tokopedia-logo
Travel
City
Tasikmalaya
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 24 Jun 2021
Check-out
Jum, 25 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Tasikmalaya

Hygiene Verified
City Hotel

City Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Tasikmalaya
Tasikmalaya
6,8
Baik
Rp307.800
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Tasikmalaya
Tentang Tasikmalaya
Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya
Tempat Wisata Rekreasi
Tempat Wisata Kuliner
Akses Menuju Tasikmalaya

Tentang Tasikmalaya

Tasikmalaya merupakan sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Barat. Perkembangan kota ini sebagai daerah otonom tentu saja berkesinambungan dengan sejarah berdirinya Kabupaten Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya sendiri awalnya dikenal sebagai ibukota dari Kabupaten Tasikmalaya sebelum statusnya meningkat menjadi Kota Administratif. Kota Tasikmalaya memiliki luas sekitar 184,38 km persegi meliputi 10 kecamatan dan 69 kelurahan. Sementara Kabupaten Tasikmalaya berluaskan 2.712,52 km persegi yang sebagian besar wilayahnya merupakan dataran hijau yang terdiri dari perbukitan, hutan, dan persawahan.

Nama Tasikmalaya bermula dari meletusnya Gunung Galunggung di wilayah Sukapura yang kemudian membentuk Tasik (danau,laut), dan kata malayah yang berarti ngalayah (bertebaran). Jadi, secara jelasnya Tasikmalaya memiliki makna yakni danau yang bertebaran atau danau yang berada di antara perbukitan. Tasikmalaya juga memiliki banyak julukan, yaitu seperti kota santri, kota seribu bukit, dan Sang Mutiara dari Priangan Timur karena kedudukannya sebagai kabupaten terbesar yang memiliki peran penting di wilayah Selatan Provinsi Jawa Barat.

Salah satu aspek yang membantu perkembangan perekonomian Tasikmalaya adalah bidang Pariwisatanya. Kini, kota ini dikenal sebagai kota modern yang menjunjung tinggi kearifan budaya lokal. Berbagai festival budaya dan objek wisata menarik dapat Anda temukan di Tasikmalaya. Mulai dari panorama alam yang indah, wisata religi, pusat perbelanjaan, wisata budaya, kuliner, hingga hasil kerajinan tangan khas Tasikmalaya lengkap ada di daerah ini.

Sebelum bepergian, ada baiknya jika Anda memesan akomodasi yang tepat untuk Anda dan keluarga terlebih dahulu. Tidak perlu ambil pusing, karena sekarang Anda dapat pesan hotel di Tasikmalaya dengan mudah dan murah melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya

Wisata Alam menjadi salah satu objek wisata andalan dari Tasikmalaya. Beberapa destinasi di bawah ini dapat Anda jadikan sebagai referensi tujuan perjalanan Anda.

Gunung Galunggung

Berada di lereng Gunung Galunggung, tujuan wisata ini menjadi destinasi wajib yang harus Anda coba kunjungi di Tasikmalaya. Gunung Galunggung menyajikan pemandangan hijau yang menawan di atas ketinggian 2.618 mdpl. Berbagai kegiatan seru seperti berkemah, mengunjungi pemandian air panas dan kolam renang, hingga menyaksikan panorama danau indah yang berada di puncak gunung dapat Anda lakukan di wisata Gunung Galunggung ini. Namun, untuk sampai ke puncak gunung, Anda harus melewati 620 anak tangga yang telah dibangun terlebih dahulu.

Gunung berapi yang pernah meletus di tahun 1982 ini memiliki akses perjalanan yang tidak sulit karena hanya berjarak 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Letak Gunung Galunggung secara jelasnya berada di Linggawangi Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp6.500,-

Tanjong Canyon

Tasikmalaya juga memiliki canyon yang tidak kalah menakjubkan dari daerah atau negara lainnya. Objek wisata alam yang berlokasi di Desa Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya ini memiliki pemandangan sungai berwarna kehijauan yang diapit oleh tebing bebatuan tinggi. Sungai tersebut memiliki panjang 60 meter dan aliran air yang tenang sehingga aman untuk Anda berenang atau sekadar bermain air. Salah satu aktivitas pemicu adrenalin yang gemar dilakukan oleh para pengunjung adalah melompat dari ujung tebing yang berada di sisi permukaan air. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi air terjun yang berada di kawasan ini.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00 – 19.00 WIB.

