tokopedia-logo
Travel
City
Palembang
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 24 Jun 2021
Check-out
Jum, 25 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Palembang

Hotel di area populer

Tipe akomodasi di Palembang

The Excelton Hotel

The Excelton Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Palembang
Palembang
8,4
Sangat Memuaskan
Diskon Spesial
Rp560.000
Rp504.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Palembang
Tentang Palembang
Tempat Wisata Sejarah di Palembang
Tempat Wisata Alam di Palembang
Tempat Wisata Kuliner di Palembang
Akses ke Palembang

Tentang Palembang

Palembang merupakan Ibukota dari provinsi Sumatera Selatan sekaligus kota terbesar kedua setelah Medan di Pulau Sumatera. Dihuni oleh lebih dari 1,8 juta penduduk, kota ini juga disebut sebagai kota terpadat di Sumatera. Kota Palembang menurut sejarahnya didirikan pada tanggal 16 Juli 688 Masehi, menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia. Kota ini sebelumnya juga dikenal sebagai pusat dari kerajaan bahari terbesar di Asia Tenggara pada masanya, yaitu Kerajaan Sriwijaya. Hal ini yang membuat Palembang sempat dijuluki dengan nama  "Bumi Sriwijaya".

Nama Palembang sendiri diambil dari kata Pe atau Pa yang berarti tempat atau situasi dan Lembang yang memiliki arti dibanjiri oleh air sepanjang waktu, sehingga makna dari kata Palembang adalah tempat yang selalu dibanjiri oleh air. Hal ini sesuai dengan topografi kotanya yang dikelilingi oleh air dan bahkan beberapa wilayah ada yang sudah tergenang air. Tidak heran jika Palembang juga dikenal sebagai Kota Venesia dari Timur.

Salah satu daya tarik dari Palembang adalah hasil kerajinan kain songket yang terkenal bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Kain yang kerap disebut sebagai ratunya kain tenun ini merupakan hasil peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Selain itu, Palembang juga kaya akan objek-objek wisata menarik, mulai dari tempat bersejarah, wisata alam, festival budaya, hingga aneka kuliner yang telah mendunia. Sebelum berkunjung ke kota ini, ada baiknya untuk menyiapkan list perjalanan dan akomodasi Anda terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir, karena tersedia berbagai pilihan hotel terbaik yang dapat Anda pesan langsung dengan mudah di Tokopedia.

Tempat Wisata Sejarah di Palembang

Sebagai kota tertua di Indonesia, tentu saja Palembang memiliki serangkaian tempat wisata bersejarah yang sayang untuk dilewatkan.

Museum Balaputradewa

Museum Balaputradewa merupakan tempat wisata yang menyimpan benda-benda peninggalan sejarah dari berbagai zaman. Mulai dari zaman pra-sejarah, Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan, hingga zaman kolonial Belanda.

Di museum ini, Anda dapat menemukan koleksi arca purbakala sejak zaman megalitikum, Informasi tentang berdirinya Kerajaan Sriwijaya, dan benda-benda kuno Kesultanan Palembang, seperti Rumah Ulu dan Rumah Limas. Menariknya, Rumah Limas ini adalah gambar yang digunakan pada uang Rp10.000. Anda dapat mengunjungi Museum Balaputradewa di Jalan Srijaya nomor 1, Kecamatan Alang-alang Lebar, Kota Palembang.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00 - 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-/orang.

Jembatan Ampera

Tempat wisata ini memang telah menjadi ikon dari Kota Palembang. Nama Ampera sendiri merupakan singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1962 dengan persetujuan Presiden Soekarno dan menggunakan biaya pembangunan yang berasal dari dana pampasan perang Jepang. Jembatan dengan panjang 1.177 meter ini berada melintasi Sungai Musi dan digunakan untuk menghubungkan dua daratan di Palembang, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir.

Belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Palembang tanpa berfoto di Jembatan Ampera ini. Apalagi pada malam hari, jembatan ini akan dihias dengan lampu warna-warni yang cantik. Terletak di tengah kota Palembang, kawasan di sekitar Jembatan ini juga sering dijadikan sebagai tempat singgah para wisatawan yang sedang berlibur di kota ini. Beragam hotel terbaik dapat Anda temukan di sekitar wilayah tersebut.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Benteng Kuto Besak

Destinasi wisata bersejarah berikutnya yang wajib Anda kunjungi saat berada di Palembang adalah Benteng Kuto Besak. Benteng ini terletak di Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Bukit Kecil, Palembang. Berdiri sejak tahun 1797, Benteng ini dulu digunakan sebagai pusat Kesultanan Palembang pada abad ke-18 dan merupakan saksi sejarah perjuangan rakyat melawan para penjajah.

Benteng Kuto Besak menjadi objek wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi, tempat ini berada di samping Sungai Musi, sehingga Anda juga dapat melihat keindahan Jembatan Ampera dari Bentang ini.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00 - 21.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Alam di Palembang

Bukan hanya wisata sejarah, Palembang juga memiliki beragam pemandangan alam yang tidak kalah menarik dan indah untuk Anda nikmati.

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari merupakan air terjun yang berada di Kabupaten Lahat, Palembang. Air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter ini menawarkan pemandangan indah dan suasana sejuk karena lokasinya yang dikelilingi dengan pepohonan rindang. Di sini, Anda dapat dengan bebas berenang atau menyelam di danau yang terletak di bawah air terjun Bidadari tersebut.

Di sekitar kawasan Air Terjun Bidadari, Anda juga dapat menemukan 3 air terjun lainnya, yaitu Air Terjun Bujang Gadis, Air Terjun Naga, dan Air Terjun Sumbing. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menjernihkan kepala dari hiruk pikuk kehidupan kota.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-/orang.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

Hutan yang terletak di Jl. Kolonel H. Burlian Km. 6,5 atau berjarak sekitar 7 km dari pusat kota ini merupakan hutan wisata satu-satunya di Palembang. Taman Hutan Wisata Punti Kayu merupakan salah satu tempat wisata favorit untuk dikunjungi bersama keluarga.

Berbagai macam aktivitas seru dapat Anda lakukan di hutan wisata ini, yaitu mulai dari berpiknik, bermain di taman, menyaksikan atraksi gajah, hingga berjalan-jalan sambil menunggangi kuda. Tempat ini juga memiliki fasilitas penangkaran buaya dan kebun binatang yang juga dapat Anda kunjungi.

Jam operasional: Pukul 08.00 - 16.00 WIB (weekday), dan pukul 09.00 - 17.00 WIB. (weekend).

Harga tiket: Rp20.000 - Rp30.000/orang.

Pulau Kemaro

Destinasi wisata populer lainnya yang wajib Anda kunjungi di Palembang adalah Pulau Kemaro. Berlokasi di tengah Sungai Musi atau sekitar 6 km dari Jembatan Ampera, Pulai ini tidak pernah sepi didatangi pengunjung dari dalam maupun luar negeri.

Daya tarik dari pulau ini adalah adanya pagoda berlantai 9 dan pohon cinta yang dipercayai dapat membuat langgeng hubungan percintaan Anda. Selain itu, di pulau ini juga terdapat Vihara yang digunakan oleh umat Buddha sebagai tempat beribadah, dan makan Putri Siti Fatimah dari kerajaan Sriwijaya dan Pangeran Tan Bun An dari Tiongkok. Di Pulau Kemaro ini, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah sekaligus menyusuri bangunan-bangunan dengan nuansa budaya Tionghoa yang kental.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00 - 17.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Kuliner di Palembang

Palembang memiliki segudang kuliner khas yang kenikmatannya sudah terkenal di Indonesia maupun dunia.

Pempek

Siapa yang tidak tahu dengan hidangan khas Palembang yang satu ini? Pempek memang sebuah hidangan ikonik Palembang yang digemari oleh hampir semua orang di seluruh penjuru Indonesia. Pempek merupakan makanan yang terbuat dari olahan daging ikan dan sagu yang kemudian ditambahkan telur. Pempek juga biasa disajikan dengan saus cuka khusus yang dibuat dengan campuran gula merah, cabai, bawang putih, garam, dan udang ebi.

