tokopedia-logo
Travel
City
Probolinggo
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 6 Agu 2021
Check-out
Sab, 7 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Probolinggo

Hygiene Verified
Bromo Park Hotel Probolinggo

Bromo Park Hotel Probolinggo

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Probolinggo
Probolinggo
8,3
Sangat Memuaskan
Rp518.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Probolinggo
Tentang Probolinggo
Tempat Wisata Sejarah di Probolinggo
Tempat Wisata Alam di Probolinggo
Tempat Wisata Kuliner di Probolinggo
Akses Menuju Probolinggo

Tentang Probolinggo

Probolinggo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di sisi selatan Selat Madura, sekitar 80 km dari tenggara Surabaya. Kota ini menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Bali. Kota Probolinggo memiliki 5 kecamatan dan memiliki 6 sungai yang mengaliri dari selatan ke utara kota. Probolinggo dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro.

Probolinggo adalah kota pelabuhan di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan dan pantai, di mana penduduk setempat sebagian besar hidup dengan mencari ikan. Tanah Probolinggo yang sangat subur membuat tempat ini dikenal sebagai tanah yang kaya akan buah-buahan yang lezat juga. Kota ini terkenal dengan buah mangganya, yang disebut dengan mangga manalagi. Sebelumnya, Probolinggo juga memproduksi anggur, namun sekarang hanya sedikit anggur yang ditanam di daerah tersebut. Selain ikan dan buah, alam sekitarnya juga membuat kota ini menjadi tujuan wisata yang bagus. Kamu tidak boleh melupakan budayanya yang menarik, yang terbentuk dari beragam etnis di sana.

Letaknya yang berada di pesisir utara Pulau Jawa menjadikannya tempat yang strategis bagi orang-orang yang mencari destinasi wisata. Probolinggo memiliki potensi wisata yang cukup besar, mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, dan lain sebagainya. Tempat wisata yang menarik di Kota Probolinggo adalah pulau Gili Ketapang sebagai objek wisata bahari untuk berenang, surfing, memancing, dan berlayar. Probolinggo juga memiliki wisata andalan, yaitu Bromo-Tengger-Semeru. Di sekitar Gunung Bromo, terdapat air terjun Madakaripura yang memiliki tujuh air terjun, dan dipercaya sebagai tempat pertapaan Gajah Mada. Ada juga Candi Jabung yang berdiri sejak tahun 1354, dan memiliki ketinggian sekitar 15,58 meter. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pesan hotel pilihanmu di Kota Probolinggo dengan mudah dan harga termurah hanya di Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Probolinggo

Probolinggo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Probolinggo dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Candi Jabung

Candi Jabung merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit yang masih berdiri hingga saat ini. Berwisata ke candi ini sangat cocok untuk menambah wawasan tentang sejarah Indonesia. Menurut Kitab Nagara Kertagama, Candi Jabung pernah dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk pada tahun 1359 Masehi. Situs candi ini terdiri dari dua bangunan, yaitu satu bangunan utama dan satu bangunan yang lebih kecil. Candi ini memiliki material bangunan dari batu bata merah yang kemudian diukir dalam bentuk relief. Yang menarik, bahan dasar batu bata tersebut mampu bertahan selama ratusan tahun lamanya. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam candi dengan alasan agar candi tidak cepat rusak. Di sekitar candi, kamu dapat menjumpai banyak pohon maja, yang buahnya berwarna hijau dan rasanya pahit. Dan itulah yang menjadi asal-usul dari nama Majapahit, yaitu buah maja yang terasa pahit.

