tokopedia-logo
Travel
City
Surabaya
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 24 Jun 2021
Check-out
Jum, 25 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Surabaya

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Wyndham Surabaya

Wyndham Surabaya

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Tunjungan, Surabaya
Tunjungan, Surabaya
8,6
Mengesankan
Rp985.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Surabaya
Tentang Surabaya
Tempat Wisata Alam di Surabaya
Tempat Wisata Sejarah di Surabaya
Tempat Wisata Kuliner di Surabaya
Akses ke Surabaya

Tentang Surabaya

Dikenal sebagai kota Pahlawan, Surabaya merupakan kota yang memiliki sejarah perjuangan yang panjang. Termasuk perjuangan pemuda-pemuda Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dari serangan penjajah. Perjuangan ini kemudian dikenal sebagai peristiwa 10 November.

Surabaya adalah Ibukota dari Provinsi Jawa Timur sekaligus merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Nama Surabaya sendiri diambil dari kata Suro yang berarti ikan hiu dan Baya yang memiliki arti Buaya. Ada juga yang mengatakan bahwa Surabaya diambil dari istilah Sura Ing Baya yang berarti “Berani Menghadapi Bahaya”.

Kota yang memiliki lebih dari 3 juta jiwa penduduk ini juga sering disebut sebagai Kota Metropolitan dengan berbagai pusat bisnis, industri, dan pendidikan di Jawa Timur. Anda dapat menemukan aneka tempat perbelanjaan dan suasana kota yang ramai di Surabaya. Tidak heran jika kota ini sering dipilih menjadi tempat perantauan banyak orang.

Bukan hanya cocok buat Anda yang gemar berbelanja, Surabaya juga komplit dengan beragam spot wisata yang wajib Anda kunjungi. Mulai dari wisata bersejarah, alam, edukasi, hingga kuliner. Sebagai kawasan metropolitan besar, tentu saja Surabaya juga memiliki segala jenis hotel dengan fasilitas dan harga yang Anda inginkan.

Tempat Wisata Alam di Surabaya

Meskipun dikenal sebagai kota metropolitan, Surabaya ternyata memiliki sejumlah tempat wisata alam yang masih terjaga kelestariannya.

Taman Wisata Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo merupakan ekowisata yang dibangun pada tahun 2010 untuk menghindari abrasi di wilayah pantai timur Surabaya. Hutan Mangrove dengan luas 200 hektar ini terletak di Jalan Raya Wonorejo no. 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Terdapat banyak aktivitas seru yang dapat Anda lakukan di Hutan Mangrove Wonorejo ini, yaitu seperti menyusuri sungai yang bermuara ke Selat Madura dengan perahu, berjalan di jembatan bambu, melihat binatang liar seperti kera dan burung, hingga belajar cara menanam pohon Mangrove secara langsung. Tempat wisata ini cocok sekali bagi Anda yang ingin menjernihkan pikiran dari hiruk pikuk keramaian kota.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.000,- (Anak-anak), dan Rp25.000,- (Dewasa).

Hutan Bambu

Selain Hutan Bakau, Anda juga dapat merasakan suasana asri hutan bambu ala Jepang di Surabaya. Hutan Bambu ini berlokasi di daerah Keputih dan berjarak hanya 5 menit dari Kampus Institut Teknologi Surabaya (ITS). Daerah ini pada awalnya digunakan oleh masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah (TPA). Namun, kemudian diubah menjadi Hutan Bambu untuk untuk menambah lahan hijau di Surabaya.

Di sini, Anda dapat bersantai menyusuri jalan diantara pohon bambu yang rindang dan menjulang tinggi sambil berfoto di berbagai spot cantik.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00-17.00 WIB.

Harga tiket: Gratis.

Pantai Ria Kenjeran

Mungkin anda tidak akan mengira bahwa Surabaya juga memiliki wisata pantai yang menarik dan seru untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga, salah satunya adalah Pantai Ria Kenjeran. Pantai yang terletak di Jl.Raya Pantai Lama No.12 ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Pantai Ria Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru.

