indah di sepanjang kanan kiri gunung serta pemandangan dari Pura Luhur Ponten yang digunakan sebagai tempat sembahyang umat Hindu Tengger. Dikenal dengan gunung yang masih suci akan kekuatan magisnya, penduduk sekitar kerap masih mengadakan Upacara Kasodo di bawah kaki gunung Bromo pada saat tengah malam hari setiap tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo.

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

Harga tiket: Rp 30.000,-

Air Terjun Tumpak Sewu

Wisata rekreasi kedua yang tak kalah dibanjiri oleh para wisatawan adalah Air Terjun Tumpak Sewu yang berlokasi di Dusun Jagalan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dengan ketinggian 120 meter, seluruh orang menyebutnya dengan air terjun tercantik di Indonesia atau dengan julukan “Niagaranya Indonesia”. Memiliki bentuk yang menakjubkan, pengunjung akan melihat air terjun berbentuk vertikal yang dikelilingi pepohonan hijau di sekitar tebing melengkung. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun yang sangat menggoda ini dari bawah atau area bebatuan yang tepat berada dibawah air terjun tersebut. Walaupun perjalanannya terbilang tidak mudah, tetapi pengunjung tidak akan merasa rugi jika sudah melihat pemandangan air terjun tercantik di Indonesia ini.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 15.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo atau yang bisa juga dikenal dengan Danau Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru. Sebenarnya Ranu Kumbolo ini menjadi salah satu jalan yang harus dilewati para pendaki untuk mencapai puncak Gunung Semeru. Tetapi, karena keindahannya yang sangat memukau ini tak jarang orang datang hanya untuk sekedar bersantai di Ranu Kumbolo. Pengunjung dapat bersantai menginap dengan membangun tenda seperti para pendaki lainnya untuk menikmati terbit dan tenggelamnya matahari yang sangat terlihat dari Ranu Kumbolo. Saat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari Ranu Kumbolo, tak akan diherankan bahwa danau ini bisa menjadi salah satu danau tercantik yang ada di Indonesia.

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Lumajang

Tidak kalah dengan wisata alamnya yang beragam, Lumajang juga menawarkan pilihan wisata rekreasi yang dapat dijadikan destinasi saat mengunjungi Lumajang. Berikut beberapa lokasi wisata rekreasi yang terbilang sangat terkenal.

Candi Mandara Giri

Tak melulu soal wisata yang menghadirkan pemandangan yang indah, Anda juga dapat mengunjungi lokasi wisata rekreasi yang bertemakan religi di Lumajang bernama Candi Mandara Giri. Berlokasi di Jl. Serma Dohir, Sumberagung, Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, candi ini menjadi salah satu candi agama Hindu yang sering dikunjungi oleh para peziarah. Untuk para wisatawan yang hanya ingin melihat keindahan candi ini, hanya diperbolehkan mengunjungi area –area tertentu seperti Sulinggih yaitu tempat menyimpan peralatan bale simpen. Lalu ada juga area Wantilan yaitu gazebo yang megah dan aula yang cukup luas untuk dipakai bersantai para pengunjung.

Jam operasional: Pukul 07.30 – 21.00 WIB

Harga tiket: Gratis

Pantai Dampar

Terletak di Desa Bades, Pantai Dampar bisa menjadi salah satu pilihan lokasi rekreasi yang Anda kunjungi. Pantai ini terbilang cukup unik dan berbeda dari pantai lainnya karena memiliki tebing di sekelilingnya dengan ketinggian 20 meter. Hal ini menjadikan Pantai Dampar terkesan lebih nyaman dan tidak ramai karena lokasinya yang terbilang juga cukup membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk dikunjungi. Pengunjung dapat menikmati waktu dengan bersantai di pinggir pantai, atau menikmati berbagai makanan yang disediakan di warung sekitar pantai.

Jam operasional: Buka 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Kebun Teh Kertowono Gucialit

Saat mengunjungi Lumajang, tentu belum lengkap rasanya jika belum melihat pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Anda dapat mencoba mengunjungi Kebun Teh Kertowono Gucialit yang berada di Poli, Gucialit, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kebun teh ini menjadi salah satu peninggalan dari zaman penjajahan Belanda yang masih dilestarikan hingga saat ini. Udaranya yang sangat sejuk, dan juga pemandangan yang tak akan membosankan akan kebun teh yang berwarna kehijauan ini membuat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang kesini selalu betah untuk memandangi kebun. Tak hanya itu, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan gunung yang ada di Jawa Timur seperti Gunung Lemongan, Argopuro, dan juga Raung.

