tokopedia-logo
Travel
City
Ungaran
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 28 Jul 2021
Check-out
Kam, 29 Jul 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Ungaran

Hills Joglo Villa

Hills Joglo Villa

Holiday park
star-iconstar-icon
Ungaran
Ungaran
Diskon Spesial
Rp605.000
Rp544.500
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Ungaran
Tentang Ungaran
Tempat Wisata Alam di Ungaran
Tempat Wisata Rekreasi di Ungaran
Tempat Wisata Kuliner di Ungaran
Akses Menuju Ungaran

Tentang Ungaran

Ungaran adalah sebuah kota di Jawa Tengah, Indonesia, dan merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Semarang di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini mencakup dua kecamatan di dalam kabupaten, yaitu Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Kota ini berada di sebelah selatan Kota Semarang. Ungaran didominasi oleh wilayah pegunungan, sehingga udaranya pun tidak sepanas di Kota Semarang. Kota ini bahkan memiliki curah hujan yang cukup besar sepanjang tahunnya, sehingga cenderung cukup sejuk.

Kota Ungaran terkenal dengan sebutan Kota Seribu Rumah Makan. Ini dikarenakan oleh banyaknya rumah makan yang ada di sepanjang jalur kendaraan dari Kota Semarang sampai Kota Yogyakarta. Kota ini pun memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Batik motif Kopi Pecah merupakan salah satu yang terkenal dari kota ini. Wisata kulinernya yang sedap pun tidak boleh terlewatkan! Penasaran untuk berkunjung? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Ungaran melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Alam di Ungaran

Berada di daerah pegunungan dan memiliki udara yang sejuk, tujuan wisata alam di Ungaran kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Curug Lawe

Pecinta wisata alam yang datang ke Ungaran pastinya harus mengunjungi Curug Lawe. Air terjun setinggi 30 meter ini memiliki lingkungan yang asri dan sejuk. Keindahan alamnya sangat menenangkan mata dan jiwa. Meskipun terletak sedikit di pelosok lereng Gunung Ungaran, namun destinasi ini sudah cukup populer di kalangan para wisatawan. Air yang mengalir di sini cukup deras, sehingga kamu perlu berhati-hati ketika berenang atau berdiri di batuan di sekitarnya. Jika beruntung, di sepanjang perjalanan menuju lokasi curug, kamu dapat menemukan satwa liar, seperti ular, kijang, lutung, dan kupu-kupu.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 06.00 - 15.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Wana Wisata Penggaron

Salah satu wisata alam yang menarik juga untuk dikunjungi di Ungaran adalah Wana Wisata Penggaron. Destinasi ini menawarkan suasana yang masih alami, dengan kicauan suara burung, dan suara angin di tengah rimbunnya pepohonan. Biasanya tempat ini digunakan sebagai area berkemah bagi pengunjung. Terkadang ada juga yang melakukan penelitian alam di sini, karena memang tempatnya yang masih asri dan dipenuhi dengan beragam flora serta fauna. Selain itu, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah berolahraga, outbound, piknik, dan lain-lain. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, membuat tempat ini cocok sebagai sarana untuk melepas penat sejenak.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp10.000 per orang

Kebun Teh Medini

Kebun Teh Medini telah ada sejak zaman Belanda, dan masih digunakan dengan baik hingga saat ini. Berada di daerah ketinggian, sekitar 2.050 meter di atas permukaan laut, suhu udara di sini tentu sejuk di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Terletak di sebelah utara Gunung Ungaran, kebun teh ini menawarkan panorama alam yang indah. Selain ada pemandangan gunung dan bukit di sekelilingnya, hamparan kebun teh yang berwarna hijau sangat memanjakan mata. Terkadang, bila kabut sedang turun, kamu dapat merasakan seperti berada di atas awan.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp3.000 per orang

Tempat Wisata Rekreasi di Ungaran

Bukan hanya alam, pariwisata Ungaran juga terkenal dengan adanya sederet aneka ragam taman bermain dan rekreasi seru untuk kamu dan keluarga.

