tokopedia-logo
Travel
Kalimantan Tengah
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 29 Jan 2023
Check-out
Sen, 30 Jan 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Kalimantan Tengah

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Swiss-Belhotel Danum Palangkaraya

Swiss-Belhotel Danum Palangkaraya

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Palangkaraya, Kalimantan Tengah
Palangkaraya, Kalimantan Tengah
8
Sangat Memuaskan
Rp635.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk Kunjungi Kalimantan Tengah
Tentang Kalimantan Tengah
Wisata Rekreasi di Kalimantan Tengah
Wisata Alam di Kalimantan Tengah
Wisata Kuliner di Kalimantan Tengah
Akses Menuju Kalimantan Tengah

Tentang Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Wilayah dengan ibukota Palangkaraya ini memiliki pegunungan dan perbukitan di bagian utara, pantai, rawa serta paya di bagian selatan. Karena ragam bentang alam ini, Kalimantan Tengah memiliki beragam vegetasi tropis yang mendominasi. Salah satu hewan endemik yang masih banyak ditemukan di Kalimantan Tengah adalah Orangutan, khususnya di wilayah Taman Nasional Tanjung Puting. Berbagai jenis pilihan wisata alam yang masih asri dapat Anda temui di sini, mulai dari perairan danau yang luas dan tenang dan aliran air sungai yang menarik untuk disusuri. Hamparan hutan yang luas juga dapat Anda saksikan dari atas gunung dan bukit. Anda pun dapat menjelajah goa, menikmati suara gemericik air terjun dan bermain air yang segar. Tak ketinggalan pula untuk duduk di hamparan pasir putih dengan pemandangan laut jawa.

Selain itu, anda juga dapat mengunjungi berbagai bangunan bersejarah seperti Istana Kuning, Istana Al-Nursari, Masjid Kyai Gede dan Rumah Adipati Mangkubumi. Tak kalah menarik, Kalimantan Tengah akan menjamu kedatangan Anda dengan berbagai macam kuliner dengan paduan citarasa Dayak, Jawa dan Banjar. Berbagai macam kuliner unik menanti untuk Anda cicipi. Ada Juhu Umbut Rotan yang dibuat dari rotan dan keripik kelakai yang hanya dapat ditemukan di Kalimantan Tengah. Selain dua kuliner tersebut, tentu ada kuliner lainnya yang tidak kalah lezat seperti juhu kujang, hintalu karuang, kalumpe, dan olahan ikan kelawai. Jika ingin menginap, Anda dapat pesan hotel di Kalimantan dengan berbagai potongan harga di Tokopedia. Tersedia pula berbagai pilihan hotel lainnya seperti hotel di Palangkaraya, hotel di Pangkalan Bun, hotel di Sampit dan hotel lainnya di Kalimantan Tengah.

Wisata Rekreasi di Kalimantan Tengah

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi Kalimantan Tengah, ini dia tempat wisata di yang tak boleh terlewatkan.

Astana Al-Nursari

Seperti yang diketahui, Sultan beserta keluarganya tinggal di sebuah istana. Namun fungsi dari Istana Al-Nursari bukanlah demikian, melainkan sebagai tempat tinggal para bangsawan keturunan Sultan yang menetap di wilayah Kotawaringin setelah terjadinya perpindahan pusat kerajaan di Pangkalan Bun. Anda akan melihat bangunan berbentuk rumah panggung yang terbuat dari kayu ulin. Ketika memasuki istana ini, Anda akan memasuki balai Buntar yang dahulu digunakan sebagai tempat menerima tamu, dilanjutkan ke balai Bangsal yang digunakan sebagai ruang pertemuan. Karena bangunan ini terdiri dari 3 bangunan yang disatukan menggunakan selasar, Anda akan melihat adanya ruang yang menghubungkan antar balai. Untuk menuju tempat tinggal para bangsawan, Anda harus menggunakan tangga kayu di balai Burung. Ada pula berbagai tinggalan dari masa Kesultanan yang disimpan di sebuah ruangan, pelataran dan tempat memasak. Wah menarik ya.

Jam operasional: 10.00 – 17.00 WIB

Harga tiket : Gratis

Istana Kuning

Sebelum datang langsung melihat Istana Kuning, mungkin Anda mengira bahwa istana ini memiliki cat berwarna kuning di seluruh bangunannya sehingga disebut sebagai istana kuning. Namun nyatanya, Anda tidak seperti itu, ternyata penamaan istana kuning ini terkait dengan fungsinya yang merupakan tempat tinggal keluarga kerajaan Kutaringin dan filosofi makna warna kuning sebagai warna sakral. Bangunannya pun didominasi warna kecoklatan karena terbuat dari kayu, warna kuning akan Anda temukan pada dekorasi singgasana sang Sultan pada bagian dalam. Jumlah bangunan di Istana Kuning ini ada 4 dimana menyesuaikan jumlah istri sang Sultan yang berjumlah 4, seorang dari Dayak, seorang dari Tiongkok dan dua orang dari Melayu. Jika berkunjung kemari, Anda akan melihat lukisan raja-raja Kutaringin yang terpanjang. Selain itu Anda akan melihat barang-barang yang berhasil melalui kebakaran di Istana Kuning ini. Ada pula kereta kuda yang digunakan keluarga Sultan untuk berkeliling, namun kereta ini merupakan replika yang dipesan dari Jawa karena kereta yang asli telah dilalap api saat kebakaran melanda.

