tokopedia-logo
Travel
City
Takengon
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Jum, 6 Agu 2021
Check-out
Sab, 7 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Takengon

QQ HOMESTAY

QQ HOMESTAY

Homestay
Takengon
Takengon
Rp200.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kenali Takengon
Tentang Takengon
Tempat Wisata Alam di Takengon
Tempat Wisata Rekreasi di Takengon
Tempat Wisata Kuliner di Takengon
Akses Menuju Takengon

Tentang Takengon

Takengon adalah sebuah ibu kota bagian Kabupaten Aceh Tengah di Indonesia. Berada di 1.200 meter di atas permukaan laut, Takengon memiliki iklim atau cuaca yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Dengan berjuta populasi yang ada, Takengon didominasi oleh suku Aceh, Jawa, Tionghoa, dan Minangkabau. Hal ini menjadikan Takengon menarik karena memiliki latar belakang budaya yang berbeda-beda walaupun suku aslinya adalah Aceh.

Di Takengon sendiri, waktu yang tepat untuk mengunjunginya adalah saat diadakan perayaan pacuan kuda yang biasanya diadakan saat pertengahan bulan Agustus. Acara ini biasanya diselenggarakan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang berupa memacu kuda. Warga sekitar sering kali menghadiri acara ini karena banyak pula pendatang dari luar wilayah yang bersemangat menonton pertunjukan tersebut.

Walaupun kurang dilihat sebagai destinasi favorit, namun Takengon menawarkan berbagai pilihan wisata yang dapat Anda kunjungi. Maka dari itu, Takengon menawarkan berbagai pilihan akomodasi untuk pengunjung saat berwisata. Anda dapat memilih untuk tinggal di villa, hotel, maupun jenis akomodasi lainnya. Saat ini, Tokopedia menawarkan berbagai pilihan jenis akomodasi di Takengon yang dapat dipilih berdasarkan jenisnya dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Tempat Wisata Alam di Takengon

Salah satu wisata favorit para wisatawan yang mendatangi Takengon adalah beberapa tempat wisata alamnya yang memiliki keindahan tak kalah dengan kota besar lainnya seperti yang ditawarkan dibawah ini.

Danau Laut Tawar

Jika mengunjungi Aceh, memang para wisatawan belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Danau Laut Tawar. Berlokasi di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, Anda dapat menemukan danau ini dengan sangat mudah karena memiliki akses yang bisa dijangkau dari manapun. Tidak hanya sekedar danau, Anda juga dapat menemukan berbagai jenis flora yang ditawarkan seperti kiambang sampai ke eceng gondok. Fauna yang ditawarkan juga beragam membuat para pengunjung menjadi betah saat ke Danau Laut Tawar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alamnya dengan mengelilingi danau menggunakan speed boat yang disediakan ataupun perahu. Dengan mengelilingi danau, para pengunjung dapat melihat betapa luas serta indahnya pemandangan sekitar Danau Laut Tawar apalagi juga ditemani dengan cuaca mendukung yang sejuk dan asri.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Pantai Menye

Lokasi wisata kedua yang tak kalah terkenal di Takengon adalah Pantai Menye. Jika Anda adalah penyuka pantai, maka Pantai Menye sangat cocok sekali dijadikan pilihan. Pengunjung dapat menikmati pantai berpasir putih dengan air yang sangat jernih serta hembusan angin yang cukup kencang dari pegunungan sekitar. Tak hanya bersantai, pengunjung juga dapat menikmati pantai sambil mencicipi makanan ataupun minuman yang dibeli di warung sekitar dengan makanan khas Takengon.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Bur Telege

Tak kalah dengan pesona keindahan danau dan pantai yang ada di Takengon, Bur Telege juga bisa menjadi referensi lokasi yang dapat dikunjungi jika Anda sedang mengunjungi Takengon. Berlokasi di Hakim Bale Bujang, pengunjung dapat menikmati pesona pegunungan yang kehijauan disini. Bur Telege sendiri adalah salah satu area perbukitan yang akhirnya menjadi destinasi favorit karena memiliki banyak spot foto yang menarik. Para pengunjung dapat memilih berbagai jenis spot foto menarik dan juga fasilitas yang disediakan seperti jembatan kayu yang menghadap ke pemandangan bukit hijau, spot foto yang membuat kesan seperti pengunjung sedang terbang diatas bukit, maupun spot bersantai yang disediakan untuk wisatawan yang ingin duduk maupun bersantai di jarring-jaring dengan menikmati cuaca yang sejuk.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Takengon

Tidak kalah dengan wisata alamnya yang beragam, Takengon juga menawarkan pilihan wisata rekreasi yang dapat dijadikan destinasi saat mengunjungi Takengon. Berikut beberapa lokasi wisata rekreasi yang terbilang sangat terkenal.

