tokopedia-logo
Travel
City
Malang
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sel, 22 Jun 2021
Check-out
Rab, 23 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Malang

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Hotel Tugu Malang - CHSE Certified

Hotel Tugu Malang - CHSE Certified

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Malang
Malang
9,3
Luar Biasa
Rp1.193.866
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Malang
Tentang Malang
Tempat Wisata Alam di Malang
Tempat Wisata Rekreasi di Malang
Tempat Wisata Kuliner di Malang
Akses ke Malang

Tentang Malang

Malang merupakan kota yang berlokasi di daerah Selatan Pulau Jawa dan merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur, setelah Surabaya. Kota yang identik dengan Buah Apel ini terletak di hantaran dataran tinggi seluas 145,28 km dan dikelilingi oleh 4 gunung besar, yaitu Gunung Semeru di sebelah Timur, Gunung Arjuno di sebelah Utara, Gunung Kelud di sebelah Selatan, dan Gunung Kawi dan Panderman yang berada di bagian Barat kota Malang. Oleh karena itu, tidak heran jika Malang terkenal dengan suasana kotanya yang sejuk dan nyaman.

Bukan hanya kekayaan alam yang berlimpah, Malang juga memiliki banyak peninggalan sejarah dan berbagai festival budaya tahunan yang seru untuk disaksikan. Dikelilingi sejumlah Universitas terbaik seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Politeknik Negeri Malang, dan UIN Maulana Ibrahim Malang, Malang juga kerap dijuluki sebagai kota Pendidikan.

Berada 90 km dari Kota Surabaya, Malang merupakan paket lengkap untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan. Berbagai macam wisata alam, tempat bermain modern, hingga kuliner lezat dapat Anda temui di sini. Sebagai destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, Malang juga memiliki berbagai hotel menarik dengan harga yang relatif terjangkau.

Tempat Wisata Alam di Malang

Malang merupakan kota yang dikenal dengan kekayaan alam dan iklimnya yang sejuk. Malang menyediakan aneka pesona alam, mulai dari Gunung, Pantai, hingga air terjun untuk Anda nikmati.

Gunung Bromo

Gunung yang berlokasi di Taman Nasional Bromo, Tengger Semeru ini menjadi salah satu destinasi wajib yang harus Anda kunjungi jika berwisata ke kota Malang. Gunung Bromo merupakan salah satu ikon wisata populer di Jawa Timur yang kerap menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Gunung Bromo juga termasuk ke dalam gunung berapi yang masih berstatus aktif hingga kini.

Beberapa kawasan wisata menarik dapat Anda datangi saat berada di Gunung Bromo, mulai dari Bukit Teletubies, kawah Bromo, Pasir Berbisik, hingga Padang Savana. Selain pemandangannya yang indah sebagai spot foto, di sini Anda dan keluarga juga dapat berkeliling kawasan Bromo sambil menunggangi kuda. Biasanya, saat matahari terbit dan terbenam menjadi waktu favorit bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Gunung Bromo.

Untuk dapat mengunjungi Gunung Bromo, Anda dapat menyewa paket perjalanan menggunakan Jeep atau dengan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang ingin menjelajahi kawasan ini dengan waktu yang lebih lama, tersedia banyak hotel yang dapat Anda pilih di sekitar kawasan Bromo tersebut.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket:

  • Weekday, Rp29.000,- (wisatawan lokal), dan Rp220.000,- (Wisatawan Mancanegara.
  • Weekend, Rp34.000,- (wisatawan lokal), dan Rp320.000,- (Wisatawan Mancanegara)

Pantai Sendang Biru

Malang bagian Selatan memiliki sejumlah pantai yang tidak boleh Anda lewatkan. Salah satu pantai yang populer adalah Pantai Sendang Biru di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Pantai Sendang Biru terkenal dengan air laut yang jernih dan tenang. Anda dapat bersantai sambil memancing, menyewa perahu, atau sekadar bermain air dan pasir di pinggir pantai. Selain itu, Pulau Sempu yang berada di Sendang Biru menjadi daya tarik lain dari pantai ini. Di pulau ini Anda juga dapat mengunjungi beberapa telaga indah, seperti Telaga Anakan dan Telaga Lele.

Kurang puas rasanya jika hanya menghabiskan waktu sebentar di pantai ini, Anda dapat mencoba bermalam di penginapan atau hotel yang berada di sekitar pantai Sendang Biru.

