tokopedia-logo
Travel
City
Tegal
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Kam, 17 Jun 2021
Check-out
Jum, 18 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Tegal

Hygiene Verified
Riez Palace Hotel

Riez Palace Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Tegal
Tegal
7,3
Memuaskan
Rp308.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Tegal
Tentang Tegal
Tempat Wisata Alam di Tegal
Tempat Wisata Rekreasi di Tegal
Tempat Wisata Kuliner di Tegal
Akses Menuju Tegal

Tentang Tegal

Tegal merupakan sebuah daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Secara teritorial, wilayah Tegal Terbagi menjadi dua bagian, yaitu Kota Tegal dan Kabupaten Tegal yang masing-masing memiliki pusat administratif tersendiri. Kota Tegal memiliki wilayah seluas 39,68 km persegi yang berbatasan langsung di sebelah Selatan dan Timur dengan Kabupaten Tegal, di sebelah Barat Kabupaten Brebes, dan dengan Laut Jawa di Sebelah Utara.

Nama Tegal berasal dari istilah Tetegual yang diberikan oleh Tome Pires, seorang pedagang asal Portugis yang pernah singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1950-an. Tegal juga diyakini memiliki arti sebagai tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian. Perlu Anda ketahui bahwa Tegal memiliki iklim tropis dengan cuaca yang cukup panas dan curah hujan yang rendah. Salah satu keunikan dari Tegal terletak di penggunaan dialek bahasanya yang terkenal ngapak, mirip dengan bahasa Banyumas.

Berada di utara Laut Jawa, tidak heran jika pariwisata Tegal dipenuhi dengan aneka wisata alam yang mempesona. Kota yang pernah menjadi cikal bakal berdirinya Korps Marinir ini memiliki sejumlah wisata bahari yang cocok dijadikan sebagai destinasi liburan Anda. Bukan hanya kekayaan alamnya yang indah, Tegal juga memiliki deretan bangunan bersejarah, taman rekreasi, dan aneka kuliner yang khas dan nikmat. Daerah Tegal identik dengan berbagai warung makanan yang biasa dikenal dengan sebutan warteg (warung tegal).

Meskipun bukanlah sebuah kota yang besar, Tegal memiliki serangkaian pilihan penginapan terbaik seperti hotel, guest house, dan villa yang siap melengkapi liburan Anda di sini. Kini, tidak perlu lagi repot dan bingung karena Anda dapat booking hotel di Tegal dengan murah dan mudah melalui Tokopedia.

Tempat Wisata Alam di Tegal

Wisata alam sering kali menjadi sektor andalan dari pariwisata Tegal. Berbagai destinasi seru dan menarik dapat Anda kunjungi bersama keluarga.

Bukit Goa Lawa

Bukit Goa Lawa merupakan sebuah bukit yang terdiri dari tumpukan batu yang menjulang di ketinggian 434 mdpl. Tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto wajib jika berada di Tegal oleh para wisatawan., terutama bagian puncak bebatuan tersebut. Istilah Lawa sendiri memiliki arti kelelawar, hal ini dikarenakan terdapat banyak kelelawar yang terbang keluar gua melalui sela-sela bebatuan untuk mencari makan. Saat sampai di kawasan ini, ada baiknya Anda menyewa pemandu untuk membantu Anda mendaki bukit bebatuan yang curam tersebut. Terletak di Desa Batu Agung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, tempat ini juga sering disebut sebagai Bukit Batu Agung.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 07.40 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp7.000,-

Pantai Alam Indah

Tegal dikenal dengan deretan panorama pantainya yang indah dan eksotis, salah satunya Pantai Alam Indah yang berlokasi di Jl. Bali, Martoloyo, Mintaragen, Kota Tegal. Pantai ini sangat ramai dikunjungi baik oleh warga setempat maupun para wisatawan saat akhir pekan atau musim liburan. Akses menuju pantai ini pun terbilang cukup mudah karena berada tidak jauh dari pusat kota Tegal. Daya tarik pantai ini terletak di pasirnya yang berwarna hitam dan air lautnya yang berwarna biru. Berbagai aktivitas seru dapat Anda dan keluarga lakukan di pantai ini, yaitu seperti bermain pasir, berenang, menyewa perahu untuk berkeliling pantai, hingga menikmati aneka kuliner di tepi pantai sambil menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp5.000,-