Jam operasional: Setiap hari 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Lumajang

Setelah lelah berkunjung ke beberapa lokasi wisata baik alam maupun rekreasi yang ditawarkan di Lumajang, alangkah indahnya Anda mencoba beberapa pilihan wisata kuliner terkenal yang ada seperti dibawah ini.

Rawon Bu Katun

Salah satu wisata kuliner yang paling direkomendasikan saat pengunjung sedang berwisata di Lumajang adalah warung rawon Bu Katun yang berada di Jl. Ade Irma Suryani No.13, Jogotrunan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Berdiri sejak tahun 1980 an, pengunjung akan merasakan cita rasa rawon khas yang legendaris sejak dahulu kala dan selalu dibanjiri oleh pengunjung setempat serta wisatawan yang berdatangan. Sepiring rawon akan disajikan seperti umumnya kebanyakan, namun ada hal berbeda yang menjadikan rawon ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bumbu merah atau bumbu balinya yang juga ditemani jeroan dalam hidangan rawon tersebut. Lauk yang ditawarkan juga beragam seperti empal, otak, hati, paru, babat, usus, sampai telur asin.

Jam operasional: Setiap hari pukul 05.30 – 12.00 WIB

Harga: Rp 10.000,-

Soto Cak Geng

Tempat wisata kuliner lainnya yang juga menjadi andalan warga Lumajang adalah Soto Cak Geng yang berlokasi di Jl. Imam Bonjol No.44, Citrodiwangsan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pengunjung akan disuguhkan dengan berbagai pilihan soto seperti soto bening ataupun santan. Menu yang paling sering direkomendasikan disini adalah soto daging yang menawarkan semangkuk soto dengan potongan daging lembut, telur, sambal, dan juga perasan jeruk nipis yang membuat soto ini menjadi segar.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 19.30 WIB

Harga: Rp 15.000,-

Capcay Mbak Eni

Warung makan Mbak Eni yang berada di Jl. Imam Bonjol patut dicoba oleh para wisatawan. Dengan menu andalannya yang bernama capcay, pengunjung akan disuguhkan dengan 2 pilihan capcay berupa kuah atau goreng yang sama-sama tak kalah nikmatnya. Dalam sepiring capjay yang terbilang sangat enak di lidah para pengunjung ini, Anda akan melihat adanya bakso ikan, sawi hijau, sawi putih, kembang kol, irisan udang, irisan otak-otak, irisan jagung, dan juga potongan ayam yang lembut. Jika Anda adalah penggemar capcay berkuah, kuah yang disajikan disini sangatlah kental yang berbahan dasar kaldu, merica, dan juga bawang putih. Disajikan dengan harga yang standar, cita rasa capcay disini tidaklah main-main karena sangat terasa perbedaannya dengan yang ada di tempat lain.

Jam operasional: Setiap hari pukul 17.00 – 21.00 WIB

Harga: Rp 23.000,-

Akses Menuju Lumajang

Akses untuk ke Lumajang terbilang sangat mudah karena terdapat beberapa opsi yang dapat dipilih. Berikut beberapa akses mudah untuk menuju Lumajang.

Pesawat

Untuk para pengunjung yang ingin memanfaatkan moda transportasi pesawat ke Lumajang, Anda dapat memilih untuk berhenti di Bandar Udara Internasional Juanda yang berada di Surabaya. Dari Surabaya, Anda melanjutkan perjalanan ke Lumajang dengan menggunakan bus yang memiliki waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit.

Kereta Api

Pilihan kedua yang bisa Anda sambangi untuk menuju Lumajang adalah dengan kereta api. Pengunjung dapat turun di Stasiun Semut atau Surabaya Kota yang berada di Surabaya. Setelahnya, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan bus yang tersedia di Surabaya hingga ke Lumajang dengan waktu tempuh hampir 3 jam.

Bus

Pilihan yang paling mudah untuk mengunjungi Kabupaten Lumajang adalah dengan menggunakan bus. Beberapa terminal utama yang dapat dipilih adalah Terminal Minak Koncar yang berada di Wonorejo, Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dan juga Terminal MPU yang berada di Tompokersan, Kec. Lumajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pengunjung dapat memilih terminal mana yang paling dekat dengan lokasi tujuan agar lebih mudah dijangkau.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store