tokopedia-logo
Travel
City
Padang
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 7 Agu 2021
Check-out
Min, 8 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Padang

Hotel berbintang di Padang

Hygiene Verified
Rocky Plaza Hotel Padang

Rocky Plaza Hotel Padang

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Padang
Padang
7,6
Memuaskan
Diskon Spesial
Rp650.000
Rp585.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Padang
Tentang Padang
Tempat Wisata Sejarah di Padang
Tempat Wisata Alam di Padang
Tempat Wisata Kuliner di Padang
Akses ke Padang

Tentang Padang

Padang adalah Ibukota dari Provinsi Sumatera Barat sekaligus merupakan kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera. Memiliki wilayah seluas 694,96 km persegi, Padang dihuni oleh lebih dari satu juta jiwa penduduk yang didominasi oleh etnis Minangkabau dan mayoritas beragama islam. Secara geografis, Padang berbatasan langsung dengan Selat Mentawai di sebelah barat dan dikelilingi oleh perbukitan yang ketinggiannya mencapai hingga 1.853 mdpl.

Menurut sejarah, Padang berawal sebagai sebuah perkampungan nelayan di Muara Batang Arau yang kemudian dikembangkan menjadi bandar pelabuhan di bawah naungan VOC. Kota ini dulu dijadikan sebagai pusat perdagangan emas, teh, kopi, dan rempah-rempah saat masa kolonial Belanda. Setelah memasuki abad ke-20, Padang juga dikenal sebagai pengekspor batu-bara dan semen melalui Pelabuhan Teluk Bayur.

Padang memiliki puluhan perguruan tinggi di mana tiga diantaranya merupakan universitas negeri, yakni Universitas Negeri Padang, Politeknik Negeri Padang, dan Universitas Andalas yang dinobatkan sebagai kampus tertua di luar pulau Jawa. Sebagai kota yang kaya akan seni dan budaya, Padang juga terkenal dengan kisah legenda Malin kundang dan novel Sitti Nurbaya.

Lebih dari 50% keseluruhan wilayah padang dikelilingi oleh hutan lindung yang dijaga oleh Pemerintah. Sehingga, tidak heran jika Padang memiliki sejumlah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bukan hanya itu saja, daya tarik utama dari kota ini adalah deretan kuliner khas yang biasanya disebut dengan masakan Padang. Kuliner khas Padang ini terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Hal ini juga yang membuat Padang semakin populer sebagai pariwisata. Tersedia banyak penginapan seperti hotel, guest house, dan airbnb untuk menunjang waktu liburan Anda selama di Padang.

Tempat Wisata Sejarah di Padang

Bukan hanya terkenal dengan keindahan alam dan deretan kuliner nikmat, Padang juga masih memiliki sejumlah bangunan dengan nilai-nilai historis yang tinggi dan sayang untuk dilewatkan.

Museum Adityawarman

Jika Anda tertarik mengetahui tentang sejarah kota Padang, Museum Adityawarman dapat menjadi solusi tujuan wisata yang tepat untuk Anda. Museum Adityawarman merupakan museum yang mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 11 Maret tahun 1977. Berlokasi di Jl. Diponogoro, Padang, Museum ini memiliki luas bangunan sekitar 2.854.8 meter persegi dan berada di area lahan seluas 2,6 hektar.

Nama museum ini diambil dari nama salah satu Raja Malayapura di abad ke-14. Di museum ini, Anda dapat melihat cagar budaya Minangkabau seperti bangunan rumah Bagonjong atau Baanjuang, arsip-arsip lama terkait sejarah Padang, dan juga 6000 koleksi benda bersejarah lainnya yang terbagi menjadi beberapa kategori. Museum Adityawarman ini juga kerap disebut sebagai TMII-nya Kota Padang.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 - 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-/orang.

Kerajaan Pagaruyung

Kerajaan Pagaruyung adalah Kerajaan yang dulu pernah berdiri di Sumatera dan telah ada sebelum Indonesia Merdeka. Nama kerajaan ini diambil dari nama pohon Nibung atau Ruyung. Tidak ada yang tahu dengan pasti kapan kerajaan ini dibangun, namun menurut hasil penemuan prasasti Batusangkar, dituliskan bahwa Adityawarman pernah menjadi raja di kerajaan tersebut. Kerajaan ini kemudian runtuh pada masa perang Paderi.

