tokopedia-logo
Travel
Papua Barat
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 8 Feb 2023
Check-out
Kam, 9 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Papua Barat

Hotel di kota populer

Hygiene Verified
Swiss-Belhotel Manokwari

Swiss-Belhotel Manokwari

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Irian Jaya / Papua, Papua Barat
Irian Jaya / Papua, Papua Barat
7,3
Memuaskan
Rp946.000
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk Kunjungi Papua Barat
Tentang Papua Barat
Wisata Alam Populer Papua Barat
Wisata Sejarah Populer di Papua Barat
Wisata Kuliner Papua Barat
Akses Menuju Papua Barat

Tentang Papua Barat

Papua Barat yang berada di pulau berkepala burung ini merupakan salah satu wilayah kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, keindahan alamnya telah mendunia dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Raja Ampat bahkan mendapat gelar surga dunia dengan panorama bawah lautnya yang menawan dan rumah bagi berbagai karang dan hewan laut. Berbagai pegunungan pun membentang di wilayah ini. Wilaya ini pun menjadi salah satu saksi bisu dari adanya perang dunia II, di hutan-hutannya tersimpan sisa-sisa peninggalan berupa tank dan sebagainya,

Berkunjung ke Papua Barat tidak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khasnya yang unik. Salah satunya adalah papeda yang terbuat dari tepung sagu dan biasa disantap bersama ikan Mubara atau Tongkol kuah kuning. Ada Pula udang selingkuh yang populer di Wamena, ikan bakar Manokwari, sate ulat sagu yang dibakar dan masih banyak lainnya. Jika Anda berkunjung ke Papua Barat, Anda dapat pesan hotel dengan mudah melalui Tokopedia. Selain itu Anda dapat pesan hotel di wilayah sekitar Papua Barat seperti hotel di Sorong, hotel di Mansuar, hotel di Manokwari, hotel di Saonek, hotel di Kri dan masih banyak lainnya.

Wisata Alam Populer Papua Barat

Menyandang gelar salah satu surga dunia, Papua Barat memiliki berbagai wisata alam yang pastinya memikat hati. Ini dia beberapa rekomendasinya untuk Anda

Raja Ampat

Menjadi salah satu ikon paling populer hingga disebut surga dunia, berkunjung ke Papua Barat tentu saja tidak boleh melewatkan Raja Ampat. Bahkan seringkali memang menjadi destinasi wisata utama para wisatawan. Raja Ampat merupakan sebuah kepulauan yang terdiri dari empat gugusan pulau yaitu pulau Waigeo, pulau Misool, pulau Salawati dan pulau Batanta yang menjadi pulau terbesarnya. Keindahan bawah lautnya memang memukau bak surga bagi para penyelam. Anda akan melihat berbagai terumbu karang berwarna warni, ikan-ikan kecil yang menari, ikan pari Manta, ikan duyung, kuda laut, wobbegong, ikan tuna, Snappers, Giant Trevaly hingga hiu. Selain keindahan bawah lautnya, Anda juga dapat berkunjung ke objek wisata lainnya seperti Telaga Bintang yang memiliki koral di hamparan pasir putihnya. Ada pula puncak Harfat yang dianggap keramat, puncak Pianemo dan masih banyak lainnya.

Air Panas War Aremi

Papua Barat memang memiliki berbagai wisata alam yang menarik. Ada pula pemandian air panas War Aremi yang merupakan kolam alami. Kolam ini ditopang oleh batu-batuan dengan air yang hangat. Selain hangat, airnya pun jernih sehingga batu-batu di dasar dapat Anda lihat dengan mata telanjang. Tingginya hanya selutut orang dewasa, memang tidak terlalu dalam namun Anda dapat berendam disini. Pemandangan di sekitarnya pun menambah suasana kedamaian, berbagai pohon rimbun nan asri mengelilingi kolam ini.

