tokopedia-logo
Travel
City
Sleman
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 18 Agu 2022
Check-out
Jum, 19 Agu 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sleman

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis
Omah minggir

Omah minggir

Homestay
Sleman
Sleman
9,4
Luar Biasa
Rp250.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Sleman
Tentang Sleman
Tempat Wisata Alam di Sleman
Tempat Wisata Rekreasi di Sleman
Tempat Wisata Kuliner di Sleman
Akses Menuju Sleman

Tentang Sleman

Sleman adalah salah satu kabupaten yang berada di Yogyakarta, Indonesia. Hingga tahun 2017 silam, terdapat setidaknya 1.193.572 jiwa populasi yang menempati kabupaten Sleman. Sebagai salah satu kawasan yang ada di Yogyakarta, Sleman menjadi salah satu area yang juga kaya akan destinasi wisata alam serta rekreasi yang melimpah. Selain Pulau Bali, Yogyakarta menjadi salah satu pilihan wisatawan mancanegara untuk berlibur dan menikmati kekayaan alam Indonesia. Maka dari itu, tak heran jika banyak pengunjung lokal dan mancanegara yang selalu mendatangi Yogyakarta dan Sleman sebagai pilihan favoritnya di Indonesia.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Sleman seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Sleman juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya hotel di Jawa Tengah, namun para wisatawan juga dapat menemukan berbagai hotel lainnya seperti hotel di Yogyakarta, hotel di Bantul, dan di daerah lainnya.

Tempat Wisata Alam di Sleman

Beberapa lokasi wisata alam di Sleman memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Sleman yang patut Anda sambangi.

Candi Prambanan

Sebagai salah satu situs warisan dunia yang diakui UNESCO, Candi Prambanan menjadi salah satu candi yang kaya akan budaya di dalamnya. Arsitektur yang sangat legendaris ini cukup tinggi dan mencapai setidaknya 47 meter. Ada beberapa kompleks candi didalamnya seperti 3 Candi Trimurti yang sangat terkenal yaitu Candi Siwa, Wisnu, dan juga Brahmana. Selain itu, ada juga 3 Candi Wahana lainnya yang bernama Candi Nandi, Candi Garuda, dan Candi Angsa. Di lain itu semua, ada pula berbagai kompleks candi lainnya seperti 2 Candi Apit, 4 Candi Patok, 4 Candi Kelir, dan 224 Candi Perwara. Dengan ratusan candi yang ada di dalamnya, para pengunjung akan menyaksikan berbagai jenis arsitektur candi yang sungguh memukau dan terbilang kuat akan kebudayaan Jawa.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 40.000,-

Tebing Breksi

Mengunjungi kawasan Sleman memang belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Tebing Breksi. Berlokasi di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pengunjung dapat menemukan wisata alam ini dengan sangat mudah. Berawalkan dengan tambang batu, area pertambangan ini lama-kelamaan menjadi area terlantar yang akhirnya menciptakan sebuah wisata baru bernama Tebing Breksi. Pengunjung akan disambut dengan tebing bebatuan yang cukup tinggi dan bisa dijadikan tempat bersantai tepat di puncak tebing sana. Jika Anda memutuskan untuk menaiki hingga ke puncak, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang juga tak kalah cantik.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 20.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Istana Ratu Boko

Wisata alam terakhir yang kerap dijadikan tempat atau destinasi berlibur para wisatawan adalah Istana Ratu Boko yang berlokasi di Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ratu Boko berlokasi di daratan yang cukup tinggi dengan berbagai peninggalan purbakala di dalamnya. Saat memasuki area Ratu Boko, pengunjung akan disambut dengan kompleks yang menyerupai candi dan dinamakan Batu Kapur. Ada juga candi yang disebut Candi Pembakaran karena karena adanya abu bekas dari sebuah pembakaran yang tersedia di dekat sumur suci. Selain itu, para pengunjung akan melihat area kompleks candi yang lengkap dari mulai pintu masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, sampai pagar pelindung.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 40.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Sleman

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Sleman yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Merapi Lava Tour

Berbeda dengan jenis wisata lainnya, pengunjung dapat berwisata menyusuri bekas aliran lahar Gunung Merapi menggunakan mobil Jeep. Tidak hanya menyusuri dari atas mobil, para wisatawan juga akan menghampiri beberapa jenis tempat wisata seperti Bunker Kaliadem dan juga Museum Sisa Hartaku. Jika Anda tertarik untuk mencoba wisata ini, hendaklah mencoba saat di musim panas agar Anda tidak perlu basah kuyup jika hujan mengguyur. Selain itu, jangan lupa untuk memakai masker selama perjalanan karena area yang dilalui cukup berdebu dan gersang. Ada 3 rute yang bisa dipilih yaitu rute pendek dengan jangka waktu 1 jam 30 menit, rute sedang dengan jangka waktu 2 jam 30 menit, dan rute panjang dengan jangka waktu 4 atau 5 jam. Pilihan rute ini beragam karena tergantung pemilihan jalan serta wisata yang hendak dikunjungi nantinya saat di perjalanan.

