tokopedia-logo
Travel
City
Salatiga
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 24 Jun 2021
Check-out
Jum, 25 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Salatiga

Hygiene Verified
Laras Asri Resort & Spa

Laras Asri Resort & Spa

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Salatiga
Salatiga
7,9
Memuaskan
Diskon Spesial
Rp325.000
Rp308.750
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Salatiga
Tentang Salatiga
Akses Menuju Salatiga
Tempat Wisata Kuliner di Salatiga
Tempat Wisata Rekreasi di Salatiga
Tempat Wisata Alam di Salatiga

Tentang Salatiga

Salatiga merupakan sebuah kota kecil berluaskan 54 km persegi di Provinsi Jawa Tengah. Kota yang dihuni oleh lebih dari 170 ribu jiwa penduduk ini memiliki lokasi yang strategis karena berada di jalur lintas Kota Semarang dan Solo. Salah satu daya tarik dari kota ini juga terdapat di jalan tol trans Jawa yang memiliki latar pemandangan Gunung Merbabu yang sering disandingkan dengan keindahan alam di Swiss. Terletak di kaki Gunung Merbabu dan diapit oleh beberapa gunung lain seperti Gunung Telomoyo, Gunung Ungaran, Gunung Rong, dan Gunung Payung membuat kota ini dikenal dengan udaranya yang sejuk dan segar.

Salatiga diketahui sebagai salah satu kota tertua di Indonesia yang dibangun pada tahun 750 Masehi. Pada zaman kolonial Belanda, Salatiga kerap dijuluki sebagai De Schoonste Stad van Midden-Java yang berarti kota terindah di Jawa Tengah. Bahkan, dulu kota ini menjadi tempat tinggal idaman orang-orang kulit putih Hindia-Belanda. Hal inilah yang membuat Salatiga juga sempat ditetapkan sebagai wilayah otonom Kotapraja pada zaman pemerintahan Hindia-Belanda. Berbagai fasilitas seperti taman, perkebunan, peribadatan, hingga pendidikan dilengkapi dan dikembangkan di kota ini.

Karena lokasinya yang strategis berada di jalur antar dua kota dan dikelilingi oleh pegunungan, Salatiga juga dikenal sebagai transit pariwisata. Para wisatawan yang melewati kota ini diharapkan akan singgah dan menikmati keindahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh kota ini. Hampir semua jenis wisata alam, sejarah, budaya, rekreasi, hingga kuliner dapat Anda temukan di Salatiga. Tentu saja, di sini juga tersedia banyak pilihan hotel dengan beragam fasilitas untuk menunjang kedatangan Anda. Kini, Anda dapat dengan mudah booking hotel di Salatiga melalui Tokopedia.

Akses Menuju Salatiga

Berikut beberapa transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk menuju Kota Salatiga.

Bus

Bagi Anda yang ingin langsung sampai ke Salatiga tanpa harus transit terlebih dahulu, maka Anda bisa memilih transportasi melalui jalur darat dengan bus. Salatiga memiliki terminal utama, yakni Terminal Tingkir untuk bus AKDP dan AKAP Jawa Tengah, seperti Jakarta dan Denpasar. Tarif yang dimiliki bus ini berbeda-beda sesuai dengan jarak yang ditempuh dan kelas bus yang dipilih oleh penumpang.

Kereta Api

Sayangnya, tidak ada rute perjalanan kereta api yang dapat langsung sampai ke Salatiga. Jika Anda menggunakan kereta api, Anda dapat membeli tiket dengan tujuan stasiun terdekat seperti Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Tawang Semarang. Dari kedua tasiun tersebut Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan jarak tempuh sekitar 54 km dari arah keduanya hingga sampai ke Terminal Tingkir.

Pesawat

Sama seperti kereta api, tidak ada penerbangan langsung ke Salatiga karena kota ini memang belum memiliki bandara tersendiri. Akses pesawat yang paling dekat dari kota ini adalah dengan mendarat di Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang. Dari bandara ini, Anda dapat menggunakan Bus Rapid Transit untuk sampai ke Kota Salatiga. Berkendara dengan bus tersebut akan memakan waktu kurang lebih 2,5 jam perjalanan.

