tokopedia-logo
Travel
City
Sukabumi
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sel, 27 Jul 2021
Check-out
Rab, 28 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sukabumi

Sparks Odeon Sukabumi

Sparks Odeon Sukabumi

Hotel
star-iconstar-icon
Sukabumi
Sukabumi
8,3
Sangat Memuaskan
Rp359.775
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Sukabumi
Tentang Sukabumi
Tempat Wisata Alam di Sukabumi
Tempat Wisata Rekreasi di Sukabumi
Tempat Wisata Kuliner di Sukabumi
Akses ke Sukabumi

Tentang Sukabumi

Sukabumi merupakan salah satu kota terkecil di Provinsi Jawa Barat yang hanya berluaskan 48,33 km persegi. Hal ini berbanding terbalik dengan Kabupaten Sukabumi yang menjadi kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa. Secara administratif, Kota Sukabumi secara keseluruhan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sukabumi. Kota ini memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi oleh Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Nama Sukabumi berasal dari bahasa Sunda “Suka” dan “Bumen” yang dimaksudkan untuk para pendatang yang suka dengan kota yang berhawa sejuk dan nyaman sehingga menjadi bumen atau bertempat tinggal di daerah ini. Ada juga yang beranggapan bahwa nama Sukabumi berasal dari bahasa Sansekerta “Suka” dan “Bhumi” yang berarti Bumi yang disenangi. Sejarah kota dan kabupaten Sukabumi dimulai dari pembukaan lahan perkebunan kopi pada masa kolonial VOC. Sementara pada masa penjajahan Jepang, Sukabumi digunakan sebagai tempat tahanan para tawanan perang.

Sukabumi memiliki berbagai tempat wisata dengan aneka fasilitas dan kegiatan seru yang dapat Anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan atau saat musim liburan. Ditambah lagi, kota ini mudah dijangkau karena hanya memakan waktu 4 jam dari Jakarta dan 3 Jam dari Bandung. Sebagai salah satu kota yang tengah ramai dikunjungi wisatawan, Sukabumi juga menyediakan berbagai penginapan seperti hotel, villa, dan guest house untuk menunjang waktu liburan Anda. Dapatkan tawaran hotel terbaik dengan harga termurah hanya di Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Sukabumi

Salah satu daya tarik dari Kota Sukabumi adalah pemandangan alamnya yang indah dan masih terjaga kelestariannya.

Danau Bacan

Danau Bacan merupakan salah satu tujuan wisata favorit banyak orang ketika berkunjung ke Sukabumi. Danau yang terletak di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar ini terbentuk akibat bekas penggalian tambang yang kemudian terisi oleh air hujan selama bertahun-tahun. Daya tarik utama dari danau ini adalah struktur bebatuan seperti tebing yang terdapat di sekitar danau. Danau Bacan memiliki warna air biru kehijau-hijauan dan juga dikelilingi oleh semak-semak hijau alami. Objek wisata ini kerap dikunjungi oleh para wisatawan sebagai spot foto dengan latar yang eksotis dan cantik.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000,-

Curug Cikaso

Sukabumi memang memiliki sejumlah objek wisata air terjun yang indah dan sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah Curug Cikaso. Curug dengan ketinggian 80 meter ini terkenal karena memiliki 3 air terjun, yaitu Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki yang berada di satu lokasi dan mengalir berdampingan. Air terjun ini sangat jernih dan berwarna kebiruan di dasar kolamnya. Curug Cikaso berjarak 70 km dari pusat kota Sukabumi atau lebih tepatnya terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kabupaten Sukabumi.

