tokopedia-logo
Travel
Jawa Timur
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 5 Feb 2023
Check-out
Sen, 6 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Jawa Timur

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Plataran Bromo

Plataran Bromo

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Ngadiwano, Jawa Timur
Ngadiwano, Jawa Timur
8,8
Mengesankan
Rp3.103.650
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk Kunjungi Jawa Timur
Tentang Jawa Timur
Tempat Wisata Alam di Jawa Timur
Tempat Wisata Rekreasi di Jawa Timur
Tempat Wisata Kuliner di Jawa Timur
Akses Menuju Jawa Timur

Tentang Jawa Timur

Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan beribu kota Surabaya. Sebagai salah satu provinsi terpadat, total populasi penduduk Jawa Timur pada tahun 2020 silam adalah 40.665.696 jiwa. Sebab itulah, area Jawa Timur kerap dijadikan destinasi wisata favorit karena memiliki berbagai macam tempat menarik yang dapat dikunjungi. Tidak hanya wisatanya saja yang populer, area Jawa Timur juga memiliki warisan budaya yang beragam seperti kesenian Ludruk, Reog Ponorogo, serta Wayang Kulit. Hal ini semua dapat Anda saksikan keunikannya saat sedang mengunjungi Jawa Timur.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Jawa Timur seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Jawa Timur juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya hotel di Jawa Timur , namun para wisatawan juga dapat menemukan berbagai hotel di Pulau Jawa lainnya seperti hotel di Jawa Barat , hotel di Jawa Tengah, dan di daerah lainnya.

Tempat Wisata Alam di Jawa Timur

Beberapa lokasi wisata alam di Jawa Timur memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Jawa Timur yang patut Anda sambangi.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Timur. Gunung ini masih dianggap sangat suci oleh masyarakat Tengger. Maka dari itu lah, kerap ada sebuah upacara Yadnya Kasada di sebuah pura di kaki Gunung Bromo. Dengan total tinggi puncak mencapai 2.392 meter di atas permukaan laut, area gunung ini dipenuhi dengan lembah dan ngarai yang dikelilingi lautan pasir. Untuk mengitari seluruh area gunung, para pengunjung dapat memilih untuk menggunakan kuda atau mobil jeep yang dapat disewa. Tak hanya itu, wisatawan juga dapat menyaksikan keindahan kawah Gunung Bromo dengan cara menaiki 250 anak tangga yang sudah aman untuk dilewati.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Mulai dari Rp 29.000,-

Taman Nasional Baluran

Tak kalah terkenal dengan wisata alam lainnya, Taman Nasional Baluran yang terletak di wilayah Situbondo ini juga kerap menjadi tempat wisata andalan untuk dikunjungi. Dengan luas sebesar 25.000 hektar, banyak sekali hal yang dapat dilakukan di sini. Luas tersebut memiliki beberapa batasan area seperti area inti, area rimba, area pemanfaatan intensif, dan juga area pemanfaatan khusus. Dengan total tumbuhan yang setidaknya berjumlah 444 di taman nasional tersebut, Anda akan menemukan berbagai jenis tumbuhan seperti gebang, mimba, pilang, kepuh, kemiri, gadung, dan juga tumbuhan lainnya. Tidak berhenti disitu saja, Taman Nasional Baluran juga memiliki koleksi binatang yang menakjubkan mulai dari binatang mamalia seperti kancil, kerbau, banteng, rusa, kijang. Lalu ada pula binatang berjenis burung dengan ratusan nama mulai dari yang mudah ditemukan hingga langka sekalipun.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.30 – 16.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 16.000,-

Air Terjun Tumpak Sewu

Menjadi salah satu jenis wisata yang sangat menarik, Air Terjun Tumpak Sewu ini wajib didatangi jika Anda sedang berada di Jawa Timur loh. Salah satu hal yang membuat Air Terjun Tumpak Sewu ini menjadi unik dan berbeda dari yang lainnya adalah bentuknya serta aliran airnya yang menyerupai Niagara di Amerika. Berlokasi di sebuah lembah curam dengan tinggi setidaknya 500 meter di atas permukaan laut, pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu dari atas sangatlah menarik dan memukau sehingga banyak sekali fotografer yang berdatangan hanya untuk mengabadikan momen keindahan tersebut.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Jawa Timur

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Jawa Timur yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Museum Sepuluh November

Selain wisata alamnya yang sangat memukau dan wajib untuk dikunjungi, wisata bertemakan budaya yang ada di Jawa Timur juga tak kalah unik. Museum ini bertemakan sejarah budaya karena berisi seluruh koleksi mengenai kejadian pada saat 10 November 1945 silam. Beberapa koleksinya antara lain adalah lukisan serta foto-foto dahulu kala baik saat peperangan, serta foto bangunan bersejarah lainnya. Seluruh foto itu memiliki cerita atau sejarahnya masing-masing yang dapat dibaca di tiap foto. Dengan begitu, Anda akan mempelajari banyak hal mengenai kejadian masa lalu yang masih diabadikan hingga saat ini.

