tokopedia-logo
Travel
Jawa Barat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sen, 5 Des 2022
Check-out
Sel, 6 Des 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jawa Barat

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Royal Tulip Gunung Geulis Resort and Golf

Royal Tulip Gunung Geulis Resort and Golf

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Bogor, Jawa Barat
Bogor, Jawa Barat
8,4
Sangat Memuaskan
Diskon Spesial
Rp2.565.000
Rp2.308.500
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Jawa Barat
Tentang Jawa Barat
Tempat Wisata Sejarah di Jawa Barat
Tempat Wisata Alam dan Rekreasi Populer di Jawa Barat
Tempat Wisata Kuliner di Jawa Barat
Akses Menuju Jawa Barat

Tentang Jawa Barat

Jawa Barat merupakan sebuah provinsi di Indonesia. Ibu kotanya sering disebut sebagai Paris van Java (Bandung). Wilayah ini memiliki sejarah panjang, hal ini terbukti dengan adanya berbagai temuan arkeologis berupa artefak logam yang diperkirakan berasal dari milenium pertama masehi di sepanjang Anyer sampai Cirebon. Selanjutnya pada masa kerajaan, wilayah Jawa Barat merupakan bagian dari kerajaan Tarumanegara. Setelah keruntuhan Tarumanegara, wilayah ini dikuasai oleh Kerajaan Sunda yang hingga hari ini menjadi identitas kolektif kesukuan dan budaya Jawa Barat dan Banten. Oleh karena itu, tidak heran apabila Jawa Barat memiliki objek wisata sejarah dengan budaya yang beragam.

Selain itu, di Jawa Barat juga terdapat berbagai objek wisata alam yang hanya dapat Anda temukan di Jawa Barat. Berbagai aktivitas dapat Anda lakukan seperti menikmati jernihnya aliran sungai dengan bingkai bebatuan alam, panorama kawah putih yang eksotis, merdunya suara guyuran air terjun,hamparan hutan dan desa yang dapat Anda lihat dari atas tebing dan bukit, hingga sunset di pinggir pantai saat senja yang eksotis.

Bagi para pecinta kuliner, Jawa Barat adalah surga yang menyuguhkan berbagai macam makanan, kudapan sampai minuman khas sunda yang sudah terkenal. Berbagai hidangan khas Sunda yang populer diantaranya adalah nasi timbel, sayur asem, oncom, sambal terasi, bakakak hayam, empal gentong, surabi, cimol, cireng, bala-bala, bajigur, bandrek cendol dan es lilin. Hidangan-hidangan tersebut dapat dengan mudah Anda temukan di pinggir jalan sampai restoran bintang 5. Jika berencana untuk menginap di daerah Jawa Barat, Anda dapat dengan mudah pesan hotel di Tokopedia. Berbagai pilihan hotel tersedia lengkap di seluruh wilayah Jawa barat, seperti hotel di Bandung, hotel di Bogor, hotel di Pangandaran, hotel di Depok, dan hotel di Jawa Barat lainnya.

Tempat Wisata Sejarah di Jawa Barat

Sejarah panjang yang terjadi di Jawa Barat meninggalkan berbagai bukti sejarah, salah satunya bangunan yang sampai saat ini Anda dapat lihat. Ada pula kampung yang masih menjaga kearifan lokalnya di daerah Tasikmalaya. Nah ini dia beberapa rekomendasi wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi

Komplek Candi Batujaya

Candi seringkali menjadi destinasi wisata Anda jika berkunjung ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur, di Jawa Barat pun ada komplek candi loh. Di daerah Karawang terdapat komplek Candi Batujaya yang merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara dan diketahui sebagai candi tertua di Indonesia. Jika Anda berkunjung kesini, Anda akan disuguhkan pemandangan hijau dari sawah yang mengelilingi komplek Candi Batujaya. Sebagai komplek candi, tentunya terdapat beberapa candi yang tersebar, diantaranya yang populer adalah Candi Jiwa dan Candi Blandongan. Uniknya adalah candi-candi disini dibangun menggunakan batu bata merah dengan campuran sekam padi.

Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Harga tiket : Rp 5.000,-

Keraton-Keraton di Cirebon

Beralih ke Cirebon, wisata sejarah yang menarik yaitu berkunjung ke keraton di Cirebon yang tidak hanya satu melainkan ada empat keraton. Dimulai dari keraton pertama di Cirebon, Anda akan berkunjung ke Keraton Kasepuhan Cirebon. Di keraton ini terdapat museum dan bangunan induk yang menjadi tempat sultan berkegiatan. Sayangnya Anda tidak dapat melihat bangunan induk tersebut karena privasi. Jangan sedih, karena Anda dapat melihat berbagai koleksi-koleksi menarik di museum. Anda dapat melihat lukisan terkenal sang Prabu Siliwangi, kereta kencana Singa Barong dan lainnya. Melanjutkan perjalanan 1 meter dari Keraton Kasepuhan Cirebon, Anda akan menemukan Keraton Kanoman. Disini Anda akan melihat berbagai peninggalan Sunan Gunung Jati yang menyebarkan agama islam di Cirebon. Salah satu peninggalan yang menjadi masterpiece adalah kereta Paksi Naga Liman yang dahulu dipakai Sunan Gunung Jati. Pastikan Anda melihat patung singa putih yang ikonik di halaman keraton ini. Selanjutnya Anda dapat berkunjung ke Keraton Kacirebonan. Berbagai benda bernilai sejarah penting seperti kitab zaman para wali, senjata, wayang gamelan hingga batik-batik khas Cirebon dipamerkan disini. Kemudian Anda dapat melihat langgar yang telah berdiri sejak 1707 di Keraton Kaprabonan. Di keraton ini dahulu digunakan sebagai penobatan dan pengukuhan raja-raja Cirebon.

Jam operasional: 08.00 – 18.00 WIB

Harga tiket : Rp 15.000 – Rp 25.000 ,-

Kampung Naga

Jika di Banten terdapat Kampung Baduy, di Jawa Barat terdapat Kampung Naga yang tak kalah menarik. Berlokasi di Tasikmalaya, Kampung Naga ini masih memegang teguh tradisi leluhur. Hal ini pun tercermin pula pada tradisi, pantangan dan keadaan alam sekitarnya. Anda tidak akan menemukan aliran listrik disini karena masyarakat memanfaatkan pencahayaan sinar matahari di siang hari kemudian pada malam harinya menggunakan obor. Rumah di kampung ini jumlahnya tidak banyak, hanya ada 113 rumah. Lokasinya pun mengikuti kontur tanah, uniknya rumah-rumah ini sebagian besar berjenis panggung dengan atap khasnya yang disebut sebagai atap cagak gunting. Jika ingin menginap, Anda harus mengantongi izin dari para tetua adat melalui pemandu. Untuk pemandu, Anda dapat menggunakan pemandu lokal dengan tarif Rp 150.000 – Rp 200.000. Beberapa tips untuk Anda yang akan berkunjung adalah gunakan pakaian yang sopan, selain itu Anda wajib mematuhi peraturan yang berlaku. Beberapa diantaranya adalah tidak memasuki hutan larangan, tidak boleh memutar musik/lagu dan tidak mengambil gambar pada beberapa tempat yang dilarang.

Jam operasional: 08.00 – 17.30 WIB

Harga tiket : Gratis

Tempat Wisata Alam dan Rekreasi Populer di Jawa Barat

Tidak hanya wisata sejarah yang dimiliki Jawa Barat, berbagai keindahan alam juga turut menjadi primadona. Selain itu tersedia pula berbagai tempat rekreasi yang populer. Ini dia rekomendasinya yang dapat dimasukkan Anda masukkan ke list perjalanan Anda di Jawa Barat.

Pulau Biawak

Jawa Barat juga memiliki pulau Biawak yang tak kalah indah dari pulau Komodo di Nusa Tenggara Barat. Ratusan biawak ada di pulau dengan luas 120 hektar ini. Selain melihat biawak dengan pemandangan yang indah, Anda juga dapat snorkeling dan diving. Pesona alam bawah air yang biru jernih dengan berbagai biota laut yang menawan menjadikan kegiatan menyelam ini sangat menarik. Selain bermain air, Anda juga bisa trekking menjelajah hutan bakau di pulau ini. Jangan lupa untuk melihat mercusuarnya yang dibangun pada masa kolonial. Dari atas mercusuar ini, Anda akan melihat pemandangan yang memukau. Tertarik untuk berkunjung ke sini?

Jam operasional: Setiap hari

Harga tiket : Rp 250.000 – Rp 500.000,- (tergantung vendor wisata yang Anda pilih)

Leuwi Hejo

Wisata alam lainnya yang bisa Anda kunjungi di Jawa Barat adalah curug. Tentu saja wilayah Jawa Barat yang menyimpan berbagai curug nan indah ada di Bogor. Dari sekian banyak curug, Anda dapat menikmati curug yang airnya berwarna biru kehijauan di Leuwi Hejo. Anda tak perlu repot-repot mengedit hasil foto di curug ini jika ingin menguploadnya di sosial media Anda. Curug Leuwi Hejo ini terdiri dari tiga tingkatan yaitu Leuwi Hejo, Leuwi Lieuk dan yang paling atas adalah Cibaliung. Selain bermain air, Anda sekaligus mendapatkan kegiatan trekking menuju curug ini. Jangan khawatir, jalurnya cukup landa dan aman. Segera masukkan destinasi ini ke dalam list perjalanan Anda ya.