Meskipun makanan ini dapat ditemukan di berbagai daerah, tetapi pempek asli Palembang tentu saja memiliki cita rasa yang jauh lebih nikmat. Salah satu tempat pempek melegenda di Palembang adalah Pempek Pak Raden. Anda dapat menemukan pempek ini di Jl. Radial, 24 Ilir, No.80A.

Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00 - 22.00 WIB

Harga: Rp3.000,-/biji.

Tekwan

Tekwan merupakan makanan yang juga dikenal sebagai bakso Palembang. Semangkuk tekwan biasanya terdiri dari bakso ikan, mie putih, potongan jamur kuping, dan irisan bengkoang dengan kuah bening yang terbuat dari sari kelapa udang serta daun bawang.

Makanan ini terkenal dengan rasanya yang manis dan gurih, serta biasa disantap dalam kondisi panas. Salah satu tempat tekwan populer di Palembang adalah di toko Pempek Lince yang terletak di Jl. Tugumulyo No.2398.

Jam buka:  Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp18,000,-/porsi

Burgo

Anda juga tidak boleh lupa untuk mencicipi kuliner unik satu ini saat berada di Palembang. Burgo terbuat dari campuran adonan tepung beras dan tepung sagu yang dibentuk tipis seperti dadar gulung. Daya tarik utama dari makanan ini adalah rasa kuahnya yang gurih karena terbuat dari santan dan aneka bumbu seperti ketumbar, lengkuas, bawang putih, kunyit, dan kemiri.

Burgo juga biasanya dilengkapi dengan potongan telur rebus, daging ikan, dan bawang goreng. Jika Anda tertarik mencoba makanan yang satu ini, Anda dapat mengunjungi Warung Aba di Jl. Dr. M. Isa No.26 /15, Kuto Batu.

Jam buka: Setiap hari, pukul 05.00 - 18.00 WIB.

Harga: Rp10.000,-/porsi.

Akses ke Palembang

Terdapat beberapa sarana transportasi yang dapat Anda pilih untuk menuju Palembang.

Bus

Bagi Anda yang ingin mengambil jalur darat, maka Anda dapat berkunjung ke Palembang menggunakan bus. Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, terdapat banyak rute perjalanan bus baik dari maupun menuju Palembang. Anda dapat menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan rute perjalanan Jakarta-Palembang yang akan memakan waktu sekitar 15 - 18 jam. Bus ini dapat Anda temukan di berbagai terminal besar seperti Terminal Lebak Bulus, Terminal Rawamangun, Terminal Pulogadung, dan Terminal Kampung Rambutan.

Palembang juga memiliki sejumlah terminal bus besar yang dapat kita pilih, termasuk Terminal Sako yang sempat meraih penghargaan sebagai terminal terbersih di Indonesia.

Pesawat

Pesawat menjadi sarana transportasi favorit bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota Palembang. Palembang memiliki satu bandara yang melayani penerbangan internasional maupun penerbangan domestik, yaitu Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II.

Bandara berluaskan 234 hektar ini memiliki rute perjalanan dari dan ke kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Pangkal Pinang, dan lainnya. Sedangkan untuk penerbangan internasional, terdapat rute perjalanan dari dan ke negara-negara di sekitar Palembang, yaitu Kuala Lumpur, Cina, Thailand, Singapura, Malaka, dan Hongkong. Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan penerbangan, Anda dapat menginap di hotel yang ada di kawasan Bandara ini. Tidak perlu khawatir, karena jarak dari Bandara ke pusat kota hanya sekitar 16 km.

Kapal

Sarana transportasi lain yang dapat Anda pilih untuk pergi ke Palembang adalah menggunakan Kapal, terutama bagi Anda yang ingin menghemat biaya perjalanan. Anda dapat menaiki kapal dari Pelabuhan Tanjung Merak di Banten untuk sampai ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung. Dari Pelabuhan Bakauheni, Anda dapat langsung menggunakan kereta api dari Stasiun Kotabumi Lampung menuju Stasiun Kertapati di Palembang.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store