tokopedia-logo
Travel
City
Pangkal Pinang
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 6 Agu 2021
Check-out
Sab, 7 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Pangkal Pinang

Hygiene Verified
Novotel Bangka Hotel & Convention Center

Novotel Bangka Hotel & Convention Center

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Pangkal Pinang
Pangkal Pinang
8,5
Sangat Memuaskan
Rp653.400
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Pangkal Pinang
Tentang Pangkal Pinang
Tempat Wisata Sejarah di Pangkal Pinang
Tempat Wisata Alam di Pangkal Pinang
Tempat Wisata Kuliner di Pangkal Pinang
Akses Menuju Pangkal Pinang

Tentang Pangkal Pinang

Pangkal Pinang adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Indonesia. Terletak di pesisir timur Pulau Bangka, kota ini terbagi menjadi tujuh kecamatan dan memiliki 42 kelurahan. Pangkal Pinang berasal dari kata lokal “pengkal” yang berarti dasar, dan “pinang” yang berarti sejenis pohon palem yang banyak tumbuh di Pulau Bangka.

Kota Pangkal Pinang memiliki daerah yang bergelombang dan berbukit, dengan ketinggian sekitar 20 - 50 meter di atas permukaan laut. Daerah perbukitan yang ada termasuk Gunung Girimaya dan Bukit Menara. Terdapat Sungai Rangkui yang mengaliri kota dan membelah kota menjadi dua bagian. Sungai di sini menyediakan transportasi ke pasar bagi masyarakat. Beberapa destinasi wisata yang menarik di kota ini antara lain Museum Timah, Kuil Cina, Katedral St. Joseph, Kebun Raya Bangka, dan Pantai Pasir Padi. Penasaran untuk berkunjung? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Pangkal Pinang melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Pangkal Pinang

Pangkal Pinang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Pangkal Pinang dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Museum Timah Indonesia

Museum Timah Indonesia yang terletak di Kota Pangkal Pinang merupakan museum timah yang pertama dibangun di Asia, dan menjadi satu-satunya museum timah yang ada di Asia. Pembangunan museum ini memiliki sejarah yang panjang, sampai pernah dijadikan sebagai tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta di zaman penjajahan Belanda. Museum Timah di Pangkal Pinang banyak menceritakan tentang sejarah pertimahan di Indonesia, khususnya di Bangka Belitung, yang merupakan penghasil timah yang besar. Selain bisa melihat sejarah pertimahan Indonesia, pengunjung juga dapat mendapat edukasi baru melalui berbagai koleksi barang bersejarah yang ada.

Jam Operasional: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, Minggu buka pukul 08.00 - 12.00 WIB dan 13.00 - 16.00 WIB. Jumat tutup

Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Rumah Pengasingan Bung Karno

Kota Pangkal Pinang sempat menjadi tempat pengasingan Bung Karno dan pemimpin Indonesia lainnya pada tahun 1948 - 1949. Rumah pengasingannya terletak di Pesanggrahan Menumbing di Puncak Bukit Menumbing. Lokasinya pun cukup terpencil, yaitu di ketinggian 445 meter di atas permukaan laut. Tidak terlihat pula kehidupan rumah lain di sekitarnya. Bangunan rumahnya berbentuk seperti benteng dan menghadap langsung ke Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok. Di sini, kamu dapat melihat peninggalan bersejarah dari Bung Karno, seperti peci, lukisan, surat-surat, mobil, dan foto-foto beliau serta tokoh lain yang pernah diasingkan di sana.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket: Rp2.000 per orang

Kelenteng Kwan Tie Miaw

Kelenteng Kwan Tie Miaw adalah salah satu kelenteng tertua yang ada di Pulau Bangka. Kelenteng ini telah berdiri sejak zaman Belanda, dan telah mengalami beberapa renovasi serta sempat berganti nama menjadi Kelenteng Amal Bakti di era orde baru. Hingga saat ini, Kelenteng Kwan Tie Miaw masih menjadi tempat perayaan ibadah dan budaya, seperti Hari Raya Imlek, Hari Raya Cap Go Meh, Kegiatan Pot Ngin Bun, dan lain-lain. Pada tahun 1850 - 1860, kelenteng ini sempat melakukan kegiatan ritual Pot Ngin Bun, dengan tujuan menolak bala dan wabah penyakit beri-beri yang saat itu meluas di Pulau Bangka.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Alam di Pangkal Pinang

Jika kamu seorang pecinta alam, kamu tidak boleh melewatkan objek wisata yang ada di Kota Pangkal Pinang. Alam di kota ini sangat indah, mulai dari gunung sampai danau pun dapat kamu kunjungi di sini!

