tokopedia-logo
Travel
City
Pati
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sen, 2 Agu 2021
Check-out
Sel, 3 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Pati

The Safin Hotel Pati

The Safin Hotel Pati

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Pati
Pati
7,4
Memuaskan
Rp489.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Pati
Tentang Pati
Tempat Wisata Alam di Pati
Tempat Wisata Rekreasi di Pati
Tempat Wisata Kuliner di Pati
Akses Menuju Pati

Tentang Pati

Pati merupakan sebuah kabupaten di Jawa Tengah, Indonesia. Pati terkenal dengan sebutan “Pati Bumi Mina Tani”, karena mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani. Hampir 70 persen wilayahnya terisi dengan sawah. Pati merupakan kota kecil yang ada di kawasan Pantura, Jawa Tengah yang memiliki beragam pesona wisata serta keunikan. Kota ini kerap mendapat julukan atau sebutan tentang beberapa hal.

Karena dikenal memiliki kuliner nasi gandul, Pati dijuluki sebagai Pati Kota Gandul. Kemudian, Pati juga menjadi pusat produksi dan pengolahan kacang terbesar yang ada di Indonesia, sehingga muncul sebutan Pati Kota Kacang. Di sepanjang jalur Pantura yang melewati Pati, kamu dapat dengan mudah menemukan tempat karaoke. Lalu, ada sebutan Pati Kota Seribu Karaoke, saking banyaknya tempat karaoke yang tersebar di penjuru kota. Terkenal akan ahli supranaturalnya pula membuat kota ini dijuluki sebagai Pati Hogwarts van Java. Selain dari itu, pariwisata di sini juga tidak kalah populer di kalangan wisatawan. Makanya, tunggu apa lagi? Yuk, nikmati liburanmu dengan langsung booking hotel terbaik dan termurah di Pati melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Alam di Pati

Berada di daerah yang memiliki beraneka ragam kekayaan alam, tujuan wisata alam di Pati kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Air Terjun Tadah Hujan

Objek wisata alam yang menjadi favorit bagi wisatawan di Pati adalah Air Terjun Tadah Hujan. Air terjun ini mengalirkan air sepanjang tahun, sehingga masyarakat setempat sering menggunakannya sebagai pasokan air bersih. Letaknya ada di Desa Sukolilo yang cukup terpencil, sehingga kamu butuh waktu yang tidak sebentar untuk mencapainya. Akan tetapi, pemandangan di sekitar air terjun akan membuatmu terkagum-kagum. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 75 meter, dan mempunyai kolam di bawahnya yang berwarna kehijauan. Di sekitar lokasi, ada banyak pepohonan rindang yang membuat suasana lebih sejuk. Pengunjung juga dapat berenang, bersantai dan hunting foto di sini.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Waduk Seloromo

Waduk Seloromo merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berwisata ke waduk ini akan sayang untuk dilewatkan jika kamu berkunjung ke Pati. Dengan latar belakang lanskap Gunung Muria, kamu dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan di kawasan ini. Biasanya Waduk Seloromo digunakan untuk pengairan sawah dan flora yang ada. Tidak hanya itu, bagi pengunjung, kawasan waduk sering digunakan sebagai area berkemah. Adanya fasilitas yang lengkap di sini membuat banyak orang betah untuk berlama-lama menikmati suasana alam yang sejuk dan menenangkan.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp3.000 per orang

Hutan Pinus Pangonan

Suasana sejuk dan dingin dapat kamu temukan di Hutan Pinus Pangonan Pati. Destinasi wisata ini menawarkan pesona pohon pinus yang berdiri kokoh di hutan dukuh Pangonan, desa Gunungsari, Tlogowungu. Kamu dapat menikmati liburanmu dengan datang ke sini dan menjajal aktivitas hiburan yang tersedia. Pengunjung bisa bermain di wahana permainan alam, outbound, serta camping di area sekitar hutan pinus. Objek wisata ini dapat kamu kunjungi dengan mudah, karena aksesnya yang tergolong cukup mudah. Kamu juga dapat berlibur bersama keluarga, sanak saudara, atau teman ke sini. Wisata foto dengan latar pemandangan bukit-bukit hijau menjadi favorit pengunjung yang datang.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 16.45 WIB

Harga Tiket: Rp3.000 per orang

Tempat Wisata Rekreasi di Pati

Bukan hanya alam, pariwisata Pati juga terkenal dengan adanya sederet aneka ragam taman bermain dan rekreasi seru untuk kamu dan keluarga.

