tokopedia-logo
Travel
City
Solo
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 24 Jun 2021
Check-out
Jum, 25 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Solo

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Alila Solo

Alila Solo

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Slamet Riyadi Street, Solo
Slamet Riyadi Street, Solo
8,9
Mengesankan
Rp917.999
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Solo
Tentang Solo
Tempat Wisata Alam di Solo
Tempat Wisata Sejarah di Solo
Tempat Wisata Kuliner di Solo
Akses ke Solo

Tentang Solo

Solo atau yang dikenal juga sebagai Surakarta merupakan Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Nama Surakarta biasanya lebih akrab digunakan untuk situasi formal pemerintahan, sementara Solo merupakan kata yang banyak dikenal secara umum karena latar belakang aspek kultural. Nama Surakarta diambil dari Kata Sura yang dalam Bahasa Jawa memiliki arti keberanian dan Karta yang berarti “makmur”, harapannya adalah penghuni kota ini selalu berani berjuang demi kemakmuran bangsa dan negara. Sedangkan nama Solo atau Sala berasal dari pohon suci asal India, yaitu pohon sala shorea robusta.

Salah satu daya tarik terkenal dari Solo adalah sisi timur kotanya yang dilewati sungai terpanjang di Pulau Jawa, yaitu Bengawan Solo. Wilayah administratif Solo terbagi menjadi 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Pasar Kliwon, Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Jebres, Kecamatan Laweyan, dan Kecamatan Serengan. Kota dengan luas 44 km persegi ini juga dikenal dengan budaya tradisional Jawa yang sangat kental. Tidak heran jika masih banyak upacara atau festival kebudayaan yang digelar di kota ini.

Keunggulan lain dari kota ini adalah hasil kerajinan tangan batik yang sudah tersohor bukan hanya di Indonesia, tetapi juga dunia. Anda dapat menemukan batik hampir di setiap pasar atau mal yang ada di kota Solo. Hal ini yang membuat Solo kerap dijuluki sebagai kota Batik. Terdapat berbagai macam jenis dan motif dari batik Solo, yakni mulai dari motif Sidomukti, Sidoluhur, Sidoasih, motif diagonal Parang Kusuma, dan Sekar Jagad yang berbentuk bunga-bunga. Batik sendiri telah dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya asli dari Indonesia.

Selain itu, Solo juga merupakan destinasi wisata populer di kalangan wisatawan lokal dan wisatawan Mancanegara. Bukan hanya karena kerajinan seni dan batiknya, tetapi Solo juga memiliki serangkaian tempat-tempat wisata budaya dan kuliner menarik yang wajib untuk dikunjungi. Di Solo, Anda juga dapat menemukan berbagai tempat penginapan seperti hotel, guest house, dan airbnb dengan range harga yang berbeda-beda sesuai keinginan Anda.

Tempat Wisata Alam di Solo

Bukan hanya kaya akan sejarah dan kebudayaan yang kental, Solo juga mempunyai objek wisata dengan pemAndangan alam yang populer dicari oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Grojogan Sewu

Grojogan Sewu adalah salah satu wisata alam yang pesonanya sudah terkenal di Kota Solo. Berada di Jalan Raya Tawangmangu, Karanganyar atau sekitar 37 km dari pusat kota, Grojogan Sewu merupakan destinasi air terjun tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 80 meter. Air terjun ini juga terletak di lereng Gunung Lawu, sehingga memiliki udara yang sejuk dan asri.

Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin bersantai menjernihkan pikiran ditemani suara air terjun dan suasana yang tenang. Namun, terdapat 1.000 anak tangga yang harus Anda lewati terlebih dahulu jika ingin sampai ke lokasi Grojogan Sewu ini.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp17.000,-/orang.

Taman Hutan Raya Mangkunegoro

Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunagoro merupakan tempat wisata yang tidak kalah menarik dan tidak boleh Anda lewatkan. Wisata alam ini cocok untuk Anda yang ingin berwisata sekaligus belajar dan rekreasi. Taman Hutan Rakyat Mangkunagoro memiliki sejumlah kegiatan seru yang dapat dilakukan oleh Anda dan keluarga, seperti berkemah, mengunjungi sumber mata air, melihat aneka ragam Fauna dan Flora, hingga mengunjungi Candi Cetho-Sukuh.

Taman Hutan raya (tahura) dengan luas 231 hektare ini terletak di Dusun Sukuh, Ngargoyoso, Karanganyar atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Solo.

