tokopedia-logo
Travel
City
Yogyakarta
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sel, 22 Jun 2021
Check-out
Rab, 23 Jun 2021
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Yogyakarta

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Eastparc Hotel Yogyakarta

Eastparc Hotel Yogyakarta

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Catur Tunggal, Yogyakarta
Catur Tunggal, Yogyakarta
9
Luar Biasa
Rp1.170.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Yogyakata
Tentang Yogyakarta
Tempat Wisata Sejarah di Yogyakarta
Tempat Wisata Alam di Yogyakarta
Tempat Wisata Kuliner di Yogyakarta
Akses ke Yogyakarta

Tentang Yogyakarta

Berlokasi di bagian Selatan Pulau Jawa dan berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah, Yogyakarta merupakan kota yang kaya akan warisan budaya dan peninggalan sejarah. Kota yang akrab disebut Jogja ini juga menjadi salah satu kota yang menyAndang status sebagai Daerah Istimewa, di mana status tersebut memiliki tingkatan yang sama dengan Provinsi. Hal ini dikarenakan Yogyakarta sejak dulu telah memiliki tatanan pemerintahannya sendiri sebelum Republik Indonesia dibentuk.

Daerah Istimewa Yogyakarta terdiri dari satu kota dan kabupaten yang terbagi menjadi 4 wilayah, yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Sleman. Di sini juga terdapat gunung berapi aktif yakni Gunung Merapi yang terakhir meletus pada tahun 2010 lalu.

Yogyakarta juga merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Indonesia, setelah Bali. Kota yang dikenal sebagai kota perjuangan ini menawarkan berbagai tujuan wisata menarik yang hanya bisa ditemukan di kota tersebut. Di kota ini Anda juga dapat berwisata sambil menikmati kekayaan budaya, seni, dan tradisi yang masih kental di masyarakatnya. Tidak heran, jika Kota yang memiliki predikat sebagai kota ternyaman di Indonesia ini dianggap sebagai surganya tempat wisata di Pulau Jawa.

Semakin lengkap menemani liburan Anda, Yogyakarta juga menyediakan beragam pilihan hotel yang nyaman dan unik dengan harga yang terjangkau. Tertarik berkunjung ke Jogja? segera booking tiket pesawat dan hotel pilihan Anda di Tokopedia.

Tempat Wisata Sejarah di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki sejarah yang panjang sejak sebelum didirikan, oleh karena itu di sini Anda dapat menemukan serangkaian peninggalan sejarah yang mengagumkan.

Candi Prambanan

Candi adalah sebuah bangunan keagamaan peninggalan zaman purbakala yang dipergunakan sebagai tempat ibadah dan perayaan ritual agama Hindu-Budha. Kota Yogyakarta sendiri memiliki banyak candi terkenal dan bersejarah yang dapat Anda kunjungi, di antaranya adalah Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Plaosan, dan masih banyak Candi Lainnya.

Di bangun pada abad ke-9 Masehi, Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi yang berlokasi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta ini memiliki bentuk bangunan yang tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur Hindu pada umumnya. Di tengah gugusan candi-candi tersebut, terdapat Candi Siwa sebagai candi utama dengan tinggi mencapai 47 meter. Aneka wahana dan aktivitas seru dapat Anda lakukan di Candi Prambanan, mulai dari berfoto di berbagai spot candi yang menarik, mengunjungi Museum Rumah Joglo, hingga menyaksikan pagelaran seni. Candi ini menjadi destinasi yang wajib dikunjungi para wisatawan ketika berada di Yogyakarta.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 08.00-16.00 WIB

Harga tiket: Rp25.000 - Rp75.000,- 

Keraton Yogyakarta

Salah satu peninggalan budaya yang hingga kini masih terus dilestarikan di Yogyakarta ialah Keraton Kasultanan Yogyakarta atau yang juga disebut dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri memang masih memiliki bentuk pemerintahan kesultanan, sehingga Sang Sultan, Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta keluarga juga masih menempati kediaman komplek istana di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

Saat berkunjung ke Keraton Yogyakarta ini Anda akan langsung disuguhkan dengan berbagai pertunjukan tari tradisional yang diiringi dengan lantunan musik gamelan, pertunjukan wayang kulit, dan bangunan-bangunan dengan arsitektur Jawa yang bersejarah.

