tokopedia-logo
Travel
Bengkulu
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 28 Jan 2023
Check-out
Min, 29 Jan 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Bengkulu

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Mercure Bengkulu

Mercure Bengkulu

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Bengkulu, Bengkulu Province
Bengkulu, Bengkulu Province
8,4
Sangat Memuaskan
Rp711.480
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Bengkulu
Tentang Bengkulu
Tempat Wisata Sejarah di Bengkulu
Tempat Wisata Alam di Bengkulu
Tempat Wisata Kuliner di Bengkulu
Akses Menuju Bengkulu

Tentang Bengkulu

Bengkulu adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia. Provinsi ini berbatasan dengan Lampung, Sumatera Barat, Samudera Hindia, serta Jambi dan Sumatera Selatan. Bengkulu memiliki garis pantai sepanjang 525 kilometer di sepanjang Samudera Hindia. Provinsi ini memiliki banyak sumber daya alam, seperti batu bara, emas, hasil kebun, rempah-rempah, serta sumber daya panas bumi yang sangat besar dan berpotensial tinggi.

Bumi Rafflesia merupakan julukan yang paling terkenal dari daerah Bengkulu. Ini dikarenakan pada tahun 1818, ditemukan bunga Rafflesia Arnoldi di daerah ini. Tumbuhan langka tersebut ditemukan pada salah satu hutan tropis di Bengkulu oleh TS Raffles dan J. Arnold. Selain kaya akan sumber daya alamnya, Bengkulu memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang patut untuk disambangi. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Bengkulu melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Bengkulu

Bengkulu merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Bengkulu dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Benteng Marlborough

Benteng Marlborough telah berdiri sejak tahun 1714 - 1719 yang berfungsi sebagai benteng pertahanan Inggris. Setelah Inggris berpindah ke wilayah Singapura, Bengkulu pun berpindah kekuasaan, yaitu di bawah Belanda. Pada 1803, Benteng Marlborough pun sempat dialihfungsikan sebagai tempat penyimpanan rempah-rempah yang berasal dari Hindia Timur. Benteng ini berada di tepi laut, yang mana memiliki pemandangan indah dari atas bukit. Benteng ini memiliki beberapa ruangan, seperti gudang senjata, ruang tahanan, dan kantor. Selain itu, ada juga peninggalan sejarah yang menarik di sini, seperti meriam besar yang terdapat di halaman museum.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp2.500

Rumah Pengasingan Bung Karno Bengkulu

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno telah beberapa kali diasingkan oleh pihak Belanda. Ketika sedang diasingkan di Ende, Nusa Tenggara Timur, Bung Karno mengalami sakit malaria. Akibatnya, Mohammad Husni Thamrin, sebagai tokoh di Batavia menyatakan protes pada pemerintah Belanda. Hasilnya, Bung Karno pun dipindahkan dari Ende ke Bengkulu. Rumah Bekas Kediaman Bung Karno di Bengkulu ini pun menjadi tempat yang sarat akan sejarah. Bung Karno diasingkan di Bengkulu sejak tahun 1938 sampai tahun 1942. Beberapa peninggalan sejarah yang masih disimpan di rumah tersebut adalah ratusan buku berbahasa Belanda, ratusan pakaian pentas sandiwara, tempat tidur, satu sepeda onthel, sampai surat cinta Bung Karno kepada Fatmawati.

Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket: Rp3.000

Rumah Ibu Fatmawati

Selain ada Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu, ada juga Rumah Ibu Fatmawati, istri ketiga dari Presiden pertama Indonesia. Rumah Ibu Fatmawati terletak di Jalan Fatmawati, Kota Bengkulu. Arsitektur bangunannya sangat unik, karena berbentuk rumah panggung yang didominasi oleh dinding dan lantai kayu. Rumah ini telah dibangun sejak tahun 1920 sebagai rumah tinggal pribadi orang tua Ibu Fatmawati. Lalu, di tahun 1990-an, rumah ini baru dijadikan sebagai museum. Beberapa peninggalan sejarah yang terdapat di rumah ini adalah foto-foto Ibu Fatmawati dan Bung Karno, tempat tidur dan kelambu, mesin jahit yang digunakan untuk menjahit bendera merah putih yang pertama.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Alam di Bengkulu

Jika kamu seorang pecinta alam, kamu tidak boleh melewatkan objek wisata yang ada di Kota Bengkulu. Alam di kota ini sangat indah, mulai dari gunung sampai danau pun dapat kamu kunjungi di sini!

Danau Dendam Tak Sudah

Danau yang terkenal akan kisah legendanya ini berada di Dusun Besar, Bengkulu. Danau Dendam Tak Sudah yang memiliki luas sekitar 67 hektar ini memiliki pesona yang menarik. Ada berbagai flora dan fauna yang hidup di kawasan danau. Anggrek pensil, anggrek matahari, bunga bakung, nipah, serta pakis merupakan beberapa tanaman yang ada di sini. Beberapa fauna yang memiliki habitat asli di sini adalah kera ekor panjang, babi hutan, burung kutilang, lutung, dan siamang. Konon, menurut legenda, nama danau ini tercipta dari kisah pasangan anak muda yang bunuh diri dengan menceburkan diri ke danau dikarenakan tidak direstuinya hubungan mereka oleh orang tua dari perempuan.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp3.000

