tokopedia-logo
Travel
City
Sidoarjo
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sel, 9 Agu 2022
Check-out
Rab, 10 Agu 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sidoarjo

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis
Hygiene Verified
Hotel Sofia Juanda Surabaya

Hotel Sofia Juanda Surabaya

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Sidoarjo
Sidoarjo
7,7
Memuaskan
Diskon Spesial
Rp325.000
Rp292.500
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Sidoarjo
Tentang Sidoarjo
Wisata Alam di Sidoarjo
Tempat Wisata Rekreasi di Sidoarjo
Tempat Wisata Kuliner di Sidoarjo
Akses Menuju Sidoarjo

Tentang Sidoarjo

Sidoarjo merupakan salah satu kota yang terletak di Jawa Timur. Sejarah panjang Sidoarjo sebagai wilayah yang sudah dihuni sejak era kekuasaan kerajaan Mataram Kuno dan Janggala pada abad ke 11 hingga abad 12 masehi. Kemudian pada masa pemerintahan Belanda menjadi wilayah dengan nama Sidokare hingga berakhirnya era kolonial dan berganti nama menjadi Sidoarjo. Perjalanan panjang Sidoarjo menjadikan wilayah ini memiliki berbagai objek wisata sejarah dan budaya yang tak ternilai. Anda dapat berjalan-jalan memanjakan mata menuju berbagai destinasi wisata yang beragam mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata maritim dan bahkan wisata religi.

Selain itu Sidoarjo juga terkenal dengan julukan kota udang karena memiliki hasil laut yang melimpah. Berbagai produk unggulan oleh-oleh khas Sidoarjo yang berbahan dasar hasil laut selalu dicari oleh para wisatawan ketika mengunjungi kota ini, diantaranya adalah lontong kupat, petis, ote-ote, terasi, aneka kerupuk, bandeng asap, dan lainnya. Jika Anda ingin berlibur di Sidoarjo lebih dari satu hari, tersedia berbagai penginapan dengan fasilitas yang nyaman. Anda dapat dengan mudah pesan hotel murah di Sidoarjo melalui Tokopedia. Selain itu Anda juga dapat pesan hotel di sekitarnya seperti hotel di Gresik, hotel di Mojokerto, atau hotel di Jawa Timur lainnya .

Wisata Alam di Sidoarjo

Letak geografis yang berbatasan langsung dengan laut, beberapa pantai membentang di pinggiran wilayah Sidoarjo. Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata alam yang dapat Anda kunjungi

Pulau Sarinah

Ketika mendengar Sidoarjo, banyak orang terbesit akan lumpur lapindo yang terjadi di wilayah ini. Ternyata dari kejadian bencana tersebut, endapan lumpur yang terkumpul membentuk sebuah pulau yang saat ini dikenal sebagai Pulau Sarinah. Awalnya pulau dengan luas 90 hektar ini sangat gersang. Akhirnya warga bergotong royong menanam ribuan tumbuhan Bakau sehingga saat ini menjadi sebuah pulau yang hijau dan menarik. Pulau ini juga memiliki daya tarik berupa pasir yang berwarna hitam pekat dan ketika terkena sinar matahari memancarkan cahaya layaknya permata. Selain memanjakan mata dengan pemandangannya, Anda juga dapat menyalurkan hobi memancing disini.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 19.00 WIB.

Harga tiket: Rp150.000,-/20 orang

Pantai Ketingan/Kepetingan

Penamaan pantai ini berdasarkan sebuah cerita bahwa sekitar tahun 1365, ditemukan jasad perempuan yang digotong oleh ikan keting. Nelayan Balongdowo (Sidoarjo) yang menemukan jasad tersebut kaget dan ternyata jasad tersebut adalah Dewi Sekardadu sang putri Raja Blambangan. Akhirnya jasad sang putri dikebumikan dengan terhormat oleh warga Sidoarjo dan sejak itu pantai tempat ditemukannya jasad sang putri disebut sebagai Ketingan atau Kepetingan. Oleh karena itu banyak pengunjung yang datang untuk berziarah. Terlepas dari sejarah penamaannya, pantai ini juga memiliki pemandangan yang indah. Terdapat karang-karang nan eksotis menggoda Anda untuk snorkling, bermain voli juga bisa menjadi pilihan menghabiskan waktu di pantai ini. Anda juga dapat berlayar menggunakan perahu menyusuri pantai dan hijaunya hutan Mangrove yang mengelilinginya. Tersedia pula gazebo yang teduh untuk bersantai serta warung makan yang siap sedia menerima pesanan Anda ketika rasa lapar melanda.