Untuk sampai ke Curug Cikaso, terdapat dua cara yang dapat Anda pilih setelah memasuki kawasan wisata ini, yaitu melalui trekking selama satu jam atau dengan menyusuri jalur sungai menggunakan perahu sewa. Di curug ini, para pengunjung dapat bebas berenang dan bersantai ditemani dengan suasana sekitar yang penuh dengan pepohonan rindang.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp3.000,-

Gua Buniayu

Jika Anda mencari destinasi wisata alam yang unik dan sulit ditemukan di daerah lain, maka Anda dapat mengunjungi Gua Buniayu yang terletak di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Gua Buniayu dikabarkan sebagai gua dengan struktur isi terbaik di Asia Tenggara. Gua ini terbagi menjadi tiga agian, namun hanya dua yang terbuka untuk umum dan satu gua lainnya, yaitu Gua Kerek hanya diperuntukkan untuk kebutuhan penelitian para profesional saja. Selain dapat melihat stalaktit dan stalagmit yang terbentuk sejak ribuan tahun lalu, di sini Anda juga bisa turun ke kedalaman 18 meter di bawah permukaan laut untuk melihat sungai bawah tanah, air terjun, hingga fosil batu yang bersejarah. Gua ini dikabarkan sangat gelap bahkan pada siang hari tidak ada cahaya yang dapat masuk ke dalam gua.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir saat menjelajahi Gua ini karena aspek keselamatan yang terdapat di Gua Buniayu telah bertaraf internasional, dan selalu ada petugas terlatih yang siap memandu perjalanan Anda. Akses menuju gua ini pun tidak terlalu sulit dan hanya berjarak 45 menit dari pusat kota Sukabumi.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 22.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Sukabumi

Jika berkunjung ke Sukabumi, Anda juga akan disuguhkan dengan aneka wahana rekreasi dengan berbagai latar pemandangan yang alami dan indah.

Bravo Adventure

Bagi Anda yang tertarik untuk berkemah secara lebih mewah atau glamping, maka Anda harus coba mengunjungi Bravo Adventure di Kampung Bantarselang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Pengalaman berkemah yang ditawarkan di tempat ini adalah dengan fasilitas layaknya sebuah hotel, yaitu tersedia kasur yang tebal dan nyaman, penyejuk udara, makan, hingga kamar mandi dengan air panas. Kawasan ini juga dikelilingi dengan persawahan dan hutan yang pastinya akan menambah kenyamanan dan kesejukan saat berkemah.

Selain berkemah, di Bravo Adventure ini Anda juga bisa melakukan serangkaian aktivitas seru lainnya seperti bermain paintball dan arum jeram. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin refreshing dari kebisingan hiruk pikuk kota.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga tiket: Rp239.000 – Rp500.000,-

Taman Rekreasi Selabintana

Berada di kaki Gunung Pangrango atau sekitar 7 km dari pusat kota Sukabumi, Taman Rekreasi Selabintana merupakan taman yang menawarkan suasana hijau pegunungan yang asri dengan udara yang sejuk. Menariknya, taman rekreasi ini dikabarkan sudah beroperasi sejak zaman kolonial Belanda. Beberapa fasilitas seru yang dapat Anda kunjungi di sini adalah perkebunan teh, kolam renang, wahana flying fox, area berkemah, hutan lindung, dan masih banyak lainnya. Suasananya yang asri dan penuh dengan pemandangan hijau pasti akan membantu menjernihkan pikiran Anda.

Bagi Anda yang ingin berlama-lama di sini, tersedia berbagai penginapan seperti hotel dan villa baik di dalam maupun di sekitar kawasan Taman Rekreasi Selabintana ini.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000,-

Kampung Ciptagelar

Destinasi wisata berikutnya merupakan perpaduan antara tempat rekreasi dengan wisata budaya Sukabumi. Kampung Ciptagelar adalah sebuah kampung adat yang bangunan dan kebudayaannya masih terjaga sejak ratusan tahun lalu. Di tempat ini, Anda dapat menyusuri bangunan-bangunan rumah adat kuno, melihat aktivitas tradisional para penduduknya, hingga menyaksikan upacara tradisi yang diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu. Daya tarik lain dari kampung ini juga terletak di lokasinya yang berada di dataran tinggi sehingga memiliki hawa yang sejuk dan nyaman. Jika tertarik berkunjung ke Kampung Ciptagelar, Anda dapat langsung menuju ke Kampung Sukamulya, di Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 19.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sukabumi

Wilayah Jawa Barat memang sudah terkenal dengan deretan kuliner khasnya yang unik dan lezat, tentu saja termasuk di antaranya hidangan-hidangan dari Kota Sukabumi.