Harga tiket: Mulai dari Rp 350.000,-

The Lost World Castle

Wisata rekreasi selanjutnya yang tidak kalah menarik adalah The Lost World Castle yang berlokasi di Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi, maka pengunjung akan bisa melihat Gunung Merapi dengan jelas jika cuaca sedang cerah dan matahari sedang terang-benderang. Sebab itulah, cuaca yang dihadirkan disini cukup sejuk dan dingin sehingga membuat para pengunjung menjadi betah. Di dalam area wisata, para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas wahana seperti bioskop film 9D, area perkampungan suku Indian, serta banyaknya spot foto menarik yang sengaja didesain untuk kebutuhan para pendatang.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Rp 30.000,-

Stonehenge

Siapa yang tak kenal dengan wisata bernama Stonehenge? Tidak hanya di Inggris sana, para pengunjung lokal juga kali ini dapat mengunjungi Stonehenge yang tepat berada di Sleman. Tidak kalah cantik dengan di luar negeri, wisata ini juga memiliki daya tariknya tersendiri. Pengunjung akan disambut dengan hamparan rerumputan yang memiliki luas 200 meter dan juga batu di tengah-tengahnya yang memiliki ciri khas tersendiri dengan batu bekas erupsi Gunung Merapi yang dirangkai menyerupai Stonehenge di Inggris sana.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sleman

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Sleman. Berikut beberapa wisata kuliner Sleman yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Gudeg Bromo Bu Tekluk

Salah satu kuliner yang menjadi ciri khas dari kawasan Yogyakarta adalah gudeg. Jika di Sleman, warung gudeg yang sangat wajib untuk dicicipi adalah Gudeg Bromo Bu Tekluk. Berlokasi di Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, warung gudeg ini sudah dikenal legendaris sejak tahun 1984 silam. Salah satu gudeg andalan disini bernama gudeg basah yang dihidangkan dengan telur bacem, ayam suwir, tahu, tempe, dan juga daging ayam. Jika Anda penikmat pedas, maka bisa menambahkan cabai rawit utuh yang dicampurkan ke dalam piring.

Jam operasional: Setiap hari pukul 23.00 – 05.00 WIB

Harga: Rp 10.000,-

Entok Slenget Kang Tanir

Wisata kuliner lainnya yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan saat berada di Sleman adalah Entok Slenget Kang Tanir yang berlokasi tepat di Jl. Pakem - Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu daya tarik yang membuat warung makan ini terbilang unik adalah cara memasaknya yang masih menggunakan arang atau dengan cara tradisional. Ada 2 menu andalan disini yang dapat Anda pesan, yaitu entok slenget dan juga tengkleng entok. Pengunjung akan mencicipi semangkuk itik yang dagingnya telah dipotong-potong lengkap dengan kuahnya yang sangat nikmat. Pengunjung juga bisa memilih varian rasa pedas yang beragam mulai dari tidak pedas hingga sangat pedas yang dapat menggoyang lidah Anda.

Jam operasional: Setiap hari pukul 16.00 – 21.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 25.000,-

Tengkleng Gajah Bulurejo

Wisata kuliner terakhir yang juga ramai dikunjungi wisatawan di Sleman adalah Tengkleng Gajah Bulurejo. Berlokasi di Jl. Gantalan No.Km.9,3, Gantalan, Minomartani, Ngaglik, Sleman, para pengunjung sudah pasti dapat menemukan warung tengkleng ini dengan mudah karena lokasinya yang strategis. Wisatawan akan dihidangkan dengan seporsi tengkleng daging kambing dengan porsi yang cukup besar sehingga disebut tengkleng gajah. Berbagai menu andalan yang disediakan disini selain tengkleng adalah sate kambing, tongseng kambing, gulai kambing, dan juga nasi goreng kambing.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 21.00 WIB

Harga: Rp 39.000,-

Akses Menuju Sleman

Untuk mengunjungi Sleman, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat ke Bali dengan tujuan Sleman, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di Terminal Jombor atau Condong Catur yang berlokasi tepat di Sleman. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju lokasi tepat.

Kereta Api

Alternatif darat lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui kereta api dengan membeli tiket kereta api di sini. Dengan menggunakan kereta api, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Sleman. Jika menggunakan kereta api, Anda dapat berhenti di Stasiun Yogyakarta lalu melanjutkan perjalanan hingga ke Sleman dengan jarak yang tersisa yaitu 13 kilometer dan membutuhkan waktu setidaknya 25 menit.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Sleman menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Sleman dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara dengan waktu tempuh setidaknya 20 menit yang berjarak 10 kilometer.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store