tokopedia-logo
Travel
Jawa Tengah
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 5 Feb 2023
Check-out
Sen, 6 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jawa Tengah

Hotel di kota populer

Hotel di area populer

Hygiene Verified
Alila Solo

Alila Solo

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Surakarta, Jawa Tengah
Surakarta, Jawa Tengah
8,7
Mengesankan
Rp1.400.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Jawa Tengah
Tentang Jawa Tengah
Tempat Wisata Sejarah di Jawa Tengah
Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah
Wisata Kuliner di Jawa Tengah
Akses Menuju Jawa Tengah

Tentang Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah sebagai salah satu daerah destinasi wisata Indonesia menawarkan berbagai macam atraksi wisata, baik yang bersifat alam, budaya, maupun buatan. Jawa Tengah terletak persis di tengah Pulau Jawa. Berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat di bagian barat, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur. Di bagian selatan juga terletak Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jawa Tengah adalah jantung budaya dan pusat sejarah dari Pulau Jawa itu sendiri.

Sebagai ‘rumah’ dari monumen besar kelas dunia, Borobudur dan Prambanan, daerah ini adalah wilayah dengan beragam tempat wisata yang harus dilihat di Jawa. Jakarta mungkin adalah ibu kota negara, tetapi identitas Jawa paling kuat ada di Jawa Tengah. Di sinilah peradaban besar pertama yang merupakan pengaruh dari India berasal dan berfungsi sebagai benteng kesultanan Islam besar, yang berpusat di Kraton Yogyakarta dan Solo. Beberapa kota di Jawa Tengah yang memiliki tempat wisata terbaik antara lain Yogyakarta, Solo, Semarang, Kawasan Dieng, dan masih banyak lainnya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Jawa Tengah melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Jawa Tengah dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, dekat dengan Muntilan, Jawa Tengah, Indonesia. Dibangun pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra (650 - 1025 M), Borobudur tetap menjadi candi Buddha terbesar di dunia. Candi Borobudur berdiri megah di puncak bukit yang menghadap ke ladang hijau subur dan perbukitan yang jauh. Destinasi wisata populer di Yogyakarta ini memiliki total luas permukaan sekitar 2.500 meter persegi.

Borobudur, yang merupakan tempat wisata sejarah di sekitar Yogyakarta, memiliki desain yang luar biasa indah, dihiasi dengan 2.672 relief serta 504 patung Buddha. Desain Candi Borobudur adalah perpaduan gaya Jawa dan arsitektur Dinasti Gupta. Patung-patung di Borobudur memiliki keunikan masing-masing, karena menggambarkan ajaran kehidupan dan kebijaksanaan pribadi Buddha. Candi Borobudur ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Liburan ke Jawa Tengah tidak akan lengkap jika kamu tidak mengunjungi Candi Borobudur!

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 15.00 WIB (Senin Tutup)

Harga Tiket: Rp25.000 - Rp75.000

Lawang Sewu

Lawang Sewu dalam bahasa Jawa berarti “seribu pintu”. Namun, bangunan ini tidak benar-benar memiliki seribu pintu. Nama tersebut digunakan karena ada banyak pintu dan jendela di bangunan ini. Destinasi wisata di Semarang ini berupa bangunan besar dan misterius. Lawang Sewu pun bukan sekedar bangunan yang sepi, tetapi merupakan ikon sejarah dan pahlawan.

