tokopedia-logo
Travel
Papua
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Min, 5 Feb 2023
Check-out
Sen, 6 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Papua

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Swiss-Belhotel Cendrawasih, Biak

Swiss-Belhotel Cendrawasih, Biak

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Fandoi, Papua
Fandoi, Papua
9,2
Luar Biasa
Rp900.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk Kunjungi Papua
Tentang Papua
Tempat Wisata Alam di Papua
Tempat Wisata Rekreasi di Papua
Tempat Wisata Kuliner di Papua
Akses Menuju Papua

Tentang Papua

Papua adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Hingga tahun 2020 silam, Papua termasuk salah satu area yang memiliki populasi cukup banyak yaitu 4.303.707 jiwa. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Papua menjadi destinasi yang juga tak kalah dari Pulau Bali untuk menerima wisatawan baik lokal maupun turis asing. Hal ini dikarenakan area Papua memiliki banyak sekali wisata populer yang dapat dikunjungi serta masih erat akan budaya dan keunikannya. Selain itu, seluruh wisata populer yang ada di Papua juga menawarkan keindahan atau kecantikan yang benar-benar menarik sehingga tak akan membuat para wisatawan bosan.

Sebagai salah satu destinasi favorit para wisatawan, Anda dapat menemukan berbagai jenis penginapan di Papua seperti villa, hotel, apartemen, guest house, maupun resort. Dari berbagai jenis penginapan tersebut, hotel adalah salah satu pilihan yang selalu bertambah setiap tahunnya meski sudah melebihi kebutuhan. Tak hanya nyaman, hotel di Papua juga kerap menyajikan pandangan yang tak kalah cantik serta unik untuk sekedar menikmati atau berfoto ria. Anda dapat menemukan hotel pilihan dengan mudah dan tentunya terjangkau hanya di Tokopedia. Tidak hanya hotel di Papua, namun para wisatawan juga dapat menemukan berbagai hotel lainnya seperti hotel di Jayapura, hotel di Papua Barat, dan di daerah lainnya.

Tempat Wisata Alam di Papua

Beberapa lokasi wisata alam di Papua memang terbilang sangat terkenal dan tentunya dibanjiri pengunjung apalagi saat hari libur. Berikut beberapa wisata alam di Papua yang patut Anda sambangi.

Raja Ampat

Siapa yang tak kenal dengan Raja Ampat? Bagi kebanyakan orang, Raja Ampat adalah salah satu destinasi yang sangat terkenal dan menjadi tujuan utama saat berlibur di Papua. Raja Ampat sendiri memiliki berbagai pulau di dalamnya namun ada 4 pulau besar yang dikenal di sini yaitu Pulau Salawati, Pulau Waigeo, Pulau Misool, dan juga Pulau Batanta. Dengan total luas setidaknya 4,6 juta hektar, kawasan Raja Ampat memiliki 75% jenis spesies laut yang ada di seluruh dunia. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan di Raja Ampat adalah menyelam dan melihat keindahan bawah laut yang terdiri dari 540 karang dengan jenisnya yang berbeda-beda, dan juga 1.511 jenis ikan yang berbeda-beda. Sebagai salah satu kawasan yang sangat luas, para wisatawan juga dapat mengunjungi hutan tropisnya yang lebat dan diperkaya dengan binatang langka didalamnya seperti Burung Cenderawasih. Terdengar sangat menarik, bukan?

