tokopedia-logo
Travel
City
Tabanan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 26 Sep 2021
Check-out
Sen, 27 Sep 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Tabanan

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Ulaman Eco Retreat

Ulaman Eco Retreat

Vila
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Tabanan
Tabanan
7,8
Memuaskan
Rp1.924.355
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Tabanan
Tentang Tabanan
Tempat Wisata Alam di Tabanan
Tempat Wisata Rekreasi di Tabanan
Tempat Wisata Kuliner di Tabanan
Akses Menuju Tabanan

Tentang Tabanan

Tabanan adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bali. Hingga tahun 2020 silam, terdapat setidaknya 461.640 total populasi jiwa yang ada di Tabanan. Kawasan Tabanan ini kebetulan berada di area pantai dan pegunungan yang menyebabkan area ini memiliki curah hujan cukup tinggi. Menjadi salah satu kawasan di Pulau Bali, hal ini membuat area Tabanan menjadi selalu ramai akan lalu lalang turis yang berdatangan, maupun wisatawan lokal. Sama seperti kawasan Bali lainnya, Tabanan juga menyajikan berbagai lokasi wisata yang dapat dijadikan sebagai area untuk menikmati keindahan alamnya maupun wisata untuk sekadar berjalan santai.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Tabanan seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Tabanan juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Selain hotel di Tabanan, masih banyak juga hotel cantik yang dapat Anda kunjungi di sekitarnya seperti hotel di Lovina, hotel di Uluwatu, hotel di Canggu, atau pilihan hotel di area lainnya.

Tempat Wisata Alam di Tabanan

Beberapa lokasi wisata alam di Tabanan memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Tabanan yang patut Anda sambangi.

Jatiluwih

Siapa yang tak kenal Jatiluwih? Sepertinya semua orang yang hendak mengunjungi Tabanan pastinya sudah tahu wisata populer yang bernama Jatiluwih. Jika Anda ingin mencari sebuah lokasi wisata alam yang cukup berbeda dari kawasan lainnya seperti pantai, maka Jatiluwih adalah pilihan terbaik. Berlokasi di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Jatiluwih adalah hamparan persawahan terasering yang sangat terkenal akan kecantikannya di Bali. Dengan luas sekitar 636 hektar, sawah yang ada di sini diairi dengan sistem irigasi tradisional Bali yang turun temurun dijalankan oleh masyarakat. Pengunjung yang datang kesini sangat cocok untuk datang di pagi hari karena suasana sawah yang terasa sangat sejuk dengan udara yang bersih. Selain itu, Jatiluwih juga sudah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia. Maka dari itu, siapapun pengunjung yang datang ke Jatiluwih pastinya akan terkagum-kagum dengan keindahan sawah hijau yang disediakan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WITA

Harga tiket: Rp 15.000,-

Air Terjun Blahmantung

Selain sawah terasering yang menawan, Tabanan juga memiliki wisata alam lainnya yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Air Terjun Blahmantung Pujungan yang berada di Pujungan, Pupuan, Tabanan. Air terjun ini dikelilingi oleh kebun kopi yang rimbun dengan suasana alami dari cipratan Air Terjun Blahmantung. Tidak hanya memiliki 1 air terjun memukau, para pengunjung juga dapat menyaksikan sebanyak 3 buah air terjun dengan ketinggian berbeda-beda. Air terjun pertama terletak dekat dengan pura serta memiliki ketinggian 50 meter. Air terjun kedua ini memiliki letak yang tidak dekat dari air terjun sebelumnya karena para pengunjung harus melewati sungai. Sedangkan air terjun ketiga juga memiliki lokasi yang harus dilewati melalui jalan setapak di dekat anak sungai dan bendungan. Meskipun tiap lokasi memiliki jarak yang cukup jauh, namun Anda tidak akan kecewa saat melihat hamparan air terjun yang menawan dan juga beriklim sejuk.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WITA

Harga tiket: Gratis

Pantai Soka

Kawasan di Pulau Bali memang belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai. Tabanan juga memiliki sejumlah pantai yang memukau pengunjung seperti Pantai Soka. Pengunjung dapat menemukan Pantai Soka dengan mudah karena lokasinya yang cukup strategis. Pantai Soka terbilang cukup unik karena memiliki bebatuan di pinggir pantai yang merupakan bongkahan besar sehingga sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai para pengunjung. Keistimewaan lainnya dari pantai berpasir hitam ini adalah adanya goa yang dihuni oleh burung walet serta pura yang terletak di atas tebing batu karang.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Tabanan

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Tabanan yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Alas Kedaton

Tidak hanya diperkaya dengan berbagai pilihan wisata alam, Tabanan juga memiliki pilihan wisata rekreasi. Salah satunya adalah Alas Kedaton atau kerap juga disebut Monkey Forest yang berlokasi di Jl. Raya Alas Kedaton, Kukuh, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan. Dinamakan Monkey Forest karena pengunjung akan menjumpai setidaknya 2.000 kera yang sudah jinak dan dilepas bebas di dalam Alas Kedaton. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga maupun sekumpulan teman-teman untuk sekadar bersantai, memberi makan para kera, dan juga mengabadikan momen bersama para kera yang jinak tersebut.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 17.00 WITA