Kerajaan yang juga dikenal dengan nama Istana Basa Pagaruyung ini memiliki bangunan khas dengan atap yang berbentuk menyerupai tanduk kerbau. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp7.000,- (Anak-Anak), Rp15,000,- (Dewasa), dan Rp25.000,- (Wisatawan Mancanegara).

Padangsche Spaarbank

Bangunan bersejarah yang satu ini juga tidak kalah unik dan menarik untuk Anda kunjungi. Berlokasi di Jl. Batang Arau No.5, Padang Barat, Padangsche Spaarbank adalah bangunan peninggalan pemerintah Belanda yang telah berdiri sejak tahun 1908. Bangunan ini memiliki arsitektur bergaya Neo-Klasik Eropa yang dulu digunakan sebagai kantor Bank Tabungan Sumatera Barat. Padangsche Spaarbank sempat dioperasikan kembali sebagai hotel Batang Arau di tahun 1994 hingga 2009.

Kini Padangsche Spaarbank sudah tidak aktif beroperasi dan sering dikunjungi oleh para wisatawan sebagai tempat yang cocok untuk berfoto dengan nuansa klasik.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Alam di Padang

Dikelilingi oleh perbukitan dan hutan lindung, Padang tentu saja memiliki segudang tempat wisata dengan pesona alam yang indah dan menakjubkan.

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis merupakan pantai yang terkenal dengan salah satu cerita legenda Padang, yaitu Malin Kundang. Malin Kundang menceritakan kisah seorang anak laki-laki yang durhaka kepada ibunya dan kemudian diikutuk menjadi sebuah batu oleh sang ibu. Di pantai ini, Anda dapat melihat secara langsung batu yang dipercayai masyarakat setempat sebagai jelmaan dari Malin Kundang tersebut.

Berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Padang, Pantai Air Manis ini juga menawarkan pemandangan indah dengan latar Gunung Padang dan pasir pantai yang berwarna putih. Saat matahari terbenam menjadi waktu favorit para wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000,-/orang.

Air Terjun Lembah Anai

Buat Anda yang mencari wisata alam dengan suasana yang berbeda, Anda dapat mencoba datang ke salah satu destinasi populer di Kota Padang, yaitu Air Terjun Lembah Anai. Lembah Anai merupakan tempat wisata yang unik karena lokasinya yang berada tepat di sebelah jalan raya Padang-Bukittinggi dan di kaki Gunung Singgalang. Lembah Anai sendiri sebenarnya memiliki 3 buah air terjun dengan ketinggian salah satu air terjunnya mencapai hingga 35 meter. Air terjun yang berlokasi 60 Km dari pusat Kota Padang ini juga sering dijuluki sebagai ikon wisata terkenal di Provinsi Sumatera Barat.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp10.000,-/orang.

Pantai Padang

Selain pantai Air Manis, Padang juga memiliki pantai lain yang tidak kalah menarik dan relatif mudah dijangkau karena terletak di pusat kota. Pantai yang sering disebut dengan Taplau (Tepi Lauik) ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di dekat pasar raya Padang, Ramayana Plaza Andalas, dan Jembatan Siti Nurbaya. Tidak heran jika pantai ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.

Pantai ini memiliki serangkaian fasilitas dan kegiatan yang cocok sebagai destinasi liburan Anda dan keluarga. Mulai dari berenang, berselancar, mengunjungi area bermain anak, hingga aneka jajanan kuliner dapat Anda nikmati di Pantai Padang. Kawasan sekitar pantai ini kerap dipilih oleh para wisatawan sebagai lokasi penginapan favorit karena fasilitasnya yang lengkap. Tersedia banyak pilihan hotel dari yang murah hingga mewah yang dapat Anda pesan di Tokopedia.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp5.000,- (Wisatawan lokal), dan Rp10.000,- (Wisatawan Asing).