Curug Cantel

Selain pantai, curug juga menjadi objek wisata yang sering dijumpai di Tegal. Curug Cantel adalah sebuah air terjun setinggi 60 meter yang berada di Jl. Raya Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Tempat wisata ini dikelilingi tebing dan tanaman hijau yang semakin menambah kecantikan pemandangan curug. Untuk sampai ke Curug Cantel, Anda akan melewati track perjalanan yang dipenuhi dengan pemandangan persawahan, perkebunan, hingga menyebrangi sungai kecil. Di bawah air terjun ini juga terdapat aliran sungai kecil yang dapat dijadikan sebagai area berenang oleh para wisatawan.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp15.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Tegal

Bukan hanya alamnya yang indah, Tegal juga dipenuhi oleh serangkaian taman rekreasi seru yang sayang untuk dilewatkan.

Rita Park

Rita Park merupakan sebuah taman bermain paling luas di Jawa tengah yang baru dibuka pada tahun 2013 lalu. Rita Park memiliki berbagai macam wahana seru dan menantang untuk Anda coba, contohnya saja seperti mini coaster, kicir-kicir, space travel, sky drop, rumah hantu, dan masih banyak lagi. Theme Park yang berlokasi di jalur Pantura atau yang lebih tepatnya di Jl. Kolonel Sugiono No.155, Pesurungan Kidul ini juga menyediakan pusat perbelanjaan one-stop shopping di komplek Rita Super mall. Sering disebut sebagai Dufan-nya Jawa tengah, taman bermain dan rekreasi Rita Park cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 10.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket: Rp15.000 – Rp100.000,-

Wisata Air Gerbang Mas Bahari

Memiliki cuaca kota yang cukup panas, berwisata ke waterpark dapat menjadi solusi yang sempurna menyegarkan badan dan pikiran Anda. Wisata Air Gerbang Mas bahari adalah sebuah taman air yang terletak di Sumurpanggang, Margadana, Kota Tegal. Seperti waterpark pada umumnya,tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas bermain yang lengkap, mulai dari aneka seluncur air, kolam ombak, kolam arus, kiddy pool, air mancur, dan masih banyak lainnya. Setelah puas berenang dan bermain air, Anda juga dapat bersantai sambil menikmati berbagai makanan di area foodcourt yang tersedia di kawasan waterpark ini.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga tiket: Rp25.000,- (weekday), dan Rp30.000,- (weekend).

Taman Wisata Air Panas Guci

Bagi Anda yang ingin refreshing melepas penat dan rasa lelah yang ada di diri Anda, maka Anda dapat mengunjungi Taman Wisata Air Panas Guci di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Tegal. Meskipun perjalanan ke tempat ini memakan waktu yang tidak sebentar, namun semua sebanding dengan fasilitas pemandian air panas yang pastinya akan membuat tubuh Anda rileks dan kembali segar. Ditambah lagi dengan lokasinya yang asri dan sejuk karena berada di dataran tinggi.

Keunikan dari tempat wisata ini adalah air panasnya yang mengalir langsung dari kaki Gunung Slamet. Di sekitar kawasan ini juga terdapat sejumlah penginapan untuk para pengunjung yang ingin bersantai di pemandian air panas ini selama lebih dari satu hari.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.00-21.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,- (weekday), dan Rp7.000,- (weekend).

Tempat Wisata Kuliner di Tegal

Lengkapi perjalanan wisata Anda di Tegal dengan mencicipi aneka kuliner khas yang yang sudah terkenal unik dan lezat.

