tokopedia-logo
Travel
City
Mataram
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 29 Jul 2021
Check-out
Jum, 30 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Mataram

Hotel di area populer

Lombok Plaza Hotel and Convention

Lombok Plaza Hotel and Convention

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Mataram
Mataram
8
Sangat Memuaskan
Rp760.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kenali Mataram
Tentang Mataram
Tempat Wisata Alam di Mataram
Tempat Wisata Sejarah dan Budaya di Mataram
Tempat Wisata Kuliner di Mataram
Akses Menuju Mataram

Tentang Mataram

Mataram adalah sebuah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat yang didominasi oleh Adat Mataram Sasak, Tionghoa, Arab, dan juga Melayu. Bahasa yang dianut para penduduknya di Mataram adalah Bahasa Sasak. Tetapi banyak juga pendatang lainnya yang menggunakan Bahasa Indonesia, Bima, Samawa, hingga Mataram untuk dijadikan sebagai alat berkomunikasi di Mataram dengan masyarakat lainnya.

Selain itu, Mataram juga dikenal dengan salah satu wilayah yang menawarkan segala jenis keindahan Indonesia yang terlihat sangat natural dan menakjubkan untuk dipandang. Dilimpahi dengan berbagai jenis pantai yang beragam, masyarakat menjadikan Kota Mataram sebagai destinasi favorit yang disukai dan juga selalu dibanjiri oleh pengunjung. Keindahan alam yang ditawarkan di Mataram juga tidak main-main, membuat para pengunjung semakin betah dan tidak mau meninggalkan kota ini dengan cepat.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Mataram seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Mataram juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Mataram

Salah satu jenis wisata bertemakan alam di Mataram memang sudah terkenal akan kecantikannya. Berikut beberapa wisata alam di Mataram yang wajib atau tak boleh ketinggalan saat kamu mengunjungi Mataram.

Pantai Senggigi

Wisata alam pertama yang sangat dikenal di Mataram adalah Pantai Senggigi. Wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang mendatangi Mataram, sudah pasti akan menjadikan Pantai Senggigi menjadi salah satu destinasinya. Anda dapat mengunjungi pantai ini yang berada di Jl. Raya Senggigi KM 6-10, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dengan akses yang mudah. Pantai disini dikenal memiliki suasana yang tenang dan asri untuk dinikmati baik hanya sekadar bersantai atau melakukan aktifitas lainnya. Pengunjung juga dapat snorkeling disini karena ombak yang ada tidaklah besar. Selain itu, Pantai Senggigi dikenal memiliki terumbu karang yang indah dipandang.

Jam operasional: Setiap Hari 24 Jam

Harga tiket: Rp 15.000,-

Air Terjun Benang Kelambu

Selain pantainya yang memiliki keindahan yang unik dan mengagumkan, Mataram juga menawarkan Air Terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu yang tidak pernah sepi akan pengunjung. Untuk sampai ke air terjunnya, pengunjung harus melewati anak-anak tangga sebagai satu-satunya jalan yang hanya bisa dilewati. Pemandangan air terjun disini sangatlah memukau karena bertingkat dan memiliki debit air yang cukup banyak. Tidak hanya bisa untuk melihat keindahan air terjunnya, pengunjung juga dapat berenang di kolam yang disediakan baik untuk dewasa maupun anak-anak. Air yang turun baik dari air terjun maupun dari kolamnya juga sangat bersih dan jernih, membuat para pengunjung semakin betah berlama-lama.

Jam operasional: 24 Jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Pantai Nipah

Pantai lainnya yang juga ada di Mataram dan memiliki keindahan tak kalah dengan wisata lainnya adalah Pantai Nipah. Pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan pantai berpasir putih yang memiliki air biru jernih menawan. Pantai ini juga menghadirkan suasana menenangkan yang cocok dijadikan tempat untuk bersantai menikmati suasana terbit atau tenggelamnya matahari. Garis pantai yang ada disini pun terhitung cukup panjang, maka dari itu pengunjung bebas bisa melakukan apapun maupun di suasana yang ramai karena luasnya pantai ini. Tidak hanya menikmati keindahan pantai, pengunjung juga dapat mencicipi kuliner yang ada di pinggir pantai dan sangat direkomendasikan untuk mencoba ikan bakarnya yang sangat terkenal. Anda dapat menikmati seporsi ikan bakar yang lezat ditemani dengan pemandangan menenangkan di Pantai Nipah.

Jam operasional: 24 Jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Tempat Wisata Sejarah dan Budaya di Mataram

Wisata lain yang tak kalah terkenal di Mataram adalah wisata rekreasinya yang menawarkan berjuta keseruan serta cerita didalamnya. Berikut wisata sejarah dan budaya di Mataram yang dapat kamu kunjungi.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Tidak hanya diperkaya dengan wisata alamnya yang memukau dan menakjubkan, Mataram juga menyediakan berbagai pilihan wisata sejarah dan budaya yang dapat dijadikan sebagai wisata edukasi. Salah satunya adalah Museum Negeri Nusa Tenggara Barat yang berada di Jl. Panji Tilar Negara No.6, Taman Sari, Kec. Ampenan, Kota Mataram. Pengunjung dapat menikmati berbagai koleksi yang ada di museum ini seperti baju pernikahan adat Sasak, Mbojo, Samawa. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat berbagai macam fosil, senjata tradisional dari Kesultanan Bima, dan juga koin colonial dari Spanyol, Belanda, dan Portugis. Setidaknya ada 8.000 koleksi yang ada disini dan masih dijaga secara turun temurun untuk dilestarikan.