Jam operasional: Setiap hari, 05.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp20.000,-

Pantai Kalanganyar

Berbeda dengan pasir pantai yang seringkali dijumpai berwarna putih atau kecoklatan, pasir di Pantai Kalanganyar berwarna hitam kecoklatan seperti lumpur. Berbagai biota laut dapat terlihat karena airnya yang jernih. Seringkali wisatawan memancing di pantai ini dan menikmati hasil tangkapannya sembari melihat pemandangan pantai yang memanjakan mata. Jika Anda tidak ingin memancing, tersedia tempat pelelangan ikan yang menjual aneka macam ikan hasil tangkapan nelayan. Salah satu hal menarik di pantai ini adalah adanya upacara Larung Sesaji yang juga menjadi pesta rakyat dengan berbagai macam olahan hasil tangkapan laut para nelayan.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis.

Tempat Wisata Rekreasi di Sidoarjo

Selain wisata alam yang membentang nan indah, Sidoarjo juga memiliki tempat rekreasi bersejarah, kampung produsen batik dan tempat outbound yang tidak boleh dilewatkan.

Candi Pari

Peninggalan klasik yang ada di Sidoarjo salah satunya adalah Candi Pari. Bangunan berusia 650 tahun ini terbuat dari dua bahan yang berbeda yaitu batu andesit pada bagian atas dan batu bata merah pada sebagian besar bangunanya. Sejarahnya, candi ini didirikan pada masa pemerintahan Raja Hayam Wuruk yang merupakan sang raja Majapahit. Lokasi Candi Pari sangat mudah ditemukan dan terawat. Bahkan terdapat beberapa fasilitas berupa toilet, masjid dan rumah makan. Tidak hanya wisatawan lokal yang berkunjung, seringkali wisatawan mancanegara datang melihat keindahan candi klasik ini. Masyarakat sekitar pun sangat ramah, jadi jangan ragu untuk berkunjung ke Candi Pari.

Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.000,-

Kampung Batik Jetis

Batik memang menjadi ciri khas kebudayaan Indonesia. Kain batik memiliki corak yang menjadi ciri khas masing-masing tempat asal pembuatannya. Kampung Jetis di Sidoarjo memiliki ratusan pengrajin batik tulis, mangkanya disebut sebagai Kampung Batik Jetis. Jika Anda berkunjung ke kampung ini, terdapat gapura unik yang menjadi gerbang masuk. Selanjutnya Anda akan melihat berbagai aktivitas masyarakat yang sedang memproduksi kain batik atau sedang menggantung kain batik yang siap untuk dijual. Jika ingin membeli untuk oleh-oleh, Anda dapat memilih batik tulis dengan corak burung merak merupakan salah satu corak khas Sidoarjo. Selain membeli batik yang dijajakan, Anda juga dapat belajar membatik di kampung ini. Kegiatan tersebut menjadi daya tarik untuk para keluarga yang sedang berlibur atau wisatawan yang ingin mencoba membatik secara langsung.

Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Alas Prambon

Jika ingin melakukan outbound di tengah rimbunnya pepohonan, Alas Prambon bisa menjadi lokasi yang tepat untuk Anda. Terdapat beberapa paket outbound yang ditawarkan. Dari pintu masuk, Anda akan dijemput menggunakan kereta kelinci dan diantar sampai ke area outbound. Kegiatan outbound yang bisa Anda lakukan disini sangat beragam seperti melewati ban-ban yang tersusun, merangkak dan memanjat jaring, flying fox, melewati jembatan yang terbuat dari sebatang bambu, bermain lumpur, menangkap ikan hingga bermain air di kolam renang. Lokasi ini cocok sekali bagi Anda yang berlibur dengan keluarga.

Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 22.00 WIB.

Harga tiket: Senin – Jumat Rp55.000,-, Sabtu dan Minggu Rp175.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sidoarjo

Berkunjung ke Sidoarjo tak lengkap rasanya jika belum mencicipi aneka makanan yang populer. Ini dia beberapa rekomendasi kuliner yang wajib Anda cicipi.

