tokopedia-logo
Travel
City
Tawangmangu
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 1 Agu 2021
Check-out
Sen, 2 Agu 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Tawangmangu

Jawa Dwipa Heritage Resort

Jawa Dwipa Heritage Resort

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Tawangmangu
Tawangmangu
7,7
Memuaskan
Rp298.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Tawangmangu
Tentang Tawangmangu
Tempat Wisata Alam di Tawangmangu
Tempat Wisata Rekreasi di Tawangmangu
Tempat Wisata Kuliner di Tawangmangu
Akses Menuju Tawangmangu

Tentang Tawangmangu

Tawangmangu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar, yang terletak kurang lebih 40 km dari timur Solo. Daerah ini terkenal akan kesejukan udaranya, dikarenakan berada di pegunungan. Tepatnya, kecamatan ini berada di lereng Gunung Lawu pada ketinggian 1300 m di atas permukaan laut. Dengan begitu, sudah pasti sumber daya alam di Tawangmangu ini sangat beragam. Daerah ini memiliki produksi hasil pertanian yang bermacam-macam, mulai dari sayur sampai buah-buahan.

Bagi para pendaki gunung, Tawangmangu sudah pasti tidak asing lagi. Karena, bagi yang ingin mendaki Gunung Lawu, tentunya akan melewati kota ini. Para pendaki biasanya akan memulai jalur pendakian melalui Cemoro Kandang atau Cemoro Sewu, yang letaknya masih berada di daerah Tawangmangu. Dikarenakan letaknya yang dikelilingi oleh alam pegunungan dan hutan, terdapat banyak sekali objek wisata alam yang bisa ditemukan di kecamatan ini. Mulai dari air terjun, hamparan kebun teh, telaga, dan wisata perbukitan yang sangat indah dapat ditemukan di sini.

Walaupun Tawangmangu bukan sebuah kota yang besar dan penuh hingar bingar, namun wisata yang tersedia di sini sangat memanjakan mata. Kamu dapat menjadikan kota ini sebagai opsi untuk liburan, jika ingin istirahat sejenak dari keramaian kota. Sebab, di sini kamu bisa menemukan ketenangan dari keindahan alam yang ada. Tak perlu khawatir sulit menemukan pilihan makanan juga, karena di Tawangmangu terdapat bermacam kuliner yang menarik dan tidak dapat kamu temukan di kota lain, terlebih lagi di Jakarta. Jadi, yuk cek dan pesan hotel pilihanmu di Tawangmangu dengan mudah dan harga termurah hanya di Tokopedia! Dijamin kamu akan menikmati liburan di Tawangmangu!

Tempat Wisata Alam di Tawangmangu

Berada di daerah pegunungan dan memiliki udara yang sejuk, tujuan wisata alam di Tawangmangu kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Air Terjun Grojogan Sewu

Salah satu objek wisata alam yang sudah lama terkenal di kawasan Tawangmangu adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Mengapa dinamakan demikian? “Grojogan” sendiri, bila diartikan dari bahasa Jawa merupakan “air terjun”. Sedangkan “sewu” berarti “seribu”. Namun, ini bukan berarti air terjun dengan seribu pancuran, ataupun air terjunnya berjumlah seribu. Ini dimaksudkan dengan ketinggian air terjun yang mencapai 80 meter. Untuk menuju area air terjun, kamu perlu melewati kurang lebih 1250 anak tangga. Walaupun perjalanan yang ditempuh cukup menantang, terlebih jika jalanan licin, tapi sesampainya di sana, semuanya akan terbayar dengan keindahan alam yang sangat indah. Udara di kawasan ini juga sejuk, karena masih berada di bawah kaki Gunung Lawu. Karena air terjun ini cukup deras, dan area dasarnya dipenuhi oleh kerikil, maka wisatawan tidak diperbolehkan untuk berenang. Sebagai alternatifnya, kamu bisa coba permainan flying fox dan mini rafting yang tersedia di sini.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Retribusi Rp12.500, pelestarian hutan Rp7.500, flying fox Rp15.000

Kebun Teh Kemuning

Di Tawangmangu, kamu juga bisa menemukan hamparan kebun teh yang luas. Kebun Teh Kemuning menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk dikunjungi di Tawangmangu. Terletak masih di lereng Gunung Lawu, sudah pasti udara di sekitar sini terasa sejuk dan dingin. Selain bisa berkeliling kebun, kamu juga bisa melakukan aktivitas outbond lainnya, seperti flying fox dan paintball. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mencoba olahraga yang ekstrem dan menantang, yaitu paralayang. Lokasi kebun teh yang berada di pegunungan membuat liburan terasa lebih tenang dan jauh dari kebisingan kota. Tempat ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin berlibur bersama keluarga, apalagi harga tiketnya pun sangat terjangkau.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk gratis, outbond Rp10.000 - Rp40.000, paralayang Rp350.000

