tokopedia-logo
Travel
City
Manado
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 7 Agu 2021
Check-out
Min, 8 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Manado

Hygiene Verified
Grand Luley Manado

Grand Luley Manado

Resor
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Manado
Manado
8,5
Sangat Memuaskan
Diskon Spesial
Rp652.000
Rp619.400
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Manado
Tentang Manado
Tempat Wisata Alam di Manado
Tempat Wisata Rekreasi di Manado
Tempat Wisata Kuliner di Manado
Akses Menuju Manado

Tentang Manado

Manado adalah ibukota dari provinsi Sulawesi Utara yang memiliki populasi sekitar 475.557 jiwa pada tahun 2020. Mayoritas penduduk Kota Manado terdiri dari orang-orang bersuku Minahasa. Tak hanya itu, beberapa suku lain yang tinggal menetap di Manado terdiri dari suku Tionghoa, Borgo, Siau, Arab, Gorontalo, Mongondow, serta Babontehu. Dilihat dari cuplikan kehidupan Kota Manado diatas, bisa disimpulkan bahwa Manado adalah sebuah kota yang memiliki beragam penduduk dari suku yang berbeda-beda, dan itu menjadi daya tarik tersendiri bagi Kota Manado.

Tak jauh dari kota-kota besar lainnya, Anda akan menemukan berbagai macam tempat yang bisa dikunjungi salah satunya yaitu mall atau pusat perbelanjaan. Beberapa mall bahkan memiliki koleksi penjualan merek baju yang sangat lengkap seperti Manado Town Square dan Lippo Plaza Kairagi. Wisatawan akan disuguhkan pemandangan perkotaan yang sangat menghibur serta ramai diisi oleh warga lokal sekitarnya.

Tak hanya pusat perbelanjaan, banyak pula tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Manado. Tak cukup 1 hari, Anda harus menyiapkan beberapa hari untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata yang sangat terkenal di Manado. Untuk memenuhi kebutuhan berlibur para pengunjung, Tokopedia menawarkan fasilitas penginapan berupa hotel maupun villa yang dapat dipilih saat Anda bersantai menikmati liburan di Kota Manado. Jadi, jangan lupa untuk mengecek detailnya di aplikasi Tokopedia ya, Toppers!

Tempat Wisata Alam di Manado

Tak lain dan tak bukan, wisata alam di Manado memang selalu dikenalkan dengan pemandangan yang menakjubkan. Berikut beberapa tempat wisata alam di Manado yang dapat dikunjungi dan selalu dibanjiri wisatawan.

Taman Nasional Bunaken

Wisata alam pertama yang memiliki keindahan tanpa ujung adalah Taman Nasional Bunaken yang terletak di Kecamatan Wori, Kotamadya Manado, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Terdapat sekitar 390 spesies terumbu karang dan juga ekosistem laut yang terbilang cukup lengkap disini. Beberapa jenis hewan yang akan Anda lihat disini adalah 90 jenis ikan yang berbeda-beda, rusa, kuskus, mamalia laut, burung, sampai ke binatang berjenis reptil. Tempat ini sangat cocok untuk para penyelam karena keindahan bawah lautnya yang terdiri dari berbagai varian terumbu karang yang didominasi oleh jenis tepi dan terumbu karang penghalang. Banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung disini seperti diving, berenang, snorkeling, maupun sekedar berjemur.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-/orang

Pantai Malalayang

Objek wisata alam kedua yang juga sering dibanjiri pengunjung adalah Pantai Malalayang yang berlokasi di Jl. Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Pantai Malalayang menjadi salah satu wisata alam yang memiliki koleksi biota laut yang beragam untuk dilihat. Jika Anda tidak bisa menyelam untuk melihat biota laut tersebut, beberapa biota laut juga muncul di area bibir pantai atau pinggiran sehingga wisatawan tak perlu menyelam dahulu. Selain itu, para pengunjung juga dapat bersantai ria dengan berjemur atau sambil mengemil menikmati tenangnya pantai dan menunggu terbitnya atau terbenamnya matahari. Pantai ini juga terhitung cukup dekat dari kota, karena Anda setidaknya hanya membutuhkan waktu 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor dari perkotaan ke Pantai Malalayang.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