Watu Gunung

Objek wisata alam Watu Gunung ini telah menjadi wisata rekreasi bagi pengunjung. Terletak di lereng Gunung Ungaran, daerah wisata ini sangat cocok untuk liburan akhir pekan bersama keluarga atau teman. Di sini terdapat kolam renang yang airnya berasal dari mata air yang ada di Gunung Ungaran. Berenang ataupun berendam di dalamnya dapat melepas lelah sejenak. Terlebih airnya yang segar dan dingin, tentunya dapat membuat tubuh lebih relaks. Di sekitar kolam terdapat pendopo tradisional yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai setelah selesai berenang atau bermain di lokasi.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket: Senin - Jumat Rp20.000 per orang, Sabtu - Minggu & Tanggal Merah Rp25.000

Agrowisata Sido Muncul

Agrowisata Sido Muncul dapat menjadi pilihan tempat rekreasi kamu dengan keluarga. Bila biasanya destinasi agrowisata memiliki tanaman berupa sayuran, buah-buahan, dan padi, namun Sido Muncul ini memiliki kebun tanaman obat. Lokasi agrowisata ini ada di area pabrik PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul. Kebanyakan tanaman di sini merupakan bahan dasar jamu yang digunakan oleh industri tersebut. Yang menarik juga adalah di sini terdapat kurang lebih 400 jenis tanaman, termasuk yang didatangkan dari luar negeri. Tak hanya itu, ada juga kolam ikan besar yang di dalamnya terdapat ikan arapaima. Beragam satwa lain, seperti harimau, kera, buaya, orang utan, kuda, dan burung kasuari pun hidup di area Agrowisata Sido Muncul.

Jam Operasional: Tergantung reservasi

Harga Tiket: Gratis

Umbul Sidomukti

Wisata rekreasi di sekitar Ungaran ini telah terkenal di berbagai kalangan pelancong. Masih berlatar belakang Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti menyediakan kolam renang yang luas dengan bentuk tiga tingkat. Pemandangan dari kolam renang langsung menghadap lanskap alam yang hijau dan indah. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, kawasan ini memiliki udara sejuk yang dapat membuat kamu betah liburan ke sini. Fasilitas yang tersedia pun lengkap, sehingga pengunjung tidak perlu bersusah payah mencari kebutuhan. Resort, wahana berkuda, wisata goa, hingga wahana permainan seperti flying fox dan sepeda awang tersedia semuanya.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 24.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000 per orang

Tempat Wisata Kuliner di Ungaran

Berikut beberapa restoran populer di Ungaran yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Sate Sapi Pak Kempleng

Sate Sapi Pak Kempleng hanya dapat kamu temukan di Ungaran ya! Warung makan yang telah berdiri sejak 1960 ini menjual sate sapi yang sangat lezat. Di sini kamu bisa memilih sate daging sapi saja, sate lemak sapi, atau jeroan sapi. Yang menarik dari sajian khas Ungaran ini adalah penggunaan gula aren dalam olahan sate. Daging satenya pun terasa sangat empuk, lembut, dengan bumbu rempah yang meresap sampai dalam. Sate sapi ini biasanya disantap dengan lontong atau nasi. Selain itu, disajikan juga bumbu kacang dan irisan cabai serta bawang merah untuk menambah rasa pedas bagi yang menginginkannya.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 21.00

Harga: Rp25.000

Tahu Bakso Bu Pudji

Kuliner tahu bakso yang terkenal di Ungaran pertama kali diperkenalkan oleh Bu Pudji. Inilah mengapa Tahu Bakso Bu Pudji sangat melegenda di daerah sekitar sini. Untuk rasanya sendiri, tahu bakso yang dijual di sini sangat lezat dan gurih. Bakso di dalam tahu terisi sangat padat, dengan rasa yang enak. Di sini tersedia bakso goreng dan juga bakso basah, sehingga pelanggan dapat bebas memilih, atau bahkan mencoba keduanya. Masyarakat setempat pun sangat menyukai makanan ini, karena bentuknya yang unik dan rasa yang sedap. Harga per porsinya pun dibanderol cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp20.000 saja untuk 10 buah.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 07.00 - 21.00

Harga: Rp20.000 - Rp22.000

Akses Menuju Ungaran

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Ungaran, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Ungaran menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Ungaran. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta - Ungaran dari terminal mana saja. Nantinya, kamu akan berhenti di Terminal Ungaran. Lalu, dari situ, kamu bisa naik angkot, taksi, atau transportasi umum lainnya untuk mencapai tujuanmu.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa naik kereta dengan tujuan Semarang, dan berhenti di Stasiun Tawang. Lalu, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan menaiki Trans Jateng ke tujuan yang ingin kamu capai.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store