tokopedia-logo
Travel
City
Sunggal
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 10 Agu 2022
Check-out
Kam, 11 Agu 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Sunggal

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis
Hygiene Verified
Saka Hotel Medan

Saka Hotel Medan

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Sunggal
Sunggal
5,7
Oke
Rp300.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Sunggal
Tentang Sunggal
Tempat Wisata Populer di Sunggal
Tempat Wisata Kuliner di Sunggal
Akses Menuju Sunggal

Tentang Sunggal

Sunggal merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara. Dahulu, sebuah kerajaan bernama Sunggal berdiri di wilayah ini. Ada seorang raja kerajaan Sunggal pada abad ke-19 yang bernama Datuk Badiuzzaman, diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda ke Cianjur, Jawa Barat hingga akhir hayatnya. Hal ini disebabkan sang raja gencar melakukan perlawanan. Jejak peninggalan kerajaan Sunggal bercorak budaya melayu, di daerah ini terdapat masjid tertua bernama Masjid Badiuzzaman yang yang dibangun pada tahun 1885 atas perintah Datuk Badiuzzaman. Bangunannya pun hingga kini masih berdiri kokoh.

Berbagai kuliner khas Sunggal memiliki citarasa Melayu. Salah satunya adalah kue manis dan legit hidangan favorit para raja dan sultan melayu yang bernama kue rasdah. Selain itu ada bubur pedas atau bubbor padas yang terbuat dari nasi halus dan kelapa parut. Ada pula hidangan rumahan turun menurun bernama anyang. Anyang dibuat dari berbagai macam sayuran dan pakis yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa sangrai. Setelah itu ditumbuk halus dengan bumbu bawang merah cincang dan jeruk nipis. Pastinya Kuliner khas Sunggal ini dapat Anda temukan dengan mudah. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sunggal, Anda dapat memesan hotel dengan harga murah melalui Tokopedia. Selain itu, anda juga dapat memesan hotel di Sumatra Utara lainnya.

Tempat Wisata Populer di Sunggal

Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Sunggal, ini dia tempat wisata di yang tak boleh terlewatkan.

Masjid Baddiuzzaman

Masjid ini merupakan saksi bisu perlawanan masyarakat di Sunggal terhadap pemerintahan Belanda. Dibangun pada tahun 1972 pada masa pemerintahan Datuk Badiuzzaman, masjid ini tidak hanya digunakan untuk tempat ibadah. Para pejuang menjadikannya pula sebagai tempat berunding dan menyusun strategi melawan Belanda. Pada tahun yang sama saat pembangunan, kondisi Sunggal sedang berperang sehingga bentuk dan arsitekturnya cukup sederhana. Penggunaan bentuk atap limasan dan jendela dengan ciri khas melayu memberikan kesan tradisional nan jadul. Ada pula keyakinan masyarakat bahwa bagian dalam masjid ini dibangun menggunakan ribuan putih telur karena pada saat pembangunan kesulitan mendapatkan semen. Jika berkunjung ke masjid ini, anda akan melihat bagian dalam bangunan yang masih sama seperti dahulu walaupun ada beberapa perubahan dan penambahan. Selain itu terdapat komplek pemakaman para bangsawan Melayu Sunggal di halaman belakangnya. Sayangnya, Anda tidak dapat menemukan makam sang raja Sunggal yang menjadi nama masjid ini karena beliau diasingkan ke Cianjur.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Gratis

Pemandian Bendungan Indah PDAM Tirtanadi Sunggal

Masyarakat memanfaatkan aliran sungai Sei Belawan yang berada di sekitar bendungan PDAM Tirtanadi Sunggal menjadi objek wisata berupa pemandian. Bebatuan yang cukup rapat seperti jalan setapak terdapat di aliran sungai ini sehingga para pengunjung dapat bermain air di sekitarnya. Tempat ini ramai dikunjungi ketika hari libur, bahkan para pedagang pun seringkali membuka lapak atau mangkal di sekitarnya. Masyarakat dan pengunjung diharapkan menjaga kebersihan lingkungan sehingga tidak mencemari tempat ini, tentu saja dimanapun berada kita harus menjaga kebersihan ya.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000,-

Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan

Melihat hewan reptil berdarah dingin ini dapat menjadi alternatif liburan Anda. Penangkaran Buaya Asam Kumbang Medan menjadi penangkaran yang terbesar di Medan, bahkan usianya sudah lebih dari 60 tahun. Anda dapat melihat berbagai ukuran buaya, mempelajari siklus hidupnya, melihat atraksi pemberian makan hingga berfoto dengan buaya. Jika Anda ingin merasakan pengalaman memberi makan buaya, Anda dapat membeli bebek yang dijual seharga Rp 35.000 dan melemparkannya sendiri ke danau buaya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan foto bersama buaya di penangkaran, Anda akan ditemani pawang sehingga tidak perlu khawatir dan untuk tarifnya Rp 50.000. Jika Anda tertarik, silahkan berkunjung kesini ya.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp6.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Sunggal

Berkunjung ke Sunggal tak lengkap rasanya jika belum mencicipi aneka makanan yang populer. Ini dia beberapa rekomendasi kuliner yang wajib Anda cicipi.

