tokopedia-logo
Travel
City
Siantan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 17 Agu 2022
Check-out
Kam, 18 Agu 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Siantan

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis
Hygiene Verified
RedDoorz Syariah Plus near Tanjungpura University 2

RedDoorz Syariah Plus near Tanjungpura University 2

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Siantan
Siantan
Diskon Spesial
Rp330.165
Rp264.132
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Siantan
Tentang Siantan
Tempat Wisata Alam di Siantan
Tempat Wisata Rekreasi di Siantan
Tempat Wisata Kuliner di Siantan
Akses Menuju Siantan

Tentang Siantan

Siantan adalah salah satu kecamatan yang ada di Pontianak, Kalimatan, Indonesia. Terletak di Pontianak bagian utara, Siantan juga memiliki 4 kelurahan dengan nama awalan yang sama yaitu; Siantan Hulu, Siantan Tengah, Siantan Utara, dan Siantan Hilir. Meskipun area ini mungkin jarang terdengar oleh kebanyakan wisatawan baik lokal maupun mancanegara, namun Anda tetap bisa mengunjunginya dan menikmati berlibur di Siantan.

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke Siantan, jangan mengkhawatirkan masalah penginapan! Ada banyak jenis penginapan di Siantan. Salah satu jenis penginapan di Siantan yang kerap dijadikan tempat untuk bersinggah adalah hotel. Hotel di Siantan terbilang cukup beragam. Tak hanya nyaman, hotel di Siantan juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya di area Siantan, Anda juga dapat menemukan berbagai jenis hotel yang ada di kawasan lainnya seperti hotel di Pontianak. atau hotel di Bangka Belitung.

Tempat Wisata Alam di Siantan

Beberapa lokasi wisata alam di Siantan memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Siantan yang patut Anda sambangi.

Bukit Reel

Daerah Pontianak memang menawarkan berbagai macam pilihan wisata alamnya yang beragam. Salah satunya adalah Bukit Reel. Bukit Reel sendiri adalah sebuah bukit yang memiliki ketinggian 40 meter dan sedang digandrungi para pemuda untuk mengunjungi dan berlibur disana. Dinamakan Bukit Reel karena ada sebuah bukit yang tertinggal bersamaan dengan peninggalan seperti rel serta reruntuhan bekas bangunan pemecah batu. Area bukit ini sebenarnya juga dihuni oleh berbagai suku yang salah satunya juga digunakan sebagai tempat untuk menjalankan ritual adat Dayak. Dengan begitu, para pengunjung yang datang juga dapat menikmati kawasan bukit dengan mempelajari kebudayaan yang berlangsung di sekitar.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Pantai Kijing

Wisata alam kedua yang tidak kalah menariknya di Siantan adalah Pantai Kijing. Jika Anda penggemar pantai, maka mengunjungi Pantai Kijing adalah salah satu keputusan yang tepat. Saat berada di pantai, para pengunjung akan disambut oleh hamparan pantai yang sejuk serta berpasir putih dan dikelilingi oleh pohon kelapa di sepanjang bibir pantai. Salah satu hal yang membuat Pantai Kijing menjadi unik adalah keberadaan bukit di dekat pantai tersebut. Anda dapat mengunjungi bukit tersebut yang dipenuhi pohon dan tumbuhan hijau yang membuat suasana bukit menjadi rindang. Selain itu, pemandangan sawah juga dapat dilihat dari atas bukit. Jadi Anda dapat melihat segala keindahan yang ada dari atas bukit di Pantai Kijing.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Siantan

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Siantan yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Tugu Khatulistiwa

Jika dibandingkan dengan lokasi lain, Siantan memang tidak memiliki banyak wisata rekreasi yang dapat dikunjungi. Namun Anda dapat mengunjungi salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi para masyarakat lokal yaitu Tugu Khatulistiwa. Tugu yang berada di Jalan Khatulistiwa ini menjadi ikon wisata dari Kota Pontianak. Di dalam ruangan tugu ini, para pengunjung dapat menikmati berbagai informasi mengenai sejarah serta kebudayaan yang ada. Salah satunya adalah koleksi foto yang telah ada sejak tahun 1930 silam, dan juga beberapa tokoh penting negara yang sudah pernah mengunjungi Tugu Khatulistiwa. Tidak hanya itu, para pengunjung juga dapat melihat lukisan mengenai Kota Pontianak dan informasi lengkap mengenai astronomi. Jadi, untuk para pengunjung yang datang ke Tugu Khatulistiwa akan mendapatkan pengalaman untuk berlibur dan belajar secara bersamaan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 22.00 WIB

