tokopedia-logo
Travel
City
Pematangsiantar
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 26 Sep 2021
Check-out
Sen, 27 Sep 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Pematangsiantar

Horison Pematang Siantar

Horison Pematang Siantar

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Pematangsiantar
Pematangsiantar
7,9
Memuaskan
Rp658.731
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Pematang Siantar
Tentang Pematang Siantar
Tempat Wisata Alam di Pematang Siantar
Tempat Wisata Rekreasi di Pematang Siantar
Tempat Wisata Kuliner di Pematang Siantar
Akses Menuju Pematang Siantar

Tentang Pematang Siantar

Pematang Siantar adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini berjarak kurang lebih 128 km dari Medan dan 50 km dari Parapat, sehingga sering menjadi daerah transit atau pemberhentian sejenak bagi para wisatawan yang ingin berwisata di sekitar Sumatera Utara. Kota ini pun menghubungkan beberapa tempat wisata, seperti Danau Toba dan Tapanuli Utara, sehingga wilayahnya sangat strategis. Kota Pematang Siantar memiliki ketinggian 400-500 meter di atas permukaan laut. Kota ini juga berada dekat dengan garis khatulistiwa, sehingga memiliki iklim tropis.

Sebagai daerah perlintasan yang strategis, Kota Pematang Siantar tentunya memiliki beragam destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Danau Toba yang merupakan danau vulkanik hasil letusan dahsyat gunung berapi, terletak tidak terlalu jauh dari kota ini. Tak hanya itu, ada berbagai macam wisata alam yang siap memanjakan mata para wisatawan yang datang. Salah satu hasil kerajinan budaya Batak seperti Ulos, banyak ditemukan juga di daerah ini. Penasaran untuk berlibur? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Pematang Siantar melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Alam di Pematang Siantar

Berada di daerah pegunungan dan memiliki udara yang sejuk, tujuan wisata alam di Pematang Siantar kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Air Terjun Bah Biak

Wisata alam yang dapat dikunjungi ketika datang ke Kota Pematang Siantar adalah Air Terjun Bah Biak. Lokasinya berada di komplek perkebunan teh Sidamanik, sehingga dapat ditemukan dengan mudah. Bagi penikmat alam hijau, tempat ini wajib dikunjungi. Mengapa? Karena pesona Air Terjun Bah Biak sangat indah dan sangat memanjakan mata. Suasana asri dan sejuk menyambut wisatawan yang datang, dengan suara gemercik air dari kejauhan membuat harimu semakin menenangkan. Untuk menuju lokasi, kamu perlu menuruni ratusan anak tangga, yang tentunya sudah dibangun dengan baik. Sesampainya di tempat, kamu pun akan terpukau dengan keindahannya.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp2.000

Kebun Teh Sidamanik

Ingin mencari kesejukan alam di Pematang Siantar? Coba datang ke Kebun Teh Sidamanik yang terletak di Kabupaten Simalungun. Panorama hijau kebun teh yang sangat luas sangat menyegarkan mata dan pikiran. Wisata alam ini telah populer dan menjadi primadona bagi masyarakat setempat maupun wisatawan yang baru berkunjung. Berada di ketinggian sekitar 890 meter di atas permukaan laut, suhu udara di daerah ini tentu sangat sejuk. Fakta menarik dari destinasi ini adalah, Kebun Teh Sidamanik merupakan penghasil teh terbesar ke-2 di Indonesia. Bila beruntung, di pagi hari kamu bisa melihat dan membantu para petani teh untuk memetik pucuk daun teh.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp10.000

Pemandian Bah Sidamanik

Menurut cerita dari masyarakat setempat, Pemandian Bah Sidamanik ini dahulu merupakan pemandian Raja Damanik dan keluarganya. Maka itu, wisata alam ini menjadi sangat terkenal di semua kalangan. Berada di Desa Hula Lama, Kecamatan Sidamanik, wisatawan memerlukan waktu kurang lebih satu jam dari pusat Kota Pematang Siantar. Namun, kamu tidak akan menyesal begitu sampai di lokasi. Kolam pemandian di sini berwarna biru dan jernih, serta memiliki air yang dingin. Destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga untuk melepas penat.

Jam Operasional: Senin - Minggu buka pukul 06.00 - 20.00 WIB, Sabtu buka 24 jam

Harga Tiket: Rp2.000 - Rp5.000

Tempat Wisata Rekreasi di Pematang Siantar

Bukan hanya alam, pariwisata Pematang Siantar juga terkenal dengan adanya sederet aneka ragam taman bermain dan rekreasi seru untuk kamu dan keluarga.