Jam operasional: Setiap hari, 24 Jam.

Harga tiket: Rp5.000,-/orang.

Coban Rondo

Tidak hanya pantai, Malang juga memiliki banyak Coban atau air terjun dengan pemAndangan yang tidak kalah mempesona.

Coban Rondo merupakan sebuah air terjun yang berjarak 20 km atau 1,5 jam perjalanan dari pusat kota Malang. Air terjun dengan ketinggian 84 meter ini juga dikelilingi oleh hutan pinus yang semakin menambah keasrian lingkungan coban tersebut. Bukan hanya pemandangan air terjun dan udaranya yang sejuk, Anda juga dapat mencoba berbagai wahana menarik di Coban Rondo, yaitu seperti Taman Labirin, arena outbond, perkebunan, dan aneka kuliner.

Jam operasional: Setiap Hari, pukul 07.00-17.00 WIB.

Harga tiket:

  • Weekday, Rp15.000,- (wisatawan lokal), dan Rp25.000,- (Wisatawan Mancanegara.
  • Weekend, Rp18.000,- (wisatawan lokal), dan Rp30.000,- (Wisatawan Mancanegara).

Tempat Wisata Rekreasi di Malang

Selain alamnya, Malang juga populer dengan destinasi wisata modern yang dapat Anda kunjungi.

Kampung Warna – Warni Jodipan

Kampung warna-warni Jodipan merupakan tempat yang tengah populer sebagai destinasi wisata di Malang. Kampung ini merupakan hasil csr mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang dengan pemerintahan Kota Malang dan perusahaan cat pada tahun 2016 lalu. Awalnya, kampung ini berada di wilayah yang kumuh dan tidak terawat. Namun, di sisi lain kampung ini dinilai memiliki potensi sebagai lokasi wisata karena latar pemAndangannya yang indah. Hal ini yang membuat sejumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM berusaha merenovasi kampung tersebut menjadi kampung wisata yang cantik dan unik.

Setiap rumah, jalan, dan pelosok Kampung Jodipan ini di hias dengan berbagai dekorasi dan lukisan warna-warni yang menarik untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Anda juga dapat menikmati berbagai jajanan kaki lima dan kios-kios milik warga setempat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.000,-/orang.

Museum Angkut

Bagi Anda yang menyukai otomotif dan ingin mempelajari sejarah transportasi tradisional maupun modern dari berbagai negara, Museum Angkut dapat menjadi tempat wisata yang cocok untuk Anda. Tidak hanya 300 macam koleksi transportasi klasik yang dapat Anda temukan di museum ini, tetapi Anda juga dapat menikmati maniatur bangungan menyerupai tempat-tempat ikonik di dunia. 

Area bangunan tersebut terbagi menjadi beberapa zona, yaitu Zona Batavia, Zona Eropa, Zona Broadway, Zona Hollywood, dan Zona Las Vegas. Tentu saja, wisatawan tidak pernah ketinggalan untuk berfoto di setiap area Museum Angkut.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 12.00 - 20.00 WIB.

Harga tiket: Rp80.000 - Rp100.000,-/orang.

Alun-Alun Kota Malang

Tempat wisata yang terletak di tengah-tengah kota Malang ini menjadi tempat favorit untuk berkumpul dan beristirahat. Anda dan keluarga dapat menikmati suasana sejuk kota malang sambil menikmati sejumlah jajanan kaki lima di sekitar Alun-Alun Malang tersebut. Pada malam hari, Anda juga akan dihibur dengan hiasan lampu warna-warni dan air mancur yang cantik.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Malang

Keunggulan lainnya dari Kota Malang adalah kulinernya yang nikmat dan khas yang sayang untuk dilewatkan.

Bakso

Anda belum bisa dikatakan berkunjung ke Malang jika belum menikmati kelezatan dari Bakso Malang. Bakso Malang memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan bakso dari daerah lain. Semangkuk bakso Malang, biasanya disajikan dengan mie kuning, siomay, tahu, dan pangsit goreng. Salah satu bakso khas Malang yang terkenal adalah Bakso President di Jalan Batanghari Nomor 5, Rampal Celaket, Klojen.