Nasi Uduk Ungu

Sesuai namanya, hidangan nasi uduk yang satu ini sangat unik karena memiliki nasi yang berwarna ungu. Tenang saja, warna tersebut bukan dihasilkan oleh bahan pewarna kimia melainkan berasal dari bahan dasar ubi ungu dan buah bit. Seperti nasi uduk pada umumnya, nasi uduk khas Sukabumi ini juga biasa disajikan dengan aneka lauk seperti ayam goreng, tahu, tempe, sambal, dan lalapan. Untuk dapat mencoba hidangan ini, Anda dapat mengunjungi Mamih Ungu Cafe and Resto di Jl. Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi. Selain nasi uduk ungu, restoran ini juga menyediakan nasi uduk hijau yang terbuat dari olahan daun bayam.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp20.000,-

Mochi

Mochi merupakan camilan yang kerap menjadi buah tangan populer untuk dibawa pulang dari Kota Sukabumi. Kue camilan ini terbuat dari tepung ketan dan taburan tepung tapioka ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis serta gurih. Terdapat banyak tempat di Sukabumi yang memproduksi kue ini, salah satunya yang paling terkenal adalah Mochi Kaswari Lampion yang telah berdiri sejak tahun 1983. Toko mochi yang terletak di Gg. Kaswari No. 19, Selabatu, Cikole, Sukabumi ini menyediakan berbagai varian rasa mochi, yaitu mulai dari kacang, coklat, vanila, pandan, hingga pisang ambon.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp40.000 – Rp60.000,-

Nasi Tutug Oncom

Kuliner khas yang selanjutnya harus Anda coba cicipi adalah Nasi Tutug Oncom. Makanan tradisional khas Sunda ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom goreng atau bakar. Nama tutug sendiri diambil dari proses memasaknya yaitu oncom yang tutug atau ditumbuk dengan nasi. Hidangan ini disantap bersama dengan aneka lauk lainnya, seperti ayam goreng, telur, tahu, tempe, sambal, dan sayur. Anda dapat menemukan hidangan ini di Nasi To Tutug Oncom yang berada di Jalan Cikole Dalam, Belakang Bunut, Selabatu, Cikole, Sukabumi.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp10.000,-

Akses ke Sukabumi

Anda dapat memilih beberapa sarana transportasi umum di bawah ini untuk menuju ke Sukabumi.

Bus

Bus dapat menjadi alternatif jalur darat dengan harga yang lebih terjangkau. Sukabumi memiliki beberapa terminal yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya Terminal K.H. Ahmad Sanusi yang merupakan terminal tipe A sekaligus terminal induk terbesar di Kawasan Sukabumi. Terminal ini berada di Jl. Lingkar Selatan nomor 7, Kelurahan Sudajayahilir, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi..

Kereta Api

Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk berpergian ke Sukabumi adalah menggunakan kereta api. Sarana kereta api ini dinilai lebih praktis dan terbilang memiliki harga yang tidak begitu mahal. Terdapat satu stasiun kereta api di kota ini, yaitu Stasiun Sukabumi di daerah Gunung Parang, Cikole, Sukabumi. Stasiun ini melayani rute perjalanan Bogor-Sukabumi dengan kereta api Pangrango, dan rute perjalanan dari dan ke Cianjur – Cipatat menggunakan kereta api Siliwangi.

Pesawat

Sayangnya, Sukabumi belum memiliki banda udaranya sendiri. Sehingga, bagi Anda yang ingin menggunakan pesawat untuk menuju kota ini, Anda dapat memilih mendarat di Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung atau Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang. Dari bandara tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Sukabumi menggunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi umum seperti bus atau kereta api.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store