Pantai Pukan

Kota Pangkal Pinang yang terletak dekat dengan laut tentunya memiliki potensi pariwisata pantai yang indah. Pantai Pukan adalah salah satunya yang bisa dikunjungi bila kamu datang kemari. Belum begitu banyak dikenal orang, pantai ini memiliki pemandangan langsung Selat Karimata. Pantai Pukan memiliki pasir putih yang bersih, serta deburan ombak yang tenang. Pantai ini menghadap arah terbitnya matahari, sehingga sangat cocok bagi pemburu sunrise. Tak hanya itu, kamu juga bisa berjemur atau sekadar bersantai di pinggir pantai sembari menikmati suasana alam yang indah.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis, Sewa Pondok Rp25.000 - Rp50.000

Pantai Pasir Padi

Wisata pantai yang telah populer di kalangan banyak orang adalah Pantai Pasir Padi. Terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Pangkal Pinang, pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Bila Pantai Pukan menghadap ke arah Selat Karimata, Pantai Pasir Padi ini menghadap langsung ke Laut Cina Selatan. Pesona pantai ini adalah garis pantainya yang panjang, dan pasir pantai yang berwarna putih. Selain itu, ada banyak aktivitas menyenangkan pula yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat disarankan untuk mengunjungi pantai ini. Terlebih bagi yang ingin menikmati senja di pinggir pantai, maka Pantai Pasir Padi tak boleh terlewatkan.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp2.000 - Rp10.000

Bangka Botanical Garden

Selain wisata pantainya yang luar biasa indah, Pangkal Pinang juga punya wisata alam berbasis agrowisata yang menarik untuk dikunjungi. Bangka Botanical Garden adalah lahan pengembangan, hortikultura, peternakan, penyediaan bibit, serta pakan ternak yang menggunakan lahan bekas tambang timah. Selain dapat menikmati suasana alam di sekitar BBG, kamu juga dapat belajar tentang pertanian, peternakan, dan perikanan dengan cara pengelolaan yang organik. Pengalaman menunggang kuda pun bisa kamu dapatkan di sini dengan mudah. Bagi yang ingin berfoto dengan latar deretan pepohonan indah seperti di Pulau Nami, Korea, maka jangan ragu untuk datang ke sini.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Kuliner di Pangkal Pinang

Berikut adalah beberapa restoran populer di Pangkal Pinang yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Mie Koba Iskandar

Tak hanya tempat wisatanya saja yang menarik, namun kuliner khas Bangka pun patut untuk dicoba. Mie Koba adalah makanan tradisional khas Bangka, yaitu mie yang memiliki kuah kental dari bahan ikan tenggiri. Mie yang digunakan pun buatan sendiri, sehingga hasilnya kenyal dan enak. Dalam seporsi Mie Koba, kamu dapat menemukan mie, tauge, kuah kaldu ikan yang kental, serta taburan bawang goreng dan seledri. Cita rasa seafood benar-benar terasa dari sajian tradisional ini, sehingga dapat membuatmu ketagihan untuk memakannya. Jika ingin mencicipi, kamu dapat berkunjung ke Mie Koba Iskandar yang telah menjadi favorit masyarakat serta wisatawan di Pangkal Pinang.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 22.00

Harga: Rp12.000 - Rp15.000

Tahukok Yen-Yen & Mie Ayam

Kuliner halal di Bangka, khususnya Pangkal Pinang yang patut untuk dicoba adalah Tahukok Yen-Yen dan Mie Ayam. Semangkuk tahukok berisi bakso ikan rebus, bakso ikan goreng, bakso tahu ikan kukus, bakso tahu ikan goreng, fukian (kulit tahu) isi bakso ikan yang disiram kuah kaldu panas. Pada dasarnya, tahukok merupakan sajian bakso yang terbuat dari ikan tenggiri. Rasa kuah kaldunya yang berasal dari kacang kedelai membuat rasa sajian ini semakin unik dan lezat. Mie ayam Bangka di sini juga wajib untuk dicoba, karena memiliki cita rasa khas Bangka yang sedap!

Jam Buka: Senin - Sabtu buka pukul 08.00 - 20.00 WIB

Harga: Rp12.000 - Rp20.000

Martabak Acau 89

Martabak Bangka memang merupakan kudapan manis yang telah terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Bila sedang di Pangkal Pinang dan ingin menjajal legitnya martabak, maka datanglah ke Martabak Acau 89. Kedai martabak ini sudah buka sejak tahun 1989, dan telah melegenda di kota ini. Aneka jenis martabak pun tersedia, mulai dari martabak manis basah, martabak manis kering, dan martabak asin/gurih. Berbagai macam topping rasa dapat kamu pilih sesuai dengan selera.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 13.00 - 20.00 WIB

Harga: Rp13.000 - Rp58.000

Akses Menuju Pangkal Pinang

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Tawangmangu, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus & Kapal

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Pangkal Pinang menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Pangkal Pinang. Perjalanan akan memakan waktu lebih dari satu hari apabila berangkat dari Kota Jakarta. Harga tiketnya beragam, tergantung pada tipe bus yang digunakan serta fasilitas yang ditawarkan. Nantinya, bus akan menaiki kapal dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni. Lalu, dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Pangkal Pinang.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Pangkal Pinang, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Pangkal Pinang memiliki satu bandara utama, yaitu Bandar Udara Depati Amir. Harga tiketnya bervariasi dan tergantung juga pada musim tertentu, seperti saat mudik lebaran, liburan akhir tahun, dan lainnya. Kamu juga bisa menggunakan taksi bandara atau sewa mobil untuk menuju kota.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store