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 500.000,-

Danau Sentani

Tidak kalah menarik dengan Raja Ampat, jika Anda sedang berada di Papua maka destinasi selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah Danau Sentani. Danau ini memiliki luas setidaknya 9,360 hektar dan dinobatkan sebagai danau terluas yang ada di Papua. Kekayaan bawah lautnya juga sangat menggoda karena Anda akan menemukan 30 spesies ikan tawar yang sangat menarik dan langka seperti ikan pelangi merah, ikan pelangi Sentani, dan juga hiu gergaji. Tidak hanya kekayaan alamnya saja yang menarik perhatian, wisatawan juga akan menyaksikan sebuah kebudayaan yang bernama Festival Danau Sentani. Festival ini diselenggarakan setiap bulan Juni di mana masyarakat akan melakukan tarian adat serta upacara adat yang pastinya menarik untuk disaksikan.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Air Terjun Bihewa

Selain wisata bawah laut yang sangat kaya, Papua juga memiliki destinasi menarik lainnya yaitu Air Terjun Bihewa. Untuk mengunjungi air terjun ini, para pengunjung harus melalui jalur yang cukup menantang. Jalur ini berupa hutan yang dikelilingi pepohonan besar di sekitar, lalu jalan setapak menanjak yang juga cukup licin. Walaupun jalurnya cukup ekstrim, tetapi Anda tidak akan kecewa saat sampai di lokasi air terjun yang memiliki ketinggian 40 meter ini. Kolam yang berada tepat di bawah air terjunnya sangat segar dan juga jernih sehingga cocok jika Anda ingin bersantai dan menghirup udara alami di sini.

Jam operasional: Setiap hari pukul 06.00 – 17.30 WIT

Harga tiket: Rp 20.000,-

Tempat Wisata Rekreasi di Papua

Tak hanya wisata alamnya saja yang mengagumkan, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata rekreasi di Papua yang selalu didatangi oleh pengunjung juga seperti yang ada di bawah ini.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Wisata lainnya yang ada di Papua dan kaya akan keindahannya adalah Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang berada di Sobei Indah, Duairi, Teluk Wondama. Salah satu keunikan yang ada di taman nasional perairan laut ini adalah keberadaan ekosistem terumbu karang yang sangat beragam dan menarik. Selain itu, ada juga 209 jenis ikan sampai yang langka sekalipun. Di taman nasional ini, wisatawan dapat mengunjungi berbagai pulau yang sangat indah dan mengagumkan seperti Pulau Mioswaar, Pulau Roon, Pulau Yoop, Pulau Rumberpon, dan juga Pulau Nusrowi. Pulau-pulau tersebut memiliki keunikan tersendiri seperti wisata baharinya, wisata kebudayaannya, serta wisata sejarahnya berupa kerangka pesawat tempur Jepang di bawah laut.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 20.000,-

Bukit Teletubbies Jayapura

Wisata selanjutnya yang tak kalah menarik di Papua adalah Bukit Teletubbies yang letaknya tepat di Jayapura. Berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut, para wisatawan harus menanjak untuk sampai ke atas bukit. Jalur yang harus dilalui juga sangat mudah karena Anda hanya harus melewati jalan setapak yang sudah dibuat seaman mungkin. Sesampainya di atas bukit, para pengunjung akan disuguhi oleh pemandangan perbukitan yang berwarna hijau cerah dari rerumputan dan juga jalan setapak di sepanjang jalur bukit. Selain itu, ada sebuah pos di setiap beberapa ratus meter guna dijadikan tempat beristirahat para wisatawan. Dari atas Bukit Teletubbies, para pengunjung dapat melihat juga keindahan Danau Sentani yang sangat tenang serta memiliki suasana alami yang masih kental.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 10.000,-

Taman Nasional Lorentz

Taman nasional lainnya yang berada di Papua dan dapat dikunjungi adalah Taman Nasional Lorentz. Di sini, para pengunjung akan disuguhi taman nasional yang memiliki luas 2.505.600 hektar yang akhirnya ditetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara oleh UNESCO. Menjadi salah satu warisan dunia yang sangat dikenal, wisatawan dapat melihat berbagai jenis satwa di sini dengan koleksi setidaknya 630 jenis burung, 150 spesies reptil dan amfibi, serta 123 jenis mamalia. Tidak hanya binatang, para pengunjung juga dapat menikmati kecantikan tumbuh-tumbuhan di sini dengan jenisnya yang sangat beragam.