Harga tiket: Rp 20.000,-

Kebun Raya Bali

Wisata rekreasi kedua yang dapat dikunjungi adalah Kebun Raya Bali. Menjadi salah satu hutan lindung yang ada di Bali, tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin bersantai menghirup udara segar karena suasananya yang sejuk dan cocok untuk berkumpul piknik bersama teman atau keluarga. Dengan luas 157 hektar, para pengunjung akan menemukan berbagai jenis tanaman yang dilestarikan seperti Anggrek Kasut Hijau, Begonia, Teratai Air, Mawar, Hortensia, Bunga Tasbih, Pulai, Bunga Pecah Seribu, Cemara Gunung, serta jenis tanaman lainnya. Selain itu, wisatawan juga dapat mengunjungi berbagai jenis taman di dalam kebun raya seperti Taman Surya Nirwana, Taman Bambu, Taman Paku, Taman Akuatik, serta berbagai fasilitas lainnya yang membudidayakan berbagai jenis tanaman.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WITA

Harga tiket: Rp 20.000,-

Ulun Danu Beratan

Lokasi wisata rekreasi terakhir yang bisa menjadi pilihan saat Anda berada di Tabanan adalah dengan mengunjungi Ulun Danu Beratan. Dikenal dengan salah satu pura yang sangat terkenal dan menawan, pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan yang disediakan. Salah satu kegiatan yang kerap dimainkan para pengunjung baik lokal maupun mancanegara adalah olahraga airnya seperti speedboat, kayak, memancing, serta berjalan-jalan menggunakan perahu. Biasanya Pura Ulun Danu Beratan ini sangat sepi di pagi hari sehingga sangat cocok dikunjungi saat sebelum wisatawan banyak berdatangan di siang harinya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 19.00 WITA

Harga tiket: Rp 30.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Tabanan

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Tabanan. Berikut beberapa wisata kuliner Tabanan yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Babi Guling Selingsing Bu Suci

Salah satu jenis makanan yang sangat terkenal di Pulau Bali adalah babi guling. Jika Anda berada di Tabanan dan ingin mencicipi babi guling, maka warung makan terbaik yang harus dicoba adalah Babi Guling Selingsing Bu Suci yang berlokasi tepat di Jl. Raya Munggu-Kapal, Cepaka. Pengunjung akan disuguhkan dengan sepiring babi guling dengan nasi campur yang dilengkapi sambal kelapa goreng. Tidak hanya itu, ada juga pilihan lauk lainnya seperti sayur daun singkong, lawar, sosis babi, dan juga gorengan yang dapat menyedapkan makanan seporsi babi guling.

Jam operasional: Setiap hari pukul 14.00 – 20.00 WITA

Harga: Rp 30.000,-

Lawar Kulir Buwit

Makanan khas Bali lainnya yang juga legendaris dan terkenal sebagai perwakilan Pulau Bali adalah lawar. Salah satu lawar yang direkomendasikan saat Anda berada di Tabanan adalah Lawar Kuwir Buwit. Warung legendaris sejak tahun 1985 ini sudah dijalankan bertahun-tahun hingga saat ini yang memiliki pembeli dari seluruh kawasan Bali. Para pengunjung yang datang akan mencicipi sepiring nasi putih dengan lawar kuwir, lalu juga jukut ares yaitu sayur yang terbuat dari batang pohon pisang muda. Menjadi salah satu kuliner yang sangat khas, para pengunjung akan merasakan sensasi unik dan nikmat yang dihadiri oleh Buwit.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 02.00 WITA

Harga: Mulai dari Rp 25.000,-

Nasi Angin Be Manis

Nasi angin adalah salah satu jenis kuliner khas Tabanan yang bertarif murah namun sangat nikmat untuk dicoba. Tidak berbeda dengan nasi campur lainnya, para pengunjung akan disuguhkan dengan sepiring nasi yang ditemani potongan daging sapi berbumbu manis. Selain itu, ada juga pilihan lauk daging babi yang berbumbu manis, mi, sayur kol, dan juga semangkuk kuah sayur hangat. Kuliner nasi angin ini sangat cocok untuk disantap di malam hari dengan suasana angin dingin malam yang juga membuat perut terasa sangat terisi dan nikmat saat menyantap kuah hangat.

Jam operasional: 24 jam

Harga: Mulai dari Rp 10.000,-

Akses Menuju Tabanan

Untuk mengunjungi Tabanan, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat ke Bali dengan tujuan Tabanan, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di Terminal Pesiapan Tabanan. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum yang ada di sekitar.

Kapal

Alternatif lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui jalur perairan yaitu kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Tabanan. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di Dermaga Danau Beratan lalu melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi tujuan sekitar Tabanan menggunakan transportasi umum yang disediakan.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Tabanan menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Tabanan dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara dengan waktu tempuh setidaknya 1 jam.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store