tokopedia-logo
Travel
City
Trawas
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 28 Jul 2021
Check-out
Kam, 29 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Trawas

Royal Trawas Hotel & Cottages

Royal Trawas Hotel & Cottages

Hotel
star-iconstar-iconstar-icon
Trawas
Trawas
6,3
Baik
Rp322.544
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kenali Trawas
Tentang Trawas
Tempat Wisata Alam di Trawas
Tempat Wisata Rekreasi di Trawas
Tempat Wisata Kuliner di Trawas
Akses Menuju Trawas

Tentang Trawas

Trawas adalah salah satu kecamatan yang ada di Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Total populasi yang tinggal di Trawas setidaknya 31.667 penduduk hingga saat ini. Trawas berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang dan Penanggungan dengan ketinggian setidaknya 700 meter diatas permukaan laut. Sebab itulah, Trawas menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi Trawas karena kesejukan dan keindahan alamnya yang ada.

Jika Anda mengunjungi Trawas, akan banyak sekali pilihan wisata yang bervariasi mulai dari wisata alamnya hingga rekreasi yang tak kalah seru. Sebab itulah, banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang menjadikan Trawas sebagai salah satu area tujuan yang tak boleh ketinggalan. Jika Anda tertarik untuk berlibur di Trawas, Tokopedia menawarkan berbagai pilihan akomodasi yang dapat dijadikan tempat tinggal saat berlibur. Dengan berbagai pilihan, Anda juga dapat menggunakan berbagai promo yang ditawarkan oleh Tokopedia dan pastinya dengan harga lebih terjangkau dibandingkan yang lainnya.

Tempat Wisata Alam di Trawas

Lokasi wisata alam di Trawas terbilang cukup bervariasi seperti yang ada di bawah ini.

Air Terjun Surodadu

Berbicara soal wisata alam, air terjung memang bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang memang laku dikunjungi para wisatawan. Air Terjun Surodadu yang terletak di Dusun Mligi, Desa Claket, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur ini menjadi air terjung yang selalu ramai atau dibanjiri oleh pengunjung. Dengan ketinggian setidaknya 3 meter, Air Terjun Surodadu memiliki air yang sangat jernih dan bersumber ke kolam yang setinggi lutut orang dewasa. Tak hanya untuk berenang, pengunjung juga dapat menikmati berbagai jajanan atau makanan yang ditawarkan oleh penjaja makanan di sekitar air terjun.

Jam operasional: Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-/orang

Puncak Jengger

Wisata alam lainnya yang juga tak kalah digemari oleh pengunjung lainnya adalah Puncak Jengger yang berlokasi di Dusun Nawangan, Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto. Pengunjung dapat mendaki bukit yang memiliki track pendakian tergolong mudah. Untuk sampai ke Puncak, pengunjung harus memastikan bahwa kondisi tubuh sedang fit karena ada beberapa keharusan untuk menanjak. Sepanjang perjalanan menuju puncak, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan kehijauan yang tak kalah dengan lokasi lainnya. Pastikan bahwa perut Anda terisi dan membawa minum atau makanan yang dibutuhkan karena tidak ada warung yang menjual makanan diatas puncak tersebut.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-/orang

Gunung Penanggungan

Wisata alam lainnya yang juga bisa dijadikan pilihan untuk mendaki atau hiking adalah Gunung Penanggungan. Berlokasi di Kabupaten Mojokerto, Gunung Penanggungan memiliki ketinggian setidaknya 1.653 meter diatas permukaan laut. Sambil menanjak sampai ke bagian puncak gunung, pengunjung akan disuguhkan keunikan dari gunung ini yaitu beberapa situs purbakala yang dibangun sejak zaman Hindu-Buddha dahulu kala. Ada beberapa jalur pilihan yang ditawarkan untuk pengunjung yang ingin mendaki sampai ke atas puncak seperti Jalur Kedungudi, Jalur Ngoro, Jalur Wonosunyo, ataupun Jalur Jalatunda yang memiliki awal pendakian di titik yang berbeda-beda. Sesampainya diatas, pengunjung akan disuguhkan dengan cantiknya pemandangan alam sekitar yang mampu menghilangkan rasa lelah dari menanjak.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Mulai dari Rp 10.000,-/orang

Tempat Wisata Rekreasi di Trawas

Jenis pariwisata selanjutnya yang dapat dipertimbangkan untuk dikunjunginya di daerah Trawas adalah beberapa tempat wisata rekreasinya yang tak kalah menarik. Berikut beberapa wisata rekreasi di Trawas yang dapat diandalkan saat Anda hendak berlibur.

