tokopedia-logo
Travel
City
Pekanbaru
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 5 Agu 2021
Check-out
Jum, 6 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Pekanbaru

Hygiene Verified
The Premiere Hotel Pekanbaru

The Premiere Hotel Pekanbaru

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Pekanbaru
Pekanbaru
8,2
Sangat Memuaskan
Rp558.200
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kenali Pekanbaru
Tentang Pekanbaru
Tempat Wisata Alam di Pekanbaru
Tempat Wisata Rekreasi di Pekanbaru
Tempat Wisata Kuliner di Pekanbaru
Akses Menuju Pekanbaru

Tentang Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota dari Provinsi Riau yang juga menjadi salah satu sentra ekonomi terbesar di Pulau Sumatra. Sebagai salah satu kota terbesar, jumlah penduduk yang tinggal di Kota Pekanbaru pada tahun 2020 yaitu sekitar 983.356 penduduk yang terdiri dari berbagai suku di Indonesia seperti Suku Minang, Melayu, Jawa, Batak, sampai Tionghoa. Hal ini menjadikan Kota Pekanbaru sebagai salah satu kota yang kaya akan budaya serta tradisi dari orang-orang yang memiliki asal suku berbeda-beda.

Tidak hanya dikunjungi untuk sekedar berlibur atau berwisata, para pengunjung juga dapat mempelajari kebudayaan yang ada disana. Ada beberapa kebudayaan yang terbilang cukup unik seperti Petang Megang yaitu memandikan badan dengan air jeruk limau di sore hari untuk menyambutnya bulan suci Ramadhan. Tak hanya itu, ada juga tradisi yang bernama Berinai Curi dan Tepuk Tepung Tawar yang biasanya dilakukan di acara-acara besar seperti menjelang hari pernikahan.

Dari beberapa budaya tersebut, bisa disimpulkan bahwa berkunjung ke Kota Pekanbaru tidak hanya untuk sekedar berlibur namun pengunjung juga dapat mempelajari beberapa tradisi serta budaya yang ada. Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Pekanbaru, Tokopedia menyediakan berbagai jenis akomodasi untuk menginap seperti pilihan hotel, villa, sampai apartemen. Jadi, jangan lewatkan promo-promo yang ada di Tokopedia untuk penginapan Anda.

Tempat Wisata Alam di Pekanbaru

Tak diragukan lagi, Kota Pekanbaru memang tak terlalu dikenal untuk kota yang memiliki sejuta tempat wisata. Namun, beberapa wisata alam yang ada di Pekanbaru dibawah ini sangatlah menakjubkan dan tidak bisa ditinggali saat Anda mengunjungi kota Pekanbaru.

Kawah Biru

Tempat wisata alam pertama yang sudah menjadi andalan untuk dikunjungi di Pekanbaru adalah Kawah Biru yang berlokasi di Desa Tanah Merah, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Berawal dari tempat yang digunakan untuk penggalian pasir oleh masyarakat lokal, hingga akhirnya kini menjadi salah satu lokasi wisata yang selalu ramai oleh para pengunjung. Kondisi kawah disini layaknya kawah-kawah lain yang berlembah, berpasir dan digenangi air hujan di dalamnya, serta warna pasir yang biru muda menjadikan kawah ini sangat langka ditemui di Pekanbaru. Maka dari itu, kemunculan kawah ini menjadi salah satu lokasi wisata yang paling laris dikunjungi setiap harinya. Menurut penjaga sekitar, bahkan terkadang ratusan orang bisa datang dalam kurun waktu 1 hari untuk mengabadikan suasana kawah biru yang menenangkan.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

Rainbow Hills Rumbai

Tak kalah dari bukit-bukit yang ada di kota lain, Rainbow Hills yang terletak di Jl. Kemping, Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau ini juga salah satu bukit yang memiliki pesona sangat cantik dan unik. Pengunjung akan disuguhkan dengan lembah tanah beraneka warna seperti merah muda, cokelat, kuning, dan warna lainnya. Warna-warna lembah tersebut menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik warga sekitar maupun dari luar kota. Selain itu, warna dan kontur tanah di Rainbow Hills Rumbai ini juga kerap kali berubah-ubah jika hujan turun karena kondisi tanah yang mudah membentuk retakan. Itulah salah satu alasan para wisatawan baik dari warga sekitar maupun luar kota mengunjungi bukit pelangi yang ada di Pekanbaru ini.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

