tokopedia-logo
Travel
City
Pekalongan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 6 Agu 2021
Check-out
Sab, 7 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Pekalongan

Hotel Dafam Pekalongan

Hotel Dafam Pekalongan

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Pekalongan
Pekalongan
7,9
Memuaskan
Rp401.625
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenalio Pekalongan
Tentang Pekalongan
Tempat Wisata Alam di Pekalongan
Tempat Wisata Rekreasi di Pekalongan
Tempat Wisata Kuliner di Pekalongan
Akses Menuju Pekalongan

Tentang Pekalongan

Kota ini terletak di Jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 km sebelah timur Jakarta. Pekalongan dikenal dengan julukan kota batik, karena batik Pekalongan memiliki corak yang khas dan variatif.

Kota Pekalongan secara etnik didominasi oleh Suku Jawa yang bertutur dengan Bahasa Jawa dialek Pekalongan yang secara dialek dekat dengan Bahasa Jawa Banyumasan dialek Tegal ataupun Bahasa Jawa Semarang. Percampuran budaya yang kaya ini membuat batiknya kaya corak. Selain terkenal dengan batik, pekalongan juga memiliki berbagai tempat wisata populer mulai dari wisata alam, sejarah hingga kuliner.

Sebelum bepergian, ada baiknya jika Anda memesan akomodasi yang tepat untuk Anda dan keluarga terlebih dahulu. Tidak perlu ambil pusing, karena sekarang Anda dapat pesan hotel di Pekalongan dengan mudah dan murah melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Pekalongan

Wisata Alam menjadi salah satu objek wisata andalan dari Pekalongan. Beberapa destinasi di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai referensi tujuan perjalanan Anda.

Pantai Wonokerto

Selain bersih dan tertata rapi, pantai wonokerto juga rindang karena memiliki banyak pohon cemara, jadi Anda tidak perlu takut dengan terik matahari. Pantai ini sangat cocok jika Anda ingin menikmati suasana laut dengan semilir angin yang sejuk. Anda juga bisa berpiknik di pantai ini.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp6.500,-

Kedung Si Pingit Petungkriyono

Menjelajahi perkebunan teh memang tak pernah membosankan, hawa sejuk pegunungan dan pemandangan pohon teh yang berderet rapi menyuguhkan pesonanya sendiri. Seperti perkebunan teh Gunung Gambir ini misalnya yang seolah tak pernah kehilangan daya tariknya.

Tak sekedar menikmati alamnya, Anda juga bisa mencoba faslitas seru yang disediakan oleh pengelolanya. Dari kolam renang, area camping ground, tempat penginapan hingga gedung pertemuan yang bisa digunakan untuk menggelar acara besar.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 17.30 WIB.

Harga tiket: Rp3.000

Curug Muncar

Curug Muncar memiliki ketinggian mencapai 90 meter. Dengan ketinggian seperti itu, tempat wisata Pekalongan Curug Muncar menjadi salah satu curug yang tertinggi di daerah Jawa Tengah. Debit airnya yang sedang, dan sungai kecil jernih di bawahnya membuat merasa nyaman untuk berendam dan berenang menikmati keindahan alam di sana. Perpaduan suara debur jatuhnya air, suasana teduh karena dikelilingi pepohonan besar, serta suara burung-burung di sekitarnya, membuat tempat ini cocok untuk bermeditasi. Di sekitar curug juga terdapat homestay untuk kamu yang ingin bermalam hemat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Rekreasi di Pekalongan

Tidak hanya wisata alam, Berbagai wisata rekreasi menarik juga sayang untuk Ada lewatkan jika berada di Pekalongan.

Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan yang sudah berdiri sejak 1906 ini berbentuk segi empat simetris dengan taman di tengahnya. Museum ini berdampingan dengan masjid kubah emas dan Taman Jetayu. Di ruangan pertama tempat wisata Pekalongan ini dipamerkan sejumlah canting tulis. Canting tulis memiliki 9 ukuran, semuanya memiliki cucuk untuk menorehkan malam, mangkok tembaga atau nyamplung, serta gagang kayu glonggong. Canting digunakan untuk menorehkan warna.

Lalu ada pameran wadah tembaga besar yang disebut jedi. Jedi dipakai tahun 1849 – 1947 oleh pengusaha batik sebagai tempat Nglorod. Yaitu proses melepaskan lilin / malam dari kain batik. Masuk ke ruang pamer dua dan tiga Museum Batik Pekalongan, terlihat banyak sekali motif indah di sana.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 15teh.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000

Agrowisata Kebun Teh Pagaliran

Pekalongan juga memiliki agrowisata kebun teh dengan hawa sejuk dan begitu asri. Kebun teh ini juga masuk ke dalam wilayah Kabupaten Batang. Tetapi dekat dengan Pekalongan yang jaraknya sekitar 40 km. Letak Agrowisata berada di perbukitan Dieng Jawa Tengah. Tepatnya berada di Desa Pagilaran Kecamatan Blado, Batang. Ada suasana asri yang akan memanjakan para pengunjung.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp70.000– Rp100.000,- (weekend).

