tokopedia-logo
Travel
City
Puncak
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sel, 28 Jun 2022
Check-out
Rab, 29 Jun 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Puncak

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort

Le Eminence Puncak Hotel Convention & Resort

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Cipanas, Puncak
Cipanas, Puncak
8,5
Sangat Memuaskan
Diskon Spesial
Rp2.450.000
Rp2.205.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Puncak Bogor
Tentang Puncak
Tempat Wisata Alam di Puncak
Tempat Wisata Rekreasi di Puncak
Tempat Wisata Kuliner di Puncak
Akses Menuju Puncak

Tentang Puncak

Jika berbicara soal pariwisata, Puncak merupakan salah satu daerah yang sering kali disebut oleh berbagai wisatawan dari berbagai daerah bahkan negara. Daerah pegunungan yang berada di antara Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini memang kaya akan objek wisata seru dan menarik yang selalu menjadi destinasi andalan saat akhir pekan atau musim liburan, khususnya oleh warga Jakarta. Dikelilingi oleh Gunung Gede, Gunung Pangrango, dan Gunung Salak, tidak heran jika Puncak memiliki hawa yang sejuk dan suasana daerah yang nyaman.

Puncak memiliki kontur wilayah yang unik karena dipenuhi oleh perkebunan teh dan pemandangan pegunungan yang indah. Daerah yang terletak di ketinggian 700 – 1.000 mdpl ini termasuk mudah di akses melalui berbagai jalur, seperti Jalan Nasional Rute 8, Jalan Tol Jagorawi, dan Jalan Tol Bocimi. Namun, sayangnya rute perjalanan menuju Puncak ini sering mengalami kemacetan, terutama saat akhir pekan. Terdapat 10 kecamatan dan 2 desa yang terdaftar secara administratif di kawasan wilayah Puncak ini.

Menurut sejarahnya, kawasan Puncak dulu banyak digunakan Belanda untuk membangun rumah-rumah kecil sebagai tempat peristirahatan. Bahkan, kebun teh yang terdapat di Puncak sudah ada sejak zaman kolonial Belanda tersebut. Untuk menunjang kedatangan wisatawan lokal maupun mancanegara, Puncak kini terus mengembangkan sektor pariwisatanya, termasuk berbagai macam penginapan. Mulai dari hotel, guest house, airbnb, hingga villa tersedia di daerah ini. Tertarik berkunjung ke Puncak? Segera pesan hotel terbaik pilihan Anda melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Puncak

Dikenal sebagai lokasi pariwisata yang memiliki pemandangan alamnya yang indah, deretan objek wisata alam Puncak di bawah ini tidak boleh Anda lewatkan.

Danau Telaga Warna

Danau Telaga Warna merupakan sebuah danau yang berlokasi di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Bogor. Danau ini memiliki udara yang sejuk karena diapit oleh bukit dan berada pada ketinggian 1.400 mdpl. Keunikan dari danau ini terletak di airnya yang kerap berganti-ganti warna antara biru, hijau, dan coklat. Hal ini dikarenakan terdapat tanaman alga yang memenuhi danau.

Selain dapat mengelilingi danau menggunakan perahu rakit atau sepeda air, Anda juga dapat menikmati keasrian berbagai flora yang tumbuh subur di sekeliling danau, dan melihat aneka satwa liar langka seperti lutung, kera abu-abu, babi hutan, hingga macan tutul. Buat Anda yang menyukai tantangan, Anda juga harus mencoba wahana flying fox yang meluncur di atas danau.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp21.000,-

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Berada di kaki Gunung Gede-Pangrango, tentu saja objek wisata gunung ini menjadi tujuan wajib untuk Anda kunjungi. Gunung ini ditetapkan menjadi wisata taman nasional sejak tahun 1980 dan menjadi salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Memiliki wilayah dengan luas sekitar 24 hektar, kawasan wisata ini terbagi menjadi dua puncak gunung, yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango yang juga dikelilingi oleh hutan pegunungan atau hutan montana.

Pada awalnya, tujuan utama berdirinya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini adalah untuk melindungi dan mengkonservasi ekosistem dan aneka flora cantik yang ada di pegunungan Jawa Barat. Setelah kini berkembang sebagai tempat wisata, Anda dapat melakukan beragam aktivitas seru di kawasan gunung ini seperti mendaki puncak gunung, melihat aneka flora dan fauna, mengunjungi Telaga Biru, mandi di sumber mata air panas Gunung Gede, hingga berkemah di Kandang Badak dan Kandang Batu.