Bukit Kapur Air Hitam

Lokasi wisata alam selanjutnya yang dapat dieksplor saat mengunjungi Kota Pekanbaru adalah Bukit Kapur Air Hitam yang berlokasi di Jl. Jala Utama, Karya Indah, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau. Jika Anda tak asing dengan Grand Canyon yang berada di Arizona, maka Bukit Kapur Air Hitam akan mengingatkan pengunjung dengan suasana yang ada di Grand Canyon. Memiliki permukaan tanah yang cukup luas sekitar 1.2 hektar, pengunjung akan disapa oleh pemandangan bukit-bukit yang dibentuk dari tanah merah serta tinggi menjulang menyerupai tebing megah berwarna merah keputihan. Jangan lupa untuk memakai pakaian yang aman serta nyaman karena tidak ada pepohonan atau kanopi untuk berlindung dari area perbukitan. Anda dapat memilih waktu diantara pagi sampai sore hari untuk mengunjungi Bukit Kapur agar mendapatkan pengalaman berkunjung yang menyenangkan.

Jam operasional: Setiap hari 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-/orang

Tempat Wisata Rekreasi di Pekanbaru

Selain wisata alamnya, Pekanbaru juga menawarkan berbagai tempat wisata rekreasi yang menarik dan juga cocok dikunjungi saat berlibur. Berikut beberapa tempat wisata rekreasi yang dapat Anda kunjungi di Pekanbaru.

Museum Sang Nila Utama

Berlibur sambil mempelajari sebuah budaya adalah salah satu hal yang paling mengasyikkan. Anda dapat mengunjungi Museum Sang Nila Utama yang berada di Jl. Jend. Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau untuk belajar hal-hal baru. Di dalam museum ini, pengunjung dapat berekreasi sambil belajar karena Anda akan disuguhkan dengan 4.000 koleksi bervariasi yang ada di gedung museum ini. Beberapa koleksi tersebut tak lain dan tak bukan adalah miniatur candid an masjid, fosil batu siput, sepeda zaman dahulu kala, mata uang, wawasan Nusantara, foto beberapa tokoh penting di Riau, alat musik, keramik, batik, pakaian adat, permainan tradisional yang ada di Riau, serta etnografi. Semua hal mengenai budaya yang ada di Pekanbaru terpampang nyata diwakilkan oleh Museum Sang Nila Utama. Jadi pengunjung dapat mengetahui lebih rinci mengenai budaya yang ada melalui museum tersebut.

Jam operasional: Senin – Kamis pukul 08.00 – 15.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 13.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Tempat wisata rekreasi kedua yang tak kalah seru adalah Taman Rekreasi Alam Mayang yang berada di Jl. Imam Munandar, Tengkerang Tim., Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Anda dapat menyegarkan fikiran sejenak saat berkunjung kesini karena taman ini memiliki konsep rekreasi di alam terbuka yang kehijauan. Tak hanya untuk sekadar duduk menikmati suasana alam, pengunjung juga dapat menikmati wahana permainan yang ditawarkan seperti flying fox, safari train, dan juga ATV. Selain itu, Taman Rekreasi Alam Mayang juga dikenal dengan fasilitas wisata air yang cukup beragam seperti banana boat, bebek air, sepeda air, dan beberapa wahana lainnya. Tidak hanya memainkan wahana yang ada, pengunjung juga dapat menonton film di Studio 3D atau pun memancing ikan di area yang sangat luas. Itulah mengapa lokasi ini menjadi salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan baik warga lokal maupun dari luar daerah.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30 – 18.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 15.000,-/orang

Riau Fantasi

Tempat wisata rekreasi terakhir yang juga selalu ramai dan dipadati pengunjung adalah Riau Fantasi yang terletak di Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Jika Anda mencari tempat wisata air yang menyenangkan, Riau Fantasi harus menjadi salah satu pilihan karena memiliki lokasi yang cukup strategis dan juga berfasilitas lengkap. Dikenal juga dengan Labersa Theme Park & Labersa Water Park, pengunjung akan dikenali dengan salah satu wisata air terbesar dan terlengkap di Kota Pekanbaru. Untuk bagian water park sendiri, ada beberapa wahana yang dapat dinikmati seperti kolam dewasa, kolam menyerupai sungai untuk bersantai, wahana bermain bernama Crocodile River, kolam yang memiliki bangunan khusus untuk bermain anak-anak, serta kolam yang dikhususkan untuk balita. Sedangkan untuk wahana yang ditawarkan di bagian theme park, pengunjung dapat menikmati wahana tanpa air seperti kora-kora, komidi putar, dan wahana adrenalin lainnya. Cukup lengkap, bukan?