Jam operasional: Setiap Hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp1.000 – Rp5.000,-

Lembah Hijau Jaten

Lembah Hijau Jaten merupakan agrowisata yang berada di daerah Jaten, Karanganyar, Solo. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan perkebunan hijau yang asri dan udara yang sejuk. Terletak hanya 15 menit dari pusat kota, agrowisata Lembah Hijau Jaten menjadi tempat yang sempurna untuk Anda yang ingin refreshing diri tanpa harus bepergian jauh.

Di tempat ini, Anda dapat melakukan banyak kegiatan yang seru dan edukatif, mulai dari belajar menanam pohon, membuat pupuk, hingga cara merawat berbagai hewan ternak. Selain itu, Lembah Hijau Jaten juga menyediakan aneka wisata kuliner khas Solo yang sehat dengan menggunakan sayur-sayur organik. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh berupa produk olahan hasil peternakan atau pertanian, dan beragam kerajinan tangan yang dibuat langsung oleh warga setempat.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga: Rp3.000,-/orang.

Tempat Wisata Sejarah di Solo

Solo merupakan kota yang berasal dari perpecahan Kerajaan Mataram pada tahun 1755, oleh karena itu, Kota ini memiliki segudang peninggalan sejarah dan budaya yang dapat Anda temui.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Jika Anda yang ingin mempelajari lebih dalam mengenai asal usul dari kota Solo, maka destinasi wisata bersejarah ini merupakan tempat yang tepat untuk Anda. Keraton Surakarta Hadiningrat adalah bangunan yang didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhunan Pakubuwana II untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur akibat peristiwa Geger Pecinan di tahun sebelumnya.

Keraton Surakarta Hadiningrat hingga kini masih menjadi tempat tinggal untuk Sri Sunan dan keluarga. Sebagian komplek dari Istana Keraton ini digunakan sebagai museum yang menyimpan berbagai peninggalan sejarah milik kasunanan, termasuk pemberian dari raja-raja Eropa terdahulu, replika pusaka Keraton, dan alat musik Gamelan.

Jam operasional: Pukul 09.00 – 14.00 WIB (Senin-Kamis), dan 09.00 – 15.00 WIB (Sabtu-Minggu).

Harga tiket: Rp10.000,- (Wisatawan lokal), dan Rp15.000,- (Wisatawan Mancanegara).

Taman Sriwedari

Destinasi wisata berserah yang tidak boleh Anda lewatkan berikutnya adalah Taman Sriwedari yang berada di Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Sriwedari merupakan kompleks taman yang telah hadir sejak era kepemimpinan Pakubuwana X. Taman ini juga pernah dijadikan sebagai lokasi penyelenggara PON pertama di Indonesia pada tahun 1948 dan sekaligus sebagai tempat rutin dilaksankannya tradisi hiburan malam selikuran, yaitu kegiatan yang diadakan untuk menyambut malam Lailatul Qadar.

Di sini, Anda dapat berjalan-jalan mengelilingi taman dan melihat aneka pagelaran seni dan budaya, seperti pertunjukan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari (GWO).

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp7.000 – Rp10.000,-/orang.

Museum Batik Danar Hadi

Dikenal sebagai kota Batik, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Museum Batik Danar Hadi di Jl. Brigjen Slamet Riyadi No.216, Sriwedari, Solo. Museum Danar Hadi atau yang disebut juga dengan House of Danar Hadi adalah sebuah museum yang berisikan lebih dari 10.000 koleksi kain batik dengan ragam motif yang berbeda berdasarkan kultur, lingkungan, dan periode pembuatan masing-masing kain batik tersebut.

Museum yang dibangun oleh perusahaan batik asal Solo, PT. Batik Danar Hadi ini juga berada di kompleks bangunan kuno yang termasuk ke dalam cagar budaya Kota Solo. Di belakang museum, juga terdapat pabrik batik tulis dan cap yang terbuka umum untuk para wisatawan. Buat Anda penggemar kain batik, Museum Batik Danar Hadi menjadi objek wisata yang wajib untuk Anda kunjungi.

Jam operasional: Jumat-Rabu, pukul 10.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Rp35.000,-/orang.

Sebagai salah satu Kota yang sedang populer dikalangan para wisatawan lokal maupun mancanegara, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai macam hotel di Solo, mulai dari hotel budget, menengah, hingga hotel dengan fasilitas mewah untuk menunjang waktu liburan Anda. Tunggu apa lagi? Segera booking akomodasi pilihan Anda di Tokopedia.