Harga tiket: Rp10.000 – Rp20.000,-

Pantai Karang Tawulan

Deretan pantai cantik dan eksotis dapat Anda temukan juga di sini, salah satunya Pantai Karang Tawulan yang berlokasi di Cimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Meskipun harus berkendara jauh dari pusat kota, semua akan terbayarkan dengan pemandangan asri dan mempesona dari pantai yang satu ini. Pesona dari Pantai Karang Tawulan terletak pada tebing-tebing kokoh dan hamparan pasir hitam yang menyelimuti pantai layaknya panorama Tanah Lot di Bali.

Selain itu, di sekitar pantai juga terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Manuk. Manuk yang memiliki arti buruk ditujukan untuk kumpulan burung camar yang singgah di pulau tersebut pada sore hari. Pantai karang Tawulan sangat cocok untuk Anda yang ingin menjernihkan kepala dan badan karena suasana yang sepi, sejuk, dan tenang.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp3.500,-

Tempat Wisata Rekreasi

Wisata Rekreasi

Tidak hanya wisata alam, Berbagai taman wisata menarik juga sayang untuk Ada lewatkan jika berada di Tasikmalaya.

Taman Wisata Karang Resik

Bagi Anda yang mencari tempat rekreasi yang memadukan unsur wisata edukasi, sejarah, kuliner, hingga panorama alam yang indah, maka Anda wajib mengunjungi Taman Wisata Karang Resik di Jl. Mohammad Hatta, Sukamanah, Tasikmalaya. Taman yang berbatasan langsung dengan Gunung Sawal dan berada di sisi Sungai Citanduy ini menawarkan berbagai wahana seru untuk Anda dan keluarga. Mulai dari Jembatan Karang Resik yang menyimpan sejarah kolonial Belanda, taman yang dipenuhi aneka bunga hias, farmhouse, waterpark, area outbond, area bermain anak, hingga belajar menjadi seorang polisi di Rumah Pintar Polisi tersedia di taman wisata ini. Taman Wisata Karang Resik sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga di akhir pekan.

Jam operasional: Pukul 08.00 – 16.00 WIB (weekday), dan 08.00 – 17.00 WIB (weekend).

Harga tiket: Rp15.000 – Rp85.000,-

Teejay Waterpark

Wisata rekreasi menarik berikutnya adalah Teejay Waterpark di Komplek Plaza Asia, Tuguraja, Kec. Cihideung, Tasikmalaya. Waterpark dengan luas sekitar 28 hektare ini digemari para wisatawan karena memiliki arena permainan air yang seru dan konsep bangunan alami yang dipenuhi pepohonan hijau. Teejay Waterpark terbagi menjadi beberapa bagian area, yaitu kolam ombak, kolam arus, seluncur air, dan food court. Selain waterpark, kawasan taman rekreasi ini juga menyediakan arena playground dan beberapa kandang burung seperti burung merak dan burung beo.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket: Rp30.000,- (weekday), dan Rp40.000,- (weekend).

Danau Lemona

Danau Lemona merupakan danau buatan yang berlokasi di Kawitan, Salopa, Tasikmalaya. Danau yang terkenal dengan nuansa romantis ini sangat cocok dikunjungi bersama pasangan maupun keluarga saat akhir pekan. Objek wisata ini memiliki pemandangan danau berupa kolam ikan besar yang dikelilingi oleh saung-saung tradisional dan jembatan bambu yang kerap menjadi spot foto incaran para wisatawan. Salah satu aktivitas favorit di Danau Lemona adalah menyusuri danau dengan menyewa sampan yang tersedia. Apalagi pada malam hari, terdapat deretan cahaya lampu yang menghiasi pinggir danau dan membuat suasana tempat ini semakin romantis. Jika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk berburu aneka kuliner lezat di saung-saung tersebut.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp5.000,-

Tempat Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Sebagai bagian dari Provinsi Jawa barat, tentu saja Tasikmalaya memiliki sejumlah kuliner khas Sunda yang lezat dan tidak boleh Anda lewatkan.