Taman Bunga Pematang Siantar

Bila kamu sedang mencari tempat yang asri di tengah Kota Pematang Siantar, maka coba datang ke Taman Bunga Pematang Siantar. Taman rekreasi ini telah menjadi favorit bagi hampir seluruh kalangan di kota ini. Di taman ini, banyak orang menghabiskan waktu untuk bersantai, piknik, olahraga, dan bermain. Di sekeliling taman ini juga terdapat beberapa pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner menggugah selera. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi siapa saja, baik seorang diri atau bersama keluarga dan teman-teman.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket: Gratis

Taman Hewan Pematang Siantar

Selain menjadi tempat wisata rekreasi di Pematang Siantar, Taman Hewan Pematang Siantar juga bisa menjadi wisata edukasi bagi para pengunjungnya. Bagi keluarga yang membawa anak-anak dan ingin sekaligus mengenalkan tentang keragaman fauna, maka tempat ini cocok untuk disambangi. Berada di pusat Kota Pematang Siantar, wisatawan dapat dengan mudah mencapai kebun binatang ini. Kebun binatang ini telah beroperasi sejak tahun 1936, dan masih berdiri hingga kini dengan ratusan koleksi binatang yang dipelihara dengan baik. Selain itu, dikatakan pula bahwa kebun binatang ini merupakan yang terlengkap dan terbaik di Provinsi Sumatera Utara.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp30.000

Siantar Waterpark

Rekreasi keluarga yang menyenangkan bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke Siantar Waterpark. Wisata pemandian air ini memiliki bermacam wahana yang tergolong lengkap di Kota Pematang Siantar. Aktivitas berenang bersama keluarga pun menjadi lebih seru, karena fasilitas dan wahana yang menarik di sini. Salah satu yang menjadi favorit bagi pengunjung adalah wahana Super Fun Bowl. Memiliki tempat yang luas, sekitar 4 hektar, pengunjung pun tidak perlu kesulitan untuk mencari area berenang yang diinginkan. Fasilitas penunjang lainnya pun terbilang lengkap, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika memerlukan kebutuhannya.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp40.000

Tempat Wisata Kuliner di Pematang Siantar

Berikut beberapa restoran populer di Pematang Siantar yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Mie Gomak Siantar

Mie Gomak merupakan salah satu kuliner khas Siantar yang patut untuk dicoba bila kamu datang ke kota ini. Hidangan ini tidak hanya menjadi favorit di Kota Pematang Siantar, namun telah menjadi andalan di hampir seluruh daerah Sumatera Utara. Dengan menggunakan bahan mie lidi serta racikan rempah-rempah khas Batak, cita rasa yang gurih dan sedap dapat kamu rasakan di seporsi Mie Gomak. Biasanya Mie Gomak disajikan dengan bakso, sosis, ayam, sawi, irisan kol, dan bawang goreng. Beberapa variannya antara lain, mie gomak kuah, mie gomak goreng, dan mie gomak bumbu kacang. Kamu tidak perlu bersusah payah mencari kuliner ini, karena hampir selalu ada di tiap sudut Kota Pematang Siantar.

Mie Sop Siantar

Kuliner Mie Sop adalah mie yang disiram dengan kuah sop. Mie Sop telah menjadi kuliner lokal andalan Kota Pematang Siantar. Dengan topping yang bervariasi, kamu dapat merasakan gurih dan sedapnya kuah mie yang memiliki beragam rempah pilihan. Biasanya menu tambahan yang disediakan adalah sate jengkol, sate kerang, perkedel, sate telur puyuh, dan lain-lain. Yang membuat spesial dari Mie Sop Siantar adalah ditambahkannya bumbu rendang di atas kuah sop, sehingga menghasilkan rasa pedas. Di Kota Pematang Siantar, kamu bisa menemukan penjual Mie Sop dengan mudah. Beberapa yang telah populer adalah Mie Sop Kak Sri, Miso Lestari, dan Mieso Baso 3R.

Soda Badak

Telah puas dengan makanan khas Siantar, kini kamu perlu mencicipi minuman soda legendaris khas Siantar, yaitu Soda Badak. Terbuat dari air, karbon dioksida, garam, sodium, dan sulfatrinasius, minuman ini memberikan sensasi “menggigit” sekaligus terasa menyegarkan. Soda Badak sangat populer terutama di era 1970 sampai 1980-an. Pengemasan soda ini menggunakan botol kaca, sehingga kualitas produk dapat tetap terjaga. Meskipun saat ini telah banyak beredar produk minuman soda yang bermacam-macam, namun Soda Badak tetap memiliki keunikannya sendiri, dan masih banyak digemari oleh pecintanya.

Akses Menuju Pematang Siantar

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pematang Siantar, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus & Kapal

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Pematang Siantar menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Pematang Siantar. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Pematang Siantar dari terminal atau pemberhentian bus mana saja. Nantinya, kamu akan berhenti di terminal di Pematang Siantar. Lalu, dari situ, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi tujuan menggunakan mobil, taksi, atau ojek.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Pematang Siantar, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Bagi yang ingin ke Pematang Siantar, kamu perlu naik pesawat menuju Bandara Internasional Kualanamu. Lalu, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pusat kota Pematang Siantar menggunakan bus atau taksi.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store