tokopedia-logo
Travel
City
Parapat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 25 Jul 2021
Check-out
Sen, 26 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Parapat

Hygiene Verified
RedDoorz near Pagoda Open Stage Parapat

RedDoorz near Pagoda Open Stage Parapat

Hotel
star-iconstar-icon
Parapat
Parapat
Diskon Spesial
Rp184.748
Rp166.273
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Parapat
Tentang Parapat
Tempat Wisata Alam di Parapat
Tempat Wisata Sejarah di Parapat
Tempat Wisata Kuliner di Parapat
Akses Menuju Parapat

Tentang Parapat

Berjarak sekitar 48 km dari Kota Pematangsiantar, Parapat (disebut pula Prapat) adalah sebuah kelurahan di kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kelurahan ini adalah salah satu akses menuju ke Danau Toba. Parapat menjadi salah satu titik persinggahan penting dari Jalan Raya Lintas Sumatera bagian barat yang menghubungkan Medan dengan Padang.

Parapat sangat terkenal dengan keindahan danau tobanya. Kota ini menjadi objek wisata terkenal di Sumatera Utara. Bahkan, di era 1990-an, tepatnya sebelum tahun 1997, kota ini menjadi destinasi favorit para turis-turis luar negeri, terutama berasal dari Belanda, Malaysia, Singapura, Jerman, Jepang, Korea, bahkan ada juga yang berasal dari Amerika. Parapat memiliki berbagai budaya dan objek wisata menari. Mulai dari panorama alam yang indah, wisata sejarah, wisata pantai, pusat oleh-oleh, wisata budaya, kuliner, hasil kerajinan tangan khas Sumatera, hingga wisata sejarah lengkap ada di daerah ini.

Sebelum bepergian, ada baiknya jika Anda memesan akomodasi yang tepat untuk Anda dan keluarga terlebih dahulu. Tidak perlu ambil pusing, karena sekarang Anda dapat pesan hotel di Parapat dengan mudah dan murah melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Parapat

Wisata Alam menjadi salah satu objek wisata andalan dari Parapat. Beberapa destinasi di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai referensi tujuan perjalanan Anda.

Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit yang selalu ramai dikunjungi ini terletak di Jalan Simarjarunjung, Desa Butubayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun. Setelah dibuka pada 2016 lalu, keindahan Danau Toba jelas terlihat dari sini. Bukit yang dikelola meniru wisata Kalibiru, Yogyakarta ini menghadirkan banyak rumah pohon. Salah satunya adalah rumah pohon cinta yang diminati anak-anak muda.

Tidak hanya itu, di Bukit Indah Simarinjung juga ada wahana sepeda gantung, flying fox dan ayunan gantung tepat berada di atas danau toba. Wahana-wahana ini cocok untuk kamu yang berjiwa ekstrim. Selain itu ada kafe, restoran dan warung yang bisa memanjakan lidahmu. Kamu juga bisa menyewa jasa fotografer untuk mengabadikan momen pentingmu bersama orang tersayang.

Jam operasional: Setiap hari, 07.00 - 18.00

Harga tiket: R5.000 – Rp20.000,-

Pantai Lumban Silintong, Balige

Meski letaknya di tepian Danau Toba, tempat ini juga dinamakan Pantai; merujuk kepada bahasa setempat Pante, yang artinya tempat yang memiliki pasir putih. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan Danau Toba dari jarak dekat tapi juga bisa bersantai dan berwisata kuliner Batak di area peristirahatan. Bahkan terdapat kafe terapung yang unik lho! Di pantai inilah kamu akan banyak menemui anak-anak pemburu koin dengan skill berenang yang keren.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000

Pulau Sibandang

Pulau Sibandang atau Pulau Pardepur berlokasi di Muara, Tapanuli Utara, Sumatra Utara. Merupakan pulau terbesar kedua di Kawasan Danau Toba setelah Pulau Samosir. Luasnya mencapai 461 hektare, dengan ketinggian sekitar 910 meter di atas permukaan laut.

Pulau yang berhadapan dengan pantai Pulau Samosir ini memang masih belum banyak terekspos oleh media. Kondisi alamnya yang masih alami membuat pulau ini disebut sebagai tempat dimana para bidadari tertidur lelap. Ke arah manapun kamu memandang, Pulau Sibandang akan menyajikan panorama indah Danau Toba yang memikat hati. Pulau ini juga dikenal sebagai produsen mangga yang manis rasanya lho. Untuk menuju ke sini, kamu bisa naik kapal menyeberang Danau Toba.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis

Tempat Wisata Sejarah di Parapat

Tidak hanya wisata alam, Berbagai objek wisata sejarah menarik juga sayang untuk Ada lewatkan jika berada di Parapat.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Kalau membayangkan rumah pengasingan, mungkin bayangan kita akan menggambarkan rumah kecil dan suram. Namun tidak demikian dengan rumah pengasingan Bung Karno yang dibangung dengan gaya arsitektur Eropa dalam lahan seluas 2 hektar yang menghadap langsung ke Danau Toba.

Terdapat beberapa lukisan, dan perabotan rumah yang masih lengkap dan dulu sering digunakan presiden pertama Indonesia di Rumah Pengasingan Soekarno. Selain itu, masih ada tempat tidur yang dulu dipakai oleh Bung Karno, foto-foto, koleksi buku, dan barang lainnya yang masih terawat dengan baik di rumah ini.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp.3.000,-

Museum Huta Bolon Simanindo

Museum ini ada di sisi utara Pulau Samosir, atau tepatnya di Jalan Pelabuhan Simanindo, Desa Simanindo Sangkal. Dari Dermaga Tomok, museum ini dapat dicapai dengan berkendara sekitar setengah jam.Museum ini sendiri tadinya merupakan bekas kompleks kediaman Raja Sidauruk beserta 14 istrinya. Barulah pada 1969 tempat tersebut dibuka untuk umum dan dialihfungsikan menjadi museum terbuka.

