tokopedia-logo
Travel
City
Parangtritis
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 10 Agu 2022
Check-out
Kam, 11 Agu 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Parangtritis

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis
Puri Brata

Puri Brata

Resor
star-iconstar-iconstar-icon
Parangtritis
Parangtritis
9
Luar Biasa
Rp500.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Parangtritis
Tentang Parangtritis
Tempat Wisata Alam di Parangtritis
Tempat Wisata Rekreasi di Parangtritis
Tempat Wisata Kuliner di Parangtritis
Akses Menuju Parangtritis

Tentang Parangtritis

Parangtritis adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Desa Parangtritis berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Daerah ini termasuk daerah pesisir, sehingga suhu cuacanya cenderung lebih panas. Wilayah Parangtritis berada pada dataran rendah, sekitar 15 meter di atas permukaan laut. Namun, di daerah ini pun terdapat area perbukitan yang ketinggiannya mencapai 300 meter di atas permukaan laut.

Daerah Parangtritis, khususnya pada objek wisata Pantai Parangtritis, sangat terkenal dengan kisah mistisnya mengenai Ratu Laut Selatan atau disebut Nyi Roro Kidul. Cerita ini telah populer di kalangan masyarakat setempat. Parangtritis yang merupakan salah satu desa di Yogyakarta ini memiliki beragam destinasi pariwisata yang menarik. Beberapa di antaranya adalah Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Gumuk Pasir Parangkusumo, Makam Sunan Gresik, dan masih banyak lainnya. Penasaran untuk berlibur? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Parangtritis melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Alam di Parangtritis

Berada di daerah pantai dan pegunungan, tujuan wisata alam di Parangtritis kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Pemandangan yang ada di sini sangat indah, sehingga membuat wisatawan gemar berkunjung bahkan hingga berkali-kali. Dengan pasir hitamnya yang lembut, wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan beraktivitas di bibir pantai. Tak hanya itu, ada juga kegiatan lainnya, seperti bermain layang-layang dan bermain ATV di sekeliling pantai. Destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama dengan keluarga. Fasilitas yang tersedia pun lengkap, sehingga wisatawan tak perlu khawatir.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp10.000

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir atau bukit pasir merupakan gundukan pasir yang terbentuk menjadi seperti bukit akibat adanya pergerakan angin dan air. Gumuk Pasir Parangkusumo yang ada di Desa Parangtritis ini terbilang unik dan menarik, karena dapat terbentuk di iklim tropika basah. Walau bila dilihat hanya seperti gundukan pasir biasa, namun saat ini, objek wisata alam ini telah menjadi favorit bagi masyarakat setempat dan wisatawan luar kota. Biasanya, wisatawan dapat bermain sandboarding di sini. Aktivitas menyenangkan ini bisa menambah pengalaman berselancar di pasir, yang mungkin baru bagi kamu. Tak hanya itu, banyak spot foto menarik yang bisa digunakan juga lho!

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Gratis, Sewa Sandboarding Rp100.000

Bukit Paralayang Watugupit

Berada di timur Pantai Parangtritis, Bukit Paralayang Watugupit merupakan tempat yang sangat cocok untuk menyaksikan matahari terbenam. Begitu kamu datang, pemandangan yang disuguhkan tidak main-main. Panorama sunset di penghujung hari yang memukau bisa kamu saksikan dengan duduk santai di atas bukit. Sejuknya angin di sore hari, membuat para pengunjung pun merasa nyaman untuk bersantai sejenak di sana. Pemandangan matahari tenggelam yang terlihat seperti ditelan laut menjadi sangat menenangkan.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 19.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Rekreasi di Parangtritis

Bukan hanya alam, pariwisata Parangtritis juga terkenal dengan adanya sederet aneka ragam taman bermain dan rekreasi seru untuk kamu dan keluarga.

Kalinampu Natural Park

Tak perlu jauh-jauh berlibur ke Jepang, karena di Yogyakarta, khususnya di Kalinampu Natural Park, kamu bisa mendapatkan wisata rekreasi bertemakan Jepang. Destinasi ini terletak di Pundong, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hamparan bunga berwarna-warni menghiasi taman rekreasi ini, sehingga membuat pemandangan semakin indah. Kamu pun tidak perlu bersusah payah mencari spot foto, karena setiap sudut di tempat ini sangat instagramable. Salah satu ikon Jepang yang terkenal yaitu gerbang merahnya, atau disebut Torii pun ada di sini. Wisatawan dapat menyewa kimono serta aksesoris khas Jepang untuk melengkapi serunya berlibur.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Parkir motor Rp5.000, Parkir mobil Rp10.000

