tokopedia-logo
Travel
Kalimantan Selatan
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 5 Feb 2023
Check-out
Sen, 6 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Kalimantan Selatan

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Novotel Banjarmasin Airport Hotel

Novotel Banjarmasin Airport Hotel

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Banjarbaru, Kalimantan Selatan
Banjarbaru, Kalimantan Selatan
7,4
Memuaskan
Rp774.400
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Kalimantan Selatan
Tentang Kalimantan Selatan
Tempat Wisata Sejarah di Kalimantan Selatan
Tempat Wisata Alam di Kalimantan Selatan
Wisata Kuliner di Kalimantan Selatan
Akses Menuju Kalimantan Selatan

Tentang Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Kalimantan. Provinsi ini berbatasan dengan Selat Makassar di timur, Laut Jawa di selatan, dan provinsi Kalimantan Tengah di barat, serta Kalimantan Timur di utara. Ibu kota dari Kalimantan Selatan adalah Banjarmasin. Penduduk asli Kalimantan Selatan adalah suku Banjar, yang merupakan mayoritas dari keseluruhan penduduk.

Di Kalimantan Selatan, kamu bisa menikmati wisata alam, antara lain sungai, hutan, danau, dan gunung. Wisata budaya dan seni pun ada di Kalimantan Selatan. Terdapat banyak desa dan tempat tinggal yang dibangun di sepanjang sungai Barito oleh penduduk asli Banjar. Di sini kamu bisa menikmati budaya sungai di Banjarmasin sebagai pola budaya tersendiri. Hal ini karena sebagian besar aktivitas masyarakat Banjarmasin dilakukan di sekitar sungai. Itulah mengapa menarik untuk melihat kehidupan kota dari tengah sungai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Kalimantan Selatan melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki beberapa objek bersejarah. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar terapung merupakan salah satu ikon kota Banjarmasin. Ada tiga pasar terapung yang terkenal di Banjarmasin, yaitu Pasar Terapung Muara Kuin, Pasar Terapung Siring, dan Pasar Terapung Lok Baintan. Semua pasar tradisional ini memiliki ciri khas tersendiri, dimana para pedagang menjual produknya di atas “jukung” atau perahu tradisional. Lok Baintan adalah pasar terapung tradisional yang paling terkenal di kalangan wisatawan. Pasar ini bergerak dinamis melalui aliran sungai, mulai dari hulu desa Lok Baintan hingga hilir sungai. Waktu terbaik untuk mengunjungi pasar terapung Lok Baintan adalah pukul 06.00 hingga 07.00 pagi. Produk yang akan kamu temukan di pasar Lok Baintan adalah sayuran, ikan, buah-buahan, kue tradisional, dan makanan ringan.

Yang membuat pasar terapung Lok Baintan semakin unik adalah pembeli biasanya membayar dengan cara barter. Rupiah bukanlah mata uang utama di sini. Jadi, pada umumnya masyarakat akan menukar hasil bumi seperti sayur dan buah-buahan, dan nilai tukarnya tergantung kesepakatan antara pedagang dan pembeli.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 05.00 - 12.00 WITA

Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat adalah museum Kalimantan Selatan yang terletak di Banjarbaru. Pameran museum ini terdiri dari beberapa bangunan. Bangunan utama memiliki arsitektur yang dipadukan dengan teknologi modern. Pada bentuk bangunan lain, terdapat adopsi dari bentuk rumah adat khas Suku Banjo, yang merupakan suku utama di Provinsi Kalimantan Selatan. Museum Lambung Mangkurat menyimpan berbagai jenis peninggalan sejarah dan budaya, serta profil Kalimantan Selatan dalam berbagai aspek kehidupan dan potensi alam. Koleksi museum terdiri dari peninggalan Kesultanan Banjar, Candi Agung, Candi Laras, alat-alat batu, ukiran kayu, alat pertanian, dan perabot rumah tangga, serta alat musik tradisional.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00 - 12.00 WITA (Sabtu & Minggu tutup)

Harga Tiket: Rp2.000 - Rp5.000

Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan. Destinasi wisata di Kalimantan Selatan ini dibangun sekitar 300 tahun yang lalu, pada masa pemerintahan Tuan Guru (1526 - 1550), Raja Banjar pertama yang masuk Islam. Masjid ini terletak di Desa Kuin Utara, Banjarmasin. Lokasi ini berada di dekat lokasi kompleks keraton, sebelum dimusnahkan oleh kolonial Belanda. Atap masjid ini berlapis, menunjukkan arsitektur pra-Islam Banjar. Uniknya, untuk masjid tua Banjar, mihrab di masjid ini memiliki atap sendiri, terpisah dari bangunan utama.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Tempat Wisata Alam di Kalimantan Selatan

Jika kamu seorang pecinta alam, kamu tidak boleh melewatkan objek wisata yang ada di Kota Kalimantan Selatan. Alam di kota ini sangat indah, mulai dari air terjun sampai pantai pun dapat kamu kunjungi di sini!