Jam operasional: 24 jam

Harga tiket: Rp 20.000,-

Tempat Wisata Kuliner di Papua

Setelah berwisata mengelilingi alam dan rekreasinya yang beragam, Anda dapat mencoba berbagai masakan atau kuliner yang sangat dikenal di Papua. Berikut beberapa wisata kuliner Papua yang sangat sering dibanjiri oleh pengunjung.

Aunu Senebre

Wisata kuliner pertama khas Papua yang dapat Anda cicipi adalah Aunu Senebre. Pengunjung yang ingin mencoba hidangan ini akan disuguhkan dengan sepiring ikan teri nasi yang sudah digoreng, lalu dicampurkan dengan daun talas serta kelapa, lalu dikukus. Tak lupa juga sepiring Aunu Senebre dapat disajikan dan dicicipi bersamaan dengan papeda. Terbilang sangat unik, hidangan ini mungkin terasa asing di lidah para wisatawan. Namun cita rasa yang diciptakan dari sajian Aunu Senebre juga sangat menggiurkan dengan rasa gurih dari daun talas tersebut.

Martabak Sagu

Kuliner lainnya yang berasal dari Papua adalah Martabak Sagu. Jika Anda menyukai camilan dengan cita rasa manis, maka martabak sagu adalah pilihan yang sangat tepat. Para pengunjung akan disuguhkan dengan sagu yang telah dihaluskan lalu digoreng. Setelah matang, adonan akan dicampurkan dengan gula merah atau gula aren dan hidangan siap disajikan. Sajian ini biasanya dihidangkan oleh masyarakat yang menyambut tamu. Pengunjung bisa menemukan martabak sagu dengan mudah di berbagai warung kuliner di Papua.

Ikan Bakar Manokwari

Memiliki kawasan yang sebagian besar terdiri dari lautan atau perairan, itulah mengapa kuliner Papua juga memiliki koleksi hidangan lautnya. Salah satunya adalah Ikan Bakar Manokwari. Wisatawan akan disajikan dengan sepiring ikan tongkol yang sudah dibumbui jeruk nipis lalu dibakar hingga matang. Setelah itu sambal yang terdiri dari cabai rawit, bawang merah, gula, dan garam akan dibauri di atas ikan yang sudah matang dibakar. Cita rasa yang didapatkan dari sajian Ikan Bakar Manokwari ini adalah pedas, gurih, serta asin yang sangat menyatu.

Akses Menuju Papua

Untuk mengunjungi Papua, ada beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih oleh para wisatawan seperti yang ada di bawah ini.

Bus

Bagi para pengunjung yang ingin menempuh jalur darat dengan tujuan Papua, salah satu pilihan terbaik bisa menggunakan bus. Bus yang kerap digunakan adalah bus berjenis Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang akan berhenti di Terminal Entrop yang berlokasi tepat di Jayapura. Sesampainya di terminal, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum menuju lokasi tepat yang diinginkan.

Kapal

Alternatif lainnya yang tak kalah menarik adalah melalui jalur perairan dengan kapal. Dengan menggunakan kapal, Anda dapat menikmati indahnya perjalanan hingga waktu tak terasa sampai di Papua. Jika menggunakan kapal, Anda dapat berhenti di Pelabuhan Jayapura lalu melanjutkan perjalanan hingga ke Papua atau lokasi tepat menggunakan transportasi umum.

Pesawat

Tak ketinggalan, pengunjung juga dapat menempuh Papua menggunakan jalur udara melalui pesawat yang biasanya kerap digunakan oleh wisatawan asing atau turis. Anda dapat membeli tiket pesawat di Tokopedia dan mendarat di beberapa bandara yang ada seperti Bandar Udara Internasional Mozes Kilangin, Sentani, Wamena, atau Bandar Udara Internasional Frans Kaisiepo. Sesampainya di bandara, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi tempatmu di Papua dengan angkutan umum yang tersedia seperti taksi bandara.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store