Jam operasional: Selasa - Minggu, pukul 08.00-13.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-  (wisatawan lokal), dan Rp15.000,- (wisatawan mancanegara)

Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari Yogyakarta merupakan sebuah taman bersejarah yang mulai dibangun sejak tahun 1758 dan selesai pada tahun 1765. Taman yang berluaskan hingga 10 hektare ini dulu digunakan sebagai kebun kerajaan dari istana Keraton Yogyakarta.

Taman Sari Yogyakarta terbagi menjadi 4 bagian, yaitu area danau buatan, kolam pemandian, gedung, kanal dan jembatan. Tempat ini menjadi tujuan wisata populer para wisatawan yang ingin berfoto dengan latar belakang pemAndangan yang unik dan eksotis.

Jam operasional: Setiap hari, 09.00-15.00 WIB.

Harga tiket: Rp5.000,-  (wisatawan lokal), dan Rp15.000,- (wisatawan mancanegara)

Tempat Wisata Alam di Yogyakarta

Yogyakarta terdiri dari berbagai wisata alam yang populer di kalangan wisatawan, mulai dari gunung, pantai, sungai, dan gua bisa Anda temukan di sini.

Goa Jomblang

Goa Jomblang menjadi salah satu atraksi menarik yang tengah ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Goa yang berada di Kabupaten Gunungkidul ini cocok untuk Anda yang ingin mencoba aktivitas ekstrim di Yogyakarta. Hal ini dikarenakan Goa Jomblang memiliki bentuk vertikal dan untuk mencapai mulut goa tersebut, Anda harus turun ke permukaan goa dengan kedalaman 60 meter menggunakan tali harness yang dikaitkan ke badan Anda.

Salah satu alasan mengapa tempat ini ramai dikunjungi wisatawan ialah untuk menyaksikan “cahaya surga”, yaitu fenomena di mana sinar matahari yang menerobos masuk menyinari batu flowstone dari ketinggian 90 meter.

Jam operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 14.00 WIB.

Harga tiket: Rp450.000 - Rp1.000.000,-

Pantai Parangtritis

Pantai yang menjadi ikon kabupaten Bantul, Yogyakarta ini menjadi tempat wisata yang sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan. Pantai Parangtritis juga terkenal dengan mitos seputar Nyi Roro Kidul, sang Ratu Pantai Selatan yang konon memiliki kerajaan di pantai tersebut.

Berselimutkan pasir hitam, Pantai Parangtritis terkenal dengan pemAndangannya saat mata hari terbenam. Salah satu keunikan lain dari pantai ini ialah terdapat gumuk pasir yang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara. Di sini, Anda dapat bersantai sambil menikmati aktivitas seru seperti berkuda dan bermain ATV.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga tiket: Rp3.000,-/orang.

Bukit Panguk Kediwung

Ingin merasakan berwisata seolah-olah berada di atas awan? Maka Anda dapat mencoba berkunjung ke destinasi Bukit Panguk Kediwung satu ini. Bukit ini menyajikan pemandangan alam dari atas bukit yang berbeda dan tidak kalah indah dari objek wisata alam lainnya. Dikelilingi kabut yang tebal, Anda dapat duduk bersantai di salah satu gardu pandang yang berada di ujung tebing sambil menikmati pemandangan seolah berada di atas awan. 

Jika Anda tertarik berkunjung ke Bukit Panguk ini, Anda dapat langsung datang ke Desa Kediwung, Kabupaten Bantul. Anda dapat mengunjungi tempat ini di waktu terbaik yaitu pada saat matahari terbenam.

Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: Rp2.000,-/orang.

Tempat Wisata Kuliner di Yogyakarta

Bukan hanya tempat-tempat wisata yang seru dan menakjubkan, Yogyakarta juga dikenal dengan kulinernya yang khas.

Gudeg

Makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan daun jati ini, merupakan makanan khas yang wajib Anda cicipi saat berada di Yogyakarta. Gudeg biasanya disajikan dengan nasi, telur, ayam kampung, tahu, dan krecek. Anda dapat memilih 3 jenis gudeg yang berbeda yaitu Gudeg basah, Gudeg Kering, dan Gudeg Manggar tergantung pilihan kuah santan (areh) yang Anda inginkan.

Anda dapat menemukan Gudeg di sepanjang kota Yogyakarta. Salah satu tempat Gudeg yang melegenda adalah Gudeg Mbah Lindu yang berada di kawasan Sosrowijayan. Gudeg ini telah hadir sejak tahun 1940-an dan memiliki citra rasa tradisional yang kental karena proses memasaknya yang masih menggunakan tungku batu dan kayu bakar.

Jam buka: Setiap Hari, pukul 05.00 - 11.00 WIB.