Mie Aceh Titi Bobrok

Kedai mie aceh ini sudah berdiri sejak tahun 1966, ketenarannya sudah merajalela dan diburu para wisatawan sehingga ramai dikunjungi. Menu yang ditawarkan disini memang kuliner khas Aceh dan yang menjadi menu paling laris disini adalah mie aceh kepiting dan mie aceh udang. Dalam satu porsi mie aceh, Anda akan mendapatkan mie kuning tebal dengan irisan daging atau hewan laut yang Anda pilih.Untuk bentuk penyajiannya Anda dapat memilih versi goreng, tumis basah atau kuah. Sebagai pelengkapnya, ada emping, timun, potongan bawang merah dan perasan jeruk nipis. Jangan lupa untuk pesan lincah mameh, atau rujak serut yang segar.

Jam operasional: Setiap hari, 11.00 – 23.00 WIB.

Harga: Rp12.000 – Rp40.000,-

Higher Steps Dining

Cafe dengan spot foto instagramable ini menjadi salah satu tempat yang populer di Medan. Konsepnya yang kasual dengan tambahan rimbunnya pohon dan jendela kaca membuat suasana asri dan enak dipandang. Selain itu terdapat kursi gantung yang digemari para pengunjung. Cafe ini menyediakan berbagai menu pilihan mulai dari menu Asia, Eropa, aneka pasta dan menu khusus untuk anak. Salah satu menu yang menjadi rekomendasi adalah nasi goreng higher steps yang berisi nasi goreng, ayam goreng udang goreng, jamur dan telur mata sapi. Bagi Anda pecinta pedas, cobalah untuk pesan nasi combo dower. Makanan ringan yang ditawarkan pun beragam mulai dari kentang goreng, tahu berontak, popcorn chicken hingga chicken winger. Untuk minuman terdapat pilihan seperti teh, kopi, smoothies, jus atau ice blended.

Jam operasional: Setiap hari, 10.00 – 1.00 WIB.

Harga: Rp8.000 – Rp95.000,-

Rumah Makan Primadona

Jika Anda mencari makanan chinese, Rumah Makan Primadona ini salah satu yang populer di masyarakat. Tentu saja karena cita rasanya yang nikmat, ternyata koki yang memasak disini belajar langsung dari orang Hongkong sejak umur nya 14 tahun. Menu yang disajikan sangat lengkap mulai dari olahan ikan, cumi, udang, kepah, babi, ayam, steak, tomyam, telur, tofu, sup, sayur-sayuran, bihun, mie, kwetiau dan nasi goreng. Minumannya pun sangat beragam pilihannya. Jangan lupa mampir ya.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp5.000 – Rp130.000,-

Akses Menuju Sunggal

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Sunggal, Anda dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari pulau Sumatra atau ingin sampai di Sunggal dengan cepat, pesawat menjadi transportasi yang paling praktis. Anda dapat pesan tiket pesawat murah di Tokopedia dan memilih tujuan Bandara Internasional Kualanamu. Bandara ini terletak di Jl. Bandara Kuala Namu, Ps. Enam Kuala Namu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Jarak dari bandara ke Sunggal hanya memakan waktu sekitar 40 menit. Anda dapat menggunakan taksi bandara, ojek online, bus damri atau angkutan umum lainnya dari Bandara menuju Sunggal.

Kapal

Mencoba jalur lain menggunakan kapal bisa juga Anda coba. Anda dapat bersandar ke pelabuhan Belawan di Medan. Jika Anda dari Jakarta, dari pelabuhan Tanjung Priok tersedia KM Kelud. Perjalanan menggunakan jalur laut ini akan menghasilkan waktu 3 hari 2 malam. Tarif yang akan Anda bayarkan tergantung pilihan kelas Anda, harganya sekitar Rp73.000 hingga Rp1.086.000 untuk satu orang. Anda juga bisa berangkat dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni atau jika Anda dari pelabuhan Bakauheni, tersedia kapal feri menuju medan dengan tarif sekitar Rp650.000 sampai Rp900.000 dengan lama perjalanan 2 hari 19 jam. Dari pelabuhan Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Sunggal dengan moda transportasi lainnya. Jarak dari pelabuhan Belawan ke Sunggal cukup dekat, Anda akan sampai di Sunggal dalam 47 menit melalui jalan tol.

Bus

Jika ingin menggunakan jalur darat menuju Sunggal, Anda dapat menggunakan bus lintas Sumatra. Akan ada dua rute yang akan Anda lewati. Jika menggunakan jalur timur, Anda akan melewati Bandar Lampung, Jambi, Palembang, Pekanbaru dan Medan. Sedangkan jalur barat, Anda akan melewati Bandar Lampung, Muara Enim, Lahat, Muara Bungo, Singkut, Bukit Tinggi, Danau Singkarak dan Danau Toba. Pada setiap perhentiannya, Anda mungkin bisa mampir mencicipi aneka makanan di tempat pemberhentian. Dari terminal bus tempat Anda turun, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju destinasi di Sunggal yang akan Anda tuju menggunakan moda transportasi yang tersedia.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store