Lawang Sewu terletak di Semarang, Jawa Tengah. Situs ini memiliki banyak daya tarik yang bisa dinikmati pengunjung. Pertama, bangunan megah ini sudah ada sejak masa pemerintahan Belanda. Selain itu, bangunan ini juga memancarkan nuansa menyeramkan dan memiliki cerita mistis. Hal lain yang biasa dilakukan di Lawang Sewu adalah fotografi. Wisatawan dapat mengambil foto baik di luar maupun di dalam gedung.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00 - 21.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat adalah sebuah keraton kuno yang berdiri sejak tahun 1744 di pusat Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Keraton ini menjadi rumah tetap bagi Sri Sunan (Raja) saat ini dan keluarganya. Dahulu, ada kerajaan Jawa yang menjadi ikon Kota Solo, yaitu Keraton Kasunanan, yang dibangun oleh Susuhunan Pakubuwono II pada tahun 1744 sebagai pengganti Keraton Kartasura, karena dirusak oleh Geger Pecinan pada tahun 1743. Istana resmi yang digunakan oleh Kasunanan Surakarta ini adalah Keraton Surakarta Hadiningrat. Keraton Kasunanan memiliki luas sekitar 54 are dan memiliki banyak koleksi sejarah, seperti patung, senjata, dan beberapa peninggalan kerajaan. Keraton Surakarta Hadiningrat adalah tempat wisata di Solo yang harus kamu kunjungi.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 15.00 WIB

Harga Tiket: Rp8.000 - Rp15.000

Tempat Wisata Alam di Jawa Tengah

Berada di daerah pegunungan dan pesisir pantai, tujuan wisata alam di Jawa Tengah kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Punthuk Setumbu

Bukit Punthuk Setumbu adalah salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbit di Yogyakarta serta Jawa Tengah. Dengan latar belakang Gunung Merapi dan juga Candi Borobudur yang megah di pagi hari, dengan lautan kabut, pemandangan di sini tak ada duanya. Tidak heran, Punthuk Setumbu, yang merupakan tempat wisata populer di Yogyakarta ini akhirnya menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan sunrise bagi wisatawan dan juga menjadi spot favorit para fotografer. Punthuk Setumbu adalah sebuah bukit yang berada di ketinggian 400 meter di atas permukaan laut, dan terletak di Pegunungan Menoreh.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 04.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp20.000

Gunung Prau

Gunung Prau yang terletak di dekat Dieng, sudah beberapa lama ini menjadi favorit bagi para pendaki gunung. Bahkan, jika dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Jawa, Gunung Prau memiliki ketinggian sedang dengan jalur yang tidak begitu sulit. Gunung Prau memiliki ketinggian sekitar 2.565 di atas permukaan laut. Daya tarik di Gunung Prau adalah pemandangan sunrise dan sunset. Selain bisa melihat sunrise yang indah, dari puncak Gunung Prau pendaki pun bisa melihat beberapa gunung lainnya, seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan juga Gunung Slamet di sebelah barat.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau adalah kompleks kaldera yang terbentuk dari letusan Gunung Prau purba. Kaldera ini pernah terisi air dan kemudian mengering, tetapi aktivitas vulkanik berlanjut hingga hari ini, dengan asap belerang. Terletak di ketinggian 2.000 meter dari atas permukaan laut, suhu udara di Dieng jauh lebih dingin daripada dataran rendah di sekitarnya. Dengan datang ke Dieng, kamu akan dibawa kembali ke zaman kuno. Sebab, beberapa candi yang ada di Dieng merupakan peninggalan dari masa kejayaan kerajaan Hindu di Jawa pada abad ke-7 dan ke-8. Masing-masing candi kecil di Dieng dinamai dengan tokoh-tokoh dalam kisah Mahabarata, seperti Bima, Gatotkaca, Arjuna, dan Srikandi. Secara keseluruhan, daya tarik Dieng yang membuat tempat wisata di Jawa Tengah ini ramai dikunjungi adalah adanya Telaga Warna, Kawah Sikidang, panorama sunrise di Bukit Sikunir, Candi Arjuna, serta beberapa budaya lokal seperti ruwatan rambut gimbal.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp10.000 - Rp20.000

Wisata Kuliner di Jawa Tengah

Berikut beberapa restoran populer di Jawa Tengah yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Nasi Tiwul