Jam operasional: Senin – Jumat pukul 10.00 – 18.00 WIB dan Sabtu – Minggu pukul 09.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 60.000,-/orang

Tempat Wisata Kuliner di Pekanbaru

Tidak hanya untuk berwisata, para wisatawan juga dapat mencicipi berbagai masakan khas yang ada di Kota Pekanbaru dengan wisata kulinernya yang beragam. Berikut beberapa pilihan wisata kuliner di Pekanbaru yang dapat Anda kunjungi.

Miso PakLek

Siapa yang tak tahu Miso Pak Lek? Bagi warga lokal, Miso Pak Lek yang berlokasi di Jl. Thamrin Ujung No.135, Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, Riau ini dinobatkan sebagai warung atau restoran miso terenak di Pekanbaru. Tak heran jika datang kesini, pengunjung harus rela dan siap mengantri lebih lama karena lokasinya yang selalu ramai didatangi pengunjung. Anda akan disuguhkan semangkuk miso ayam dengan porsi cukup besar yang memiliki isian seperti mie kuning, mie putih, tulang ayam, tahu goreng, kulit ayam, potongan atau suwiran ayam yang disiram oleh kuah soto segar. Saat suapan pertama, pengunjung akan merasakan cita rasa miso yang sangat berbeda karena tidak adanya penyedap makanan, tetapi sangat nikmat untuk dicicipi lagi dan lagi.

Jam operasional: Senin – Kamis pukul 09.00 – 23.00 WIB dan Sabtu pukul 09.00 – 23.59 WIB

Harga: Mulai dari Rp 16.000,-/porsi

Sate Cun

Untuk para penggemar makanan Indonesia yang bernama sate padang, pilihan kuliner untuk mencicipi Sate Cun sangatlah penting. Berlokasi di Lembah Damai, Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau, Sate Cun menjadi salah satu warung sate terlaris yang selalu dibanjiri pengunjung. Dengan harga yang sangat terjangkau untuk 1 porsi, pengunjung dapat memilih sate yang diinginkan yaitu lidah ataupun daging. Selain itu, dalam sepiring sate padang yang dibaluri bumbu kental nan khas, Anda juga akan diberikan keripik cabai khas yang membuat selera makan menjadi naik seketika.

Jam operasional: Selasa – Sabtu pukul 17.15 – 22.00 WIB

Harga: Rp 17.000,-/porsi

Soto Bude Cemara

Jika Anda mencari soto yang memiliki cita rasa khas tak terlupakan, Soto Bude Cemara yang berlokasi di Gg. Cemara I, Suka Maju, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, Riau ini bisa menjadi pilihan. Dikenal dengan soto terenak di Pekanbaru, warung Soto Bude Cemara selalu ramai akan pengunjung yang berdatangan setiap harinya. Tak hanya enak, soto ini juga dikenal yang paling menjadi legendaris karena sudah berdiri puluhan tahun lamanya. Semangkuk soto yang disediakan Bude berisi tauge, suwiran ayam, bawang goreng, bihun, sayuran, serta kuah kaldu dari soto yang sangat meresap bumbunya. Anda juga dapat menambahkan sepiring nasi jika ingin lebih terisi.

Jam operasional: Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 07.00 – 12.00 WIB

Harga: Rp 20.000,-/porsi

Akses Menuju Pekanbaru

Untuk menuju Kota Pekanbaru, ada beberapa moda transportasi yang dapat dimanfaatkan seperti yang ada di bawah ini.

Kapal

Di Kota Pekanbaru, ada beberapa pelabuhan ternama yang dapat Anda jadikan pemberhentian saat mengunjungi kota menggunakan kapal. Pelabuhan ternama yang ada di Pekanbaru yakni Pelabuhan Sungai Duku dan juga Pelabuhan Pekanbaru. Sesampainya di pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke tempat tujuan dengan menggunakan angkutan umum yang ada.

Pesawat

Jika Anda ingin menggunakan moda transportasi udara untuk sampai ke Kota Pekanbaru, menggunakan pesawat adalah pilihan paling praktis dan mudah. Cukup memilih tujuan sampai ke Bandara Sultan Syarif Kasim II yang berlokasi di Maharatu, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau. Lalu Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju tujuan menggunakan bus DAMRI yang biasanya disediakan oleh pihak bandara.

Bus

Untuk pilihat moda transportasi darat, wisatawan dapat menggunakan bus karena Kota Pekanbaru memiliki berbagai pilihan terminal bus yang dapat dijadikan pilihan untuk tempat pemberhentian. Terminal yang dapat menjadi pilihan adalah Terminal AKAP BPRS dan juga Terminal AKAP Pekanbaru. Sesampainya di terminal, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi tujuan dengan menggunakan transportasi atau angkutan umum yang ada.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store