Air Terjun Kima Atas

Wisata alam selanjutnya yang tak kalah pamor adalah Air Terjun Kima Atas yang berada di Kima Atas, Mapanget, Manado City, Sulawesi Utara. Lokasi air terjun ini masih terbilang sangatlah alami dan dikelilingi oleh hutan tropis yang rimbun. Jadi para pengunjung dapat bersantai menikmati air terjun tanpa terkena sinar matahari yang terik. Air terjun yang tersedia disini pun terbilang cukup unik karena berundak seperti anak tangga, dengan kolam alami yang sangat jernih. Tak perlu khawatir, kawasan Air Terjun Kima Atas masih terhitung sangat bersih walaupun banyak wisatawan yang mengunjungi. Jadi, Anda bisa berenang ataupun bersantai ria di pinggir air terjun.

Jam operasional: 08.00 - 16.00 WITA

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-/orang

Tempat Wisata Rekreasi di Manado

Tidak hanya kaya akan wisata alamnya yang indah serta dikagumi banyak orang, Manado juga menyediakan berbagai macam wisata rekreasi yang dapat dikunjungi seperti yang ada di bawah ini.

CitraLand Waterpark

Wisata rekreasi pertama yang dapat dikunjungi di Manado adalah CitraLand Waterpark yang berlokasi di Jl. Royal Mansion 2, Winangun Satu, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Anda akan disuguhkan beberapa fasilitas yang cukup lengkap disini seperti kolam dewasa, kolam anak, luncur air, sampai ember air raksasa. Selagi menikmati waktu berenang sambil bersantai, pengunjung dapat mencoba sajian kuliner di restoran sekitar area kolam renang dengan berbagai variasi menu yang cukup beragam.

Jam operasional: Jumat - Minggu pukul 10.00 - 19.00 WITA

Harga tiket: Mulai dari Rp 35.000,-/orang

Rumah Alam Adventure Park

Tempat wisata rekreasi berikutnya yang tak kalah menarik adalah Rumah Alam Adventure Park yang berlokasi di Jl. Ring Road Jaga IX No.Km.1, Maumbi, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Taman bermain yang satu ini memiliki jangkauan yang cukup luas yakni 10 hektar dan menghadirkan konsep alam hijau yang terbuka serta rimbun oleh pepohonan. Selain itu, banyak wahana yang ditawarkan disini seperti rappelling, flying fox, high rope, berenang, sampai golf. Dengan berbagai fasilitas menarik di dalamnya, banyak sekali wisatawan yang memanfaatkan waktu untuk berlibur di Rumah Alam Adventure Park berlama-lama guna mengeksplorasi berbagai wahana yang ada didalamnya.

Jam operasional: Senin - Jumat pukul 10.00 - 18.00 WITA dan Sabtu - Minggu pukul 10.00 - 19.00 WITA

Harga tiket: Rp 35.000,-/orang

Taman Laut Tumbak

Tidak kalah dari wisata rekreasi lainnya, Taman Laut Tumbak yang berlokasi di Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara ini juga bisa menjadi pilihan destinasi berlibur saat mengunjungi Manado. Akses yang harus ditempuh untuk kesini pun tidak sulit, cukup dengan kendaraan bermotor saja maupun kendaraan bermobil, pengunjung sudah dapat sampai ke lokasi wisata dengan baik. Sesampainya di Taman Laut Tumbak, pengunjung akan disuguhkan dengan air laut yang sangat jernih berwarna biru. Bahkan terumbu karang yang berada dibawah permukaan laut pun terlihat sampai ke atas karena kejernihan airnya. Pengunjung pun dapat menikmati keindahan biota lautnya dengan diving ataupun snorkeling di 20 titik utama pada kedalaman 3 sampai 6 meter kebawah.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

Tempat Wisata Kuliner di Manado

Sehabis puas menyusuri berbagai wisata alam serta rekreasi yang disuguhkan dengan pemandangan indah nan menakjubkan, jangan lupa untuk mengisi perut dengan makanan khas yang ada di Manado. Berikut beberapa makanan khas yang dapat Anda pertimbangkan untuk dicicipi.