Tempat Wisata Kuliner di Solo

Keunggulan lain dari kota Solo adalah deretan wisata kuliner yang khas dan beragam. Berikut beberapa kuliner yang harus Anda coba ketika sedang berlibur ke Solo.

Nasi Liwet

Belum bisa dikatakan ke Solo jika Anda belum mencicipi hidangan khas yang satu ini. Nasi Liwet merupakan hidangan paling ikonik dari kota Solo. Makanan yang terdiri dari nasi, ayam suwir, labu siam, dan telur rebus yang disiram dengan kuah santan kental ini biasanya disajikan di atas daun pisang.

Nasi Liwet memiliki cita rasa gurih yang pastinya berbeda dari hidangan lainnya. Salah satu tempat makan Nasi Liwet yang sudah melegenda di Solo adalah Nasi Liwet Bu Wongso Lemu yang berada di Jl. Teuku Umar, Keprabon, Banjarsari.

Jam buka: Setiap hari, pukul 16.00-01.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp19.000,-/porsi.

Selat Solo

Selat Solo merupakan kuliner khas Solo yang sudah terpengaruh dengan cita rasa Eropa. Selat Solo adalah hidangan sup yang terbuat dari daging bistik dan telur pindang yang dicampur dengan kentang goreng dan aneka sayur seperti wortel, buncis, selada, dan tomat.

Jika Anda penasaran dengan makanan ini, Anda dapat mengunjungi salah satu tempat Selat Solo terkenal yaitu Warung Selat Mbak Lies di Jalan Veteran, Gang II No. 42. Rasa Selat Solo yang segar dan manis dijamin dapat membuat Anda ketagihan dengan hidangan ini.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Harga: Rp16.000,-/porsi.

Es Gempol Pleret

Buat Anda yang ingin mencari hidangan dingin dan segar khas kota Solo, Anda dapat mencoba Es Gempol Pleret Pak Suhar di Jalan Dr. Wahidin, Laweyan, Solo. Es Gempol Pleret terbuat dari tepung beras yang disajikan bersama cendol dawet. Hidangan ini memiliki rasa yang manis dan aroma wangi pandan yang kuat.

Es Gempol Pleret sangat cocok untuk Anda yang menyukai hidangan manis dengan cita rasa tradisional.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Harga: Rp3.000,-/porsi.

Akses ke Solo

Jika Anda tertarik berkunjung ke Kota Solo, Anda dapat memilih beberapa moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus merupakan sarana transportasi yang tepat digunakan untuk Anda yang ingin berkunjung ke Solo dengan biaya perjalanan yang murah. Solo memiliki satu terminal utama yaitu Terminal Tirtonadi yang berada di bagian utara kota Solo. Terminal ini melayani bus dengan rute perjalanan dari dan ke kota-kota besar di Pulau Jawa dan sekitarnya seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Banyuwangi, dan Denpasar.

Selain itu, terdapat juga bus dengan rute perjalanan dari dan ke kota-kota besar yang berlokasi jauh dari Pulau Jawa, yaitu seperti Palembang, Bandar Lampung, Medan, Pekanbaru, Padang, dan Mataram.

Kereta Api

Selain bus, kereta api dapat menjadi alternatif transportasi jalur darat yang nyaman dan terjangkau. Terdapat empat stasiun yang dimiliki kota Solo, yaitu Stasiun Solo Balapan yang merupakan stasiun tertua di Solo, Stasiun Solo Jebres, Stasiun Solo-Kota (Sangkrah) dan Stasiun Purwosari.

Salah satu daya tarik lain dari sarana kereta api ini adalah Anda tidak akan dibuat bosan dengan serangkaian pemandangan alam yang indah selama perjalanan. Perjalanan dari Solo ke Jakarta umumnya memakan waktu sekitar 9 jam. Sementara untuk perjalanan dari jogja hanya memakan waktu 45 menit jika Anda menggunakan  kereta komuter Prambanan Ekspres.

Pesawat

Bagi Anda yang ingin mencapai kota Solo dengan cepat, maka Anda dapat memilih berkunjung menggunakan Pesawat Terbang. Solo memiliki satu Bandar udara, yakni Bandara Internasional Adisumarmo yang melayani penerbangan domestik maupun penerbangan internasional.

Bandara ini berlokasi tidak jauh dari pusat kota, yaitu hanya memakan waktu sekitar setengah jam perjalanan. Kawasan sekitar bandara ini menjadi daerah yang sempurna untuk Anda yang ingin mencari hotel dengan berbagai fasilitas dan harga.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store