tokopedia-logo
Travel
Kalimantan Barat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 8 Feb 2023
Check-out
Kam, 9 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Kalimantan Barat

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
HARRIS Hotel Pontianak

HARRIS Hotel Pontianak

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Pontianak, Kalimantan Barat
Pontianak, Kalimantan Barat
8
Sangat Memuaskan
Rp718.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk Kunjungi Kalimantan Barat
Tentang Kalimantan Barat
Tempat Wisata Alam di Kalimantan Barat
Tempat Wisata Sejarah di Kalimantan Barat
Tempat Wisata Kuliner di Kalimantan Barat
Akses Menuju Kalimantan Barat

Tentang Kalimantan Barat

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Hingga tahun 2020 silam, jumlah populasi penduduk yang ada di area Kalimantan Barat mencapai sekitar 5.414.390 jiwa. Salah satu hal yang membuat Kalimantan Barat menarik untuk dikunjungi adalah seni dan kebudayaannya yang beragam dan memukau. Beberapa jenis kebudayaan di sini adalah Tari Monong sebagai salah satu jenis tari tradisional, gong sebagai salah satu jenis alat musik tradisional, Keris Melayu sebagai salah satu senjata tradisional, serta kain tenunnya yang sangat cantik dan beragam.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Kalimantan Barat seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Kalimantan Barat juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya hotel di Jawa Tengah, namun para wisatawan juga dapat menemukan berbagai hotel lainnya seperti hotel di Yogyakarta, hotel di Bantul, dan di daerah lainnya.

Tempat Wisata Alam di Kalimantan Barat

Beberapa lokasi wisata alam di Kalimantan Barat memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Kalimantan Barat yang patut Anda sambangi.

Pantai Putri Serayi

Wisata alam pertama yang ada di Kalimantan Barat dan wajib untuk dikunjungi adalah Pantai Putri Serayi. Pantai ini memiliki suasana tenang dan juga pasir berwarna putih, serta bebatuan yang membuat pantai ini menjadi unik. Bebatuan tersebut sejatinya berbentuk bukit-bukit yang dapat dilewati untuk melihat pulau-pulau dari puncaknya. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Putri Serayi adalah saat waktu terbenamnya matahari karena pemandangan yang disajikan di pantai ini sangatlah cantik dan memukau.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 25.000,-

Pantai Temajuk

Pilihan wisata alam pantai lainnya yang ada di Kalimantan Barat adalah Pantai Temajuk. Di pantai ini, para pengunjung dapat menyaksikan bukit bebatuan kecil di area bibir pantai yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai maupun beristirahat para wisatawan. Memiliki pasir pantai yang berwarna agak kecoklatan, Pantai Temajuk termasuk ke salah satu pantai yang sangat eksotis dan dapat memukau mata pengunjung. Salah satu hal menarik yang dapat Anda lakukan di Pantai Temajuk adalah menyelam karena kondisi air di sini masih sangat jernih sehingga Anda akan mudah menemukan binatang di bawah laut sana yang beragam.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 20.000,-

Air Terjun Riam Merasap

Wisata air bertemakan alam lainnya yang ada di Kalimantan Barat adalah Air Terjun Riam Merasap yang berada di Desa Sahan. Tidak akan menyesal, pengunjung yang datang ke wisata air terjun ini akan merasakan sensasi menenangkan dan menyejukkan dari aliran air yang menghasilkan kabut dingin. Selain menikmati kabutnya yang sangat sejuk, para pengunjung juga bisa berenang atau sekadar bersantai menikmati keadaan dari bebatuan. Wisata air terjun ini juga memiliki beberapa fasilitas yang dapat digunakan wisatawan seperti penginapan, warung-warung makanan, serta toko souvenir yang menghadiri berbagai jenis bingkisan untuk oleh-oleh.

Jam operasional: Setiap hari pukul 09.00 – 16.30 WIB

Harga tiket: Gratis

Tempat Wisata Sejarah di Kalimantan Barat

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata sejarah di Kalimantan Barat yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Museum Provinsi Kalimantan Barat

Selain wisata alamnya yang memukau, Anda bisa mengunjungi berbagai jenis wisata sejarah di Kalimantan Barat dan salah satunya adalah Museum Provinsi Kalimantan Barat. Museum ini berisi berbagai koleksi sejarah mengenai peradaban dari beberapa suku bangsa yang berbeda-beda. Beberapa koleksi yang nanti akan Anda saksikan di sini adalah koleksi arkeologika berupa kapak, nekara, dan jenis lainnya. Ada pula koleksi historika berupa pakaian Sultan Pontianak hingga pistol pada zaman VOC. Selain itu, koleksi lainnya berupa koleksi geografika, biologika, numismatika, serta heraldika.

Jam operasional: Selasa - Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB dan Sabtu - Minggu pukul 08.00 - 13.00 WIB

Harga tiket: Mulai dari Rp 2.000,-

Keraton Kadariah

Wisata sejarah lainnya yang ada di Kalimantan Barat adalah Keraton Kadariah yang merupakan istana Kesultanan Pontianak yang sudah dibangun ratusan tahun lalu sekitar 1771. Terbilang sangat unik, bangunan atau arsitektur di dalam keraton ini sangatlah menarik. Pengunjung yang datang akan melihat keberadaan 13 meriam kuno yang dibuat oleh Prancis dan Portugis. Selain itu, ada pula koleksi seperti artefak, arca, foto keluarga Sultan, dan juga beberapa ruangan pribadi milik Sultan yang boleh dimasuki oleh pengunjung.