Museum ini menyimpan berbagai peninggalan budaya suku Batak, mulai dari pakaian adat, perhiasan, peralatan memasak, peralatan tenun, persenjataan, porselen Belanda dan Tiongkok, hingga patung dan ukiran khas Batak. Kamu juga bisa mengunjungi replika kampung tradisional orang Batak (disebut “huta bolon” dalam bahasa setempat) dengan yang berjejer rapi dengan atap kerucut khas di ujung.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp10.000

Makam Raja Sidabutar Tomok

Makam raja Sidabutuar ini sangat unik. Pasalnya, makam ini terbuat dari batu alam dengan ukiran berbentuk kepala manusia. Makam ini juga tidak terbenam di dalam tanah melainkan terletak di atas permukaan tanah. Makam Raja Sidabutar sang penguasa Samosir ini berusia lebih dari 465 tahun. Di sini kamu bisa mendengar cerita Raja Sidabutar yang terkenal memiliki kesaktian berasal dari rambut gimbal dan panjangnya.

Selain mengunjungi situs bersejarah ini, kamu juga bisa mengeksplor budaya Batak di Desa Tomok, termasuk melihat Sigale-gale, boneka mistis yang konon katanya digunakan untuk memanggil roh makhluk halus. Pertunjukkan dengan sigale-gale biasanya diiringi dengan tarian Tor-Tor khas Batak

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga: Gratis

Tempat Wisata Kuliner di Parapat

Sebagai bagian dari Provinsi Sumatera Utara, tentu saja Parapat memiliki sejumlah kuliner khas Sunda yang lezat dan tidak boleh Anda lewatkan.

Pizza Andaliman

Makanan khas Italia yang berpadu dengan rempah khas sumatera ini wajib kamu coba saat mengunjungi Balige. Andaliman sendiri termasuk dalam rumpun jeruk-jerukan, bentuknya kecil dengan harum yang khas. Andaliman punya rasa yang mengejutkan.

Pizza andalman ini disajikan dengan saus andaliman, mayonaise dan saus sambal. Saus andalimannya ini sendiri yang istimewa. Saus andaliman dibuat dari andaliman yang digiling halus, diberi cabai, dan bumbu kacang. Jika kamu penasaran dengan hidangan barat dengan kearifan lokal ini kamu bisa mengunjungi restoran Pizza Andaliman di Jl. Patuan Nagari Kelurahan Pardede Onan, Balige.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Harga: Rp7.000 – Rp60.000,-

Sup Ikan Toba

Tak lengkap rasanya jika datang ke Kota Parapat dan Danau Toba tanpa mencicipi kuliner yang satu ini. Rasa segar dari sup ikan toba ini akan bisa membuat kamu ketagihan.Hidangan sangat cocok disantap sambil menikmati keindahan alam Danau Toba.

Ikan yang biasa digunakan adalah ikan nila. Ikan ini memang memiliki tekstur daging yang cukup lembut serta gurih ketika dipadupadankan dengan bumbu rempah-rempah. Sup ikan toba ini disajikan lengkap dengan bumbu asam pedas dan bumbu pelengkap lainnya. Kamu bisa menikmati Sup Ikan Toba ini di Restoran Cemara Hijau, Hotel Inna Parapat, Jl. Marihat No. 1 Danau Toba.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp30.000,-

Mie Gomak

Mie gomak sendiri merupakan kuliner khas Batak yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas batak atau Andaliman. Sebenarnya mie gomak ini memiliki tekstur yang sama seperti Spaghetti, sehingga banyak orang-orang yang menyebutnya Spaghetti Batak.

Mie gomak disajikan bersama tahu, kacang panjang, cabe, labu, kol, telur, teri kacang lalu disiram dengan kuah santan mirip gulai. Mie gomak ini rasanya asin dan gurih serta wangi rempah yang bersumber dari andaliman. Tempat terbaik untuk menyantap mie gomak ini adalah di kedai Mie Gomak Ibu Mei yang berlokasi di Pasar Tiga Raja, Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Harga: Rp12.000,-

Akses Menuju Parapat

Tersedia berbagai pilihan transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Parapat.

Bus

Bus dapat menjadi cara mudah untuk Anda untuk pergi ke Parapat. Berbagai rute perjalanan bus dari Pulau Sumatera nantinya akan sampai di tujuan akhir ke Parapat. Kamu bisa menaiki bus menuju Medan dan melanjutkan perjalanan lagi menuju Danau Toba. Tarif bus berbeda-beda tergantung jarak dan kelas bus yang dipilih oleh penumpang.

Kereta Api

Selain bus, alternatif transportasi utama lainnya adalah dengan menggunakan kereta api. Kamu bisa menaiki kereta api sribilah dari Medan ke Parapat. Harga tiket kereta api menuju Parapat tentu berbeda-beda sesuai dengan kelas kereta api yang Anda pilih.

Pesawat

Parapat belum memiliki bandaranya sendiri, Namun terdapat Bandar Udara Sibisa yang hanya berjarak 10 km atau 20 menit saja dari Parapat. Penerbangan ke Parapat bisa kamu akses dari Bandara Soekarno Hatta menuju Parapat selama kurang lebih 2 jam.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store