tokopedia-logo
Travel
City
Medan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 30 Jul 2021
Check-out
Sab, 31 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Medan

Hotel berbintang di Medan

Miyana Hotel

Miyana Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Medan
Medan
8,2
Sangat Memuaskan
Rp600.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Medan
Tentang Medan
Tempat Wisata Alam di Medan
Tempat Wisata Sejarah di Medan
Tempat Wisata Kuliner di Medan
Akses ke Medan

Tentang Medan

Medan merupakan Ibukota dari Provinsi Sumatera Utara dan dikenal sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya. Kota yang memiliki luas 265,1 persegi ini berbatasan langsung dengan Selat Malaka di bagian Utara, sehingga memiliki jarak yang cukup dekat dengan beberapa negara tetangga, seperti Pulau Penang, Singapura, dan Kuala Lumpur, Malaysia. Medan juga dikelilingi oleh Kabupaten Deli Serdang di bagian Selatan, Barat, dan Timur kota.

Kota Medan menurut sejarahnya dibangun oleh Guru Patimpus, yaitu seorang tokoh besar yang berasal dari dataran tinggi Karo. Nama Medan diambil dari bahasa Tamil Maidhan atau Maidhanam, yang berarti tanah lapang atau tempat yang luas. Kota dengan jumlah penduduk lebih dari 2 juta jiwa ini memiliki mayoritas penduduk yang berasal dari suku Batak, Jawa, dan Melayu.

Medan juga merupakan kota yang tengah populer dijadikan sebagai destinasi wisata. Berbagai wisata alam, sejarah, dan kuliner menarik dapat Anda temukan di Kota ini. Bukan hanya itu saja, Medan juga memiliki acara adat dan tradisi budaya yang masih kental. Medan dapat menjadi kota yang wajib Anda masukan ke dalam list perjalanan wisata Anda. Lengkapi waktu Liburan Anda dengan memesan berbagai hotel pilihan di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Medan

Jika Anda berlibur ke daerah ini, maka Anda akan disuguhkan dengan deretan pemandangan objek wisata alam yang pasti akan membuat Anda terpesona.

Pulau Mursala, Sibolga

Salah satu destinasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pulau Mursala yang terletak di lepas Pantai Sibolga. Pulau ini menjadi populer di kalangan wisatawan setelah digunakan sebagai tempat pembuatan film Hollywood, King Kong.

Pulau Mursala memiliki pemandangan indah dengan air laut yang jernih dan pasir yang berwarna putih. Ditambah lagi dengan keberadaan air terjun cantik setinggi 35 meter di pulau tersebut. Di sini, Anda dapat menikmati pesona Pulau Mursala sambil bermain air atau menyusuri pulau-pulau lain yang ada di sekitar Pulau Mursala dan Pantai Sibolga.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp1.300.000,-/perahu.

Tangkahan-Langkat

Tangkahan Langkat merupakan destinasi wisata alam yang memiliki daya tarik yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Berlokasi di Kabupaten Langkat, ekowisata ini sering dijuluki sebagai surga yang tersembunyi karena pesona alamnya yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Tangkahan merupakan kawasan yang terdiri dari hutan, sungai, hingga danau yang masih terjaga kelestariannya.

Salah satu aktivitas unik dan menarik yang dapat anda lakukan di Tangkahan Langkat adalah bertemu dan memandikan Gajah-Gajah liar yang memang tinggal di kawasan ini. Bukan hanya itu saja, Anda juga dapat menyusuri hutan di kawasan Tangkahan sambil menunggangi Gajah tersebut. Jika anda ingin berkunjung ke daerah ini, Anda tidak perlu khawatir karena banyak tersedia hotel yang dapat Anda pesan sebagai tempat penginapan.

Jam operasional: Sabtu-Kamis, pukul 08.30 - 16.30 WIB.

Harga tiket: Rp10.000 - Rp4.900.000,-

Sungai Wampu

Ingin berwisata alam yang memacu adrenalin? Jika iya, maka Sungai Wampu bisa jadi destinasi yang sempurna untuk Anda. Sungai yang mengalir melalui kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat ini menawarkan olahraga ekstrim menarik, yaitu arum jeram. Sungai Wampu memiliki panjang 6 km dan mempunyai banyak cabang anak sungai sehingga membuat kegiatan arum jeram semakin seru dan menantang. Anda juga tidak perlu takut karena ada pemandu profesional yang selalu menemani dan menuntun Anda saat berarum jeram.