Harga: Rp15.000 - Rp20.000,-

 

Sego Kucing

Sego Kucing atau nasi kucing merupakan makanan unik yang dapat Anda temui di Yogyakarta. Makanan ini disebut sego kucing dikarenakan ukurannya yang kecil seperti porsi makan seekor kucing. 

Sego kucing biasa dihadirkan dengan berbagai lauk pilihan seperti oseng tempe, sate telur puyuh, sate usus, sate ayam, gorengan, dan sambal yang dibungkus menggunakan daun pisang. Anda dapat menikmati Sego Kucing di berbagai angkringan di Yogyakarta, salah satunya di Angkringan Lik Man yang telah berdiri sejak tahun 1950-an. Di sini, Anda juga dapat menikmati sego kucing dengan segelas Kopi Jos yang tidak kalah populer di Yogyakarta.

Jam buka: Setiap hari, pukul 14.00 - 03.00 WIB.

Harga: Mulai dari Rp2.000,-

 

Bakpia

Bakpia merupakan camilan favorit yang sering menjadi oleh-oleh wajib dari Yogyakarta. Nama Bakpia sendiri berasal dari kata Bak yang berarti daging, dan pia yang memiliki arti yaitu kue. Berbentuk bulat dan kecil, kue ini terbuat dari tepung, gula dan aneka isian rasa.

Beragam rasa dapat Anda temukan saat membeli Bakpia Yogyakarta, yaitu  mulai dari kacang hijau, coklat, keju, hingga durian. Bakpia Pathok merupakan bakpia yang paling terkenal di Yogyakarta, Anda dapat menemukan bakpia ini di Bakpia Pathok 25 yang berada di Jl. Karel Satsuit Tubun.

Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00 - 20.30 WIB.

Harga: Rp45.000 - Rp65.000,-/dus

Akses ke Yogyakarta

Sebagai destinasi populer, Yogyakarta memiliki sejumlah moda transportasi yang dapat Anda pilih.

Bus

Terminal Giwangan merupakan terminal bus utama yang berada 4 km dari pusat kota Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Yogyakarta menggunakan jalur darat dengan harga yang terjangkau, Bus mungkin bisa jadi pilihan yang cocok untuk Anda. Perjalanan menuju Yogyakarta menggunakan Bus memakan waktu 8 jam untuk penumpang dari Surabaya, 10 jam dari bandung, hingga 12 jam jika berangkat dari Jakarta.

Yogyakarta juga memiliki Sub Terminal yaitu Terminal Jombor yang berada di kabupaten Sleman dengan rute perjalanan ke arah utara.

Kereta Api

Kereta Api sering menjadi pilihan populer wisatawan yang ingin berkunjung ke Yogyakarta. Moda transportasi ini menyediakan berbagai kelas yang dapat Anda pilih sesuai dengan harga yang Anda inginkan, mulai dari kelas ekonomi, kelas bisnis, hingga kelas eksekutif. Dengan bepergian menggunakan Kereta Api, Anda dapat menikmati serangkaian pemAndangan indah di saat perjalanan.

Yogyakarta memiliki 2 stasiun, yaitu Stasiun Tugu sebagai stasiun utama dan Stasiun Lempuyangan yang berada tidak jauh dari Stasiun Tugu. Stasiun Tugu ditujukan untuk perjalanan dari dan ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Sementara Stasiun Lempuyangan merupakan stasiun khusus kereta api kelas ekonomi yang memiliki rute perjalanan menuju kota-kota kecil di sekitar Yogyakarta.

Kedua stasiun ini juga berada tidak jauh dari pusat kota dan kawasan Jalan Malioboro. Oleh karena itu, Anda dapat menemukan banyak hotel mulai dari yang murah hingga mewah di daerah tersebut.

Pesawat

Moda transportasi lainnya yang dapat Anda pilih adalah dengan menggunakan pesawat terbang. Transportasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menghemat waktu perjalanan atau berasal dari daerah lain dengan jarak yang cukup jauh.

Yogyakarta memiliki satu bandara utama yakni Bandara Internasional Adisucipto yang melayani baik penerbangan dalam maupun luar negeri. Berlokasi strategis, Bandara Adisucipto terletak tidak jauh dari pusat kota dan dari destinasi wisata populer, Candi Prambanan.

Bagi Anda yang takut ketinggalan penerbangan pesawat atau ingin perjalanan wisata Anda selama di Yogyakarta lebih efisien, maka Anda dapat menginap di hotel yang berada di sekitar Bandara Internasional Adisucipto ini.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store