Jam operasional: 07.00 – 18.00 WIB

Harga tiket : Rp 15.000,-

Kawah Putih Ciwidey

Letusan Gunung Patuha menjadi cikal bakal terbentuknya Kawah Putih ini. Bentuknya merupakan danau dengan air yang berwarna biru muda kehijauan. Uniknya, warna air di danau ini akan terus berubah menyesuaikan kadar belerang, suhu serta cuaca. Tanah di sekitarnya berwarna putih akibat kandungan belerang di dalamnya. Jangan lupa untuk memakai pakaian yang agak tebal/membawa jaket karena suhu di Kawah Putih ini berkisar 22 derajat hingga 8 derajat. Pemandangan yang disajikan tidak akan membuat Anda menyesal, bahkan para pengantin pun seringkali melakukan foto prewedding disini.

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket : Rp 27.000,-

Farmhouse Lembang

Tempat wisata yang dibuka sejak tahun 2015 ini kian populer di masyarakat. Farmhouse lembang memberikan suasana unik ala Eropa dengan berbagai kegiatan menarik. Bahkan ketika Anda memasuki tempat wisata ini, Anda akan diberikan welcome drink berupa susu murni dengan berbagai pilihan rasa. Jika masih ingin menikmati lezatnya susu murni khas lembang tersebut, Anda dapat menukarkan tiket masuk dengan segelas susu murni di tempat penukaran. Tak jarang karena kelezatannya seringkali dijadikan oleh-oleh. Objek wisata yang banyak digandrungi pengunjung salah satunya adalah rumah Hobbit. Selain itu Anda dapat melihat peternakan dengan berbagai hewan yaitu kambing, kelinci, sapi, burung dan lainnya. Tentu saja objek wisata ini menjadi salah satu tempat untuk memberikan edukasi ke anak-anak Anda. Jangan lupa untuk berfoto dengan hewan-hewan ini ya. Anda juga dapat melihat bangunan dan taman bergaya Eropa disini, ada pula tempat dimana orang-orang dapat menggantungkan gembok cinta seakan-akan di Korea. Anda pun dapat menyewa baju ala-ala noni Belanda lengkap dengan hiasan kepalanya. Kemudian berfoto di bangunan-bangunan unik disini, pasti hasilnya hampir mirip dengan foto di luar negeri.

Jam operasional: 08.00 – 20.00 WIB

Harga tiket : Rp 25.000,-

Taman Safari Cisarua

Sebagai taman safari yang paling populer di Indonesia, Anda wajib berkunjung kesini jika akan berlibur ke Jawa Barat. Sebanyak 5000 satwa dapat Anda lihat,ada harimau, singa, jerapah, orangutan, beruang madu, kambing gunung, gajah, zebra, burung dan masih banyak lainnya. Tak kalah menarik ada area khusus hewan-hewan yang masih kecil yaitu baby zoo. Anda akan mengelilingi hewan-hewan tersebut menggunakan kendaraan roda 4, Anda dapat memberikan makan beberapa hewan dengan wortel. Namun ketika memasuki area satwa karnivora yang buas, jangan coba-coba untuk membuka jendela apalagi memberi makan karena hal tersebut terlarang dan beresiko. Anda pun dapat berfoto dengan hewan-hewan yang sudah jinak dengan pawangnya untuk mengabadikan momen. Selain melihat berbagai satwa, tersedia pula berbagai pertunjukkan hewan dan permainan 4D.

Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB

Harga tiket : Rp 160.000 – Rp 220.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Jawa Barat

Berkunjung ke Jawa Barat tak lengkap jika tidak mencicipi aneka makanannya yang populer, ini dia beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Nasi Jamblang Pelabuhan Cirebon

Kuliner nasi yang dibungkus dengan daun jari dan disantap bersama aneka lauk disebut sebagai nasi jamblang. Di Cirebon, terdapat Nasi Jamblang Pelabuhan yang terkenal dan legendaris. Bahkan banyak sekali pejabat seperti menteri yang sudah mampir kemari menikmati kelezatannya. Berbagai lauk yang tersedia seolah berteriak untuk diciduk, ada tempe goreng, ayam goreng, semur tahu, aneka olahan telur, aneka sate jeroan, ikan asin, perkedel, oseng kerang, semur daging dan masih banyak lainnya. Diantara lauk tersebut, ini dia yang paling juara dan khas, blakutak. Balakutak adalah cumi yang dimasak dengan tintanya, dijamin Anda akan ketagihan. Jangan sampai kesiangan, karena ramainya peminat seringkali semua masakan telah habis sebelum jam tutupnya.