Telaga Madirda

Telaga Madirda memiliki air yang sangat jernih, sampai-sampai kamu bisa melihat dasarnya. Pada dasar telaga, banyak dipenuhi juga oleh beberapa vegetasi, seperti lumut dan ganggang. Telaga ini terletak di bawah kaki Gunung Lawu, dan bisa ditempuh selama 45 menit dari pusat Karanganyar. Aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah seperti mengelilingi telaga dengan kano dan kapal bebek, berfoto, serta berkemah. Bagi kamu yang ingin mencoba kemah di area telaga, jangan khawatir, karena seluruh perlengkapan dapat disewa dan tersedia lengkap di sini. Selain menawarkan keindahannya, ternyata terdapat pula cerita legenda yang mengisahkan bahwa telaga ini merupakan perwujudan dari Cupu Manik Astagina.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp10.000 per orang, tarif parkir motor Rp2.000, tarif parkir mobil Rp5.000, tiket wahana Rp10.000 - Rp20.000, sewa tenda camping Rp100.000 - Rp400.000

Tempat Wisata Rekreasi di Tawangmangu

Bukan hanya alam, pariwisata Tawangmangu juga terkenal dengan adanya sederet aneka ragam taman bermain dan rekreasi seru untuk kamu dan keluarga.

Rumah Atsiri

Kalau kamu mencari wisata edukasi di Tawangmangu, cobalah untuk mengunjungi Rumah Atsiri. Awalnya, sekitar tahun 1963, kawasan ini merupakan sebuah pabrik Citronella, yang mengolah tanaman atsiri menjadi minyak tumbuhan. Namun, pada tahun 2015, pabrik ini pun diambil alih oleh Rumah Atsiri, dikarenakan ada masalah pada bahan baku dan perekonomian. Akhirnya, pada tahun 2019 pun dibuka museum Rumah Atsiri. Konsep rekreasi di tempat ini memang berbasis edukasi, sehingga ada ruangan khusus workshop, taman, serta museum. Aktivitas pertama yang bisa dilakukan adalah melihat proses pembuatan minyak atsiri dengan berkeliling taman dan dipandu oleh tour guide. Kamu juga bisa mengikuti workshop untuk membuat essential oils, sabun, lilin aromaterapi, dan lainnya, yang merupakan produk dari Rumah Atsiri. Di museum, kamu bisa melihat alat-alat yang digunakan untuk mengolah tanaman atsiri pada zaman dahulu. Kamu bisa berkunjung bersama keluarga, dan tentunya wisata di sini sangat ramah pada anak-anak. Jangan lupa, sebelum pulang, kamu harus mampir ke toko souvenirnya yang menjual berbagai produk berbahan dasar tanaman. Selain bisa menikmati keindahan sekitar, kamu juga bisa mendapatkan pengetahuan baru!

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp50.000

Lawu Park

Lawu Park adalah kawasan rekreasi yang menawarkan keindahan pohon-pohon pinus di tengah hutan. Sesuai namanya, tempat ini berada di lereng Gunung Lawu, dan udaranya pun cenderung dingin. Wisata di sini sangat cocok untuk keluarga, karena fasilitas yang tersedia cukup lengkap, seperti restoran, resort, glamping area, wahana outbound, dan lainnya. Jadi, untuk menikmati keindahan panorama Gunung Lawu, kamu tidak perlu sulit mendaki, karena dengan berkunjung ke sini saja kamu bisa dapatkan pemandangan yang sangat indah. Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari outbound flying fox, trekking di hutan pinus, bermain di wahana salju, berkemah, sampai menginap di glamping ataupun cottage. Kamu tidak hanya bisa menikmati suasana alam saja, tapi bisa sambil berlibur di wahana-wahana menarik yang tersedia.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.30 - 22.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp15.000, wahana permainan Rp30.000 - Rp110.000, penginapan Rp100.000 - Rp650.000