Duyung Trawas Hill

Berlokasi di Jl. Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Duyung Trawas Hill bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat dikunjungi saat Anda ingin menikmati pesona keindahan area Trawas. Ada banyak sekali fasilitas atau wahana yang dapat dinikmati disini seperti area kolam renang untuk anak-anak maupun orang dewasa yang memiliki air jernih, beberapa spot foto berbentuk unik seperti love, ayunan, payung, papan, hingga playground yang dikhususkan untuk anak-anak bermain atau menghabiskan waktu. Tak hanya itu, ada juga air terjun di area Duyung Trawas Hill yang harus dicapai dengan berjalan kaki atau trekking sejenak. Jika Anda menyukai wahana yang memacu adrenalin, Anda dapat memainkan wahana outbond yang disediakan seperti flying fox, sky bike, dan wahana lainnya yang tentu tak kalah menyenangkan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 20.000,-/orang

Candi Jolotundo

Tak melulu soal wisata pemandangan yang mengagumkan, pengunjung juga disarankan untuk mengunjungi Candi Jolotundo yang berlokasi di Trawas untuk mengenal salah satu wisata religi yang ada. Dikenal dengan area pemandiannya, warga lokal meyakini bahwa sumber mata air yang berasal dari Candi Jolotundo memiliki kualitas terbaik setelah air zam-zam yang berasal dari Mekkah. Warga lokal juga percaya bahwa air yang berasal dari sana memiliki banyak khasiat baik seperti dapat membuat kulit lebih awet muda serta menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Tak hanya perairan, pengunjung juga dapat melihat arsitektur serta relief dari Candi Jolotundo yang memiliki arti religi. Setelah menikmati suasana sekitar candi, pengunjung dapat bersantai dengan tenang di area gazebo agar merasakan sejuknya cuaca di lereng pegunungan yang benar-benar asri.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 6.000,-/orang

Fresh Green Trawas

Untuk para penggemar buah durian, sepertinya pilihan untuk mengunjungi destinasi wisata yang satu ini benar-benarlah wajib dikunjungi. Fresh Green Trawas terletak di Buntal, Duyung, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur ini mengenalkan pengunjung kepada perkebunan durian yang sangat terkenal di kalangan orang-orang. Disambut oleh diorama para tokoh wayang didepan area parkir, suasana perkebunan tersebut sangatlah sejuk untuk dikunjungi. Pengunjung dapat mencoba berbagai macam olahan durian yang disajikan Fresh Green Trawas. Tak hanya itu, ada beberapa fasilitas lainnya yang ditawarkan untuk pengunjung seperti menunggangi kuda, area pewayangan, arena bermain anak, serta wahana outbond yang disediakan untuk pengunjung.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket: Gratis

Tempat Wisata Kuliner di Trawas

Tidak hanya menawarkan wisata alam dan rekreasi, Trawas juga menawarkan berbagai pilihan wisata kuliner yang tak kalah enak dibandingkan yang lainnya. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di Trawas yang kerap dibanjiri pembeli.

Waroeng Desa

Berlokasi di Jalan Raya Trawas Km. 13 Desa Jatijejer Trawas, Jatinom, Jatijejer, Jatinom, Mojokerto, Jawa Timur, Waroeng Desa selalu kebanjiran akan pengunjung baik dari warga lokal maupun wisatawan luar kota. Menu yang ditawarkan dan kerap dipesan para pembeli adalah ayam goreng wardes dan juga tahu telur. Untuk tahu telur sendiri adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang berisi tahu goreng dengan balutan telur dan disiram saus bumbu kacang lalu dicampur dengan petis.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 19.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 30.000

Sendang Raos

Restoran khas Jawa Timuran selanjutnya yang dapat diandalkan untuk mencoba masakan Jawa adalah Sendang Raos yang berlokasi di Jl. Trawas - Mojosari No.KM. 15, Tumpul Jati, Jatijejer, Kecamatan Trawas, Mojokerto, Jawa Timur. Memiliki arsitektur bergaya pedesaan, pengunjung dapat menikmati santapan Jawa Timur disini dengan pemandangan langsung ke arah pegunungan. Salah satu menu rekomendasi yang dapat Anda coba adalah gurame bakarnya yang terasa sangat segar karena mereka memiliki kolam pribadi untuk mengambil gurame yang akan disajikan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 10.000

Pendopo Asri

Memiliki suasana yang menyejukkan, Pendopo Asri bisa menjadi pilihan untukmu berwisata kuliner di area Trawas. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan pegunungan sekitar dengan cuaca yang sangat sejuk. Anda dapat mencicipi berbagai jenis makanan khas Jawa Timur seperti rawon. Rawon disini dikenal memiliki guratan daging yang empuk serta bumbu yang bercita rasa kental akan makanan Jawa Timuran. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mencicipi makanan lainnya seperti berbagai olahan ayam, ikan, lalapan, serta tumis.

Jam operasional: Rabu – Senin pukul 09.00 – 20.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 15.000

Akses Menuju Trawas

Akses menuju Trawas terbilang tidaklah sulit karena Anda dapat melewati atau memilih berbagai macam pilihan transportasi seperti yang ada di bawah ini.

Pesawat

Pengunjung yang ingin memilih untuk menaiki pesawat dapat berhenti di Bandar Udara Internasional Juanda yang berada di Surabaya. Sesampainya di Surabaya, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berbagai pilihan angkutan umum yang disediakan. Perjalanan dari Surabaya ke Trawas mencapai setidaknya 1 jam 30 menit karena lokasi yang terbilang sudah dekat.

Bus

Jika Anda ingin mengunjungi Trawas menggunakan bus, Anda dapat berhenti di Terminal Kertajaya Mojokerto. Dari terminal, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum sekitar yang disediakan hingga menuju lokasi tujuan.

Kereta Api

Untuk transportasi berjenis kereta api, pengunjung dapat berhenti di Stasiun Mojokerto. Dari stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menaiki angkutan umum yang tersedia di sekitar stasiun.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store