Kupat Glabed

Kupat Glabed adalah hidangan sejenis opor yang terbuat dari potongan nasi ketupat. Nama Glabed ditujukan untuk tekstur kuahnya yang kental dan lengket. Kuah berwarna kuning tersebut kemudian disiram di atas sepiring ketupat. Keunikan dari makanan yang satu ini juga terletak di tambahan kerupuk kuningnya. Kupat Glabed paling enak disantap dengan aneka lauk pendamping seperti gorengan dan sate kerang. Bagi Anda yang tertarik mencoba hidangan ini, Anda dapat langsung pergi ke Kupat Glabed Bu Wartini di Jl. Ayam No.1, Randugunting, Kecamatan Tegal Selatan.

Jam buka: Setiap hari, pukul 16.00 – 22.00 WIB.

Harga: Rp10.000,-

Rujak Teplak

Kuliner khas berikutnya ini hanya dapat ditemukan di daerah Tegal dan sekitarnya. Rujak Teplak merupakan sebuah hidangan yang sedikit mirip dengan pecel karena terdiri dari berbagai macam sayuran seperti kangkung, daun pepaya, ubi jalar, lembayung, daun singkong, jantung pisang, dan timun. Namun, yang membedakan adalah sambalnya yang dibuat menggunakan bahan dasar singkong rebus yang telah dihaluskan. Anda dapat mencicipi hidangan ini di Warung Rujak Teplak Bu Wasti yang terletak di Jl. HOS. Cokroaminoto, Pekauman, Kecamatan Tegal Barat.

Jam buka: Setiap hari, pukul 09.00 -14.00 WIB.

Harga: Rp10.000 – Rp13.000,-

Tahu Aci

Tahu Aci menjadi camilan sekaligus buah tangan khas yang biasa dibawa dari Tegal. Makanan yang terbuat dari tahu yang isi dengan tepung kanji berbumbu. Makanan berbentuk segitiga dan memiliki cita rasa gurih yang pasti membuat Anda ketagihan. Tahu aci juga biasa disajikan bersama cabai rawit hijau untuk menambah rasa pedas. Anda dapat membeli sebungkus camilan ini dengan harga terjangkau di Tahu Aci Tegal Budi yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.2, Panggung, Kota Tegal.

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp1.000,-/buah.

Akses Menuju Tegal

Beragam transportasi dapat Anda gunakan untuk sampai ke Tegal. Berikut beberapa sarana umum yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perjalanan Anda.

Bus

Bus menjadi sarana transportasi yang ramai digunakan oleh wisatawan dari berbagai daerah. Perjalanan bus-bus ini nantinya akan tiba di Terminal Tegal yang memang melayani bus AKDP dan bus AKAP. Terminal ini terletak di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, Kota Tegal. Jika Anda yang berasal dari Jakarta, maka perjalanan untuk sampai ke kota ini akan memakan waktu sekitar 7 jam. Tarif bus ini tentu berbeda-beda sesuai dengan jarak yang ditempuh dan kelas bus yang Anda pilih.

Kereta Api

Selain bus, Anda juga dapat pergi ke Tegal menggunakan jalur darat lain yakni kereta api. Tegal memiliki satu stasiun utama yaitu Stasiun Tegal yang berada di Kecamatan Tegal Timur. Sama seperti bus, harga tiket kereta api berbeda-beda tergantung dengan kelas kereta api yang Anda pilih. Perjalanan dari Jakarta menuju Tegal sendiri umumnya akan memakan waktu sekitar 4-5 jam.

Pesawat

Pesawat merupakan sarana yang praktis dan nyaman untuk digunakan, apalagi bagi Anda yang berasal dari luar negeri atau kota dengan jarak yang jauh dari Tegal. Bila Anda ingin menggunakan pesawat terbang, maka Anda dapat memilih mendarat di bandara terdekat, yaitu Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang. Dari bandara tersebut, barulah, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus, kereta api, atau travel.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store