tokopedia-logo
Travel
City
Sekongkang
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 6 Agu 2021
Check-out
Sab, 7 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sekongkang

Naia Resort Beach Club Sumbawa

Naia Resort Beach Club Sumbawa

Resor
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Sekongkang
Sekongkang
9,3
Luar Biasa
Rp714.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Sekongkang
Tentang Sekongkang
Tempat Wisata Alam di Sekongkang
Tempat Wisata Rekreasi di Sekongkang
Tempat Wisata Kuliner di Sekongkang
Akses Menuju Sekongkang

Tentang Sekongkang

Sekongkang adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Sumbawa Barat, Indonesia. Menjadi bagian dari wilayah Nusa Tenggara Barat, tentunya banyak sekali destinasi keindahan alam yang ditawarkan Sekongkang kepada para masyarakat lokal maupun turis dari mancanegara. Hal ini menyebabkan Sekongkang menjadi salah satu pilihan terbaik jika Anda termasuk ke pendatang yang ingin menikmati waktu berlibur. Area Sekongkang ini juga termasuk ke kawasan yang memiliki luas pantai yang sangat indah serta kekayaan wisata bahari yang tidak kalah cantik dengan kawasan lainnya. Berbeda dengan kawasan lain yang sudah sering dijamah oleh para pengunjung, sebagian besar wisata alam yang ada di Sekongkang mungkin kurang dikenal tetapi hal itu tidak membuat keindahan alam di sini menjadi berkurang.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Sekongkang, maka salah satu jenis penginapan yang sangat disarankan adalah hotel. Hotel di Sekongkang terbilang tidak mahal namun memiliki fasilitas yang nyaman. . Tak hanya nyaman, hotel di Sekongkang juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Selain di Sekongkang, Anda juga bisa memesan hotel di area lainnya seperti hotel di Nusa Tenggara Barat, hotel di Kuta Lombok, serta hotel di Mataram.

Tempat Wisata Alam di Sekongkang

Beberapa lokasi wisata alam di Sekongkang memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Sekongkang yang patut Anda sambangi.

Air Terjun Sekongkang

Wisata alam pertama yang memiliki pesona alam mengagumkan dengan daya tariknya tersendiri adalah Air Terjun Sekongkang. Jalan yang harus dilewati hingga menuju air terjun ini terbilang tidak mudah, Anda harus melewati jalan sempit, sungai, dan juga pohon-pohon besar di sekeliling perjalanan. Sesampainya di area air terjun, pengunjung akan menyaksikan sebuah air terjun tinggi yang juga bertingkat-tingkat bagaikan memiliki kolam renang tersendiri di setiap tingkatannya. Maka dari itu lah, para wisatawan yang datang kesini dapat bersantai atau berenang di kolam tempat jatuhnya air terjun yang terbilang sangat menyegarkan dan juga akan membuat para pengunjung menjadi betah.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Pantai Tropika

Dikenal memiliki garis pantai yang amat luas dan juga cantik, belum lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Sekongkang namun tidak mengunjungi Pantai Tropika. Para pengunjung akan disambut dengan hamparan pantai luas yang indah memiliki pasir putih serta airnya yang sangat jernih kebiruan. Salah satu kegiatan favorit para pengunjung saat berada di Pantai Tropika adalah berselancar. Hal ini dikarenakan Pantai Tropika memiliki ombak yang cukup tinggi dan sangat cocok untuk para peselancar. Tidak hanya itu, jika Anda ingin sekadar bersantai di pinggir pantai juga terdengar asyik karena keberadaan pohon kelapa yang membuat area pinggir pantai menjadi rimbun dan tenang.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

Pantai Lawar

Selain Pantai Tropika, pengunjung juga bisa mencoba untuk berkunjung ke pantai lainnya di Sekongkang yaitu Pantai Lawar. Dikenal memiliki pasir putih dan air yang tenang, Pantai Lawar sangat cocok dijadikan untuk tempat bersantai serta melepas penat. Jika Anda ingin bersantai di tempat yang jauh dari kegaduhan perkotaan, Pantai Lawar adalah solusi terbaik. Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Lawar adalah saat terbit atau tenggelamnya matahari karena pantai ini menjadi sebuah titik yang pas untuk menyaksikan keindahan matahari serta dengan suasana yang tenang dan memanjakan mata.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Sekongkang

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Sekongkang yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Air Terjun Jereweh