Tempat Wisata Kuliner di Salatiga

Lengkapi liburan Anda di Salatiga dengan mencicipi aneka kuliner yang khas dan lezat:

Sate Sapi Suruh

Sate Sapi Suruh merupakan salah satu kuliner khas yang populer dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Salatiga. Seperti sate pada umumnya, sate ini terbuat dari potongan daging sapi yang dibakar dan dicampur dengan bumbu kacang yang khas dan nikmat. Namun, yang berbeda dari sate ini adalah cara memasaknya yang direndam di perasan jeruk nipis terlebih dahulu dan dibungkus dengan daun pisang sebelum dibakar. Hal ini membuat Sate Sapi Suruh memiliki daging yang sangat empuk dan tidak berbau amis. Anda dapat mencicipi hidangan ini di Jalan Jendral Sudirman No.16F, tepatnya di dekat Polsek Pasaraya 2.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp30.000,-

Gecok Kambing

Hidangan khas Salatiga yang tidak kalah enak dan terkenal adalah Gecok Kambing. Makanan yang satu ini sesuai namanya dibuat menggunakan bahan dasar kambing yang diolah dengan kuah santan aneka bumbu rempah, dan kelapa sangrai. Sehingga, tidak heran makanan yang menyerupai tongseng ini dikenal dengan dagingnya yang empuk dan beraroma harum. Makanan ini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah dan sedikit pedas, cocok sekali untuk Anda pecinta hidangan kambing. Salah satu restoran gecok kambing populer adalah Gecok Kambing Bu Sri yang berada di daerah belakang bekas stasiun Tlogo, Tuntang.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 17.00 WIB.

Harga: Rp25.000,-

Ronde Sekoteng

Hidangan berikutnya sangat cocok jika Anda ingin menghangatkan badan di tengah suasana kota Salatiga yang dingin. Ronde Sekoteng merupakan hidangan berbentuk bola yang terbuat dari tepung beras dengan isian gula merah. Makanan ini biasanya disantap dengan wedang jahe dan tambahan kacang hijau, kacang tanah, dan potongan roti tawar. Tempat yang sudah legendaris untuk mencoba hidangan ini adalah di Warung Ronde Sekoteng Jago yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman no. 9. Warung yang telah berdiri sejak tahun 1965 ini selalu ramai pengunjung, terutama di malam hari.

Jam buka: Setiap hari, pukul 14.00 – 21.30 WIB.

Harga: Rp13.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Salatiga

Selain kaya akan wisata alam, Salatiga juga menawarkan sejumlah tempat rekreasi seru yang masih dikelilingi dengan suasana alam yang sejuk dan nyaman.

Lapangan Pancasila

Lapangan Pancasila juga dikenal sebagai alun-alun kota Salatiga. Berada di Jl. Ahmad Yani No.100 Kalicacing, Sidomukti, Kota Salatiga, taman ini menjadi tempat bersantai yang selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat dan para wisatawan. Lapangan Pancasila ini juga berlokasi di pusat kota sehingga mudah diakses dan dekat dengan Kantor Pemkot Salatiga, Kantor DPRD Salatiga, dan Kampus Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Lapangan Pancasila ini terdiri dari sederet fasilitas menarik seperti lapangan rumput, area olahraga, cctv, air mancur, hingga monumen berupa tugu yang menggambarkan tiga sosok pahlawan dari Salatiga yaitu Brigjen Sudiarto, Laksamana Madya Yosaphat Soedarso (Yos Soedarso), dan Marsekal Muda Agustinus Adisoetjipto. Anda juga dapat menemukan aneka jajanan kaki lima dan kuliner khas Salatiga di sekitar kawasan lapangan.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Taman Wisata Kopeng

Jika Anda ingin mencoba berbagai macam aktivitas seru sekaligus, maka Taman Wisata Kopeng dapat menjadi tempat yang sempurna untuk liburan Anda. Mulai dari waterpark, area camping, wahana outbond, gardu pandang, pasar buah dan sayur, hingga tempat bermain paintball dan ATV tersedia lengkap di taman wisata ini. Taman yang berada pada ketinggian 1.500 mdpl di lereng Gunung Merbabu ini juga memiliki udara yang sejuk dan pemandangan gunung yang elok dan cantik.

