tokopedia-logo
Travel
Nusa Tenggara Barat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Sen, 5 Des 2022
Check-out
Sel, 6 Des 2022
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Nusa Tenggara Barat

Filter
RESET
Bintang hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-iconstar-icon
star-iconstar-icon
star-icon
Harga per kamar, per malam
Terendah
Rp
0
Tertinggi
Rp
15.000.000
Rating dari tamu
Semua
6.0
7.0
8.0
9.0
Tipe akomodasi
Hotel
Apartemen
Vila
Hostel
Guest house
Cottage
Perkemahan
lainnya
Kebijakan pesanan
Hygiene Verified
Gratis Pembatalan
Sarapan Gratis

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Hotel Tugu Lombok - CHSE Certified

Hotel Tugu Lombok - CHSE Certified

Resor
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Tanjung, Nusa Tenggara Barat
Tanjung, Nusa Tenggara Barat
9,7
Luar Biasa
Diskon Spesial
Rp5.200.000
Rp3.900.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Yuk, Kenali Nusa Tenggara Barat
Tentang Nusa Tenggara Barat
Tempat Wisata Sejarah di Nusa Tenggara Barat
Tempat Wisata Alam di Nusa Tenggara Barat
Tempat Wisata Kuliner di Nusa Tenggara Barat
Akses Menuju Nusa Tenggara Barat

Tentang Nusa Tenggara Barat

Jika kamu mencari pantai dengan pasir putih, tempat diving dan tempat surfing yang spektakuler, air terjun yang megah, dan desa tradisional yang kaya akan budaya serta jauh dari keramaian, maka Nusa Tenggara adalah tempat yang harus kamu kunjungi. Menuju ke timur dari Bali, membawa kamu melintasi Garis Wallace dan masuk ke Provinsi Nusa Tenggara Barat di Indonesia, yang meliputi Kepulauan Gili, Lombok, dan Sumbawa. Sedangkan, menuju lebih jauh ke timur dari Sumbawa akan membawa kamu ke Nusa Tenggara Timur, di mana daerah Flores, Sumba, dan Timor Barat berada.

Dua pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah Lombok di barat dan Pulau Sumbawa yang lebih besar di timur. Mataram, di Lombok adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi ini. Suku Sasak, yang merupakan suku asli Lombok sebagian besar mendiami Pulau Lombok. Ada banyak tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang bisa kamu jelajahi. Mulai dari hutan hijau, sabana, pantai, danau vulkanik, serta air terjun yang luar biasa indah. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung booking hotel terbaik dan termurah di Nusa Tenggara Barat melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Masjid Kuno Bayan Beleq

Masjid Bayan Beleq adalah masjid tertua di Pulau Lombok, Indonesia. Menurut laporan, masjid kuno di Lombok ini didirikan pada tahun 1634, di desa Bayan, Lombok. Lurah Bayan mempercayai bahwa Masjid Bayan Beleq dibangun pada era yang sama dengan Islam awal di Pulau Lombok pada abad ke-11. Ini adalah masjid pertama di Pulau Lombok, dan juga merupakan situs sejarah di Indonesia. Maka itu, bagi kamu yang tertarik dengan sejarah, cobalah untuk datang ke tempat wisata sejarah di Lombok ini. Usia masjid ini sudah lebih dari 300 tahun. Kemudian, masjid berukuran 9x9 meter ini memiliki dinding rendah terbuat dari anyaman bambu, atap dari bilah bambu, dan pondasinya terbuat dari batu kali. Kini, orang-orang hanya menggunakan Masjid Bayan Beleq selama festival Islam saja.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

Istana Dalam Loka

Pulau Sumbawa adalah tujuan wisata terkenal di Indonesia, yang bagian baratnya adalah Labuan Bajo. Pantai indah Sumbawa, ekosistem eksotis, dan situs bersejarah di sana semuanya menceritakan kekayaannya. Di antara banyak destinasi wisata di Sumbawa, Istana Dalam Loka adalah keajaiban bangunan buatan manusia yang utama di sana. Bahkan, kamu belum bisa dikatakan benar-benar mengunjungi Sumbawa jika belum mengunjungi istana kayu seluas 1.251 meter persegi, yang merupakan istana panggung terbesar di dunia.