Tiwul merupakan makanan khas Gunungkidul. Tiwul terbuat dari singkong kering (tapioka). Makanan yang selama ini diidentikkan dengan kemiskinan, kini menjelma menjadi sajian unik dari Gunungkidul, yang banyak dicari orang. Keistimewaan tiwul adalah di mana kamu bisa mencicipi rasa manis dan gurihnya. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi gula aren dengan tambahan parutan kelapa. Tiwul memiliki tekstur yang lembut, berbentuk bola kecil, dan sedikit kenyal, sehingga makanan khas Gunungkidul (Yogyakarta) ini sangat enak disantap apalagi selagi hangat.

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang adalah sejenis makanan rollade yang berisi rebung, telur, dan ayam atau udang. Rasa lumpia Semarang merupakan perpaduan antara cita rasa Tionghoa dan Indonesia, karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia, dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Lumpia Semarang adalah makanan khas Semarang, yaitu asal muasal lumpia ini ditemukan. Lumpia Semarang biasanya disajikan dengan cara digoreng atau tanpa digoreng, karena isiannya sudah matang. Kamu bisa menemukan toko lumpia Semarang di Kota Semarang, Jawa Tengah dengan mudah. Beberapa toko Lumpia Semarang yang terkenal di Semarang adalah Lunpia Gang Lombok, Lunpia Mataram, dan Loenpia Mbak Lien.

Soto Kudus

Soto sangat populer di Indonesia, dan popularitasnya sebagian besar disebabkan oleh hidangan ini dapat dimakan untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Nah, jika kamu mengunjungi Kudus, Jawa Tengah, jangan lupa untuk menyantap Soto Kudus! Kuliner khas Kudus, yaitu Soto Kudus ini memang berasal dari Kota Kudus di Jawa Tengah. Biasanya, Soto Kudus disajikan dalam mangkuk kecil, dengan tauge, telur rebus, dan bawang goreng, yang menciptakan aroma menggoda yang akan memikat semua orang. Keunikan Soto Kudus adalah tidak menggunakan daging sapi, melainkan daging ayam, daging kerbau, atau daging kambing. Hal ini karena adat di Kota Kudus tidak memperbolehkan masyarakatnya memakan daging sapi yang dianggap suci.

Akses Menuju Jawa Tengah

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Jawa Tengah, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Bus

Bus dapat menjadi sarana yang dapat kamu pilih jika ingin berkunjung ke Jawa Tengah menggunakan jalur darat. Kamu dapat menggunakan Bus Antar Kota Antar Provinsi untuk sampai ke Jawa Tengah. Jika kamu berangkat dari Jakarta, pilihan rute yang bisa ditempuh adalah dengan menaiki bus trayek Jakarta menuju kota-kota tujuan yang ada di Jawa Tengah dari terminal mana saja. Nantinya, kamu akan berhenti di terminal kota tujuanmu di Jawa Tengah atau di pemberhentian bus-bus tertentu.

Kereta Api

Cara berikutnya jika menggunakan jalur darat adalah dengan kereta Api. Moda transportasi ini kerap menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang berasal dari kota-kota lain di Pulau Jawa. Jika kamu dari Jakarta, maka kamu bisa naik kereta dengan tujuan kota-kota yang berada di Jawa Tengah. Perjalanan dengan kereta menghabiskan waktu yang beragam lamanya, tergantung kota yang kamu tuju. Sedangkan harga tiket kereta bervariasi tergantung kelas kereta yang dipilih.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Jawa Tengah, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Kalau kamu dari Jakarta, ambil penerbangan menuju kota tujuanmu di Jawa Tengah, dan turun di bandara terdekat dari kota tujuan di Jawa Tengah. Dari sana, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan mobil, motor, atau bus kecil menuju destinasi utama kamu. Perjalanan dengan pesawat tentunya memakan waktu yang beragam, namun lebih cepat dan efisien dibanding transportasi lainnya.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store