tokopedia-logo
Travel
City
Senaru
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 18 Sep 2021
Check-out
Min, 19 Sep 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Senaru

Hygiene Verified
Rinjani Lodge

Rinjani Lodge

Holiday park
star-iconstar-iconstar-icon
Senaru
Senaru
9,2
Luar Biasa
Rp750.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Senaru
Tentang Senaru
Tempat Wisata Populer di Senaru
Tempat Wisata Kuliner di Senaru
Akses Menuju Senaru

Tentang Senaru

Senaru merupakan sebuah desa yang terletak di kecamatan Bayan, Lombok Utara, NTB. Bagi para pendaki gunung, nama Senaru sudah tidak asing karena desa yang terletak di kaki gunung rinjani tua ini merupakan titik perlintasan pendakian Gunung Rinjani. Sebagian besar penduduk desa Senaru bersuku sasak yang merupakan suku bangsa asli Lombok. Oleh karenanya desa Senaru memiliki daya tarik sebagai desa wisata dengan potensi alam dan budaya yang memukau.

Selain Gunung Rinjani yang terkenal di antara para pendaki, Senaru juga memiliki keindahan alam lainnya yang tidak kalah menawan. Desa ini memiliki air terjun setinggi puluhan meter yang siap menyejukkan jiwa dan raga anda sembari bersantai menikmati keindahan alam bebas. Selain objek wisata alam, ada juga objek wisata budaya bernama kampung adat Bayan yang merupakan pusat budaya tertua pulau Lombok. Anda dapat menyaksikan pemandangan kehidupan masyarakat desa adat bayan yang masih teguh menerapkan tata cara hidup tradisional dan hukum adat yang mengikat. Selain itu, anda juga dapat berwisata ke masjid kuno Bayan Beleq yang berusia ratusan tahun di desa Senaru.

Bagi para pecinta kuliner tradisional yang otentik sesuai dengan rasa aslinya, Senaru memiliki berbagai kuliner khas sasak yang unik. Beberapa kuliner menarik yang harus dicoba adalah ares yang merupakan gulai gedebong pisang, sate bulayak yang dilumuri bumbu rahasia suku sasak dan bebalung yang merupakan sup iga sapi khas sasak. Tertarik berwisata sembari menikmati keindahan alam serta kearifan lokal di Senaru? Anda dapat memesan hotel di Senaru dengan harga murah melalui Tokopedia. Selain itu, anda juga dapat memesan hotel di wilayah sekitar Senaru seperti hotel di Mataram, hotel di Lombok atau hotel di Nusa Tenggara Barat lainnya.

Tempat Wisata Populer di Senaru

Sebagai destinasi wisata di Lombok, tentunya Senaru memiliki berbagai tempat wisata yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Ini dia beberapa rekomendasinya untuk Anda

Kampung Bayan

Senaru memiliki masjid kuno yang telah ada sejak abad-16, lokasinya berada di Kampung Bayan. Masjid ini dikenal sebagai Mesigit Beleq atau Masjid Kuno Bayan dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan bangunan masjid ini sangat unik, atapnya terbuat dari bambu dan ilalang yang masih terjaga. Dindingnya pun berasal dari anyaman bambu. Di sekitar masjid, terdapat makam-makam leluhur yang masih terjaga. Anda juga dapat melihat rumah adat dan pejabat desa di Kampung Bayan yang menarik. Jangan lupa untuk singgah dan berbincang dengan masyarakat di Beruqay yang merupakan tempat menerima tamu dan tempat penyelenggaraan ritual adat. Jika beruntung, Anda akan melihat berbagai aktivitas masyarakat yang menjunjung semangat gotong royong dan kekeluargaan seperti pembuatan dan pemindahan rumah adat.

Harga tiket: Rp 5.000,-

Air Terjun Sendang Gile

Masih di sekitar wilayah Bayan, terdapat air terjun Senaru. Air terjun dengan ketinggian 31 meter ini langsung jatuh dari atas tebing ke sungai di tengah hijaunya pepohonan. Anda dapat berenang dan bermain air di sungai yang menampung air dari air terjun ini.Kesegaran air dan pemandangan yang indah membuat Anda betah berlama-lama disini. Karena air terjun ini termasuk kawasan pendakian gunung Rinjani, Anda harus mendaki sekitar 500 anak tangga untuk sampai kesini. Namun pastinya rasa lelah yang dirasakan akan terbayar ketika melihat keindahan alamnya. Konon, air yang jatuh dari atas tebing tersebut jika dibasuh ke wajah, akan menjadikan wajah tersebut lebih muda dari umur aslinya, bagaimana? Penasaran kah untuk mencobanya sendiri?