Jam Operasional: Setiap hari buka pukul 06.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Gratis

Museum Probolinggo

Destinasi wisata sejarah yang dapat kamu kunjungi di Probolinggo adalah Museum Probolinggo. Dengan arsitektur khas Belanda, museum ini memamerkan koleksi peninggalan sejarah Probolinggo dari zaman kolonial. Gedung museum ini pertama kali dibangun pada tahun 1814 dan dahulu difungsikan sebagai Ballroom serta gedung serba guna. Beberapa koleksi yang ada di museum ini antara lain replika tank tempur, pesawat tempur, serta kereta api. Selain itu, terdapat pula beberapa replika patung Ganesha, Maha Surya, Bima, Dwarapala, serta Arjuna Wiwaha. Di setiap ruangan yang berbeda terdapat peninggalan sejarah yang berbeda juga, lengkap dengan informasi yang menjelaskan mengenai sejarah dari barang tersebut. Jadi, dengan berkunjung ke Museum Probolinggo, kamu akan mendapat pengetahuan baru tentang sejarah Indonesia.

Jam Operasional: Selasa - Minggu buka pukul 08.00 - 14.00 WIB, Senin tutup

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Alam di Probolinggo

Berada di daerah pegunungan dan memiliki udara yang sejuk, tujuan wisata alam di Probolinggo kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura akan sangat sayang untuk dilewatkan jika kamu berwisata ke Probolinggo. Mengapa? Karena air terjun ini dinobatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa, dan yang tertinggi kedua di Indonesia. Dengan tinggi sekitar 200 meter, air terjun ini mendapat julukan air terjun abadi. Air Terjun Madakaripura berlokasi di kaki Gunung Bromo, sehingga udaranya sejuk dan suasananya teduh. Menurut cerita warga setempat, air terjun ini pernah menjadi tempat pertapaan Patih Gajah Mada. Selain itu, dikatakan pula bahwa Gajah Mada menghabiskan sisa hidupnya di kawasan air terjun ini hingga meninggal dunia. Itulah mengapa air terjun ini bernama madakaripura, yang maknanya adalah gajah yang sedang meninggal di saat sembahyang. Di area air terjun, kamu dapat menemukan patung Patih Gajah Mada yang menjadi ikon dari Air Terjun Madakaripura. Pemandangan di sekitar air terjun nampak menawan, dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi serta pepohonan hijau, kamu akan merasakan pengalaman trekking yang luar biasa seru.

Jam Operasional: Senin - Minggu buka pukul 08.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket: Tiket reguler domestik Rp22.000, Tiket reguler mancanegara Rp45.000

Gili Ketapang

Bila sedang ke Probolinggo dan ingin menikmati pesona bawah lautnya, maka datanglah ke Gili Ketapang. Destinasi wisata bahari ini telah terkenal sampai ke mancanegara karena keindahannya. Tak kalah dengan laut-laut di Indonesia Timur, Gili Ketapang juga mempunyai surga bawah lautnya sendiri. Aktivitas yang wajib untuk dilakukan jika ke sini adalah snorkeling. Kamu dapat melihat langsung berbagai jenis terumbu karang dan bermacam spesies ikan di bawah laut Gili Ketapang. Objek wisata ini menjadi favorit banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga. Pasir pantainya yang putih dan air laut yang memiliki gradasi warna biru membuat pemandangan semakin menawan.

Jam Operasional: Jadwal penyeberangan buka pukul 06.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk gratis, snorkeling Rp100.000 - Rp150.000

Gunung Bromo

Objek wisata alam yang sudah sangat terkenal ini memang tidak akan pernah membosankan untuk dikunjungi. Gunung Bromo adalah gunung api aktif yang terdapat di kawasan Komplek Pegunungan Tengger. Daya tarik dari Gunung Bromo adalah kawah gunung, padang pasir, serta savana yang luas. Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut. Salah satu aktivitas yang menarik untuk dilihat di Gunung Bromo adalah menyaksikan matahari terbit, di mana kamu akan berada seperti di atas awan. Untuk berkeliling di kawasan gunung ini, biasanya pengunjung dapat menyewa mobil jeep termasuk dengan pengemudinya. Yang menarik, sejarah mengenai Gunung Bromo masih berkaitan dengan Kerajaan Majapahit. Di kawasan ini pun masih sering dilaksanakan upacara adat, seperti Yadnya Kasada.

