tokopedia-logo
Travel
Riau
Tujuan
Tujuan Populer
Jakarta
Indonesia
Kota
3.700+ properti
Bandung
Indonesia
Kota
1.200+ properti
Yogyakarta
Indonesia
Kota
1.500+ properti
Bali
Indonesia
Wilayah
1.200+ properti
Check-in
Rab, 8 Feb 2023
Check-out
Kam, 9 Feb 2023
Durasi menginap 1 malam
Kamar dan Tamu
1 kamar, 1 tamu
Kamar
Tamu

Jumlah tamu tidak boleh kurang dari jumlah kamar.

Hotel di Riau

Hotel di kota populer

Grand Jatra Hotel Pekanbaru

Grand Jatra Hotel Pekanbaru

Hotel
star-iconstar-iconstar-iconstar-iconstar-icon
Pekanbaru, Riau
Pekanbaru, Riau
6,8
Baik
Rp813.684
Termasuk pajak /kamar/malam
Bayar di Hotel
Yuk, Kenali Riau
Tentang Riau
Tempat Wisata Sejarah di Riau
Tempat Wisata Alam di Riau
Tempat Wisata Kuliner di Riau
Akses Menuju Riau

Tentang Riau

Riau adalah sebuah provinsi di pulau Sumatera, Indonesia. Letaknya sangat strategis, yaitu di dekat Sumatera Barat, Jambi, dan berbatasan dengan Selat Malaka di sisi utaranya. Riau merupakan daerah yang kental dengan budaya melayu. Hal ini dikarenakan pada zaman kerajaan, terdapat kerajaan Melayu yang berdiri di sini. Riau memiliki sejarah panjang dalam pembentukan daerahnya. Wilayah Riau mengalami transisi yang cukup banyak juga dari waktu ke waktu. Ini mencakup sejak masa prasejarah, pra kolonial, masa kerajaan, masa kolonial Belanda, masa penjajahan Jepang, hingga era kemerdekaan Indonesia.

Ibu kota dari provinsi Riau adalah Kota Pekanbaru. Di kota ini mengalir sungai yang sangat terkenal, yaitu Sungai Siak. Riau sendiri memiliki beragam kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner pun lengkap adanya. Yang membuat semakin unik adalah kekayaan budayanya, yang merupakan hasil akulturasi dari budaya Melayu dan Indonesia. Yuk berlibur ke Riau, dan langsung booking hotel terbaik dan termurah di Riau melalui Tokopedia!

Tempat Wisata Sejarah di Riau

Riau merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak peninggalan bersejarah, termasuk di daerah kota Riau dan sekitarnya. Selain dapat puas berkuliner dan berwisata, di kawasan ini kamu juga dapat mengunjungi beberapa bangunan bersejarah yang unik.

Candi Muara Takus

Candi Muara Takus yang merupakan bangunan bersejarah peninggalan Kerajaan Sriwijaya ini berada di Desa Muara Takus, Kecamatan Tigabelas Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Candi Muara Takus adalah candi peninggalan agama Buddha yang paling populer di Riau. Candi yang dibangun pada masa Kerajaan Sriwijaya ini memiliki keunikan dari bahan bangunan yang digunakan. Hampir seluruh bangunan candi terbuat dari batu bata dan campuran batu sungai dan batu pasir. Candi Muara Takus adalah candi Buddha tertua di Indonesia yang ada di Pulau Sumatera. Karena sejarahnya yang panjang serta bangunan yang unik, banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sini.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp15.000

Istana Siak Sri Indrapura

Istana Siak Sri Indrapura adalah salah satu peninggalan sejarah dari Kerajaan Siak, yang berada di Kampung Dalam, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Istana ini menjadi bukti dari kejayaan kerajaan Melayu Islam yang ada di Riau. Istana Siak dibangun oleh Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin pada tahun 1889. Bangunan Istana Siak sangat unik, karena merupakan perpaduan dari arsitektur Arab, Melayu, dan Eropa. Kemegahan istana ini terlihat dari area pintu masuk, yang mana terdapat patung burung elang, serta dindingnya yang terbuat dari keramik asal Eropa. Ada berbagai barang peninggalan sejarah dari Kerajaan Siak, seperti keris, kaligrafi, cermin, lampu kristal, payung kerajaan, serta peralatan rumah lainnya.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 17.00 WIB

Harga Tiket: Rp20.000

Museum Daerah Riau Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama berada di pusat kota Pekanbaru, Provinsi Riau, sehingga mudah untuk dikunjungi siapa saja. Museum di Riau ini mulai dibangun pada tahun 1984. Sampai saat ini, di dalamnya terdapat lebih dari 4000 koleksi barang bersejarah. Kebanyakan peninggalan sejarah di sini menggambarkan budaya dan kehidupan masyarakat Melayu Riau pada zaman dahulu. Beberapa contoh koleksi sejarah di Museum Sang Nila Utama adalah batuan mineral, mata uang, naskah kuno, senjata tradisional, batu siput seberat 1 ton, hingga kerangka ikan paus. Karena itulah, banyak wisatawan yang berminat datang untuk menambah edukasi mengenai sejarah.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 15.00 WIB

Harga Tiket: Rp5.000

Tempat Wisata Alam di Riau

Jika kamu seorang pecinta alam, kamu tidak boleh melewatkan objek wisata yang ada di Kota Riau. Alam di kota ini sangat indah, mulai dari gunung sampai danau pun dapat kamu kunjungi di sini!

