tokopedia-logo
Travel
Gorontalo
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sab, 28 Jan 2023
Check-out
Min, 29 Jan 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Gorontalo

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis

Hotel di kota populer

Hotel Citimall Gorontalo

Hotel Citimall Gorontalo

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Gorontalo, Gorontalo
Gorontalo, Gorontalo
7
Memuaskan
Rp800.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Gorontalo
Tentang Gorontalo
Tempat Wisata Alam di Gorontalo
Tempat Wisata Sejarah di Gorontalo
Tempat Wisata Kuliner di Gorontalo
Akses Menuju Gorontalo

Tentang Gorontalo

Gorontalo adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan berada di Pulau Sulawesi. Dengan mayoritas masyarakatnya yang beragama Islam, total populasi jiwa yang ada di Gorontalo setidaknya terdapat 1.166.142 orang pada tahun 2018 silam. Bahasa yang digunakan sebagai bahasa baku di sini adalah Bahasa Gorontalo, Bahasa Suwawa, dan juga Bahasa Atinggola. Selain itu, budaya yang ada di Gorontalo juga masih sangat kental seperti beberapa tradisinya yang masih dijalankan hingga saat ini. Contohnya adalah tradisi Walima, Me’raji, dan juga Malam Tumbilotohe. Tidak hanya kaya akan kebudayaan yang melimpah, Gorontalo juga kaya akan destinasi wisata populer yang beragam untuk dikunjungi.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Gorontalo seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Gorontalo juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya hotel di Sulawesi Utara, namun para wisatawan juga dapat menemukan berbagai hotel lainnya seperti hotel di Bitung, hotel di Manado, dan di daerah lainnya.

Tempat Wisata Alam di Gorontalo

Beberapa lokasi wisata alam di Gorontalo memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Gorontalo yang patut Anda sambangi.

Pulo Cinta

Salah satu wisata yang sangat populer di Gorontalo dan tentunya sangat dikenal di kalangan wisatawan asing adalah Pulo Cinta. Pulau dengan bentuk hati ini sangatlah cantik, alami, asri, dan juga memiliki suasana romantis yang sangat kuat. Oleh sebab itu, banyak sekali pasangan yang memutuskan untuk berbulan madu di Pulo Cinta. Namun tidak hanya untuk yang berpasangan, banyak juga wisatawan yang datang bersama teman-temannya maupun sendiri untuk melihat keindahan pulau ini. Siapapun yang datang ke sini akan disuguhi dengan hamparan laut dilengkapi air biru yang sangat bersih dan jernih. Tidak hanya itu, suasana di Pulo Cinta juga terbilang sangat menyejukkan karena tidak ada polusi sama sekali. Untuk para penyelam, lokasi ini termasuk destinasi terbaik karena memiliki pemandangan laut yang kaya akan terumbu karang, serta berbagai binatang laut di bawahnya.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Gratis

Air Terjun Taludaa

Masih sama-sama wisata air, namun jenis wisata kali ini adalah air terjun yang terbilang masih jarang dikunjungi di Gorontalo yaitu Air Terjun Taludaa. Jalur yang harus dilewati untuk sampai ke area air terjun ini adalah kawasan hutan yang dikelilingi pohon-pohon besar, dan juga jalanan yang cukup menantang karena licin. Sesampainya di area air terjun tersebut, para pengunjung akan menyaksikan air dengan ketinggian 42 meter dengan bibit air cukup deras. Airnya berasal langsung dari pegunungan, seluruh pengunjung akan merasakan suasana menyejukkan yang masih menyatu dengan alam dan sangat cocok dijadikan tempat untuk bersantai serta berenang.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Pantai Dunu

Gorontalo memang kaya akan wisata baharinya yang beragam. Salah satunya merupakan Pantai Dunu yang berada tepat di Desa Dunu. Memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih dan sangat luas, Pantai Dunu kerap dipenuhi oleh wisatawan lokal yang berolahraga di area bibir pantai seperti bermain voli. Selain itu, para pengunjung juga dapat bebas melakukan aktifitas pantai lainnya seperti berenang maupun bersantai. Saat yang tepat untuk mengunjungi Pantai Dunu adalah di saat sore hari ketika matahari ingin tenggelam. Pada saat itu, pemandangan matahari berwarna kuning dan jingga akan menghiasi langit dan memberikan kesan eksotis dari pinggir pantai. Terdengar sangat menarik, bukan?

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 5.000,-

Tempat Wisata Sejarah di Gorontalo

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata sejarah di Gorontalo yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Benteng Otanaha

Jenis wisata lainnya yang ada di Gorontalo dan memiliki banyak peminat adalah wisata sejarah. Salah satunya adalah Benteng Otanaha yang berlokasi di Jl. Usman Isa, Dembe I, Kota Bar, Kota Gorontalo. Telah dibangun sejak tahun 1522 silam, benteng ini memiliki arsitektur yang sangat unik dan terletak di atas sebuah bukit. Untuk para pengunjung yang ingin mengunjungi Benteng Otanaha harus melewati 348 buah anak tangga hingga sampai ke lokasi benteng di atas. Konon katanya, benteng ini adalah salah satu bukti destinasi yang pernah dikunjungi Bangsa Portugis pada zaman dahulu. Selain nilai sejarahnya, para pengunjung juga bisa menikmati keindahan alam dari atas lokasi benteng yang memperlihatkan hamparan pohon kehijauan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08. 00 - 18.00 WITA