Jam operasional: 10.00 – 17.00 WIB

Harga tiket : Rp 10.000,-

Museum Kayu Sampit

Sejak dibuka tahun 2004, museum ini dijadikan sebagai pusat perkayuan di Kalimantan. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi Sampit yang merupakan penghasil kayu utama di Kalimantan. Jika Anda berkunjung ke Museum ini, Anda akan melihat beragai jenis koleksi yang berkaitan dengan kayu seperti alat pengolahan kayu, alat dapur, alat transportasi, alat komunikasi dan peralatan menangkap ikan yang terbuat dari kayu. Tidak hanya itu, berbagai jenis kayu juga terpajang di museum ini, ada ramin, dowel, kemfa, samping, uin, meranti kuning, sungkui, benuas dan masih banyak lainnya. Bentuk kayu-kayu yang terpajang di museum pun beragam. Ada yang berbentuk potongan, beberapa diantaranya pn sudah di furniture. Jika ingin melihat versi besarnya, Anda dapat melihatnya di halaman. Banyak sekali kayu gelondongan di halaman ini.

Jam operasional: 10.00 – 15.30 WIB

Harga tiket : Rp 5.000,-

Fantasy Beach

Destinasi wisata yang juga banyak digemari adalah Fantasy Beach. Dari namanya, mungkin Anda akan menduga tempat ini merupakan pantai. Namun destinasi wisata ini merupakan danau buatan dengan berbagai wahana permainan. Ada flying fox untuk Anda pecinta kegiatan yang menantang, memancing hingga berbagai wahana air yang bisa Anda coba. Jika Anda ingin memancing namun tidak membawa perlengkapannya jangan khawatir, Anda dapat membeli umpan dan menyewa perlengkapan memancing disini. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan sambil bersantai menikmati senja di pinggir danau. Lokasi destinasi wisata ini tak jauh dari pusat kota sehingga mudah untuk diakses, yuk mampir ke Fantasy each.

Jam operasional: 08.00 – 17.00 WIB

Harga tiket : Rp 15.000,-

Agrowisata Perkebunan Nanas Basarang

Jika di Malang banyak sekali perkebunan apel, di Kalimantan Tengah ada pula perkebunan nanas yang bisa kamu petik sendiri. Hamparan nanas ini merupakan jenis nanas madu yang sudah terkenal. Nanas dari Basarang memang sudah populer dan menjadi mata pencaharian masyarakatnya. Selain mendapatkan pengalaman memetik nanas sendiri dan langsung mencobanya, Anda pun dapat belajar bagaimana menanam nanas madu. Pengalaman berkunjung kesini pastinya tak boleh terlewatkan.

Wisata Alam di Kalimantan Tengah

Tidak hanya wisata sejarah yang dimiliki Kalimantan Tengah, berbagai keindahan alam juga turut menjadi primadona. Berikut rekomendasinya yang dapat dimasukkan Anda masukkan ke list perjalanan Anda di Kalimantan Tengah

Sungai Kahayan

Bagi Anda yang ingin melakukan petualangan alam, cobalah menyusuri sungai terpanjang di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini seringkali disebut Susur Sungai Kahayan. Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang asri serta suasana kehidupan suku Dayak. Terdapat beberapa rute yang bisa Anda pilih. Salah satu rute yang paling diminati para pengunjung adalah rute menuju pulau Kaja. Jika melewati rute ini, Anda akan melihat klotok-klotok milik warga dan rumah-rumah dipinggir sungai. Ketika sampai di pulau Kaja, Anda dapat berkunjung ke Nyaru Menteng yang merupakan tempat konservasi berbagai macam hewan khas Kalimantan. Anda pun dapat melanjutkan perjalanan ke Makam Keramat melihat tempat pengumpulan tulang masyarakat suku Dayak. Wah pasti pengalaman yang seru nih, jangan lupa masukkan ke daftar list kunjungan Anda ke Kalimantan Tengah ya.

Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB

Harga tiket : Rp 75.000/orang untuk 4 jam dengan perahu kecil

Rp 250.000/ 1 jam dengan kapasitas kapal 20 penumpang

Taman Nasional Tanjung Puting

Orangutan merupakan satwa yang dilindungi, di Kalimantan yang merupakan rumah asalnya terdapat berbagai kawasan konservasi sebagai upaya melindunginya dari kepunahan. Di Kalimantan Tengah terdapat Taman Nasional Tanjung Puting yang merupakan kawasan konservasi orang utan pertama di Indonesia dan terbesar di dunia. Ada sekitar 40.000 orang utan yang ada disini. Anda pun dapat melihat binatang lainnya seperti monyet, babi, buaya dan lainnya. Kegiatan lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menyusuri sungai menggunakan klotok, berkunjung ke desa Tanjung Harapan hingga mandi di Camp Leakey. Uniknya, warna airnya hitam namun jika diperhatikan jernih. Hal ini disebabkan akar pepohonan yang ada disekitarnya. Penasaran kan?