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Kawah Senaru/ Senaru Crater Rim

Melihat pemandangan spektakuler dari Kawah Senaru ini bisa menjadi pilihan lokasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Kawah ini berada di jalur pendakian gunung Rinjani sehingga Anda dapat tracking terlebih dahulu selama 2 jam. Biasanya ada paket yang menawarkan perjalanan mendaki ke kawah Senaru selama 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam. Anda akan melihat matahari terbit dan terbenam yang pastinya sangat mengagumkan dan sayang untuk dilewatkan. Dalam perjalanan menuju kawah, tentu anda akan melihat aneka flora dan fauna yang beraneka ragam seperti monyet hitam, burung, kupu-kupu dan lainnya.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Danau Segara Anak Lombok

Warna air yang biru dari danau ini sangat mirip dengan warna air laut, oleh karena itu dinamai “Segara Anak” yang memiliki arti “Anak Laut”. Danau ini berada di puncak gunung Rinjani sehingga Anda harus menempuh perjalanan sekitar 9 jam untuk sampai kesini. Di sekitar danau terdapat beberapa sumber air panas yang bisa Anda gunakan untuk berendam atau sekedar mencelupkan kaki dan tangan. Anda juga bisa memancing di danau, ikan yang akan Anda dapatkan adalah ikan nila dan ikan mas.Karena di danau ini memang menjadi rumah pengembangbiakan kedua jenis ikan tersebut. Setelah seharian menempuh perjalanan jauh dan menikmati danau, Anda akan menginap dan mendirikan tenda disini. Pagi harinya, Anda akan melihat matahari terbit yang sangat indah dan cahayanya yang memantul di air danau sangat berkilau. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen di danau ini ya.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp 35.000 ,-

Tempat Wisata Kuliner di Senaru

Berkunjung ke Senaru tak lengkap jika tidak mencicipi makanan populernya, berikut adalah rekomendasi kuliner untuk Anda

Warung Senaru

Setelah puas bermain air di Air Terjung Sendang Gile, Anda dapat mencoba untuk makan di Warung Senaru. Tempat makan yang ditawarkan Warung Senaru terbagi menjadi tiga ruangan, ada ruang indoor bergaya ala cafe dengan bangku tinggi seperti di bar, ada pula gazebo-gazebo yang terbuat dari bambu serta tempat outdoor dengan pemandangan yang asri. Pilihan menu makanannya pun beragam, ada makanan khas Indonesia seperti ayam bakar plecing, terong goreng tepung, nasi goreng, mie goreng, mie kuah, bakso bebalung, aneka jenis sup dan masih banyak lainnya. Selain itu tersedia pula aneka makanan Barat seperti banana pancake, burger, roti bakar, anake pasta dan lainnya. Bagi Anda yang ingin menikmati makanan serta minum dengan harga terjangkau, warung ini menyediakan beberapa paket yang bisa Anda pilih.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB

Harga : Rp15.000 – R60.000,-

Rinjani Lodge Restaurant

Restoran ini memiliki pemandangan nan eksotik serta suasana nan khas, Anda akan melihat indahnya bukit dan hutan yang hijau dengan suara-suara hewan hutan. Bahkan ada beberapa monyet liar yang mampir. Namun pihak restoran memberi himbauan untuk tidak memberi makan kepada monyet-monyet ini karena nantinya akan bertambah banyak yang datang. Selain itu Anda dapat merasakan berenang di sky pool yang airnya berasal dari gunung langsung, tentu saja dengan pemandangan yang indah dari gunung Rinjani. Untuk dapat menikmati sky pool ini, syaratnya adalah pesan makanan di restoran. Menu makanan utama yang tersedia sangat variatif, ada makanan Asia, makanan Eropa dan makanan yang ramah untuk para vegan. Berbagai pilihan sup pun tersedia untuk menghangatkan tubuh, ada sup jagung, tom yum, sup labu, sup wortel dan sup tomat. Cemilan yang tersedia mulai dari kentang goreng, tempe dan tahu goreng, spring roll yang terbuat dari sayur, samosa dan onion ring.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 7.00 – 22.00 WITA.