Nasi Tutug Oncom

Makanan yang satu ini memang sering dijumpai di berbagai daerah di Jawa Barat, terutama Bandung dan sekitarnya. Sama seperti pada umumnya, Nasi Tutug Oncom khas Tasikmalaya terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom panggang yang telah dihancurkan. Makanan ini biasa disajikan bersama lalapan sayur, ayam goreng, tempe tahu goreng, dan sambal. Bagi Anda yang tertarik mencoba hidangan ini, Anda dapat langsung menuju ke T.O Benhil di Jl. Dadaha Jl. Petir, RT.04/RW.08, Cikalang, Kec. Tawang, Tasikmalaya.

Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 – 13.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp7.500,-

Nasi Cikur

Mirip seperti nasi goreng, hidangan yang satu ini terbuat dari osengan nasi yang dicampur dengan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, terasi goreng, dan tambahan kencur muda. Nama cikur sendiri memiliki arti nasi yang dicampur dengan kencur. Makanan ini paling enak disantap dengan telur dadar, lalapan sayur, tahu dan tempe goreng. Salah satu tempat populer untuk mencoba hidangan ini di Tasikmalaya adalah Nasi Cikur Teh Rena yang terletak di Jalan Panyerutan, Nagarawangi, Cihideung, Tasikmalaya.

Jam buka: Selasa – Minggu, pukul 04.30 – 22.00 WIB.

Harga: Rp5.000,-

Comet

Memiliki nama yang unik, camilan yang satu ini berasal dari singkatan combro saemet atau yang berarti combro berukuran kecil. Seperti combro, comet dibuat menggunakan bahan dasar singkong dan oncom. Camilan ini memiliki cita rasa yang gurih dan asin, serta sering kali menjadi buah tangan yang harus dibawa dari Tasikmalaya. Makanan khas Tasikmalaya ini kini memang sudah sulit dijumpai, namun Anda tetap dapat menemukan comet di Nesa Toko Oleh Oleh Khas Tasik yang berlokasi di Jl. Paseh No.106, Tuguraja, Kec. Cihideung, Tasikmalaya.

Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 – 20.00 WIB.

Harga: Rp2.500 – Rp15.000,-

Akses Menuju Tasikmalaya

Tersedia berbagai pilihan transportasi umum yang dapat Anda pilih untuk sampai ke Tasikmalaya.

Bus

Bus dapat menjadi cara mudah untuk Anda untuk pergi ke Tasikmalaya. Berbagai rute perjalanan bus dari Pulau Jawa nantinya akan sampai di tujuan akhir Terminal Tasikmalaya. Perjalanan dengan bus dari Jakarta menuju Tasikmalaya akan memakan waktu sekitar 6 jam. Semetara jika Anda berangkat dari Bandung, maka akan menempuh sekitar 4 jam perjalanan. Tarif bus berbeda-beda tergantung jarak dan kelas bus yang dipilih oleh penumpang.

Kereta Api

Selain bus, alternatif transportasi utama lainnya adalah dengan menggunakan kereta api. Tasikmalaya memiliki stasiun utama yaitu Stasiun Tasikmalaya yang berada tidak jauh dari pusat kota, yaitu kurang dari 10 menit dengan berjalan kaki. Rute perjalanan menuju Tasikmalaya menggunakan kereta api terbilang cukup banyak dan mudah ditemukan dari berbagai stasiun di daerah lainnya. Harga tiket kereta api menuju Tasikmalaya tentu berbeda-beda sesuai dengan kelas kereta api yang Anda pilih.

Pesawat

Sayangnya, Tasikmalaya belum memiliki bandar udaranya tersendiri. Namun jika Anda berasal dari luar negeri atau kota yang berjarak jauh dr Tasikmalaya, Anda dapat mendarat terlebih dahulu di Bandara Internasional Husein Sastranegara di Bandung. Dari bandara tersebut, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus atau kereta api. Jangan khawatir, bagi Anda yang masih menunggu jadwal keberangkatan dan ingin bermalam di Bandung sebelumnya, tersedia beragam hotel yang dapat Anda pesan dengan mudah melalui Tokopedia.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store