Jam operasional: Setiap hari pukul 10.00 – 18.00 WIB

Harga tiket: Rp 5.000,-

Museum Dara Juanti

Museum lainnya yang berada di area Kalimantan Barat dan sangat menarik perhatian untuk dikunjungi adalah Museum Dara Juanti. Museum ini merupakan museum tentang bukti sejarah peradaban kawasan Sintang. Masih kental akan sejarah dan budayanya yang kuat, para pengunjung akan merasakan perbedaan saat memasuki Museum Dara Juanti ini. Beberapa koleksi yang dapat ditemui adalah meriam raja Beruk, alat musik Suku Dayak, gundukan tanah dari Kerajaan Majapahit, meriam anak Raja Suka, undangan adat kerajaan Sintang, naskah Al-quran tulisan tangan oleh Sultan Nata, serta koleksi menarik lainnya. Saat datang ke sini, pengunjung pastinya akan disuguhi oleh berbagai ilmu baru yang akan dipelajari dan sangat bermanfaat untuk pengetahuan.

Jam operasional: Setiap hari pukul 08.00 – 15.00 WIB

Harga tiket: Rp 10.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Kalimantan Barat

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Kalimantan Barat. Berikut beberapa wisata kuliner Kalimantan Barat yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Mie Tiaw Apollo

Salah satu wisata kuliner di Kalimantan Barat yang sangat wajib untuk dicicipi adalah Mie Tiaw Apollo yang berada di Jl. Patimura No.63, Darat Sekip, Kec. Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sudah dikenal sangat melegenda, mie tiaw ini sudah didirikan sejak tahun 1968 silam. Para pengunjung yang datang ke sini akan disuguhi dengan semangkuk mie yang berbentuk pipih berwarna putih, seringkali disebut sebagai kwetiau. Selain itu, topping tambahan di mie tiaw ini adalah daging sapi, telur, babat, tauge, lalu disiram dengan kuah panas yang sangat gurih. Tidak pernah kesepian akan pengunjung, Mie Tiaw Apollo memberikan cita rasa konsisten yang tidak pernah berubah sejak dahulu kala.

Jam operasional: Setiap hari pukul 02.30 – 01.00 WIB

Harga: Rp 28.000,-

Bubur Ikan Ahian

Berlokasi di Jl. WR Supratman No.A3/27, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Bubur Ikan Ahian juga menjadi salah satu kuliner andalan yang selalu didatangi pengunjung baik masyarakat lokal maupun wisatawan dari luar. Sesuai dengan namanya yang berupa bubur ikan, jadi seluruh pengunjung akan ditanyain jenis ikan yang dimau. Beberapa pilihan ikannya adalah ikan kerapu, ikan kakap, dan juga ikan bawal. Berbeda dari bubur lainnya, Bubur Ikan Ahian ini memiliki warna bening yang terdapat potongan ikan segar di atasnya. Akan terasa sangat segar, bubur ini tidak memiliki bau amis sama sekali.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 14.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 35.000,-

Bakmi Kepiting Ju Hui

Berlokasi di Jl. Budi Karya No.7-8, Benua Melayu Darat, Kec. Pontianak Sel, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Bakmi Kepiting Ju Hui tidak kalah terkenal dan juga nikmat dengan wisata kuliner lainnya. Sebagai pelopor bakmi kepiting di Kalimantan Barat, warung bakmi ini sudah sangat legendaris karena sudah beroperasi sejak puluhan tahun lamanya. Para pengunjung yang datang akan disuguhi dengan semangkuk mie serta potongan daging kepiting yang sangat lembut. Selain itu, ada pula topping lainnya seperti daging ikan, ayam, babi, ataupun udang. Agar mendukung, para pengunjung juga bisa mencicipinya bersamaan dengan pangsit rebus ataupun goreng. Terdengar menggoda, bukan?

Jam operasional: Selasa - Minggu pukul 06.00 – 15.00 WIB

Harga: Mulai dari Rp 50.000,-

Akses Menuju Kalimantan Barat

Untuk mengunjungi Kalimantan Barat, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat dengan tujuan Kalimantan Barat, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di beberapa terminal bus yang sangat terkenal dan tentunya berlokasi tepat di Kalimantan Barat. Beberapa terminal bus yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijadikan pemberhentian adalah Terminal Sanggau atau Terminal Sudarso, dan juga beberapa pilihan terminal lainnya yang ada di seluruh area Kalimantan Barat. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju lokasi tepat yang diinginkan.

Kapal

Alternatif darat lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui jalur perairan yaitu kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Kalimantan Barat. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di salah satu pelabuhannya yang sangat terkenal yaitu Pelabuhan Tanjungpura. Sesampainya di pelabuhan, Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga ke lokasi tujuan dengan mudah dan menyambungnya dengan angkutan umum sekitar.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Kalimantan Barat menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di Bandar Udara Internasional Supadio. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Kalimantan Barat dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara dengan tujuan lokasimu.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store