Tempat Wisata Kuliner di Padang

Hidangan-hidangan khas Padang merupakan kuliner yang sudah tidak diragukan lagi cita rasanya. Makanan Padang bahkan diakui kenikmatannya oleh dunia dan kini terus menjadi tujuan wisata populer para wisatawan mancanegara.

Rendang

Siapa sih, yang tidak kenal dengan makanan khas Padang yang satu ini? Ya, Rendang merupakan sebuah hidangan yang sudah terkenal nama dan cita rasanya baik di Indonesia maupun di dunia. Bahkan, rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia menurut hasil survei CNN International. Tidak heran jika banyak wisatawan asing yang kerap datang ke Padang atau Indonesia untuk mencoba makanan ini.

Rendang merupakan makanan yang terbuat dari daging yang dicampur dengan bumbu dan rempah, kemudian dimasak menggunakan kuah santan selama sekitar 4 jam. Proses memasak dengan waktu yang cukup lama ini membuat rendang memiliki cita rasa rempah yang melekat dan dapat tahan lama meskipun tanpa bahan pengawet. Anda dapat mencoba kelezatan rendang di Rumah Makan Lamun Ombak yang terletak di Jl. Khatib Sulaiman No. 99. Tidak cuman rendang, tersedia aneka masakan Padang lainnya yang dapat Anda cicipi di sini.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 21.00 WIB.

Harga: Rp6.000 - Rp80.000,-

Dendeng

Tidak kalah enak dan menarik dari Rendang, Dendeng juga merupakan lauk makanan yang khas dan telah menjadi favorit orang banyak. Dendeng hadir dalam dua varian, yaitu dendeng balado dan dendeng batokok. Dendeng balado merupakan irisan daging rebus yang telah dijemur dan digoreng kering, kemudian diberikan bumbu balado yang terbuat dari cabe merah. Sementara dendeng batokok merupakan irisan daging yang sudah direbus dengan bumbu lalu dipukul-pukul hingga pipih sebelum digoreng atau dibakar. Berbeda dengan balado, dendeng batokok umumnya dicampur dengan bumbu yang terbuat dari cabe hijau. Hidangan ini juga dapat Anda coba dengan cita rasa asli di Rumah Makan Lamun Ombak di Jl. Khatib Sulaiman No. 99.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 - 21.00 WIB.

Harga: Rp6.000 - Rp80.000,-

Sate Padang

Bagi Anda penggemar sate, Anda harus menyempatkan mencoba Sate Padang Mak Syukur di Jl. Sutan Syahrir No. 250. Sate Padang merupakan hidangan berbahan dasar daging sapi, atau bagian lainnya seperti paru, kikil, hati, dan lidah sapi. Daya tarik dari sate Padang ini terletak di bumbu sate yang terdiri dari rempah-rempah yang lebih komplit, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan pekat. Sepiring sate Padang biasa disajikan dengan ketupat dan kerupuk jangek.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 21.00 WIB

Harga: Rp25.000,-/porsi.

Akses ke Padang

Terdapat 2 pilihan moda transportasi umum yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke Padang.

Bus

Anda dapat menggunakan sarana transportasi Bus untuk sampai ke Padang. Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, Anda dapat memesan tiket perjalanan bus antar provinsi dari Terminal Rawamangun yang langsung menuju Kota Padang.

Pesawat

Pesawat merupakan cara yang paling mudah dan umum digunakan para wisatawan ketika ingin berkunjung ke Padang. Padang memiliki satu bandar udara yang terletak sekitar 20 km dari pusat kota, yaitu Bandara Internasional Minangkabau. Bandara yang resmi beroperasi pada bulan Juli tahun 2005 ini melayani rute penerbangan domestik maupun internasional. Salah satu keunikan dari bandara ini adalah atap bangunannya yang berbentuk seperti tanduk kerbau atau yang biasa disebut Bagonjong. Bagi Anda yang ingin menghemat waktu atau berkunjung ke Padang hanya untuk keperluan bisnis, maka Anda dapat menginap di hotel yang tersedia di sekitar kawasan bandara tersebut.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store