Jam operasional: Setiap hari, 24 Jam.

Harga tiket:

  • Weekday, Rp29.000,- (wisatawan lokal), dan Rp320.000,- (wisatawan mancanegara)
  • Weekend, Rp34.000,- (wisatawan lokal), dan Rp470.000,- (wisatawan mancanegara).

Kebun Teh Gunung Mas

Puncak merupakan daerah yang penuh dengan panorama kebun teh. Inilah mengapa berkunjung ke kebun teh menjadi salah satu tujuan wisata banyak orang selama berada di Puncak. Salah satu daya tarik utama dari objek wisata ini adalah Anda dapat mengelilingi perkebunan teh dengan menunggangi kuda yang dapat disewa. Selain itu, di kawasan agrowisata Gunung Mas ini juga terdapat pabrik teh yang dapat Anda kunjungi dan beragam wahana outbound seru seperti flying fox, paralayang, hingga ATV. Tempat ini cocok sekali untuk Anda yang ingin refreshing pikiran dan badan dari hiruk pikuk kota.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.500,-

Tempat Wisata Rekreasi di Puncak

Kawasan Puncak juga dikenal dengan beragam taman rekreasi unik yang tetap menanamkan konsep alam yang hijau dan asri. Selain sebagai tempat bermain yang seru, deretan destinasi wisata rekreasi di bawah ini juga menawarkan pemandangan alam yang indah.

Taman Bunga Nusantara

Taman yang terletak di Jalan Mariwati km 7, Kabupaten Cianjur ini cocok sekali untuk Anda yang gemar melihat aneka jenis flora. Faktanya, Taman Bunga Nusantara ini merupakan salah satu taman tematik pertama di Indonesia yang sudah dibangun sejak tahun 1992. Taman ini bahkan memiliki lebih dari 2.000 spesies Anggrek yang terus dibudidayakan hingga kini. Terdapat berbagai bagian taman yang ditata dengan tema yang berbeda-beda seperti Taman Mawar, taman bernuansa Bali, Taman Air yang terdiri dari berbagai jenis bunga teratai, Taman Mediteranian yang dipenuhi oleh kaktus dan hamparan pasir putih, Taman Labirin yang dapat Anda jelajahi, dan masih banyak lainnya. Berkunjung ke Taman Bunga Nusantara ini akan membuat Anda seakan-akan sedang berada di Alice In Wonderland.

Jam operasional: Weekday, pukul 08.00 – 17.00 WIB, dan weekend pukul 08.00 – 17.30 WIB.

Harga tiket: Rp40.000,-

Taman Wisata Matahari

Wisata rekreasi berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Taman Wisata Matahari yang berlokasi di Jalan Raya Puncak km 77. Taman ini menawarkan berbagai wahana permainan, wisata air, wisata petualangan, dan wisata edukasi yang sekaligus menjadi satu. Inilah mengapa Taman Wisata Matahari sangat cocok menjadi tujuan liburan Anda bersama keluarga di akhir pekan. Mulai dari waterpark, trampoline park, flying fox, paint ball, hingga agro sawah dan aneka edukasi hewan ternak tersedia secara lengkap di sini.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp25.000 – Rp60.000,-

Taman Safari Indonesia

Objek wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing untuk Anda. Salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia ini dapat Anda kunjungi di kawasan puncak atau yang lebih tepatnya di Jl. Kapten Harun Kabir No.724, Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Bogor. Taman Safari Indonesia memiliki lebih dari 5.000 spesies fauna dan flora yang dapat dilihat langsung menggunakan kendaraan pribadi Anda. Kebun binatang bertaraf internasional ini juga menyediakan serangkaian pertunjukan edukasi yang dapat Anda saksikan, yaitu seperti Birds of Prey, Dolphins, Sea Lion, Wild West Cowboy, dan Globe of Death.

Bagi Anda yang merasa belum puas berpetualang di tempat ini selama seharian, Taman Safari Indonesia menyediakan hotel dengan fasilitas terbaik yang dapat dipesan sebagai tempat penginapan Anda. Bukan hanya di dalam taman safari, di sekitar kawasan tempat wisata ini juga terdapat beragam pilihan hotel menarik dengan harga yang terjangkau untuk Anda.

Jam operasional: Setiap hari, 08.30-17.00 WIB.

Harga tiket:

  • Weekday, Rp185.000,- (Dewasa), dan Rp160.000,- (Anak-anak)
  • Weekend, Rp220.000,- (Dewasa), dan Rp200.000,- (Anak-anak)

Tempat Wisata Kuliner di Puncak

Berkunjung ke Puncak, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi hidangan khas Sunda di beberapa restoran legendaris berikut ini.