Pantan Terong

Lokasi ini juga menjadi sebuah tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Takengon. Pantan Terong adalah bukit yang ada di dataran tinggi Gayo dan terletak di 1.350 meter diatas permukaan laut. Dari atas bukit ini, pengunjung dapat merasakan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan dan juga dingin serta pemandangan langsung menuju Danau Laut Tawar dan juga lapangan Pacuan Kuda Belang, serta barisan perbukitan lainnya yang ada di sekeliling. Selain pemandangan yang menakjubkan, pengunjung juga dapat melihat-lihat toko kopi arabika yang dijual serta telah dikirim ke negara lain.

Jam operasional: Sabtu – Kamis pukul 08.25 – 18.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Gayo Waterpark

Wisata rekreasi lainnya yang juga selalu ramai akan pengunjung adalah Gayo Waterpark. Wisatawan dapat menikmati kolam renang dengan nuansa pegunungan di sekeliling kolam dengan cuaca yang menyejukkan. Kolam renang disini juga menawarkan berbagai pilihan berbeda seperti kolam anak, dewasa, serta kolam dengan fasilitas seluncur atau ember besar. Tidak pernah sepi akan pengunjung, tempat ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk berlibur bersama keluarga maupun teman-teman.

Jam operasional: Senin – Kami pukul 10.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Rp 15.000,-

Tambatan Perahu Lot Kala

Salah satu tempat indah yang juga cocok dijadikan spot untuk menunggu terbit atau terbenamnya matahari adalah Tambatan Perahu Lot Kala yang terletak di Lot Kala, Kebayakan. Pengunjung dapat mengambil gambar terbaik saat tenggelamnya matahari dari kursi-kursi yang disediakan tepat di depan danau yang tenang. Selain itu, jika pengunjung ingin lebih dekat dengan area danau yang menakjubkan, Anda dapat memilih untuk duduk di sekoci yang berbaris rapi agar mendapatkan gambar terbaik.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 21.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Takengon

Setelah lelah berkunjung ke beberapa lokasi wisata baik alam maupun rekreasi yang ditawarkan di Takengon, alangkah indahnya Anda mencoba beberapa pilihan wisata kuliner terkenal yang ada seperti dibawah ini.

Tenaruh Dedah

Kuliner pertama yang sangat terkenal di tanah Aceh adalah Tenaruh Dedah. Makanan ini adalah telur yang sudah dicampur oleh bumbu garam, cabai, dan bawang merah lalu dimasak di atas daun pisang tanpa tambahan minyak seperti yang biasa dimasak. Dalam kata lain, tenaruh dedah adalah sajian telur goreng atau omelette versi Aceh yang menggunakan telur bebek sebagai bahan dasarnya.

Gutel

Makanan lainnya yang menjadi ciri khas tanah Aceh adalah gutel. Gutel sendiri adalah cemilan yang terbuat dari tepung beras, gula, kelapa, air, lalu dijadikan adonan dna dibungkus daun pandan. Setelah itu, gutel segera dikukus dan didinginkan sebelum disajikan. Makanan ini bertekstur sedikit keras dan memiliki rasa yang legit serta manis saat digigit. Aroma pandan yang keluar setelah dikukus juga sangat harum sehingga masyarakat paling suka mengonsumsi gutel tepat setelah matang.

Pengat

Hidangan terakhir yang juga menjadi ciri khas Takengon atau tanah Aceh adalah Pengat. Pengat ini adalah ikan yang dibumbui dengan asam sunti dan air jeruk lalu dimasak tanpa kuah. Ikan yang kerap dijadikan hidangan pengat adalah ikan depik, ikan bawal merah, ataupun ikan bawal hitam.

Akses Menuju Takengon

Akses untuk ke Takengon terbilang mudah karena terdapat beberapa opsi yang dapat dipilih. Berikut beberapa akses mudah untuk menuju Takengon.

Pesawat

Akses termudah untuk mengunjungi Takengon adalah dengan pesawat. Pengunjung dapat memilih untuk berhenti di Bandar Udara Sultan Iskandar Muda yang berada tepat di Aceh. Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Takengon dengan jarak tempuh 22 kilometer dan waktu setidaknya 50 menit.

Kapal

Moda transportasi kapal juga bisa menjadi pilihan para wisatawan yang ingin mencoba berlayar ke Takengon. Anda dapat memilih berhenti di Pelabuhan Malahayati Aceh dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau bus yang biasanya tersedia di sekitar pelabuhan.

Bus

Moda transportasi selanjutnya yang bisa dijadikan alternatif adalah bus. Anda dapat menaiki bus antar provinsi menuju Terminal Banda Aceh atau Batoh. Pilihan terminal tersebut bisa Anda jadikan referensi dan memilih lokasi terdekat dengan tujuan.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store