Wisata lainnya yang ada di Sekongkang dan dapat dikunjungi para wisatawan adalah Air Terjun Jereweh. Untuk sampai di kawasan air terjun ini, pengunjung harus melewati jalan setapak sepanjang 200 meter yang dikelilingi pepohonan dan beriklim cukup sejuk. Walaupun jalan yang dilalui cukup jauh dan sulit, namun semua kelelahan itu akan terbayarkan segera saat Anda sampai di area air terjun. Memiliki bentuk yang unik, Air Terjun Jereweh ini dibentuk dari tebing batu yang bertingkat dan juga berongga sehingga membentuk gua hampir di seluruh tingkatannya. Dengan air yang bersih, para pengunjung dapat merasakan sensasi kesegaran dari air tersebut dengan berenang di kolam tempat Air Terjun Jereweh jatuh yang memiliki air berwarna kehijauan.

Jam operasional: Setiap hari pukul

Harga tiket: Rp 20.000,-

Bukit Mantar

Tidak hanya wisata mengenai pantai dan air terjun, Sekongkan juga memiliki wisata bukit yang bernama Bukit Mantar. Jika Anda mengunjungi bukit ini, mungkin Anda akan merasa bahwa bukit ini berada di atas awan. Bukit yang memiliki hamparan pepohonan asri ini tidak kalah cantik dengan hamparan bukit lainnya. Dari atas bukit, Anda bisa melihat panorama Gunung Rinjani dan Pulau Sumbawa Barat serta ditemani kepulan awan yang sangat indah. Walaupun akses yang harus dilalui terbilang cukup sulit dan menantang, namun pengunjung selalu lama ber betah-betah di atas bukit saat melihat keindahan yang ditawarkan.

Jam operasional: Jumat – Minggu pukul 16.00 – 21.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sekongkang

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Sekongkang. Berikut beberapa wisata kuliner Sekongkang yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Singang

Tidak hanya kaya akan wisata alamnya yang cantik, Sekongkang juga memiliki berbagai pilihan wisata kuliner yang menggiurkan. Salah satunya adalah hidangan bernama Singang. Saat mencicipi nya, para pengunjung akan dihidangkan dengan sepiring ikan kakap atau bandeng yang berkuah kuning. Kuah kuning ini dibuat dari rempah-rempah Indonesia seperti bawang putih, kunyit, kemiri, cabe rawit, tomat, serta garam. Semua bumbu dicampur hingga rata dan dimasak bersamaan dengan ikan hingga matang dan sampai seluruh bumbu meresap. Dengan begitu, para pengunjung akan mencoba semangkuk ikan kuah kuning yang memiliki bumbu kental dan sangat khas rempah-rempah.

Sepat

Kuliner selanjutnya dari Sekongkang yang dapat Anda cicipi adalah Jangan Bage. Pengunjung akan mencoba sepiring ikan bakar yang dicampur dengan kuah asam. Ikan yang sudah dibakar hingga krispi dan kecoklatan akan ditaruh di sebuah piring, lalu disiram kuah asam yang terbuat dari daun aru, bawang putih, lomo, serta daun bawang. Saat mencicipi nya, wisatawan akan merasakan bumbu ikan bakar yang gurih lalu dicampur dengan kuah asam yang juga nikmat sata bercampur menjadi satu.

Jawada

Tidak hanya makanan berat, Sekongkang juga memiliki makanan kecil yang cocok dijadikan untuk cemilan sehari-hari yang bernama Jawada. Secara singkat, Jawada adalah makanan yang dibuat dari tepung terigu, santan, gula merah, dan air sada. Seluruh adonan dicampur hingga rata lalu dimasukkan ke dalam cetakan batok kelapa. Setelah itu, adonan akan digoreng di api yang pas dan saat digoreng harus sembara dipukul agar adonan dapat keluar dari batok kelapa tersebut. Dengan begitu, jawada akan terbentuk sendiri hingga berwarna kecoklatan saat digoreng dan siap dicicipi. Terdengar menarik, bukan?

Akses Menuju Sekongkang

Untuk mengunjungi Sekongkang, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Kapal

Alternatif lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui jalur perairan yaitu kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Sekongkang. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di Pelabuhan Poto Tano lalu melanjutkan perjalanan hingga ke Sekongkang dengan berbagai pilihan transportasi umum di sekitar pelabuhan.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Sekongkang menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Sekongkang dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara menuju lokasi tempatmu.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store