Restoran Bumi Aki

Bagi Anda penggemar gulai kambing, Anda wajib menyempatkan diri untuk berkunjung ke restoran Bumi Aki di Jl. Raya Puncak Ciloto No. 59, Bogor Selatan. Restoran legendaris yang telah berdiri sejak tahun 1987 ini menyediakan menu gulai kambing yang terkenal dengan rasa kuah santan yang gurih dan kental. Potongan daging kambing pada semangkuk gulai tersebut juga tidak pelit dan tidak memiliki bau prengus. Selain gulai kambing, restoran ini juga menawarkan berbagai menu makanan khas Sunda lainnya. Restoran Bumi Aki menjadi tempat yang pas untuk Anda yang ingin mencicipi aneka hidangan lezat sambil menikmati pemandangan alam yang asri dan suasananya yang sejuk.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp16.000 – Rp280.000,-

Cimory Riverside

Sesuai namanya, Cimory Riverside merupakan tempat makan sekaligus objek wisata yang berada di tepi Sungai Ciliwung. Tempat ini menyajikan kuliner khas Indonesia maupun dari luar negeri. Di sini, Anda dapat menikmati makanan yang Anda pesan sambil ditemani suara gemericik air sungai. Salah satu menu yang populer di restoran ini adalah sajian sosis yang dipadukan dengan kentang dan sayuran. Dikenal sebagai produsen makanan dan minuman hasil olahan susu, tentu saja di Cimory Riverside Anda dapat membeli aneka varian susu segar, yogurt, keju, dan bakpao yang dapat dibawa sebagai buah tangan dari Puncak. Di sekitar kawasan tepi sungai juga terdapat Cimory Forest yang dapat Anda jelajahi bersama keluarga.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga: Rp50.000 – Rp100.000,-

Sate Shinta

Daerah Puncak memiliki sejumlah kuliner sate yang terkenal unik dan nikmat, salah satunya adalah Warung Sate Shinta yang berada di Jl. Raya Cipanas No. 20, Bogor Timur. Meskipun memiliki menu andalan sate kambing yang empuk dan tidak berbau, warung ini juga menjual aneka hidangan sate lainnya seperti sate ayam, sate maranggi, sate sapi, hingga sate jeroan. Bukan hanya itu saja, tersedia juga beragam menu makanan berbahan dasar kambing yakni sop kambing, nasi goreng kambing, dan gulai kambing.

Jam buka: Setiap hari, 24 jam.

Harga: Rp19.000 – Rp100.000,-

Akses Menuju Puncak

Beberapa transportasi di bawah ini dapat Anda pilih untuk bisa sampai ke daerah puncak.

Bus

Bus menjadi alternatif yang mudah dan terjangkau untuk menuju Puncak. Terdapat dua bus yang dapat Anda pilih, yaitu bus antar kota dan bus Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway atau yang dikenal dengan APTB. Jika menggunakan bus APTB, dari terminal akhir yakni Terminal Bogor, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Puncak menggunakan angkutan umum atau ColT L300 dengan range harga sekitar Rp20.000,-.

Sementara bagi Anda yang menggunakan bus antar kota dari Terminal Kampung Rambutan, Anda dapat langsung memilih bus dengan rute perjalanan yang melewati Puncak Pass seperti Bandung, Garut, atau Tasik.

Kereta Api

Sarana Transportasi jalur darat berikut ini juga menjadi favorit para wisatawan yang ingin berkunjung ke Puncak menggunakan kendaraan umum, terutama untuk Anda yang berdomisili di Jakarta. Anda dapat dengan mudah menggunakan kereta Commuter Line untuk sampai ke Bogor. Setelah sampai di Bogor, Anda dapat menggunakan angkutan umum dan bus untuk melanjutkan perjalanan ke Puncak.

Pesawat

Untuk sampai ke Puncak, Anda dapat mendarat di bandara terdekat yaitu Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang atau Bandara Husein Internasional Sastranegara di Bandung. Dari Bandara Soekarno-Hatta Anda dapat membeli tiket Bus Damri untuk sampai ke Terminal Bogor dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau bus ke Puncak. Biasanya, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 1-3 jam sesuai dengan kondisi lalu lintas pada saat itu.

Sementara jika Anda dari Bandara Husein Sastranegara, Anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan melalui Tol Padaleunyi dengan menggunakan mobil atau bus untuk dapat sampai ke Bogor.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store