Jam operasional: Senin - Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB dan Sabtu - Minggu pukul 07.00 - 15.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 5.000,-

Museum Angkut

Salah satu museum yang sangat terkenal di area Jawa Timur dan wajib untuk dikunjungi adalah Museum Angkut. Dengan luas area sekitar 3.8 hektar, museum transportasi ini memiliki setidaknya 300 koleksi jenis angkutan mulai dari yang tradisional hingga yang modern. Beberapa jenis transportasi yang akan Anda temukan di sini adalah becak, miniatur kapal, mobil kuno model Eropa, mobil listrik, pedati, sepeda ontel, dokar, perahu, pesawat terbang, serta jenis transportasinya yang memang sangat identik akan tema tradisional. Terdengar sangat menarik untuk dikunjungi, bukan?

Jam operasional: Setiap hari pukul 11.00 – 19.00 WIB

Harga tiket: Rp 80.000,-

House of Sampoerna

Menjadi salah satu museum yang juga sangat menarik di area Jawa Timur, House of Sampoerna ini merupakan museum tembakau dari Sampoerna yang digunakan untuk memproduksi rokok dari brand tersebut. Saat mengunjungi House of Sampoerna, para pengunjung dapat mempelajari sejarah mengenai kretek di Indonesia dengan lebih detail dan jelas karena museum ini menyediakan berbagai hal penting mengenai rokok itu sendiri seperti alat pembuat rokok, cengkeh yang digunakan, hingga pemantik rokok itu sendiri. Tidak sia-sia, wisatawan yang berkunjung ke sini akan mempelajari banyak hal mengenai dunia kretek yang sangat menarik loh.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Gratis

Tempat Wisata Kuliner di Jawa Timur

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Jawa Timur. Berikut beberapa wisata kuliner Jawa Timur yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Sate Klopo Ondomohen Bu Asih - Surabaya

Wisata kuliner pertama di Surabaya yang wajib untuk dicoba adalah Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang berlokasi di Jl. Walikota Mustajab No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya, Jawa Timur. Sudah ada sejak tahun 1945 silam, warung sate yang sangat legendaris ini cukup unik karena daging sapi yang diolesi dengan bumbu kelapa parut saat proses pembakaran. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat sate klopo menjadi gurih dan unik. Pengunjung akan disajikan sepiring sate tersebut yang ditemani dengan serundeng, lontong, bawang merah, dan juga potongan cabai rawit, lalu disiram dengan bumbu kacang serta kecap di atasnya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 23.00 WIB

Harga: Rp 25.000,-

Sego Krawu Mbuk Su

Berkunjung ke Jawa Timur tentu belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas asli sana yang bernama Sego Krawu atau Nasi Krawu. Salah satu nasi krawu yang disebut paling enak adalah Sego Krawu Mbuk Su yang sudah beroperasi sejak tahun 1950 silam. Wisatawan yang datang ke sini akan disuguhi dengan sepiring nasi beralaskan daun pisang dengan lauk ayam suwir, kikil, babat, serundeng, serta sambal yang pedas. Hampir menyerupai nasi campur, namun sego krawu ala Mbuk Su ini memiliki cita rasa yang sangat legendaris loh, Toppers!

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00 – 12.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 20.000,-

Lontong Balap Pak Gendut

Tidak kalah nikmat dengan jenis wisata kuliner yang lainnya di Jawa Timur, Lontong Balap Garuda yang sudah ada sejak tahun 1956 silam ini sangat dibanjiri oleh para pengunjung setiap harinya. Para pengunjung yang datang kesini akan disuguhi dengan sepiring lontong yang sudah dipotong-potong, tahu goreng, tauge, serta lentho goreng yang merupakan adonan parutan singkong dan dicampur bumbu serta kacang tolo. Seluruh isian lontong balap kemudian disiram oleh kuah yang gurih dan sudah dibumbui, lalu dilengkapi juga dengan bawang goreng, bumbu petis, sambal, dan olesan kecap di atasnya.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 20.00 WIB

Harga: Rp 10.000,-

Akses Menuju Jawa Timur

Untuk mengunjungi Jawa Timur, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat dengan tujuan Jawa Timur, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di beberapa terminal bus yang sangat terkenal dan tentunya berlokasi tepat di Jawa Timur. Beberapa terminal bus yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan pemberhentian adalah Terminal Bangkalan, Bayuangga, Kertonegoro, Patria, Tamanan, Pasuruan, Brawijaya, Lamongan, Batu dan juga beberapa pilihan terminal lainnya yang ada di seluruh area Jawa Timur. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju lokasi tepat yang diinginkan.

Kereta Api

Alternatif darat lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui kereta api dengan membeli tiket kereta api di sini. Dengan menggunakan kereta api, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Jawa Timur. Jika menggunakan kereta api, Anda dapat berhenti di beberapa stasiunnya yang sangat terkenal seperti Stasiun Jombang, Kalimas, Waru, Mojokerto, Pasuruan, Surabaya Kota, Malang, Sidoarjo, dan beberapa stasiun lainnya yang sangat terkenal di seluruh area Jawa Timur. Sesampainya di stasiun, Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi tujuan dengan mudah dan menyambungnya dengan angkutan online, atau angkutan umum sekitar.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Jawa Timur menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandar Udara Internasional Juanda atau Bandar Udara Internasional Banyuwangi. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Jawa Timur dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara dengan tujuan lokasimu.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store