Desa Wisata Lolong

Pecinta duren wajib berkunjung ke sini karena tempat wisata satu terkenal akan buah durian dengan kualitas unggulan. Bagi para pecinta durian juga pasti menginginkan makan buah durian langsung di tempatnya. Tak heran jika banyak keluarga yang datang dan menikmati liburan di sini. Lokasi Desa Wisata Lolong ini berada di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar. Ada wisata adventure seperti river stubing yang ada di sungai Sengkarang.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp15.000– Rp185.000,- (tergantung paket)

Tempat Wisata Kuliner di Pekalongan

Sebagai bagian dari Provinsi Jawa Timur, tentu saja Pekalongan memiliki sejumlah kuliner khas yang lezat dan tidak boleh Anda lewatkan.

Sego Megono

Menu makanan khas yang satu ini merupakan makanan yang terdiri dari nasi yang dilengkapi oleh sayur olahan nangka muda. Nangka muda yang ada di sego megono ini diiris dengan bentuk yang kecil-kecil. Sego megono biasanya dimakan waktu sarapan. Namun menu satu ini juga bisa digunakan untuk menu makan siang ataupun menu makan malam. Untuk lauknya sendiri bisa dilengkapi dengan olahan lain yang lebih bermacam-macam.

Sego Megono paling enak di Pekalongan bisa ditemukan di Warung makan Ibu Suli. Nasi megono di tempat ini terkenal khas dengan aroma kecombrang dan tempe hangat yang digoreng dadakan. Warung makan Ibu Suli berlokasi di Jalan Jeruk No 30, Gandarum, Kajen, pekalongan Jawa Tengah.

Jam buka: Setiap hari, pukul 11.00 – 21.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp10.000,-

Tauto

Tauto ini merupakan olahan soto akan tetapi dengan tambahan tauco dalam bumbunya. Disinilah letak keunikan dari tauto ini karena menggunakan tauco sebagai tambahan bumbu pada olahan tauto ini. Tauto biasa ditambahkan daging yang beraneka macam mulai dari daging ayam, sapi, atau bahkan kerbau. Pelengkap dari Tauto ini adalah sambal yang khas dari Pekalongan dengan rasa yang pedas.

Tauto paling legendaris bisa dinikmati di warung soto Haji Kunawi berada di gang sempit, tepatnya di gang 5 kampung Klego di Pekalongan. Rasa soto yang khas, bumbu tauco pada kuah begitu kental dengan citarasa terjamin. Meskipun berada di gang sempit yang tidak dapat dilalui mobil, warung ini selalu dipadati pengunjung dari berbagai kalangan. Dari artis hingga pejabat.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga: Rp17.000,-

Garang Asem

Garang asem menjadi menu makanan khas Pekalongan selanjutnya yang wajib untuk Anda coba ketika mengunjungi kota ini. Olahan garang asem khas Pekalongan terbuat dari tetelan sapi yang telah direbus hingga empuk kemudian ditambahkan kuah asem yang bening dan segar. Biasanya masyarakat Pekalongan menambah beberapa jeroan sapi, cabai dan juga telur ayam.

Garang Asem paling enak di Pekalongan bisa Anda temukan di Garang Asem H. Masduki. Garang Asem H. Masduki berlokasi di dua tempat, yaitu kompleks travel sebelah utara Alun-alun Pekalongan dan Jalan Sudirman No. 169.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp25.000,-

Akses Menuju Pekalongan

Tersedia berbagai pilihan transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Pekalongan.

Bus

Bus dapat menjadi cara mudah untuk Anda untuk pergi ke Pekalongan. Berbagai rute perjalanan bus dari Pulau Jawa nantinya akan sampai di tujuan akhir Terminal Pekalongan. Anda bisa menaiki bus di Terminal Kramat Jati dengan jurusan yang langsung menuju Pekalongan. Rute ini menempuh jarak sekitar 6 jam dengan ongkos Rp85.000 - Rp120.000,-

Kereta Api

Selain bus, alternatif transportasi utama lainnya adalah dengan menggunakan kereta api. Pekalongan memiliki stasiun utama yaitu Stasiun Pekalongan yang berada tidak jauh dari pusat kota. Anda bisa menaiki kereta dari Gambir dengan urutan Argo Bromo Anggrek 4, Argo SIndoro 12, Argo Muria 14, Sembrani dan Bangunkarta 80. Perjalanan ditempuh selama 4,5 jam dengan ongkos sekitar Rp110.000 - Rp200.000,-

Pesawat

Pekalongan belum memiliki bandar udara sendiri, Namun sudah ada bandara yang terdekat yaitu Bandar Udara Ahmad Yani. Ada dua penerbangan dari Jakarta yang menawarkan penerbangan langsung menuju Bandar Udara Ahmad Yani, yakni dari Bandara Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma. Setelah tiba di Bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pekalongan dengan kereta selama 2 jam. Rute perjalanan ini ditempuh dengan total waktu 6 jam.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store