Terletak tepat di pusat Ibu kota Kabupaten Sumbawa Raya, Istana Dalam Loka atau Bala Loka adalah istana bangsa, warisan Kerajaan Sumbawa. Dulunya, destinasi wisata di Sumbawa ini merangkap sebagai pusat pemerintahan dan tempat tinggal Sultan dan keluarganya. Istana berusia 164 tahun ini sekarang digunakan untuk menyelenggarakan acara-acara seperti pertunjukan teater dan konser suling tradisional Sumbawa.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp15.000

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat adalah museum negeri yang terletak di Mataram, Pulau Lombok, Indonesia. Museum tersebut merupakan museum Provinsi Nusa Tenggara Barat. Museum ini memiliki 7.387 koleksi yang berkaitan dengan seni tradisional Lombok dan Sumbawa, seperti keris tradisional, songket, keranjang, dan topeng, serta subjek terkait seperti geologi, arkeologi, arsitektur, biologi, keramik, lukisan, dan lain-lain. Museum ini adalah tempat terbaik untuk belajar tentang sejarah Pulau Lombok. Museum Negeri Nusa Tenggara memiliki banyak koleksi untuk belajar tentang orang-orang, budaya, dan nilai kehidupan.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 15.00 WITA (Senin Tutup)

Harga Tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Alam di Nusa Tenggara Barat

Berada di daerah pegunungan dan juga pesisir pantai, tujuan wisata alam di Nusa Tenggara Barat kerap menjadi incaran utama para wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Berikut objek wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan.

Pulau Moyo

Pulau Moyo adalah sebuah pulau kecil yang terletak di utara Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Walaupun pulaunya kecil, namun kekayaan alam di pulau ini luar biasa indah, dan cocok untuk berlibur. Pulau Moyo adalah tujuan wisata di Indonesia yang sering dikunjungi oleh para selebritis untuk mencari ketenangan. Melihat daya tarik pantai, laut, dan alam yang menarik, pulau ini menawarkan kedamaian bagi penggemar alam bebas dan pesona bawah laut. Wisata Pulau Moyo berhasil memikat Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur.

Pulau Moyo memiliki cagar alam dengan beragam hewan di dalamnya, seperti kerbau liar, rusa, babi hutan, dan berbagai jenis burung. Waktu kunjungan terbaik ke Pulau Moyo adalah selama musim kemarau, dari Juni hingga Agustus. Pulau Moyo adalah destinasi wisata di Sumbawa yang paling indah. Pulau ini memiliki pantai, laut, serta keindahan bawah laut yang luar biasa cantik.

Banyak hal bisa kamu lakukan dengan berwisata di Pulau Moyo. Kamu bisa merasakan pengalaman snorkeling dan diving yang tidak terlupakan di beberapa spot diving terbaik di Pulau Moyo. Beberapa di antaranya adalah Rajasua, Tanjung Pasir, Air Manis, Labuan Aji, dan lain-lain. Beberapa pantai yang harus kamu kunjungi di Pulau Moyo adalah Pantai Tanjung Pasir, Pantai Ai Manis, Pantai Takat, Pantai Jarum Poto, dan masih banyak lagi. Selain keindahan laut dan pantainya, Pulau Moyo memiliki air terjun yang sangat indah. Wisata air terjun di Pulau Moyo yang sangat terkenal dan indah adalah Air Terjun Mata Jitu dan Air Terjun Diwu Mba’i. Bahkan, Lady Diana pun pernah berlibur ke Air Terjun Mata Jitu, sampai ada kolam air terjun yang dinamai kolam Lady Diana.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp250.000 - Rp600.000

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak adalah danau vulkanik yang terbentuk di kaldera Gunung Rinjani di atas 2.000 meter di atas permukaan laut. Danau ini membentang di area seluas 11 kilometer persegi, dan mencapai kedalaman hingga 230 meter. Danau Segara Anak terletak di sisi barat Gunung Rinjani, di desa Lawang Sembalun, di Lombok, Indonesia Timur. Perjalanan mendaki Gunung Rinjani akan membawa kamu melewati Danau Segara Anak. Terbentuk kira-kira pada tahun 1257, danau biru ini terdiri dari air vulkanik dengan kolam air panas di dalamnya. Untuk mencapai destinasi wisata di Lombok ini, kamu harus mencoba wisata hiking ke Gunung Rinjani, dengan pemandu yang menyertai. Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Segara Anak adalah memancing, camping, berfoto, dan beristirahat sambil menikmati kolam air panas.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp35.000