Jam operasional: 06.00 – 15.00 WIB

Harga : Rp 1.500 – Rp 15.000,-

Sate Maranggi H. Yetty Cibungur Purwakarta

Makanan legendaris lainnya di Jawa Barat adalah Sate Maranggi H. Yeti yang telah ada sejak tahun 1990an. Pilihan dagingnya pun beragam, ada daging sapi, daging kambing hingga daging ayam. Sebelum di bakar, daging-daging ini direndam menggunakan bumbu khas, kemudian ditusuk dan dibakar. Anda tidak akan menemukan bumbu kacang, namun rasanya sangat lezat. Sebagai pelengkap, sate ini disajikan dengan sambal rawit pedas yang dicampur dengan tomat.

Selain satenya yang terkenal, ada juga menu makanan lainnya seperti sop daging kambing/sapi, bekakak ayam kampung, ikan bakar gurame dan karedok.

Jam operasional: 08.00 – 20.30 WIB

Harga : Rp 5.000 – Rp 120.000,-

Sapo Mie Acek Ameng

Kuliner sapo mie yang populer ini berada di Bogor. Sudah banyak pecinta kuliner yang mereview makanan ini, jadi jangan ragu untuk mencicipi hidangan yang satu ini. Mie yang digunakan berbeda dengan mie biasa karena bentuknya tebal. Dalam seporsi sapo mie, Anda akan mendapatkan mie dengan isian berupa sayuran, bakso, tofu, ikan dan udang yang diguyur kuah kaldu yang gurih dan kental. Penyajiannya pun unik menggunakan clay pot/panci khusus sapo. Selain sapo mie, ada pula pilihan lainnya seperti sapo kwetiau atau sapo bihun. Bagaimana? Menarik ya.

Jam operasional: 09.00 – 17.00 WIB (Senin tutup)

Harga : Rp 35.000 – Rp 20.000,-

Akses Menuju Jawa Barat

Jika Anda akan berkunjung ke Jawa Barat, dibawah ini adalah alternatif yang bisa menjadi panduan Anda sebelum berangkat.

Pesawat

Jalur udara menggunakan pesawat seringkali menjadi pilihan alternatif bagi Anda yang ingin sampai dengan cepat. Di Jawa Barat terdapat dua bandara yaitu Bandara Husein Sastranegara dan Bandara Internasional Kertajati yang berada di Bandung dan Bandara Cakrabuana di Cirebon. Anda dapat pesan tiket pesawat di Tokopedia dengan bandara tujuan yang lokasinya paling dekat dengan destinasi Anda. Pastikan setelah mendarat di Bandara, Anda sudah menentukan untuk melanjutkan perjalanan menggunakan transportasi yang akan digunakan untuk menghemat waktu.

Kereta

Anda juga dapat menempuh perjalanan jalur darat dengan menggunakan kereta jarak jauh. Anda dapat pesan tiket kereta api dengan tujuan stasiun Cirebon, stasiun Paledang, stasiun Bandung atau stasiun dekat kota-kota utama di wilayah Jawa Barat. Anda dapat berangkat dari Jakarta, Sukabumi, Surabaya, Yogyakarta maupun Semarang. Waktu tempuhnya pun berbeda-beda tergantung dari mana dan stasiun mana yang Anda tuju. Setelah sampai di stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki jika destinasi Anda cukup dekat atau transportasi lainnya yang tersedia.

Bus

Wilayah Jawa Barat cukup luas, untuk daerah kota pastinya terdapat rute bus dengan tujuan seperti Depok, Bogor, Cirebon, Bandung, Banjar, Bekasi, Sukabumi dan Tasikmalaya. Titik keberangkatannya pun berbeda-beda. Anda dapat berangkat dari terminal Kampung Rambutan, terminal Kebon Nanas, terminal Harjamukti, terminal Lebak Bulus, terminal Jatijajar atau terminal lainnya. Harga tiket untuk satu orangnya pun beragam tergantung titik keberangkatan Anda. Jika jaraknya cukup dekat, sekitar Rp 80.000 hingga Rp 150.000 dan untuk jarak jauh bisa sampai Rp 300.000 atau lebih.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store