Bursa Kupang di Gedangan

Lontong kupang, salah satu makanan khas Sidoarjo yang menggoda. Dalam sepiring menu ini, terdapat lontong yang berpadu dengan kupang (kerang kecil) disiram dengan lento dan kuah campuran petis. Salah satu warung makan populer yang menawarkan menu ini adalah Lontong Kupang Pak Misari. Jika Anda datang ketika jam makan siang, tempat ini sangat ramai, tak heran karena masakannya yang nikmat. Anda dapat memesan tingkat kepedasan yang diinginkan, selain itu anda juga dapat menambahkan sate kerang sebagai pelengkap sang menu utama hanya dengan Rp 4000,- saja.

Jam operasional: Setiap hari, 09.30 – 13.00 WIB.

Harga: Rp8000,-

Ote-Ote Porong

Tak kalah dari kepopulerannya Lontong Kupang, Ote-Ote Porong menjadi salah satu kuliner yang wajib Anda cicipi ketika sedang berada di Sidoarjo. Bentuk ote-ote seperti bakwan atau bala-bala hanya saja berbeda penamaan. Ukuran yang diberikan oleh kedai ini sangat besar, untuk 1 buah ote-ote bisa dimakan untuk 2 orang. Aneka pilihan isian ote-ote bisa yang bisa Anda pilih adalah isian daging ayam, daging babi, jamur tiram dan rumput laut. Tampilan luarnya boleh saja terlihat dan terasa garing namun bagian dalamnya sangat lembut.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 18.30 WIB.

Harga: Rp17.000 ,-

Sop Buntut Depot Langgeng Sidoarjo

Restoran makan lainnya yang populer adalah Sop Buntut Depot Langgeng Sidoarjo. Telah lama berdiri sejak tahun 1970-an, setiap harinya sekitar 400 porsi sop buntut terjual. Bahkan ketika hari libur atau malam Minggu, sop buntut ini kian laris hingga menjual lebih dari 500 porsi. Ratusan porsi yang terjual tentu menjadi bukti akan kenikmatannya. Di Dalam semangkuk menu ini ada beberapa buntut sapi yang telah digoreng, irisan timun, cabe merah dan daun selada yang dibanjur dengan kuah kaldu sapi bening ditambah bawang goreng yang renyah. Selain menu andalan yang juara ini, tersedia juga nasi campur, pepes, lontong cap go meh, rawon, iga panggang hingga iga penyet.

Jam operasional: Setiap hari, 10.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp35.000 – Rp40.000,-

Akses Menuju Sidoarjo

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sidoarjo, Anda dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Jawa atau ingin sampai di Sidoarjo dengan cepat, pesawat menjadi transportasi yang paling praktis. Anda dapat pesan tiket pesawat murah di Tokopedia dan memilih tujuan Bandara Internasional Juanda. Bandara ini terletak di Jalan Ir. H. Juanda, Betro, Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Jarak pusat kota Sidoarjo dengan bandara tersebut hanya memakan waktu kurang dari 30 menit, karena lokasi bandara yang masih di daerah kota. Sehingga untuk melanjutkan perjalanan menuju destinasi yang akan Anda tuju, dapat menggunakan taksi bandara, ojek online, bus Damri atau angkutan umum lainnya.

Kapal

Lokasi Sidoarjo yang dekat dengan lautan, kapal dapat menjadi moda transportasi yang cukup mudah. Anda dapat berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak. Selanjutnya Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Sidoarjo yang dapat ditempuh selama 30 menit menggunakan transportasi lainnya. Anda juga dapat mencoba fasilitas berupa bus gratis yang tersedia di sekitar pelabuhan yang akan mengantar Anda menuju Terminal Purabaya.

Kereta

Jika ingin menikmati pemandangan dari jendela kereta yang sedang melaju, Anda dapat pesan tiket kereta api menuju stasiun Sidoarjo. Stasiun ini memberikan layanan antar kota dan lokal dengan keberangkatan dari Bandung, Banjar, Banyuwangi, Cirebon, Jakarta, Jember,Tegal, Tasikmalaya, Semarang, Yogyakarta dan lainnya. Untuk kereta lokal tersedia rute Sidoarjo – Mojokerto, Sidoarjo – Blitar, Sidoarjo – Surabaya dan Sidoarjo – Malang hanya dengan tarif Rp 4000,-.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store