Lokasi taman ini cukup dekat dengan pusat kota Salatiga, yaitu hanya berjarak 8 km atau memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan. Lebih tepatnya, Anda dapat menemukan Taman Wisata Kopeng di l. Raya Salatiga - Magelang KM. 15, Kopeng, Getasan. Di kawasan Taman Wisata Kopeng juga terdapat berbagai hotel penginapan untuk Anda dan keluarga yang ingin berlama-lama di tempat ini.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.30 - 16.30 WIB.

Harga tiket: Rp20.000,-

Museum Kereta Api Ambarawa

Tertarik melihat kereta api tua yang kini sudah tidak beroperasi? Di sinilah tempatnya. Museum Kereta Api Ambarawa menyajikan pengalaman wisata seru melihat kereta tua yang dijalankan menggunakan mesin uap. Bahkan, di museum ini Anda dapat mencoba menaiki kereta lokomotif uap ini untuk mengelilingi daerah Ambarawa. Faktanya, kereta api tersebut sudah beroperasi sejak zaman penjajahan Belanda. Destinasi yang terletak di Jl. Stasiun No. 1, Panjang, Ambarawa ini cocok untuk Anda dan keluarga yang mencari wisata rekreasi seru dan edukatif.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,- (Anak-anak), dan Rp10.000,- (Dewasa).

Tempat Wisata Alam di Salatiga

Wisata alam menjadi destinasi utama para wisatawan ketika berada di kota ini. Udara kotanya yang bersih dan sejuk pasti semakin menambah kenyamanan waktu liburan Anda.

Danau Rawa Pening

Danau Rawa Pening termasuk ke dalam objek wisata favorit wisatawan yang berkunjung ke Salatiga. Danau ini terletak di antara pertemuan tiga wilayah, yaitu Salatiga, Ungaran, dan Ambarawa. Konon, dikisahkan bahwa Danau Rawa Pening terbentuk akibat sebatang lidi yang dicabut dan kemudian mengeluarkan air menenggelamkan desa yang tadinya berada di kawasan tersebut. Cerita rakyat ini dikenal sebagai legenda Baruklinting.

Daya tarik utama dari tempat ini adalah pemandangannya saat senja atau matahari terbenam. Selain dapat bersantai menikmati pemandangan danau, di sini Anda dapat menyewa perahu untuk menyusuri danau yang dipenuhi tanaman eceng gondok, atau mencicipi aneka kuliner yang dijual di warung-warung setempat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.30-21.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.500,-

Gunung Telomoyo

Salah satu gunung yang berada dekat di Kota Salatiga adalah Gunung Telomoyo. Tidak kalah dari wisata gunung lainnya, Gunung Telomoyo ini memiliki pesona alam yang indah dan menjadi tempat wisata incaran banyak orang. Meskipun termasuk ke dalam gunung api, gunung yang berada di ketinggian 1.894 mdpl ini tercatat belum pernah meletus. Baik secara akses menuju gunung maupun area jalan di kawasan gunung ini terbilang cukup mudah karena telah diaspal. Sehingga Anda dapat dengan mudah mendaki gunung menggunakan kendaraan pribadi atau dengan berjalan kaki.

Di puncak gunung ini juga terdapat landasan paralayang yang dikelilingi dengan pemandangan deretan gunung lain seperti Sumbing, Sindoro, Prau, dan Lawu. Bahkan, Anda juga dapat melihat lanskap Danau Rawa Pening dari atas ketinggian di gardu pandang yang tersedia.

Jam operasional: Setiap hari, 4 jam.

Harga tiket: Rp15.000,-

Air Terjun Umbul Songo

Di kota ini juga terdapat air terjun indah yang sayang untuk Anda lewatkan. Air terjun yang berlokasi di Desa Kopeng, Salatiga ini memiliki ketinggian mencapai 15 dan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat dan menjulang tinggi. Untuk sampai ke Air Terjun Umbul Songo, Anda harus berkendara selama 35 menit dari pusat kota Salatiga. Namun, perlu diketahui bahwa akses menuju air terjun ini cukup sulit dilewati oleh kendaraan, sehingga Anda harus berjalan kaki untuk bisa masuk ke kawasan air terjun tersebut.

Berada di atas ketinggian 1.450 mdpl, tidak heran jika air terjun ini memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai dan melepas penat dari hiruk pikuk kota.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.00-18.00 WIB

Harga tiket: Rp10.000,-

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store