Desa Wisata Sauwandarek

Jika Anda ingin melipir ke desa untuk wisata, ada desa Sauwandarek yang memiliki pemandangan dan objek wisata yang indah. Rumah penduduknya masih tradisional yang terbuat dari jerami. Beberapa cottage pun dapat Anda sewa, lokasinya pun ada yang di atas lautan. Jika ingin menyelam, Anda dapat pergi ke pantai Sauwandarek, keindahan bawah lautnya tentunya menjadi panorama yang tak terlupakan. Berbagai hewan laut yang unik dapat Anda lihat ketika menyelam, ada kuda laut mini, ikan mandarin, ikan kakap, ikan ekor kuning, gurita, udah hingga gerombolan ikan tuna. Keunikan lainnya adalah adanya aksi menangkap ikan ketika sedang memberi makan, Anda pun dapat makan olahan ikan yang telah ditangkap dengan membayar Rp 50.000. Selain itu, para wanita di desa ini membuat berbagai kerajinan anyaman dari daun pandan berupa topi dan noken, harganya pun terjangkau sekitar Rp 25.000 hingga Rp 40.000. Anda pun dapat membelinya sebagai oleh-oleh. Jangan lupa untuk berkunjung ke Telaga Yenauwyau yang dianggap keramat, kabarnya telaga ini dihuni seekor penyu putih dan apabila ada orang yang dapat melihatnya akan mendapat keberuntungan. Tertarik untuk berkunjung ke desa ini?

Wisata Sejarah Populer di Papua Barat

Tidak hanya wisata alam, ada pula situs bersejarah dan objek wisata yang dapat Anda kunjungi di Papua Barat. Jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam list perjalanan Anda di Papua Barat.

Situs Purbakala Tapurarang

Peninggalan bukti sejarah dari zaman prasejarah yang terdapat di Indonesia tidak hanya sisa-sisa rangka manusia maupun artefak berupa alat batu. Ada pula gambar cadas di gua-gua yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Di Papua Barat terdapat gambar cadas berupa cap tangan berwarna merah di tebing yang disebut sebagai situs purbakala Tapurarang. Uniknya walaupun sudah ratusan tahun, Anda tetap dapat melihat gambar-gambar tersebut dan bentuknya tetap terlhat jelas. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat sakral, Anda akan melihat berbagai kerangka tulang manusia disini. Hal tersebut merupakan hasil kebiasaan para leluhur yang meletakkan jadas di tebing batu. Uniknya, Anda akan menuju situs ini menggunakan perahu, jika air sedang surut Anda baru bisa melihatnya dari dekat dengan memanjat tebingnya. Namun jika tidak, Anda akan melihatnya di perahu saja, tarifnya pun terjangkau hanya Rp 50.000 per orang pulang pergi. Dijamin jika Anda berkunjung ke sini pastinya akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Pagoda Sapta Ratna

Selain itu, Anda juga dapat berkunjung ke Pagoda Sapta Ratna yang merupakan salah satu landmark Sorong sang ibu kota Papua Barat. Objek wisata ini adalah kuil umat Buddha yang bangunannya unik dengan 7 lantai, Anda pun dapat melihatnya dari kejauhan karena posisinya yang berada di atas gunung. Awalnya bangunan ini dibangun untuk menyimpan abu jenazah umat Buddha yang meninggal pada tahun 1992. Namun karena masyarakat papua yang menganut agama Buddha di kota Sorong masih sedikit lahannya masih luas dan akhirnya menjadi objek wisata. Anda pun dapat melihat lautan biru yang luas dan kota Sorong dari sini. Di samping pagoda, terdapat tempat ibadah yaitu Vihara Jayanti Sorong, ada pula Genta Suci Dharma sebagai penanda waktu ibadah dan Tambur.

Jam operasional: Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIT

Harga tiket: Rp10.000,-

Wisata Kuliner Papua Barat

Berkunjung ke Papua Barat tidak akan lengkap rasanya tanpa mencicipi tempat kulinernya yang populer, ini dua beberapa rekomendasinya untuk Anda

Rumah Makan Ratu Sayang

Seperti yang diketahui, wilayah Papua Barat menghasilkan berbagai olahan hewan laut yang berlimpah. Salah satu tempat makan seafood yang populer dan digemari banyak orang adalah Rumah Makan Ratu Sayang, yang berada di Jln. Yos Sudarso ini tidak hanya menawarkan berbagai olahan lautnya yang populer, mereka pun menawarkan aneka makanan yang tak kalah menggoda. Untuk makanan pembuka tersedia berbagai jenis sup, ada sup asparagus, sup jagung, sup kepiting, sup bakso ikan dan lainnya. Untuk lauk nya ada berbagai tumis sayuran, fu tung hai, lobster bakar, lobster aneka saus, kepiting, cumi-cumi, udang, mie, bihun. Kwetiau dan lainnya. Jenis ikan yang dijual ada ikan baronang dan ikan kakap merah yang dapat diolah menjadi ikan bakar rica-rica, ikan dengan kuah belimbing asam atau disiram kuah woku. Menunya terbilang cukup lengkap dan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari kuliner seafood.