Pantai Angsana

Pantai Angsana adalah objek wisata di Kalimantan Selatan yang menyimpan keindahan biota laut untuk dinikmati. Pantai Angsana memiliki air laut yang sangat jernih dan pantai berpasir putih dengan ombak yang tenang. Pantai Angsana memang destinasi yang patut dikunjungi di Kalimantan Selatan. Meskipun pantai ini tidak terlalu populer bagi warga Kalimantan Selatan, namun keindahannya tetap terlihat jelas. Pantai Angsana merupakan salah satu pantai indah di Kalimantan Selatan, di mana kamu bisa menyaksikan sunset di antara beberapa kapal batu bara di laut. Walaupun ada beberapa kapal pengangkut batu bara di laut, pantai ini masih cukup bersih dan nyaman. Selain itu, ada beberapa penjual yang menawarkan makanan, minuman, dan souvenir juga di sekitar pantai.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp8.000

Air Terjun Haratai Loksado

Loksado adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dimana budaya asli Dayak yang terpelihara dengan baik berpadu dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Daerah ini memiliki lanskap indah yang dihiasi dengan air terjun, sungai yang deras, serta budaya penduduk asli yang mempesona. Air terjun Haratai Loksado adalah salah satu air terjun terkenal yang ada di Loksado, Kalimantan Selatan. Air terjun Haratai memiliki tekanan air yang cukup deras, dan debit airnya pun cukup banyak. Airnya yang terasa dingin sangat jernih dengan warna kehijauan.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp10.000

Goa Batu Hapu

Tak hanya pesona keindahan aliran sungai, Kalimantan Selatan juga memiliki pesona alam lain berupa goa alam yang terletak di Desa Batu Hapu, Kecamatan Hatungun, Tapin, Kalimantan Selatan. Destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang wajib kamu datangi adalah Goa Batu Hapu. Goa ini memiliki panorama luar biasa, dengan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi langit-langit goa. Namun, di balik keindahannya, Goa Batu Hapu juga menyimpan misteri dan kisah mistis serta legenda. Terlepas dari kisah mistisnya, Goa Batu Hapu masih sangat menarik untuk dijelajahi. Untuk berjalan-jalan di dalam goa, kamu perlu menggunakan senter untuk pencahayaan.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam

Harga Tiket: Rp10.000

Wisata Kuliner di Kalimantan Selatan

Berikut adalah beberapa restoran populer di Kalimantan Selatan yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Soto Banjar

Jika kamu berkunjung ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, khususnya, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kulinernya. Salah satu makanan terkenal di Banjarmasin adalah Soto Banjar. Soto Banjar merupakan salah satu makanan tradisional Kalimantan Selatan, khususnya Banjarmasin. Berbeda dengan soto di daerah lain, Soto Banjar memiliki keunikan dalam penyajian dan rasanya. Soto Banjar menggunakan ayam sebagai bahan utamanya. Beberapa rempah-rempah yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, merica, kapulaga, pala, dan kayu manis. Rasa Soto Banjar ini memang unik. Rasa gurih dari kuah dan bumbu yang menyatu dalam kuah memberikan cita rasa yang kuat pada Soto Banjar.

Ketupat Kandangan Banjarmasin

Ketupat Kandangan adalah kuliner khas dari Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan. Seperti ketupat pada umumnya, bahannya berasal dari nasi dan menggunakan ikan haruan sebagai menu pelengkapnya. Ikan tersebut dibakar sebelum dimasak menggunakan santan, kemudian ikan dan kuahnya dituangkan ke dalam ketupat. Uniknya, ketupat di daerah ini tidak seperti ketupat jawa yang pulen, namun teksturnya agak longgar. Cara memakannya juga cukup unik. Pertama, ketupat diperas dengan tangan, bila sudah dicampur dengan kuah santan, baru bisa disantap. Jangan lupa cicipi makanan khas Kalimantan Selatan ini ya!

Sate Tulang

Selain soto, sate juga merupakan makanan yang ada di banyak daerah di Indonesia. Sate tulang adalah kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Walaupun namanya sate tulang, namun bukan berarti hidangan ini terbuat dari tulang. Sajian Banjarmasin ini terbuat dari bagian ayam yang biasanya tidak dimakan, seperti bagian leher atau bagian ekor yang berminyak. Bukan sekedar sate biasa, sate tulang memiliki rasa yang unik, dan tidak dapat kamu temukan di tempat lain. Bagi para pecinta kuliner, jangan lupa untuk mencoba sate tulang, sate asli Banjarmasin!

Akses Menuju Kalimantan Selatan

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Kalimantan Selatan, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Kalimantan Selatan, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Kalimantan memiliki beberapa bandara, namun salah satu yang terbesar adalah Bandara Syamsudin Noor, yang terletak di Banjarmasin. Perlu diperhatikan juga perbedaan zona waktu ketika memesan tiket pesawat, karena Kalimantan Selatan berada di zona WITA. Sesampainya di bandara Banjarmasin, kamu dapat menuju pusat kota dengan taksi, mobil rental, atau bus.

Bus dan Kapal

Jika kamu ingin pergi ke Kalimantan Selatan menggunakan bus, maka perlu waktu yang cukup lama. Namun, kamu dapat menikmati pemandangan yang tidak kalah mengesankan selama menaiki kapal laut menuju Kalimantan Selatan. Pertama, kamu harus naik bus Damri untuk menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Lalu, bus tersebut akan naik kapal Pelni untuk menuju ke Pelabuhan di Banjarmasin. Setelah sampai di sana, barulah bus akan melanjutkan perjalanan darat ke Kalimantan Selatan. Waktu tempuh seluruh perjalanan dari Jakarta menuju Kalimantan Selatan menggunakan kapal dapat mencapai 60 jam.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store