Di Pantai Ria Kenjeran Lama anda dapat menikmati pemandangan yang indah dan suasana pantai yang tenang. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan di pantai ini adalah mengelilingi pantai dengan perahu. Sementara Pantai Ria Kenjeran Baru menawarkan berbagai fasilitas yang lebih modern seperti arena go kart, playground, waterpark, hingga aneka spot foto yang keren dan menarik.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00-22.00 WIB.

Harga tiket: Rp.15.000,-/orang.

Tempat Wisata Sejarah di Surabaya

Sebagai kota perjuangan, tentu saja Surabaya memiliki segudang objek wisata bersejarah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Tugu Pahlawan

Tugu pahlawan merupakan sebuah monumen yang dibangun untuk memperingati perjuangan para pahlawan melawan serangan penjajah, khususnya saat pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Tugu Pahlawan memiliki bentuk seperti paku terbalik dengan ketinggian hingga 41,15 meter dan tubuh monumen yang terdiri dari 10 lengkungan yang terbagi menjadi 11 ruas.

Di bawah Tugu Pahlawan juga terdapat museum berisikan informasi-informasi mengenai jasa para pahlawan dan sejarah pembangunan tugu tersebut. Berlokasi di kawasan alun-alun, Anda juga dapat menikmati pepohonan rindang dan taman bunga warna-warni di sekitar kawasan Tugu Pahlawan.

Jam operasional: Pukul 08.00-16.00 WIB (weekday), dan pukul 07.00-15.00 WIB (weekend).

Harga tiket: Rp2.000,-/orang.

Museum Kapal Selam

Museum Kapal Selam juga merupakan salah satu tempat bersejarah yang dapat Anda temukan di Kota Surabaya. Monumen kapal selam ini sebenarnya merupakan kapal selam asli yaitu KRI Pasopati 410 yang dulu digunakan dalam pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari jajahan BelAnda.

Kapal Selam ini kemudian diangkat ke darat dan dijadikan sebagai monumen untuk memperingati perjuangan dan keberanian para pahlawan. Di dalam museum, Anda juga dapat menyaksikan pemutaran film untuk mengetahui bagaimana pertempuran di Laut Aru berlangsung.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-21.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.000,-/orang. 

Museum Surabaya Siola

Satu lagi tempat bersejarah yang menyimpan jejak perjuangan para pahlawan adalah Gedung Siola. Gedung yang berlokasi di kawasan Jalan Tunjungan ini dulunya dikenal dengan nama white laidlaw, yaitu perusahan komersial asal Inggris yang menjual pakaian dan tekstil. Pada masa penjajahan, Gedung Siola digunakan oleh para pahlawan sebagai tempat pertahanan melawan sekutu dari arah utara. 

Sejak tahun 2015, Gedung ini kemudian diubah menjadi Museum yang berisikan lebih dari 1.000 benda-benda bersejarah. Di sini, anda dapat mengetahui bagaimana Kota Surabaya dibentuk dan jasa-jasa dari para pahlawan. Selain itu, anda juga dapat menyusuri deretan toko yang ada di sekitar kawasan Museum Siola.

Jam operasional: Selasa-Minggu, pukul 09.00-21.00 WIB.

Harga: Gartis.

Tempat Wisata Kuliner di Surabaya

Salah satu daya tarik dari Kota Surabaya adalah kulinernya yang enak dan beragam. Banyak di antara hidangan-hidangan khas tersebut hanya dapat Anda temui di Surabaya.

Lontong Balap

Surabaya biasanya identik dengan salah satu jenis kuliner khas, yaitu lontong balap. Hidangan ini terbuat dari campuran lontong, tauge, daging sapi, tahu, dan lento yang disiram dengan kuah petis berwarna kecoklatan. Salah satu lontong balap yang telah melegenda di Surabaya adalah lontong balap Pak Gendut.

Beroperasi sejak tahun 1958, lontong balap Pak Gendut memiliki kualitas rasa yang tetap terjaga hingga kini. Anda dapat menemukan lontong balap ini di Jl. Prof. Dr. Moestopo 11, Surabaya.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 21.00 WIB.

Harga: Rp10.000,-/porsi.