Jam Operasional: Setiap hari buka 24 Jam

Harga Tiket: Wisatawan Indonesia - Hari biasa Rp29.000, Hari libur Rp34.000. Wisatawan mancanegara - Hari biasa Rp220.000, Hari libur Rp320.000

Tempat Wisata Kuliner di Probolinggo

Berikut beberapa restoran populer di Probolinggo yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Nasi Glepungan

Nasi Glepungan merupakan salah satu makanan khas Probolinggo yang patut kamu coba. Menu makanan ini mirip dengan nasi campur yang disajikan dengan lauk pauk lengkap. Namun, uniknya nasi yang digunakan adalah campuran nasi dan sari jagung. Beberapa lauk yang biasanya ditemukan di seporsi Nasi Glepungan adalah tahu, tempe, ikan asin, sayur, dan sambal. Makanan ini selain menarik, tapi juga menyehatkan, karena adanya campuran jagung pada nasi, serta perpaduan lauknya yang dapat melengkapi gizi tubuh.

Rawon Nguling

Rawon Nguling yang telah berdiri sejak tahun 1950-an, telah menjadi kuliner legendaris khas Probolinggo hingga saat ini. Bahkan, cabangnya sudah melebar ke mana-mana, seperti Malang dan Surabaya. Rawon yang disajikan di sini memiliki cita rasa yang berbeda, karena menggunakan resep dari warisan leluhur, serta proses memasaknya yang memakai tungku. SBY yang merupakan Presiden Indonesia yang ke-6 pun gemar sekali menyantap rawon di rumah makan ini. Seporsi rawon yang tersaji memiliki daging yang besar-besar dan lembut, nasi putih, serta kecambah. Kuah rawon yang berwarna hitam dan agak kental, ditambah rasa kaldu yang gurih, semakin membuat Rawon Nguling digemari oleh banyak orang.

Jam Buka: Setiap hari buka pukul 06.00 - 21.00 WIB

Harga: Rp24.000 per porsi rawon

Soto Ayam Kraksaan

Soto memang selalu menjadi makanan favorit bagi masyarakat di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki menu soto dengan jenis yang berbeda-beda. Begitu pula dengan Soto Kraksaan yang menjadi kuliner khas Probolinggo. Yang membedakan soto ini dengan soto lainnya adalah kuahnya yang terbuat dari santan. Ayam yang digunakan pada soto ini adalah ayam jantan. Selain itu, sebelumnya ayam dimasak dengan santan dan ditambahkan serbuk kelapa sangrai. Ini menambah cita rasa soto menjadi lebih aromatik dan gurih. Soto Kraksaan juga memiliki tambahan irisan kentang kukus dan kerupuk udang dalam satu mangkuknya. Bila ingin menyantapnya, kamu dapat menemukan beberapa kedai di Probolinggo dengan mudah.

Akses Menuju Probolinggo

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Probolinggo, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana utama yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Probolinggo menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Probolinggo. Untuk sampai sana, kamu hanya perlu naik bus apa saja dengan tujuan Probolinggo, dan turun di Terminal Bayuangga. Ini merupakan salah satu transportasi paling mudah untuk datang ke kota Probolinggo.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Kamu dapat naik kereta api kelas apa saja, dan pilih tujuan Stasiun Gubeng, Surabaya. Lalu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan naik kereta Mutiara Timur rute Surabaya - Banyuwangi. Setelah itu, kamu bisa turun di Stasiun Probolinggo.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Probolinggo, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Kamu bisa naik pesawat dengan tujuan Bandara Juanda. Sesampainya di sana, kamu bisa lanjut menaiki bus Damri menuju Terminal Bus Bungurasih Surabaya. Lalu, carilah bus jurusan Jember atau Banyuwangi, dan turun di tujuan Terminal Probolinggo.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store