Jam operasional: Setiap hari, 07.30 - 13.30 WIB.

Harga tiket: Rp275.000 - Rp375.000,-/orang.

Tempat Wisata Sejarah di Medan

Sebagai kota yang terkenal dengan ragam adat dan tradisinya yang masih dilestarikan, Medan juga memiliki serangkaian peninggalan bangunan bersejarah yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Istana Maimun

Istana Maimun adalah bangunan megah yang merupakan istana dari Kesultanan Deli. Istana ini terletak di Jl. sultan Ma'mun Al Rasyid No.66, Medan. Istana dengan warna dominan emas ini memiliki luas 2.227 meter persegi dengan 30 ruangan yang tersebar ke dalam 3 bagian, yaitu bangunan induk, sayap kiri, dan sayap kanan.

Istana Maimun ini sendiri juga dipengaruhi oleh 3 kebudayaan yang berbeda, yaitu Melayu, Timur Tengah, dan Eropa. Tidak hanya diminati para wisatawan sebagai situs sejarah yang telah dibangun sejak tahun 1891, tempat ini juga sering digunakan sebagai venue pernikahan banyak orang.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.000,- (Anak-anak), dan Rp5.000,- (Dewasa).

Rumah Tjong A Fie

Tempat wisata bersejarah yang satu ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Rumah Tjong A Fie merupakan sebuah rumah tua yang kini dimanfaatkan sebagai situs bersejarah dan cagar budaya di Medan. Rumah yang telah dibangun sejak tahun 1900 ini awalnya merupakan rumah pribadi Tjong A Fie, seorang pedagang asal Tionghoa, yang didedikasikan untuk sang istri, Kiem Koei Yap.

Rumah Tjong A Fie memiliki arsitektur bangunan bergaya campuran Tionghoa, Melayu, Eropa, dan art-deco. Selain menelusuri bangunan unik, di sini Anda juga dapat mempelajari budaya Melayu-Tionghoa lewat foto-foto, lukisan, dan perabotan rumah yang sejak dulu digunakan keluarga Tjong A Fie. Anda dapat menemukan tempat ini di Jl. Jenderal Ahmad Yani No.105, Kecamatan Medan Barat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp20.000,- (Anak-anak), dan Rp35.000,- (Dewasa).

Gedung London Sumatera

Wisata bersejarah berikutnya yang tidak boleh lupa Anda kunjungi adalah Gedung London Sumatera atau yang disingkat dengan nama Gedung Lonsum. Gedung yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kesawan Medan ini sekarang dimanfaatkan sebagai pusat perkantoran perusahaan asal Inggris, yaitu PT PP London Sumatera.

Gedung yang telah berdiri sejak tahun 1906 ini dulunya dikenal dengan sebutan Gedung Juliana. Gedung megah ini memiliki arsitektur menyerupai rumah-rumah di London pada Abad ke-18. Tempat wisata ini sering dijadikan sebagai spot foto populer oleh para wisatawan. Untuk memasuki wilayah ini memang memerlukan izin akses khusus dari pengelola gedung, namun Anda tetap dapat bebas berfoto di sekitar luar bangunan.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gartis.

Tempat Wisata Kuliner di Medan

Belum lengkap rasanya jika ke Medan tanpa mencicipi aneka kulinernya yang khas dan sudah terkenal di berbagai wilayah.

Bika Ambon

Makanan yang satu ini memang sudah menjadi oleh-oleh yang harus dibeli jika berada di Medan. Meskipun namanya Ambon, Hidangan ini berasal asli dari Medan. Nama Ambon diambil karena awalnya makanan ini populer dikembangkan dan dijual di Jl. Ambon-Sei Kera Medan. Bika Ambon merupakan makanan yang terbuat dari tepung sagu, santan, telur, dan gula. Tersedia banyak varian Bika Ambon yang dapat Anda beli, yaitu mulai dari coklat, keju, pandan, hingga durian. Salah satu tempat terkenal yang menjual kue ini adalah Bika Ambon Ati yang telah berdiri sejak tahun 1978. Anda dapat menemukan Bika Ambon Ati di Jalan Majapahit, No. 11J, Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.30 - 21.00 WIB.