Tahu Tek

Kuliner Surabaya yang harus Anda coba berikutnya adalah tahu tek. tahu tek merupakan hidangan hasil olahan potongan tahu yang dicampur dengan telur, dan kemudian disiram dengan saus kacang pedas dan petis khas Surabaya. Rasanya yang gurih dan manis menjadi alasan mengapa makanan ini selalu dicari oleh para wisatawan saat berada di Surabaya. Jika Anda tertarik mencicipi hidangan ini, Anda dapat pergi ke Tahu Tek dan Tahu Telor Pak Jayen di Jl. Dharmahusada No. 112, Gubeng, Surabaya.

Jam buka: Setiap hari, 16.00-00.00 WIB.

Harga: Rp11.000 - Rp13.000,-/porsi.

Sate Klopo

Kuliner yang satu ini mungkin masih terdengar asing di telinga banyak orang. Berbeda dengan sate kebanyakan, Sate Klopo adalah hidangan sate daging sapi dan lemak yang dibalurkan dengan bumbu yang sudah tercampur dengan kelapa parut sangrai sebelum dibakar.

Tidak hanya daging sapi, sate klopo juga dapat terbuat dari daging ayam, udang, atau usus. Semakin nikmat, sate klopo biasa disajikan dengan bumbu kacang dan sambal. Salah satu tempat sate klopo yang tidak pernah sepi pengunjung adalah Sate Klopo Bu Asih yang berada di Jl. Walikota Mustajab No.36.

Jam buka: Setiap hari, 7.00-23.00 WIB.

Harga: Rp18.000,-/porsi.

Akses ke Surabaya

Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia, Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai pilihan transportasi menuju Surabaya.

Bus

Bagi Anda yang berasal dari daerah dekat Surabaya atau Anda yang ingin menghemat biaya perjalanan, maka memilih sarana transportasi Bus dapat menjadi jawabannya. Surabaya memiliki dua terminal yang dapat Anda tuju, yaitu terminal Bungurasih atau Terminal Purabaya di Desa Bungurasih, Sidoarjo dan Terminal Tambak Osowilangun.

Terminal Bungurasih merupakan terminal terbesar se-Asia Tenggara dengan ratusan ribu penumpang setiap harinya. Terminal ini melayani segala rute perjalanan, mulai dari bus antar kota, hingga antar provinsi. Anda juga dapat menemukan shelter bus yang langsung menuju BAndara Surabaya di terminal ini.

Sementara Terminal Tambak Osowilangun, merupakan terminal yang lokasinya berbatasan dengan kabupaten Gresik. Terminal ini juga melayani rute perjalanan yang sama dengan Terminal Bungurasih.

Kereta Api

Surabaya memiliki empat stasiun besar yang dapat dipilih sesuai dengan rute perjalanan yang Anda miliki. Stasiun tersebut terdiri dari Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, Stasiun Wonokromo, dan Stasiun Surabaya Kota. Rute perjalanan ke Surabaya biasanya ditemukan pada kota-kota yang ada di sekitar Pulau Jawa. Terdapat 3 jenis kereta yang bisa Anda pilih dengan harga yang berbeda-beda, mulai dari kereta ekonomi, kereta bisnis, dan kereta eksekutif. Menggunakan kereta api sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati pemAndangan selama perjalanan ke Surabaya.

Pesawat

Bagi Anda yang ingin menghemat waktu, Anda dapat memilih transportasi jalur udara menggunakan pesawat. Bandara Internasional Juanda merupakan bandara satu-satunya di Surabaya yang melayani baik penerbangan domestik maupun internasional.

Bandara yang mampu menampung hingga 8 juta penumpang ini terletak tidak jauh dari pusat kota, yaitu hanya memakan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Bagi Anda yang ingin menginap di sekitar area Bandara, tersedia banyak pilihan hotel sesuai dengan fasilitas dan harga yang Anda inginkan.

Kapal

Selain melalui jalur darat dan udara, Anda juga dapat berkunjung ke Surabaya menggunakan kapal. Sarana transportasi ini cocok untuk Anda yang berdomisili di luar Pulau Jawa. Surabaya memiliki satu pelabuhan utama yaitu Pelabuhan Tanjung Perak yang menghubungkan Surabaya dengan kota-kota lain di Indonesia. Bukan hanya manusia, pelabuhan ini juga digunakan untuk mengantar atau menerima kiriman barang dari dalam maupun luar negeri.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store