Ladang Bunga Matahari

Kebun bunga matahari di Bantul ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Sebetulnya, kebun bunga ini ditanam oleh pemiliknya dengan tujuan untuk menahan angin agar tanaman cabai yang dimilikinya tidak roboh. Namun, ternyata banyaknya bunga matahari yang ada di sana membuat penasaran orang-orang untuk datang. Akhirnya, kebun bunga matahari ini pun semakin diminati oleh wisatawan untuk berfoto. Sampai saat ini, objek ini masih selalu ramai dikunjungi wisatawan. Saat ini pun, bunga matahari yang ditanam semakin banyak, sehingga ladang terlihat makin menarik.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000

Perengan Park

Ingin menikmati rekreasi alam dengan suasana pedesaan yang masih asri? Berkunjunglah ke Perengan Park, yang terletak di Dusun Soge, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tak hanya wisata pantai saja yang menarik, tapi wisata foto pun bisa kamu temukan di daerah sekitar Parangtritis ini. Dengan daya tariknya sendiri, Perengan Park memiliki hamparan bunga warna-warni serta sawah yang luas. Pemandangan di sini pun semakin indah ketika matahari mulai terbenam. Tak jarang yang gemar menghabiskan waktu di sini, karena ketenangan lingkungannya.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 05.00 - 19.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Kuliner di Parangtritis

Berikut beberapa restoran populer di Parangtritis yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Bakmi Jawa Mbah Mo

Kelezatan Bakmi Jawa Mbah Mo telah melegenda di kalangan masyarakat setempat dan wisatawan. Bakmi Jogja memang menjadi salah satu kuliner andalan ketika berkunjung ke Jogja. Bila kamu sedang berada di sekitar Parangtritis, tepatnya di Jalan Parangtritis Km 11, maka jangan lupa untuk mencicipi sajian khas Jogja ini. Telah berdiri sejak tahun 1986, Bakmi Jawa Mbah Mo memiliki sejarah yang panjang dalam berjualan bakmi. Salah satu yang membuat cita rasa Bakmi Mbah Mo lebih istimewa adalah tidak digunakannya kecap, merica, dan tomat. Seporsi bakmi Jawa yang disajikan di sini dapat membuat siapa saja ketagihan untuk menyantapnya.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 17.00 - 23.00 WIB

Harga: Rp21.000 - Rp28.000

Mie Des Pak Yono

Mie Des yang merupakan salah satu kuliner khas Jogja ini memiliki kepanjangan Bakmi Pedes. Warung Mie Des Pak Yono adalah salah satu yang menjual hidangan ini. Letaknya ada di Parangtritis, dekat dengan Pasar Pundong. Yang membuat unik dari mie ini adalah bahan bakunya yang berasal dari pati ketela. Selain itu, bentuknya pun bukan bulat, melainkan persegi. Menu yang tersedia di sini antara lain mie des goreng dan mie des godog atau rebus. Kamu bisa menambahkan cabai kering yang tersedia bila ingin menambah kepedasan. Selain mie des lebih sehat, rasanya pun nikmat!

Jam Buka: Setiap hari, pukul 17.00 - 24.00 WIB

Harga: Rp8.000 - Rp10.000

Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner legendaris asal Jogja selanjutnya adalah Mangut Lele Mbah Marto. Telah didirikan sejak tahun 1960-an silam, kualitas masakan di sini tidak perlu diragukan lagi. Sajian berupa olahan ikan lele asap dengan kuah santan bumbu pedas ini memiliki cita rasa yang sungguh lezat. Perpaduan bumbu yang tercampur di kuah santan, serta aroma lele yang telah diasap, menciptakan rasa gurih, pedas, dan nikmat. Tak hanya lele, kamu pun bisa menikmati lauk pauk tambahan yang tersedia di warung. Bila sedang berkunjung ke daerah Parangtritis, maka kuliner ini tidak boleh kamu lewatkan!

Jam Buka: Setiap hari, pukul 11.00 - 16.30 WIB

Harga: Rp20.000 - Rp30.000

Akses Menuju Parangtritis

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Parangtritis, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Parangtritis menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Parangtritis. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Yogyakarta dari terminal mana saja. Nantinya, kamu akan berhenti di Terminal Giwangan atau di pemberhentian bus tertentu. Lalu, dari situ, kamu bisa naik mobil atau taksi untuk mencapai Parangtritis.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa naik kereta dengan tujuan Yogyakarta, dan berhenti di Stasiun Yogyakarta. Lalu, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Parangtritis dengan menaiki taksi atau sewa mobil.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Yogyakarta, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Pangkal Pinang memiliki satu bandara utama, yaitu Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA). Harga tiketnya bervariasi dan tergantung juga pada musim tertentu, seperti saat mudik lebaran, liburan akhir tahun, dan lainnya. Setelahnya, kamu bisa menggunakan taksi bandara atau sewa mobil untuk menuju Parangtritis.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store