Jam operasional: Selasa – Minggu pukul 08.00 – 15.00 WITA

Harga tiket: Rp 2.000,-

Pura Batu Bolong

Lokasi wisata selanjutnya ini juga menawarkan keindahan dan budaya yang dijadikan satu. Anda dapat mengunjungi Pura Batu Bolong yang berada di Jl. Raya Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pengunjung akan dibuat terpukau dengan keberadaan pura yang memiliki pemandangan langsung ke pantai ini. Di pura ini, pengunjung juga dapat melihat patung-patung yang sudah lama berdiri disana seperti Patung Naga, Patung Laksamana, Patung Subali, Patung Rama, dan juga Patung Sugriwa. Wisatawan dapat menikmati keindahan arsitektur pura yang dibangun sejak ratusan tahun lamanya, bersamaan dengan latar belakang pantai yang tidak kalah indah.

Jam operasional: Setiap Hari 24 Jam

Harga tiket: Rp 20.000,-

Pura Meru

Tidak hanya Pura Batu Bolong, Mataram juga memiliki pura lainnya yang kerap dikunjungi para pendatang. Pura Meru yang terletak di Jl. Selaparang, Cakranegara Tim., Kec. Cakranegara, Kota Mataram ini adalah pura terbesar yang ada di Lombok. Didalamnya terdapat 3 pura berjejer yang bernama Pura Siwa, Pura Brahma, dan Pura Wisnu yang masing-masing puranya berkaitan erat dengan gunung. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat melihat 33 Sanggah berwarna putih yang menjadi simbol dari 33 desa. Pengunjung juga dapat menikmati suasana dari gazebo pura maupun toko cinderamata tepat di area pura untuk oleh-oleh.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WITA

Harga tiket: Rp 20.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Mataram

Tak hanya menawarkan berbagai keindahan alam serta tempat rekreasi yang menyenangkan, Mataram juga menawarkan jutaan kuliner yang menggugah selera para pengunjungnya seperti yang ada di bawah ini.

Ayam Taliwang H.M Bahran Moerad

Sajian kuliner pertama yang menjadi ciri khas dan wajib dicoba oleh para pendatang yang ada di Kota Mataram adalah ayam taliwang. Salah satu ayam taliwang terenak yang ada di Mataram dinobatkan kepada warung Ayam Taliwang H.M Bahran Moerad yang ada di Jalan Pelikan No. 6, Mataram, Lombok. Pengunjung akan disuguhkan dengan 1 piring porsi ayam taliwang yang dipilih dari ayam kampung dengan daging lembut dan ditemani sambal pedas yang menggoda lidah. Di suapan pertama, pengunjung akan merasakan uniknya dan perbedaan ayam taliwang yang ada disini maupun tempat lain.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WITA

Harga: Rp 55.000,-

Sate Rembiga Ibu Sennaseh

Untuk para penggemar sate, warung sate rembiga milik Ibu Sennaseh sangat direkomendasikan untuk menjadi pilihan utama para wisatawan. Berlokasi di Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, pengunjung dapat menemukan warung sate ini dengan sangat mudah karena lokasinya yang strategis. Dengan berbahan dasar daging sapi, pengunjung akan menikmati sepiring sate dengan isi 10 tusuk daging sapi yang disajikan tepat di atas piring beralas kertas minyak. Dibakar dengan baluran bumbu dapur seperti cabe merah, terasi, kemiri, dan juga gula membuat ciri khas sate rembiga ini memiliki cita rasa yang kental akan rempah-rempah. Pedasnya bumbu dari sate rembiga ini juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai sate rembiga.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 22.00 WITA

Harga: Rp 30.000,-

Depot Kelebet

Kuliner terakhir yang juga menjadi andalan Kota Mataram adalah dengan mengunjungi Depot Kelebet yang berada di Jl. Hos Cokroaminoto No.10, Monjok Tim., Kec. Selaparang, Kota Mataram. Menu yang direkomendasikan untuk dicoba adalah Bebalung yang biasa juga dikenal dengan sup tulang. Pengunjung akan disuguhkan dengan tulang iga kerbau atau sapi yang telah dibumbui dengan cabe rawit, lengkuas, bawang putih, bawang merah, kunyit, asam, jahe, dan garam. Pengunjung akan merasakan cita rasa sup tulang yang memiliki daging empuk serta bumbu menyerap yang tak kalah lezat dengan makanan lainnya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WITA

Harga: Rp 25.000,-

Akses Menuju Mataram

Berikut beberapa pilihan transportasi umum yang dapat diandalkan saat menuju ke Mataram.

Pesawat

Salah satu akses termudah untuk menjangkau Mataram adalah dengan menggunakan moda transportasi udara yaitu pesawat. Anda dapat memilih untuk berhenti Bandar Udara Internasional Lombok yang berada di Lombok Tengah. Dari bandara, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke Mataram selama 40 menit dengan jarak tempuh 34 kilometer.

Kapal

Selain menggunakan jalur udara, pengunjung juga dapat menggunakan jalur laut dengan kapal. Anda dapat memilih untuk berhenti di Pelabuhan Lembar yang berada di Lombok Barat. Dari pelabuhan, pengunjung hanya meneruskan perjalanan selama 21 kilometer yang memungkinkan menghabiskan waktu selama 30 menit menggunakan angkutan umum.

Bus

Akses yang dituju ke Mataram juga bisa melalui jalur darat yaitu bus. Pengunjung dapat memilih untuk turun di Terminal Mandalika ataupun Terminal Kebon Roek. Sesampainya di terminal, pengunjung dapat meneruskan perjalanan dengan angkutan umum seperti bemo atau ojek menuju lokasi tujuan.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store