Sakura Hills

Bagi kamu yang ingin merasakan suasana seperti di Jepang, Sakura Hills adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi di Tawangmangu. Di sini ada banyak ornamen dan bangunan khas Jepang yang bisa kamu temui. Rekreasi di Sakura Hills tidak hanya sekadar berfoto saja, tapi bisa dengan berkeliling dengan Jeep dan menginap di cottage. Yang menarik, kamu pun bisa menyewa kimono, yang merupakan pakaian tradisional Jepang. Dengan luas mencapai 5 hektar, Sakura Hills sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau rombongan. Kamu bisa menikmati pesona Gunung Lawu dengan suasana seperti di Jepang. Jangan lupa untuk memastikan jadwal kunjungan, karena terkadang di hari libur akan sangat ramai oleh pengunjung.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Tiket masuk Rp30.000

Tempat Wisata Kuliner di Tawangmangu

Berikut beberapa restoran populer di Tawangmangu yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Sop Buntut Bu Ugi

Liburan ke Tawangmangu, tidak afdol kalau tidak datang ke rumah makan Sop Buntut Bu Ugi. Kamu bisa mencicipi semangkuk sop buntut sapi dan nasi pecel yang menjadi incaran para wisatawan. Buka sejak tahun 1930-an, awalnya yang dijual di sini hanya nasi pecel. Tapi, pada tahun 1980-an, sop buntut sapi mulai dijual dan tidak membutuhkan banyak waktu untuk segera digemari oleh orang-orang. Seporsi sop buntut dibanderol dengan sangat terjangkau, yaitu Rp28.000. Dalam satu mangkuknya, disajikan buntut sapi, wortel, dan kentang dengan ukuran jumbo. Tidak lupa juga seledri serta bawang goreng yang ditaburkan di atas sop. Buntut sapi di sini sangat empuk, karena dimasak dengan waktu yang lama. Rumah makan ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan karena kelezatan makanannya. Makanya, jangan lupa untuk cicipi kuliner enak di Tawangmangu ini ya!

Jam Buka: Setiap hari, pukul 05.00 - 19.00 WIB

Harga: Rp8.000 - Rp28.000

Sate Lawu

Daerah Tawangmangu, terutama di sekitar kaki Gunung Lawu, sangat terkenal akan kuliner sate. Salah satunya adalah rumah makan Sate Lawu. Menu yang disajikan di sini adalah aneka olahan daging kambing, seperti sate dan gulai, juga sate ayam dan sate kelinci. Penyajian sate di sini pun cukup unik, yaitu di atas hotplate. Daging kambing yang digunakan di sini juga tanpa lemak, dan benar-benar yang sudah terpilih kualitasnya. Yang membuat menarik, kamu bisa mencicipi sate dengan suasana dingin pegunungan. Sate Lawu banyak dipenuhi oleh pembeli terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Jadi, jangan lewatkan untuk mampir ke sini, ya!

Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 20.00 WIB

Harga: Rp20.000 - Rp150.000

Mbah Djoe Resort

Di Mbah Djoe Resort, kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu dengan menyantap kuliner khas Tawangmangu. Menu yang wajib kamu cicipi adalah nasi jagung. Ada berbagai olahan masakan nasi jagung yang bisa kamu coba. Selain lebih sehat, tentunya rasanya juga lezat. Untuk kamu yang suka berfoto, tak perlu khawatir! Mbah Djoe memiliki spot-spot foto unik dan menarik berlatar pegunungan yang indah. Fasilitas yang tersedia pun terbilang lengkap, mulai dari toilet, musholla, area parkir yang luas, gazebo, penginapan, dan kolam renang. Lokasi rumah makan juga strategis dan dapat kamu temukan dengan mudah.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 21.00 WIB

Harga: Rp3.000 - Rp35.000

Akses Menuju Tawangmangu

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Tawangmangu, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Tawangmangu menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Tawangmangu. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Solo dari Terminal Pulo Gebang. Nantinya, kamu akan berhenti di Terminal Tirtonadi. Lalu, dari situ, kamu bisa naik bus trayek Solo - Tawangmangu, dan turun di Terminal Tawangmangu.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa naik kereta dengan tujuan Solo, dan berhenti di Stasiun Solo Balapan atau Stasiun Solo Jebres. Lalu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menuju Terminal Tirtonadi dan menaiki bus trayek Solo - Tawangmangu. Pemberhentian terakhir kamu ada di Terminal Tawangmangu.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Tawangmangu, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Kalau kamu dari Jakarta, ambil penerbangan menuju Solo, dan turun di Bandara Adisumarmo. Dari sana, kamu perlu naik bus Batik Solo Trans Bandara - Kartosuro - Palur, dan turun di Terminal Tirtonadi. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan bus Solo - Tawangmangu, dan turun di Terminal Tawangmangu.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store