Taman Nasional Tesso Nilo

Jika kamu ingin melihat keindahan alam yang berbeda dari biasanya, maka kunjungilah Taman Nasional Tesso Nilo yang ada di Riau. Wisata alam di Riau ini sudah sangat terkenal di berbagai kalangan. Bagi kamu yang ingin mencoba berpetualang, maka tempat ini akan sangat cocok! Destinasi ekowisata ini menyajikan pemandangan alam yang tidak dapat kamu temukan di daerah lain. Gajah Sumatera merupakan salah satu hewan dilindungi yang habitatnya ada di sini. Bila beruntung, kamu bisa menemukan gajah-gajah cantik di sini. Bagi kamu yang hobi fotografi pun bisa mengabadikan berbagai momen, serta memotret satwa-satwa liar yang unik.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp15.000

Air Terjun Guruh Gemurai

Destinasi wisata alam di Riau yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Air Terjun Guruh Gemurai. Berkunjung ke air terjun tentunya akan sangat menyegarkan pikiran dan tubuh. Air Terjun Guruh Gemurai berlokasi di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh, Provinsi Riau. Sesuai namanya, air terjun ini memiliki suara pancuran air seperti gemuruh. Pesona dari air terjun ini sangat indah, dari suara gemericik airnya yang menenangkan, hingga lingkungan objek wisata yang meneduhkan. Di sekeliling Air Terjun Guruh Gemurai, terdapat pepohonan asri serta perbukitan yang keindahannya memanjakan mata.

Jam Operasional: Setiap hari, 24 Jam

Harga Tiket: Rp4.000

Ulu Kasok

Ulu Kasok adalah salah satu tempat wisata alam di Riau yang bisa membuat kamu terkagum-kagum. Beberapa orang menyebutkan bahwa Ulu Kasok adalah Raja Ampatnya Riau yang ada di Pulau Sumatera. Tidak heran, wisata alam berupa danau yang memiliki bukit-bukit di antaranya. Jika dilihat dari ketinggian, pemandangan di Ulu Kasok memang menyerupai Raja Ampat. Walaupun tidak benar-benar sama, namun destinasi menarik di Riau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Banyak dari mereka yang penasaran dengan pesona danau yang luas ini.

Jam Operasional: Setiap hari, pukul 08.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket: Rp15.000

Tempat Wisata Kuliner di Riau

Berikut adalah beberapa kuliner populer di Riau yang dapat kamu coba untuk melepas rasa lapar dan dahaga Anda setelah puas berwisata.

Ikan Baung Asam Pedas

Berkunjung ke Riau, terasa belum sah jika tidak mencoba makanan khas Riau. Ikan Baung Asam Pedas adalah kuliner Riau yang tidak boleh terlewat jika kamu datang ke Pekanbaru. Pasalnya, masakan ini telah menjadi favorit banyak orang, karena rasanya yang lezat. Ikan baung merupakan ikan sungai yang sering diolah oleh masyarakat Riau. Daging ikan baung berwarna putih dan terasa lembut tanpa ada duri. Itulah mengapa, sajian ikan baung banyak digemari oleh masyarakat. Terlebih lagi, adanya bumbu asam pedas yang melumuri ikan baung, semakin menciptakan rasa yang sedap.

Gulai Cipuik

Dari namanya saja, Gulai Cipuik pasti terdengar sedikit asing bagi sebagian orang. Kuliner khas Riau ini memang sangat unik, karena memiliki bahan dasar siput. Ya, Gulai Cipuik adalah gulai siput! Biasanya, siput mudah didapatkan di pasar tradisional yang ada di Riau. olahan makanan siput ini memiliki rasa yang gurih, pedas, dan manis. Rasa tersebut didapatkan dari perpaduan rempah pilihan serta santan. Daging siputnya bisa kamu seruput, sehingga sensasi makan semakin menarik. Karena makanan dengan bahan dasar siput jarang ditemui, maka bila ke Riau, jangan lewatkan Gulai Cipuik, ya!

Es Air Mata Pengantin

Setelah makan kuliner lezat khas Riau, maka kamu perlu melepas dahaga dengan Es Air Mata Pengantin. Namanya memang terdengar unik, dan tentunya menarik. Menurut cerita, sebetulnya minuman dingin khas Riau ini dahulu disajikan pada saat hari pernikahan. Hal ini karena pernikahan mendatangkan kebahagiaan, sehingga air mata pengantin dianggap sebagai simbol dari hal baik yang akan datang. Minuman ini berisi sirup, blewah, selasih, agar-agar berwarna-warni, serta es batu. Segelas Es Air Mata Pengantin terasa sangat segar, apalagi jika diminum pada siang hari yang terik.

Akses Menuju Riau

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Riau, kamu dapat memilih moda transportasi umum di bawah ini.

Pesawat

Pesawat menjadi cara yang cukup praktis untuk berkunjung ke Riau, terutama untuk wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan wisatawan asing. Riau memiliki satu bandara utama, yaitu Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II. Untuk harga tiket pesawatnya sangat beragam, tergantung waktu tertentu. Begitu sampai di bandara, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke tujuan spesifik menggunakan taksi bandara, sewa mobil, atau bus.

Bus & Kapal

Selain jalur darat dan udara, bagi kamu yang berasal dari Pulau Jawa, kamu juga dapat memiliki jalur laut untuk sampai ke Riau. Kamu dapat memulai perjalanan dari Pelabuhan Merak, Banten menggunakan kapal feri dan tiba di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Dari sana, perjalanan darat menuju Riau pun berlanjut menggunakan mobil, bus, atau travel. Tarif transportasinya pun beragam, tergantung pada tipe dan fasilitas dari armada yang kamu pilih.

Tujuan populer
Keamanan
PCI Compliant
Ikuti kami
FacebookTwitterInstagram
Get it on Google PlayDownload on the App Store