Harga: Rp30.000-Rp60.000,-

Mie Gomak

Mie Gomak atau yang sering dikenal sebagai spaghetti ala Batak ini merupakan kuliner khas Medan yang berasal dari wilayah Balige, yakni di tepian Danau Toba. Makanan ini memiliki ciri khas yaitu mie berukuran besar yang biasanya dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang. Selain berbentuk kuah, mie gomak juga tersedia dalam bentuk mie gomak goreng. Bahan utama makanan ini adalah mie lidi yang hanya dapat ditemukan di Sumatera Utara. Hidangan yang satu ini termasuk mudah Anda temukan di berbagai tempat di Medan, namun salah satu tempat mie gomak yang sudah melegenda adalah di Pasar Balige, Jl. Sisingamangaraja, Napitupulu Bagasan, Balige.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00-19.00 WIB.

Harga: Rp5.000,-/porsi.

Bihun Bebek

Hidangan unik ini juga merupakan kuliner Medan yang tidak boleh Anda lewatkan. Sesuai namanya, hidangan ini adalah sajian sup yang terdiri dari daging bebek dan bihun dengan dua pilihan kuah, yaitu kuah kaldu dan kuah herbal. Daya tarik utama dari makanan ini berada di irisan daging bebek yang direbus secara perlahan dengan bumbu khas yang nikmat. Jika Anda tertarik mencoba kuliner ini, maka Anda dapat mengunjungi tempat makan bihun bebek Warung Asie yang terletak di Jl. Kumango, Kesawan, Medan Bar., Kota Medan.

Jam operasional: Senin-Sabtu, pukul 06.30 - 23.00 WIB.

Harga: Rp60.000,-/porsi.

Akses ke Medan

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Medan, kota ini menyediakan beberapa sarana transportasi yang dapat Anda pilih.

Bus

Bus merupakan transportasi yang cocok bagi Anda yang ingin berkunjung ke Medan menggunakan jalur darat. Terdapat dua terminal utama di Medan, yaitu Terminal Pinang Baris dan Terminal Amplas. Terminal Pinang Baris adalah terminal yang khusus melayani rute perjalanan baik dalam maupun antar provinsi dari sebelah Barat Kota Medan, seperti bus dari Aceh. Sementara Terminal Amplas melayani rute perjalanan bus dari dan menuju arah Selatan Kota Medan, yakni seperti Sumbar, Riau, Jambi, Lampung, Sumsel, dan Jakarta melalui Selat Sunda.

Pesawat

Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara satu-satunya yang dimiliki Kota Medan. Beroperasi sejak 25 Juli 2013, bandara ini merupakan bandara terbesar kedua setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tidak heran mengingat pesawat terbang merupakan transportasi utama yang sering digunakan banyak orang ketika ingin berkunjung ke Medan. Bandara ini terkenal sangat modern dengan fasilitas canggih yang dapat disandingkan dengan bandara internasional dari negara Asia Tenggara lain, seperti Bandara Changi di Singapura.

Bandara yang memiliki luas 1.365 hektar ini memiliki 3 terminal yang terbagi menjadi Terminal Internasional, Terminal Domestik, dan Terminal Kargo. Bandara Internasional Kualanamu juga dilengkapi dengan aneka restoran, toko pakaian, dan hotel transit. Berlokasi 39 km dari Kota Medan, Anda juga dapat menginap di berbagai macam hotel yang tersedia di luar kawasan Bandara.

Kapal

Selain melalui jalur udara dan darat, Medan dapat dituju dengan menggunakan kapal laut. Terdapat satu pelabuhan yang dapat Anda temukan di Kota Medan, yaitu Pelabuhan Belawan yang  terbagi menjadi 4 dermana besar. Pelabuhan yang memiliki jarak 24 km dari pusat kota ini melayani baik perjalanan domestik maupun internasional. Jika Anda berangkat ke Medan dari Jakarta, maka akan memakan waktu perjalanan sekitar 48 jam.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store