Bakso President ini sudah berjualan sejak tahun 1977 dengan beberapa varian bakso seperti bakso kuah, bakso goreng, dan bakso bakar. Uniknya, Tempat makan ini berada tepat di samping rel kereta api aktif jurusan Surabaya – Malang, sehingga pasti akan memberikan suasana menyantap bakso yang berbeda.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00-21.30 WIB.

Harga: Rp30.000 – 50.000,-

Rawon

Rawon merupakan makanan yang khas bukan hanya di Malang tapi juga di Jawa Timur. Makanan ini identik dengan olahan daging sapi dengan kuah sup yang hitam. Warna hitam pada Rawon dihasilkan dari perpaduan macam-macam bumbu dengan kluwek. Semangkuk rawon biasanya ditemani dengan nasi, tauge, dan kerupuk udang.

Anda dapat mencicipi Rawon terkenal di Malang yaitu Rawon Nguling yang berada di Jl. Zainul Arifin, Kecamatan Klojen, Malang. Rawon yang sudah ada sejak tahun 1983 ini memiliki cita rasa yang sudah tidak dapat diragukan lagi.

Jam operasional: Setiap hari, 07.00-15.30 WIB.

Harga: Rp35.000-Rp50.000,-

Wedang Ronde

Suasana Malang yang dingin membuat makanan yang satu ini sering dicari oleh banyak orang. Ronde merupakan camilan tradisional yang terbuat dari tepung beras dengan isian gula, sementara wedang ditujukan untuk semua minuman yang terbuat dari air rebusan jahe, gula, dan serai.

Bagi Anda yang tertarik mencoba hidangan ini, Anda dapat mengunjungi tempat wedang ronde legendaris, yaitu Ronde Titoni Malang yang telah berdiri sejak tahun 1948. Anda dapat menemukan ronde ini di JL. Zainul Arifin No. 17, Sukoharjo, Klojen, Malang.

Jam buka: Senin-Sabtu, pukul 18.00-00.00 WIB.

Harga: Rp7.000-Rp9.000,-/porsi.

Akses ke Malang

Berikut beberapa moda transportasi umum yang dapat Anda gunakan jika ingin berkunjung ke Malang.

Bus

Bus menjadi sarana transportasi yang tepat bagi Anda yang memiliki banyak waktu dan ingin berkunjung ke Malang dengan harga yang terbilang murah. Terminal Arjosari merupakan terminal utama yang melayani rute perjalanan dari dan ke kota-kota besar di pulau Jawa, Sumatra, Bali, dan NTB. Selain itu, terdapat Terminal Hamid Rusdi untuk rute perjalanan antara Malang dengan kota-kota sekitar seperti Lumajang, Blitar, Tulungagung, dan Trenggalek.

Meskipun memakan waktu yang cukup lama, Anda tidak perlu khawatir dengan kenyamanan berkendara menggunakan Bus. Tersedia beberapa kelas yang dapat Anda pilih, yaitu mulai dari ekonomi, bisnis, hingga eksekutif.

Kereta Api

Kereta Api menjadi mode transportasi yang paling banyak digunakan oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke Malang, khususnya yang berasal dari kota-kota yang masih berada di Pulau Jawa. Bepergian ke Malang menggunakan kereta api juga bisa menjadi salah satu cara yang efisien untuk menghemat biaya transportasi Anda. Anda dapat memilih dua jenis kereta sesuai dengan budget yang Anda miliki, yakni kereta kelas ekonomi dan kereta kelas eksekutif. Untuk perjalanan dari Jakarta ke Malang akan memakan waktu sekitar 14-15 jam.

Pesawat

Tidak ingin berlama-lama di perjalanan saat liburan? Pesawat merupakan sarana transportasi yang tepat untuk Anda. Bandara Abdul Rachman Saleh merupakan bandara udara satu-satunya yang dimiliki kota Malang. Berjarak 30 menit dari pusat kota Malang, Bandara ini melayani beberapa penerbangan, yaitu rute Malang-Jakarta dengan maskapai Sriwijaya Air, Batik Air, Garuda Indonesia, dan Citilink Indonesia, dan rute Malang-Bali dengan maskapai Wings Air.

Karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, Anda dapat menemukan berbagai hotel yang nyaman dan menarik di sekitar wilayah tersebut. Malang memiliki aneka jenis penginapan mulai dari hotel budget, menengah, hingga mewah untuk Anda dan keluarga. Segera booking hotel pilihan Anda di Tokopedia dan nikmati liburan seru di Malang.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store