Jam operasional: Setiap hari

Harga tiket : Senin – Jumat Rp 5.000, Sabtu dan Minggu Rp 7.500,-

Pantai Pandaran

Tidak hanya hutan dan sungai, Kalimantan Tengah juga memiliki pantai, salah satunya adalah Pantai Pandaran. Tersedia berbagai gazebo yang dapat Anda gunakan sembari menunggu matahari terbenam. Panorama yang indah berupa lautnya biru, pepohonan yang asri serta pasirnya yang putih memanjakan mata. Bermain air di pantai ini tentunya dapat memberikan kesegaran. Selain itu, Anda dapat bermain jetski atau banana oat yang menjadi kegiatan favorit disini. Jika beruntung, Anda dapat melihat upacara ritual yang dilakukan warga pada hari-hari tertentu.

Jam operasional: Setiap hari

Harga tiket : Rp 5.000,-

Wisata Kuliner di Kalimantan Tengah

Berkunjung ke Kalimantan Tengah, tak lengkap jika tidak mencicipi aneka makanannya yang khas dan populer, ini dia beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Kuliner Tempo Dulu Serba Kandas

Anda dapat mencoba berbagai hidangan khas Dayak disini, makanannya didominasi makanan pedas. Tentu saja kandas disini menjadi yang paling dicari, ada kandas serai, kandas kambang,kandas ayam, kandas rimbang dan kandas lainnya.Menu andalan lainnya adalah ikan lais/ikan saluang yang tersaji dalam dua variasi yaitu di goreng atau dibakar. Selain itu berbagai makanan khas lainnya seperti Juhu Tahak, ikan Jelawat, sayur daun labu, sayur tumbuk daun singkong dan berbagai menu ikan khas Kalimantan lainnya.

Jam operasional: Senin sampai Sabtu, 09.00 – 21.00 WIB

Harga : Rp 15.000 – Rp 45.000,-

Mie Totti-Titti

Bagi Anda penikmat makanan Tiongkok dengan bahan dasar babi, kedai makan Mie Totti-Titti pilihannya. Menu andalannya adalah mie ayam pangsit kuah, bahkan disebut sebagai pelopor dan satu-satunya mie ayam pangsit di Kalimantan. Dalam semangkuk mie ayam pangsit kuah ini Anda akan mendapatkan mie, sayuran, pangsit, hati babi yang dibanjur kuah gurih yang kental. Selain itu ada sup kuah daging babi, capcay, babi goreng, babi rica, kwetiau, bihun, nasi goreng, tamie goreng dan lainnya. Porsi yang disajikan pun terbilang cukup banyak, dijamin Anda akan pulang dengan perut kenyang.

Jam operasional: 10.00 – 21.00 WIB

Harga : Rp 4.000 – Rp 50.000,-

Warung Makan Ketupat Kandangan Hj. Idah

Tidak kalah menarik, warung makan ini telah ada sejak tahun 1944. Seperti namanya, menu andalannya adalah ketupat kandangan. Dalam seporsi ketupat kandangan, Anda akan disajikan dengan ketupat berbentuk segitiga yang terbuat dari beras khas Banjar. Kemudian ketupat tersebut diguyur dengan kuah santan hangat beserta sayur nangka. Anda dapat menambahkan lauk pelengkap seperti ikan dan lainnya. Jangan lupa untuk menambahkan campuran lombok rawit yang akan menambah rasa kuah. Selain ketupat kandangan, tersedia pilihan menu lainnya seperti nasi kuning, lontong sayur sup buntut, sup ayam kampung dan nasi campur.

Jam operasional: 17.00 – 3.00 WIB

Harga : Rp 20.000 – Rp 65.000,-

Akses Menuju Kalimantan Tengah

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kalimantan Tengah, Anda dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau KalimantaN, pesawat menjadi transportasi yang praktis dan paling sering digunakan. Anda dapat pesan tiket pesawat dan memilih tujuan bandara Palangkaraya, bandara Pangkalan Bun atau bandara Sampit tergantung dengan wilayah Kalimantan Tengah manakah yang paling dekat dengan destinasi pilihan Anda. Dari Bandara, Anda dapat menggunakan berbagai moda transportasi lainnya seperti kendaraan pribadi, ojek online, bus atau travel dalam melanjutkan perjalanan menuju destinasi Anda.

Kapal

Apabila Anda ingin menempuh jalur laut, Anda dapat berangkat dari Surabaya dan Semarang untuk berlabuh dari pelabuhan Sampit. Sedangkan jika berangkat dari Paciran (Lamongan) Anda akan berlabuh di pelabuhan Bahaur. Tarif yang dikenakan untuk keberangkatan dari Surabaya dan Semarang mulai dari Rp 191.500 hingga Rp 206.500. Sedangkan untuk keberangkatan dari Paciran berkisar antara Rp 71.000 hingga Rp 116.000.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store