Pantai Senggigi

Senggigi benar-benar menawarkan salah satu pantai yang terbaik di Indonesia. Walaupun Senggigi tidak seramai Kuta Lombok, namun daya tariknya pun tidak kalah indah. Pantai Senggigi, yang merupakan destinasi wisata di Lombok, adalah tempat yang sempurna untuk berlibur dan bersantai. Pantai Senggigi menawarkan pantai berpasir putih dengan area berenang yang aman. Pantai Senggigi juga memiliki ombak yang bagus untuk para peselancar. Tempat wisata populer di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini memiliki terumbu karang berwarna-warni, yang menyediakan perlindungan bagi berbagai biota laut di bawahnya. Laut di Pantai Senggigi juga sangat cocok untuk snorkeling.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp15.000

Tempat Wisata Kuliner di Nusa Tenggara Barat

Berikut beberapa restoran populer di Nusa Tenggara Barat yang dapat kamu coba kunjungi untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Taliwang Irama 3

Restoran Taliwang Irama 3 terletak di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Restoran ini menyajikan makanan khas lombok, seperti ayam taliwang yang dipanggang atau digoreng dengan pilihan rasa yang berbeda. Ayam taliwang tersebut sangat enak apabila dipadukan dengan sambal dan sayur plecing kangkung. Makanan tradisional Sasak terbaik pun dapat kamu temukan di Taliwang Irama 3. Olahan makanan lain di sini adalah ikan bakar, sop lebui, beberuk terong, dan es kelapa madu. Kamu akan mendapatkan cita rasa asli makanan lokal Lombok di sini. Dengan harga yang terjangkau, kamu bisa merasakan kelezatan olahan makanan Lombok di sini.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 08.00 - 22.00 WITA

Roemah Langko by Putera Lombok

Roemah Langko adalah salah satu warisan dari Pulau Lombok, yang terletak di Kota Mataram. Roemah Langko tidak hanya hadir sebagai restoran yang menyajikan berbagai menu kuliner khas nusantara, khususnya makanan khas Lombok. Roemah Langko juga mewakili Lombok, Indonesia, sebagai warisan budaya Nusa Tenggara Barat. Beberapa sajian khas Lombok di restoran ini antara lain ayam taliwang, sate, sop buntut, sop ikan, dan lain-lain. Semua makanan yang tersaji di sini terasa sangat enak dan segar. Roemah Langko pun memiliki beberapa ruangan serbaguna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari kebutuhan rapat, gathering, hingga pesta pernikahan. Konsep interior Roemah Langko adalah rumah tradisional, sehingga menimbulkan kesan unik dan nyaman.

Jam Buka: Setiap hari, pukul 12.00 - 20.00 WITA

Asmara Restaurant & Lounge

Asmara Restaurant & Lounge adalah restoran yang berada di Senggigi, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Restoran berstandar internasional pertama kali di Lombok ini telah berdiri sejak tahun 1997. Pilihan menu yang tersedia di Asmara Restaurant sangat beragam, seperti makanan Indonesia, makanan Barat, dan beberapa pilihan vegan serta bebas gluten. Restoran ini juga telah bersertifikat halal oleh Majelis Ulama Indonesia. Jika kamu mencari restoran enak dan bagus di Senggigi, maka Asmara Restaurant bisa menjadi pilihan. Makanan dan layanan yang berkualitas tinggi akan membuat liburan di Senggigi semakin menyenangkan!

Jam Buka: Setiap hari, pukul 17.00 - 22.00 WITA

Harga: Rp43.000 - Rp214.000

Akses Menuju Nusa Tenggara Barat

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Nusa Tenggara Barat, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Terdapat satu bandara besar di Nusa Tenggara Barat, yaitu di daerah Kuta Lombok. Satu bandara utamanya adalah Bandar Udara Internasional Lombok. Lama perjalanan tergantung dari daerah asal kamu pergi. Untuk harga tiket pesawat pun beragam, menyesuaikan waktu-waktu tertentu. Transportasi dalam kota yang bisa kamu gunakan dari bandara adalah taksi atau mobil sewaan.

Bus & Kapal

Selain jalur darat dan udara, bagi kamu yang berasal dari Pulau Jawa, kamu juga dapat memiliki jalur laut untuk sampai ke wilayah Nusa Tenggara Barat. Kamu perlu menyeberangi laut menggunakan kapal dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk. Setelah itu, kamu bisa kembali menyeberang ke Pelabuhan Lembar, Lombok melalui Pelabuhan Padang Bai. Dari sana, kamu bisa melanjutkan perjalanan baik menggunakan mobil, motor, atau bus kecil. Tarif keseluruhannya pun beragam, tergantung pada tipe dan fasilitas kendaraan yang kamu pilih.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store