Jam operasional: Senin – Sabtu, 10.00 – 21.00 WIT dan Minggu, 10.000 – 15.00 WIT

Harga: Rp25.000 – Rp170.000,-

Tembok Berlin Sorong

Jangan salah, lokasinya bukan di Jerman melainkan di Papua Barat. Tepatnya di pantai Dofior yang sepanjang perbatasannya dengan daratan dibangun tembok setinggi 1,5 meter untuk menahan air laut dan kemudian populer sebagai Tembok Berlin. Masyarakat pun sering mampir kemari, berbagai warung makan membuka lapak di sekitar Tembok Berlin ini dan menjadi tempat kuliner yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke Papua Barat. Mulai dari berbagai olahan laut, pisang epe, jajanan lainnya hingga berbagai minuman seperti sarabba yang mirip dengan wedang jahe. Setelah membeli makanan dan minuman, Anda dapat menikmatinya sambil melihat lautan yang luas dengan duduk di atas tembok tersebut. Tenang saja, lebarnya 1 meter sehingga aman untuk diduduki. Bagaimana, menarik ya.

Jam operasional: Setiap hari, 17.00 – 2.00 WIT

Harga: Rp25.000 – Rp70.000,-

Rumah Makan Goyang Lidah 2

Di rumah makan ini, Anda akan disajikan berbagai menu makanan dalam bentuk prasmanan. Anda dapat memilih dan mengambil menu sesuai selera Anda. Lokasinya pun cukup dekat dengan bandara sehingga banyak didatangi wisatawan yang baru sampai. Menu makanannya sangat beragam, mulai dari olahan seafood, soto ayam, sup iga kacang merah, bubur manado, nasi goreng, ayam, telur balado, sayur mayur yang ditumis dan lainnya.

Jam operasional: Setiap hari, 08.00 – 18.00 WIT

Harga: Rp35.000 – Rp65.000,-

Akses Menuju Papua Barat

Bagi Anda yang hendak berkunjung ke Papua Barat, tentu saja Anda harusmemilih moda transportasi apa yang akan digunakan. Berikut adalah beberapa alternatif untuk Anda

Pesawat

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Papua pesawat menjadi transportasi yang praktis dan paling sering digunakan. Anda dapat pesan tiket pesawat dan memilih tujuan bandara Domine Eduard Osok yang berada di kota Sorong. Waktu tempuhnya berkisar 4 jam dari bandara keberangkatan. Setelah sampai di bandara, Anda dapat menggunakan taksi bandara, ojek online, bus damri atau angkutan umum lainnya untuk menuju tempat yang akan Anda kunjungi.

Kapal

Jika ingin menempuh jalur laut, Anda dapat menggunakan kapal Pelni yang berlayar ke Manokwari. Rute yang dilewati adalah Jawa – Makassar – Sorong – Jayapura – Manokwari. Anda dapat turun di pelabuhan terdekat dengan destinasi Anda. Tersedia empat kapal yang dapat Anda pilih, ada KM Labobar, KM Gunung Dempo, KM Ciremai dan KM Doro. Anda akan menempuh perjalanan sekitar 7 hari, jadwal keberangkatannya pun 2 minggu sekali, tarifnya sekitar Rp 810.000 hingga Rp 1.019.000. Dari pelabuhan Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju tujuan Anda dengan moda transportasi lainnya.

Bus Damri

Jalur darat menggunakan bus damri hanya berlaku jika Anda berangkat dari wilayah Papua saja. Ada keberangkatan dari Sorong Selatan ke Sorong dan sebaliknya. Harga tarifnya per orang Rp 150.000 untuk sekali jalan. Anda dapat pesan tiketnya melalui aplikasi online atau secara offline di Pool Damri Sorong.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store