Desa Wisata Jrahi

Desa Jrahi sering dikenal dengan nama Desa Wisata Pancasila. Hal ini dikarenakan oleh warga-warganya saling rukun dalam menjaga toleransi beragama. Terdapat warga penganut agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan aliran Sapto Darmo di desa ini. Mereka semua selalu menghormati dan menghargai satu sama lain, tanpa menciptakan keributan yang tidak diperlukan. Di desa ini terdapat beberapa objek wisata yang bisa dikunjungi, yaitu Grenjengan Sewu, Embung Mini, Goa Jurang Gonggo Mino, dan Pancur Songo. Desa wisata ini memang memiliki aspek wisata yang lengkap, mulai dari aspek alam, buatan, religi, agrowisata, dan sumber daya manusia yang dapat mendukung perkembangan pariwisata setempat.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Wisata Agro Kebun Jollong

Wisata Kebun Jollong telah menjadi favorit bagi masyarakat setempat dan juga wisatawan luar kota yang datang ke Pati. berlokasi di lereng Gunung Muria, tepatnya di Desa Sitiluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, objek wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Memiliki ketinggian lokasi sekitar 700 - 900 meter di atas permukaan laut, pengunjung dapat menikmati pemandangan alami khas pegunungan dan pedesaan. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini antara lain, berkunjung ke kebun kopi, jeruk, dan kebun bunga. Ada juga wahana outbound, flying fox, dan terapi ikan. Bagi yang ingin berfoto pun tersedia banyak spot foto yang cantik.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp6.000

Juwana Water Fantasy

Bila kamu ingin menikmati wisata air di Pati, datanglah ke Juwana Water Fantasy. Tempat rekreasi keluarga ini memiliki hingga 37 wahana air yang dapat dicoba. Dengan banyaknya pilihan wahana, maka kamu pun tidak akan bosan berkunjung ke sini. Arsitektur bangunan yang menyerupai bangunan Eropa juga menjadi penarik minat pengunjung untuk datang. Lengkapnya fasilitas yang tersedia membuat para pengunjung senang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di sini.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Weekday Rp25.000, Weekend Rp30.000, Weekday Terusan Rp45.000, Weekend Terusan Rp50.000

Tempat Wisata Kuliner di Pati

Berikut beberapa restoran populer di Pati yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Nasi Gandul

Nasi Gandul merupakan masakan tradisional khas Pati yang digemari oleh banyak orang. Nama Gandul digunakan karena pada zaman dahulu, para penjualnya menggantung nasi dan lauk-lauknya di pikulan. Gandul sendiri berarti menggantung, sehingga nama tersebut digunakan sampai sekarang. Satu porsi nasi gandul berisi nasi putih, daging empal, dan diguyur kuah dengan rasa kaldu yang gurih. Dalam penyajiannya, nasi gandul menggunakan alas daun pisang terlebih dahulu. Perpaduan rasanya pun sangat lezat, dan dapat membuatmu ingin makan lagi dan lagi.

Soto Kemiri

Sajian soto memang selalu ada hampir di setiap daerah di Indonesia, begitu pula dengan di Pati. Soto Kemiri menjadi salah satu kuliner yang melegenda sejak lama. Semangkuk soto kemiri berisi nasi putih, tauge rebus, suwiran ayam, bawang putih goreng, dan siraman kuah soto yang gurih. Bila ingin, kamu juga dapat menambah lauk tambahan, seperti sate telur puyuh, ati ampela, paru sapi, atau potongan daging ayam. Rata-rata harga soto kemiri yang ada di Pati cenderung terjangkau, karena memang menjadi makanan sehari-hari masyarakat setempat.

Mangut Kepala Manyung

Satu lagi makanan khas Pati yang patut untuk dicoba adalah Mangut Kepala Manyung. Bagi penggemar makanan pedas, maka Mangut Kepala Manyung ini cocok untuk disantap. Memiliki cita rasa yang sangat pedas, masakan ini membuat siapa saja yang memakannya berkeringat kepedasan. Namun, di situlah menariknya! Rasa pedas dan gurih yang tercipta dari paduan bumbu rempah pilihan, membuat pelanggan ketagihan memakannya. Masakan ini menggunakan bahan dasar ikan manyung yang telah diasap, sehingga semakin menambah aroma asap yang dapat menggugah selera.

Akses Menuju Pati

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pati, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Pati menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Pati. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Pati dari terminal mana saja. Nantinya, kamu akan berhenti di Terminal Kembangjoyo Pati atau pos-pos pemberhentian bus tertentu. Harga tiket bus pun bervariasi, mulai dari 150.000, 220.000, dan masih banyak lain jenis bergantung pada tipe kelas bus yang dipilih.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store