Harga tiket: Rp 1.000,-

Makam Kesultanan Batulayang

Wisata rekreasi selanjutnya di Pontianak yang bertemakan edukasi dan kebudayaan adalah Makam Kesultanan Batulayang yang berlokasi di Jl. Khatulistiwa, Batu Layang, Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Para pengunjung akan disambut dengan cerita sejarah mengenai Kota Pontianak di kompleks makam ini. Kompleks makam di dalam ini merupakan beberapa makam milik Kesultanan Pontianak bersama keluarganya pada zaman dahulu kala. Selain itu, area pemakaman yang ada di dalam juga sangat terbilang suci dan kental akan kesyahduan serta memiliki arsitektur makam yang cukup legendaris.

Jam operasional: Setiap hari pukul

Harga tiket: Rp 20.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Siantan

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Siantan. Berikut beberapa wisata kuliner Siantan yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Resto Pondok Pengkang

Berbicara tentang kuliner, makanan yang ada di Pontianak cukup beragam sehingga bisa Anda pilih. Salah satu wisata kuliner yang ada di Siantan dan cukup terkenal di kalangan wisatawan adalah Resto Pondok Pengkang. Tergolong legendaris karena sudah berdiri sejak puluhan tahun lamanya, menu pengkang sudah menjadi andalan untuk makan di sini. Pengkang adalah sebuah sajian khas berupa ketan yang diisi dengan udang ebi dan dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah dibungkus, pengkang lalu dimatangkan dengan cara dibakar di atas arang hingga permukaan daun pisang berubah warna menjadi coklat kehitaman yang menandakan pengkang sudah matang dan siap disajikan. Untuk menyantapnya, tak lupa juga ada sambal kerang kepah yang menjadi cocolan dan sangat pas dengan cita rasa pengkang.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 23.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 10.000,-

Es Lidah Buaya

Jika Anda menyukai minuman segar, maka mencicipi es lidah buaya saat berada di Siantan adalah salah satu pilihan yang tepat. Segelas es lidah buaya akan dihidangkan dengan cara melepas pelepah lidah buaya yang sudah dicuci, memisahkan daging lidah buaya, lalu dicuci dengan cara direbus menggunakan air yang sudah mendidih serta dicampur gula. Lidah buaya lalu direbus sampai matang dan didinginkan beberapa jam hingga saatnya bisa dikonsumsi. Selain menyegarkan, es lidah buaya juga tergolong sehat karena dibuat dari bahan-bahan alami.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 5.000,-

Kue Kantong Semar

Wisata kuliner lainnya yang juga sangat terkenal di Siantan atau bagian Pontianak adalah Kantong Semar. Cara membuatnya pun cukup unik. Para masyarakat lokal harus mengumpulkan tanaman kantong semar, lalu dicuci bersih. Setelah itu, penjual akan mengisi tanaman kantong semar yang sudah bersih dengan beras ketan yang juga sudah bersih, dicampur gula, garam, santan, serta kacang beras. Setelah semua bahan lengkap dimasukkan ke kantong semar, maka kue tersebut segera dikukus selama 2 jam hingga kantong menjadi berubah warna kecoklatan. Para pengunjung dapat mencicipi kue kantong semar apalagi saat kondisi masih hangat setelah matang. Kue yang terbilang unik ini patut dicoba loh, karena memiliki cita rasa yang cukup berbeda dari kue lainnya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 23.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 5.000,-

Akses Menuju Siantan

Untuk mengunjungi Siantan, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat dengan tujuan Siantan, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di Terminal Sungai Ambawang. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum sekitar yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan hingga ke Siantan.

Kapal

Alternatif lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui jalur perairan yaitu kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Siantan. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di Pelabuhan Dwikora lalu melanjutkan perjalanan hingga ke Siantan dengan jarak yang tersisa yaitu 30 kilometer dan membutuhkan waktu setidaknya 1 jam.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Siantan menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Siantan dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara dengan waktu tempuh setidaknya 1 jam 20 menit.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store