Harga : Minuman dimulai dari Rp 18.000,- dan untuk makanan mulai dari Rp. 45.000,-

Rifka Cafe Rinjani

Ramai dikunjungi pengunjung lokal maupun mancanegara, berbagai menu makanan dan minuman ditawarkan warung ini. Anda dapat mencicipi kopi lombok disini, tersedia pilihan kopi lombok dengan susu atau ditambahkan jahe. Untuk makanan, terdapat pilihan menu sarapan seperti pancake dan burger. Ada pula makanan khas Indonesia seperti aneka oseng sayuran, gado-gado, urap, sup, nasi goreng, bakso dan nasi gulai. Ada pula nasi campur yang menjadi paket komplit berisi ayam, telur, tahu, tempe, sayuran dan kerupuk. Berbagai masakan khas Lombok yang ditawarkan adalah plecing kangkung dengan berbagai variasi, serbuk yang juga dengan berbagai tambahan seperti ayam atau tahu dan berbagai olahan ikan tanpa tulang dengan bumbu khas Lombok. Bagi Anda yang ingin makanan ringan seperti spaghetti, quaker soup, sandwich, pastel, spring roll, donat keju dan pizza. Suasana cafe ini cukup unik, dinding dan atap bangunan menggunakan anyaman bambu dan kursi serta meja makan yang terbuat dari kayu berwarna coklat. Selain itu Anda juga dapat mengakses wifi yang disediakan oleh cafe ini loh.

Jam operasional: Setiap hari, 08.30 – 16.00 WIB

Harga : Rp15.000 – R45.000,-

Akses Menuju Senaru

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Senaru, Anda dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Nusa Tenggara Barat, pesawat menjadi transportasi yang praktis dan paling sering digunakan. Anda dapat pesan tiket pesawat dan memilih tujuan bandara Internasional Lombok. Selanjutnya anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam 50 menit untuk sampai ke Senaru dari Bandara. Moda transportasi yang dapat Anda pilih adalah kendaraan pribadi,bus atau travel. Disarankan Anda sudah memesan travel sebelum berangkat ke Tanjung untuk mempermudah perjalanan Anda dan tentunya menghemat waktu.

Kapal

Selain pesawat, alternatif moda transportasi yang dapat membawa Anda ke Senaru adalah kapal feri. Anda dapat memilih untuk berlabuh di Pelabuhan Lembar dari Bali, pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya atau pelabuhan di Banyuwangi. Perjalanan yang ditempuh sekitar 20 jam tergantung cuaca. Tarif untuk penumpang dewasa Rp 57.000 dan untuk anak/bayi usia kurang dari 2 tahun akan dikenakan biaya Rp 5.800. Jika Anda membawa kendaraan, tarif akan menyesuaikan golongan kendaraan Anda sekitar Rp 917.000 hingga Rp 3.010.000. Sedangkan untuk motor terbagi menjadi dua golongan, untuk motor yang kurang dari 250 cc akan dikenakan tarif Rp 129.000 dan untuk yang lebih dari 250 cc harus membayar Rp 250.000. Dari pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Senaru menggunakan bus/jasa travel jika tidak mengendarai motor/mobil. Tarif nya berbeda-beda setiap agen, Anda dapat memilih sesuai kenyamanan Anda.

Bus/ELF

Kendaraan menuju Senaru memang tidak banyak, alternatif pilihan lainnya adalah menggunakan bus. Anda dapat naik dari Jakarta atau kota lainnya menuju Mataram. Tarif yang akan dibayarkan sekitar Rp 75.000 hingga Tp 150.000. Ketika sampai di Mataram, Anda akan diturunkan di terminal Ubung. Dari Terminal Ubung, Anda dapat menyambung perjalanan menggunakan kapal feri menuju pelabuhan Lembar dan melanjutkan perjalanan menggunakan moda transportasi lainnya menuju Senaru. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ELF. Anda dapat naik ELF menuju Padang Bai dengan tarif Rp 30.000, perlu Anda catat bahwa keberangkatan terakhir adalah pukul 14.00 WITA. Selanjutnya Anda dapat naik bus menuju Mataram yaitu bus Parama dengan harga tiket Rp 60.000 dan sudah termasuk tiket feri menuju pelabuhan Lembar.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store