Pantai Panjang

Sesuai namanya, Pantai Panjang memang memiliki garis pantai yang cukup panjang, yaitu sekitar 7 km dengan lebar mencapai 500 meter. Pantai Panjang telah menjadi wisata pantai yang terkenal di Bengkulu. Banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai destinasi akhir pekan. Dengan pasir putih kecoklatan dan tenangnya suara deburan ombak, objek wisata ini sangat cocok digunakan untuk tempat bersantai. Di sekeliling pantai pun terdapat beberapa pohon cemara dan pohon pinus yang membuat suasana semakin rindang. Saat sore hari, sebelum menyaksikan matahari terbenam, kamu bisa jogging dulu di area pinggir pantai.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Wisata Mangrove Kampung Sejahtera Bengkulu

Hutan mangrove merupakan sebuah destinasi wisata yang unik dan menarik. Di Bengkulu, kamu bisa mengunjungi Wisata Mangrove Kampung Sejahtera. Ya, objek wisata alam ini memang berlokasi di Kampung Sejahtera, Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu. Selain bisa berjalan kaki melihat mangrove, kamu juga bisa berkeliling menggunakan kapal, yang dihargai sebesar Rp15.000 - Rp20.000 per orangnya. Hutan mangrove ini awalnya berfungsi sebagai penahan abrasi laut. Lama kelamaan, banyak orang yang tertarik untuk berwisata ke sini, sehingga mulai dibukalah tempat ini sebagai area wisata. Dengan berwisata ke sini, selain bisa melihat pohon bakau secara langsung, kamu juga bisa mendapatkan wawasan tentang kegunaannya, cara pertumbuhannya, sampai ekosistem bakau yang ada di sana.

Jam Operasional: Setiap hari, buka pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Kuliner di Bengkulu

Berikut adalah beberapa kuliner populer di Bengkulu yang dapat kamu coba untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Restoran Pindang 77

Selain dekat dengan laut, Bengkulu juga memiliki sungai-sungai yang memungkinkan nelayan mendapat berbagai tangkapan ikan yang segar. Bagi kamu yang ingin mencicipi olahan pindang, sudah seharusnya untuk datang ke Restoran Pindang 77 yang ada di Jl. Sedap Malam, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu. Menu andalan di restoran ini adalah pindang patin. Ikan patin yang tersedia di sini sangat segar, sehingga dagingnya terasa manis. Kuah pindangnya sendiri memiliki rasa yang begitu gurih, dan ada cita rasa pedas, asam, manis di dalamnya. Menggunakan berbagai rempah pilihan, olahan pindang di Restoran Pindang 77 terasa sangat lezat.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 09.00 - 22.00 WIB

Harga: Rp20.000 - R60.000

Rumah Makan Sembam Ikan Marola

Menu serba seafood lain di Bengkulu yang perlu kamu coba adalah Rumah Makan Sembam Ikan Marola. Berlokasi di dekat pantai, tempat makan ini memiliki pemandangan yang indah dan membuat suasana makan jadi lebih nikmat. Rumah makan ini menyediakan berbagai menu dari seafood, seperti ikan-ikan laut, cumi-cumi, udang, kepiting, kerang, dan masih banyak lainnya. Salah satu yang tidak boleh terlewat untuk dimakan di sini adalah udang tempoyak, yang merupakan menu andalan dan makanan khas Bengkulu. Tempoyak yang disajikan di sini memiliki rasa yang manis, gurih, dan sedikit pedas. Rasa durian yang ada di campurannya juga tidak main-main, sehingga kamu patut untuk mencobanya!

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 21.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp30.000

Lontong Tunjang Kapuas Raya

Kuliner khas Bengkulu yang harus kamu cicipi selanjutnya adalah Lontong Tunjang Kapuas Raya. Makanan khas Bengkulu yang telah populer ini merupakan perpaduan lontong, kikil, daging sapi, sayur nangka, dan buncis. Kuah lontongnya sangat kental dan gurih, karena tercampur santan di dalamnya. Biasanya, orang-orang gemar menyantapnya sebagai menu sarapan pagi. Kamu bisa menemukan banyak pedagang yang menjual makanan ini, terutama di sekitar Jalan Kapuas Raya. Lontong tunjang ini adalah menu yang telah menjadi favorit masyarakat setempat, sehingga kamu tidak perlu meragukan lagi kualitas rasanya!

Jam Buka: Setiap hari, mulai pukul 06.30 WIB

Harga: Mulai dari Rp10.000

Akses Menuju Bengkulu

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bengkulu, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Bengkulu, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Bengkulu memiliki satu bandara utama, yaitu Bandar Udara Fatmawati Soekarno. Untuk harga tiket pesawatnya sangat beragam, tergantung waktu tertentu. Begitu sampai di bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan spesifik menggunakan taksi bandara, sewa mobil, atau bus kecil.

Bus & Kapal

Selain jalur darat dan udara, bagi kamu yang berasal dari Pulau Jawa, kamu juga dapat memiliki jalur laut untuk sampai ke Bengkulu. Kamu dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Merak, Banten menggunakan kapal feri dan tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Dari sana, perjalanan darat menuju Bengkulu pun berlanjut menggunakan mobil, bus, atau travel. Tarif transportasinya pun beragam, tergantung pada tipe dan fasilitas dari armada yang kamu pilih.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store