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-

Benteng Ulanta

Wisata sejarah lainnya yang ada di Gorontalo dan dapat Anda singgahi adalah Benteng Ulanta yang berlokasi tepat di Ulanta, Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Memiliki konsep layaknya bentuk bangunan dengan arsitektur Eropa, Benteng Ulanta ini memiliki menara menyerupai kastil yang cukup tinggi dan megah dan terbuat dari batu bata. Salah satu aktivitas yang kebanyakan wisatawan lakukan di Benteng Ulanta adalah menikmati terbenamnya matahari dari atas benteng yang sangat terlihat jelas panoramanya. Selain itu, lokasi atau rute yang harus dilalui juga tidaklah sulit. Itulah mengapa Benteng Ulanta selalu dikunjungi oleh para wisatawan utamanya saat di sore hari.

Jam operasional: Senin - Sabtu pukul 06.00 – 17.00 WITA dan Minggu pukul 09.00 - 17.00 WITA

Harga tiket: Rp 20.000,-

Museum Popa Eyato

Wisata sejarah lainnya yang dapat Anda kunjungi di Gorontalo adalah Museum Popa Eyato. Menjadi salah satu museum yang ada di Gorontalo, Museum Popa Eyato menyimpan berbagai koleksi peninggalan sejarah pada zaman dahulu. Beberapa koleksinya diantaranya adalah alat rumah tangga kuno, parang, tombak, sampai keberadaan bendera Indonesia yang pertama dikibarkan saat 1942 saat Gorontalo berulang tahun silam. Secara total, ada 300 benda atau koleksi sejarah yang terdiri dari koleksi etnografika dan juga historika. Jika Anda datang ke museum ini, ada banyak yang dapat Anda pelajari termasuk mengenai sejarah serta edukasi zaman dahulu.

Tempat Wisata Kuliner di Gorontalo

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Gorontalo. Berikut beberapa wisata kuliner Gorontalo yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Rumah Makan Sakinah

Berbicara mengenai wisata kuliner di Gorontalo, salah satu tempat atau warung makan yang selalu ramai oleh pengunjung adalah Rumah Makan Sakinah di Dulamayo Barat, Telaga, Gorontalo. Salah satu menu andalan yang wajib dicicipi saat di sini adalah milu siram. Hidangan tersebut merupakan semangkuk jagung yang disiram dengan kuah kaldu kental, lalu dicampur juga dengan ikan tuna atau ikan tongkol yang biasanya sudah dibakar dan sudah matang terlebih dahulu. Ciri khas dari milu siram ini adalah kuahnya yang memiliki rasa gurih karena bumbunya mengandung jeruk nipis, cabai, daun pepaya, serta bumbu-bumbu lainnya yang telah dihaluskan dan dicampurkan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.30 – 16.00 WITA

Harga: Rp 25.000,-

Sate Tuna Gorontalo

Untuk para penggemar hidangan sate, mungkin sate kambing atau sate berbahan dasar ayam dan sapi sudah menjadi hal yang biasa serta mudah ditemukan. Tetapi apakah Anda pernah mencoba sate yang berbahan dasar ikan? Anda bisa mencicipinya di Gorontalo dengan nama hidangan sate tuna. Terdengar menarik, bukan? Pengunjung di sini akan mencoba sepiring sate tuna yang sudah dipotong-potong, ditusuk, dan juga dibakar, lalu dihidangkan bersamaan dengan sambal super pedas. Jika Anda ingin mengunjungi warung sate ini, bersiaplah untuk mengantri dengan pembeli lainnya ya!

Jam operasional: Senin - Sabtu pukul 06.30 – 23.00 WITA

Harga: Mulai dari Rp 4.000,-

Coto Daeng Je’ne Berang

Wisata kuliner terakhir yang dapat Anda sambangi saat berada di Gorontalo adalah Coto Daeng Je’ne Berang, berlokasi di Jl. D.I. Panjaitan, Kota Gorontalo. Jika Anda termasuk ke salah satu orang yang menyukai olahan makanan berkuah dan memiliki cita rasa segar dan gurih, maka Coto Daeng Je’ne Berang cocok menjadi pilihan terbaik. Selain itu, lokasinya yang mudah ditemukan juga menjadi faktor yang membuat warung makan ini sering dikunjungi para pelancong.

Jam operasional: 24 jam

Harga: Rp 30.000,-

Akses Menuju Gorontalo

Untuk mengunjungi Gorontalo, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat dengan tujuan Jakarta, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di beberapa terminal bus yang sangat terkenal dan tentunya berlokasi tepat di Jakarta. Salah satu terminal bus yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan pemberhentian adalah Terminal Dungingi. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju lokasi tepat yang diinginkan.

Kapal

Alternatif darat lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Gorontalo. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di beberapa pelabuhannya yang sangat terkenal dan salah satunya adalah Pelabuhan Gorontalo. Sesampainya di pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi tujuan dengan mudah dan menyambungnya dengan angkutan umum sekitar.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Jakarta menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin atau Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Jakarta dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara dengan tujuan lokasimu.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store