Soto Rusuk Ba Ko Petrus

Kuliner pertama yang memiliki cita rasa khas Manado adalah Soto Rusuk Ba Ko Petrus, ia terletak di Jalan Achmad Yani No. 24, Karombasan Utara, Kecamatan Sario, Kota Manado, Sulawesi Utara. Pengunjung dapat menikmati semangkuk soto hangat dengan pemandangan pantai yang indah di depannya. Saat mencicipi soto rusuk tersebut, pengunjung akan segera hafal dengan rasa kaldu babi serta rempah-rempah lainnya yang bercampur jadi satu serta isian daging yang sangat empuk. Tak lupa topping lainnya seperti mie putih dan daun bawang yang membuat semangkuk soto ini menjadi hidangan yang tepat untuk mengisi perut. Selain menu soto, ada pula rusuk babi bakar, rujak manis, babi tore, mie rusuk babi, soto kaki babi, dan beberapa menu pilihan lainnya yang dapat memanjakan perut para wisatawan.

Jam operasional: Senin - Sabtu pukul 07.00 - 01.00 WITA dan Minggu pukul 12.00 -21.00 WITA

Harga: Mulai dari Rp 50.000,-

Rumah Makan Nasi Kuning Saroja

Tak ketinggalan dengan jenis kuliner yang lainnya, Rumah Makan Nasi Kuning Saroja yang berada di Jl. Diponegoro, Lawangirung, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara ini juga menjadi salah satu kuliner primadona dari Kota Manado. Layaknya nasi kuning pada umumnya, pengunjung akan disuguhi dengan hidangan nasi kuning tetapi dengan ciri khas memakai ubi jalar dan daging. Sepiring nasi kuning tersebut dipenuhi dengan teman-temannya berupa telur rebus, potongan daging, ubi jalar, kentang goreng, sambal, dan abon ikan cakalang. Saat menyuap di suapan pertama, pengunjung akan mendapati cita rasa yang cukup lengkap seperti rasa gurih, manis, asin, serta nikmatnya sambal pedas khas yang disediakan.

Jam operasional: 06.00 - 22.00 WITA

Harga: Rp 25.000,-

Rumah Makan Bakar Rica

Rindu dengan cita rasa makanan laut yang segar dan juga gurih di mulut? Anda dapat mencoba untuk mencicipi aneka makanan laut di Rumah Makan Bakar Rica yang terletak di Jl. Balaikota, Komo Luar, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Pengunjung dapat memilih berbagai jenis ikan segar yang ingin dinikmati di restoran seperti cumi-cumi, tindarung, tuna, kakap, tude, dan berbagai jenis ikan lainnya. Tak hanya ikan, pengunjung juga dapat memilih olahan ayam yang termasuk lengkap dan juga nikmat. Hal yang istimewa di restoran ini adalah, pengunjung dapat memilih sambal dabu-dabu sepuasnya dan diperbolehkan untuk menambah jika kurang.

Jam operasional: 11.00 - 1.30 WITA

Harga: Mulai dari Rp 25.000,-/orang

Akses Menuju Manado

Berikut beberapa pilihan moda transportasi yang dapat Anda pertimbangkan jika ingin mengunjungi Manado.

Pesawat

Pilihan pertama yang dapat dipertimbangkan saat menuju Manado adalah dengan menggunakan pesawat yang berhenti di Bandara Sam Ratulangi. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus DAMRI yang disediakan di bandara menuju ke lokasi tujuanmu.

Kapal

Jika Anda ingin menggunakan moda transportasi perairan, kapal adalah pilihan yang sangat tepat dan praktis. Anda dapat berhenti di Pelabuhan Bitung yang berada di Sulawesi Utara, dan melanjutkan perjalanan dengan transportasi darat yang ada di sekitar pelabuhan menuju ke tempat tujuan pertamamu.

Bus

Pilihan transportasi terakhir yang dapat digunakan ialah bus. Pendatang dapat berhenti di Terminal Malalayang, Terminal Bus Karombasan, ataupun Terminal Bus Pal2 tergantung tujuan selanjutnya.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store